MENU

Thursday, 30 May 2019

Mengapa Bisnismu Membutuhkan Website?



Mengapa Bisnismu Membutuhkan Website - Bisnismu membutuhkan website karena tuntutan jaman. Dunia sekarang dibagi menjadi dua, nyata dan maya, tak hanya di dunia nyata bisnismu juga harus bisa ditemukan di dunia maya. Pelanggan, partner bisnis, dan investor seharusnya akan lebih mudah menemukan bisnismu jika ada website-nya. Tidak hanya itu, ada keuntungan lain yang diperoleh jika bisnismu memiliki website, di bawah ini contohnya.





Meningkatkan Kredibilitas

Seiring waktu semakin banyak orang yang menggunakan internet untuk menemukan produk dan jasa yang mereka inginkan. Bisnismu masih kecil atau sudah besar, pelangganmu akan mengharapkan bisa mencari informasi tentang bisnismu secara online.

Memiliki website akan menambah kredibilitas bisnismu. Jika kamu tidak memiliki website, jangan kaget jika pelangganmu beralih ke kompetitor. Tidak memiliki website juga akan membuat pelanggan potensialmu berasumsi bahwa bisnismu adalah bisnis kecil-kecilan yang tidak dikelola secara serius.

Website Menghemat Uangmu

Banyak pemilik bisnis yang menganggap biaya pembuatan website mahal dan tidak ada ROI-nya. Website adalah media promosi, yang jika dibandingkan dengan biaya iklan di media cetak, televisi, dan radio, harganya jauh lebih murah. Karena jangkauan website lebih luas menyentuh pasar potensial yang tidak tersentuh oleh media lain.

Sekarang ini website sudah canggih dan mampu menangani banyak bagian dari bisnismu dengan otomatis. Misalnya kamu berjualan barang, kamu tidak perlu menyetok barang di gudangmu. Setiap pembelian di website-mu akan terjadi otomatis tanpa perlu keterlibatanmu. Selanjutnya kamu tinggal mengontak supliermu untuk mengirimkan barang pada pelangganmu. Dengan begitu, kamu tidak memerlukan banyak pegawai untuk mengurusi penjualan. Efeknya, uang dan juga waktu bisa dihemat.

Website Memberikan Informasi Berkelanjutan Pada Pelangganmu

Website juga bisa berfungsi sebagai katalog atau brosur online. Kamu akan lebih mudah memperbarui informasi tentang produk dan jasamu. Bandingkan jika kamu tidak memiliki website, mungkin kamu harus mencetak brosur dan katalog lalu mengirimkannya satu per satu ke alamat pelangganmu.

Di sisi lain, website juga menjadi alat untuk mengedukasi calon pelangganmu. Mereka akan mempelajari produk dan jasa yang kamu tawarkan melalui website-mu. Jika copywriting website-mu bagus, mereka akan dengan mudah tertarik membeli produk dan jasamu.

Website Adalah Karyawan Terbaikmu

Website-mu akan bekerja selama 24 jam per hari, 7 hari per minggu, 365 hari per tahun. Tanpa libur dan cuti, atau ijin tidak masuk bekerja karena sakit. Bahkan saat kamu tidur, website-mu terus bekerja.
Untuk mencapai kondisi ideal di atas kamu harus menaruh website-mu di hosting yang berkualitas. Platform yang kamu gunakan sebagai mesin website juga harus bagus. Ditambah lagi harus ada fitur backup file dan database website secara berkala dan otomatis.

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Baik bisnismu menjual jasa atau produk, website memberimu tempat kedua untuk berjualan. Yang menyukai produk dan jasamu tidak hanya orang di sekitar kantor dan toko offline-mu.
Mereka yang jaraknya ratusan kilometer dari kantormu juga berpotensi menyukai dan membutuhkan bisnismu. Dengan adanya website, pertemuan antara bisnismu dan pelangganmu dari tempat yang jauh dipermudah dan dipersingkat.

Tapi mempunyai website saja tidak cukup. Website-mu setidaknya harus mempunyai tampilan yang menarik. Jika desain website milikmu seperti buatan anak umur 10 tahun, dijamin calon pelangganmu akan kabur dan beralih pada kompetitor.

Untuk menghindari hal itu kamu bisa membuat website di Sitebeat. Kamu bisa menyerahkan pembuatan website-mu pada tim mereka, atau kalau mau kamu bisa membuatnya sendiri. Jangan kuatir soal kualitas desain, karena karena Sitebeat menyediakan banyak contoh website keren yang bisa kamu pilih. Ada template untuk website restoran, travel, fotografi, pertanian, dan masih banyak lagi.



6 comments :

  1. Mmm.. menurut aku kalo mau punya jangkauan yang luas ya harus punya website sendiri, jadi lebih kredibel, lebih mudah memantaunya juga.. beda kalo melalui market place, pakai pihak ketiga dan ada prosedur yang harus dijalani.. kembali lagi sih kepada ownernya.. mau apa ngga pakai website

    ReplyDelete
  2. Wah. Bener banget. Website bisa lbh menghemat ya mba. N informasi yg kita sampaikan bisa detail jd calon costumer bisa lbh paham produk apa yg kt jual. Apalagi sekarang semuanya bisa dikirim ya mba. Jd ringkesss jg.

    ReplyDelete
  3. Kalau website untuk bisnis memang sebaiknya pembuatannya diserahkan ke professional ya mbak. Biar lebih optimal baik untuk tampilan, optimasi search engine dan lain sebagainya. Aku cuss ke sitebeat juga ahh, penasaran sama paket dan ratenya yang untuk website pribadi.

    ReplyDelete
  4. Yess setuju banget mba! Website saat ini sudah menjadi aset juga untuk bisnis kita ya. Aku sendiri sebagai online shoppers , kalau ketemu toko yang ga ada online nya, jadi lebih milih toko yang ada web nya walau harga kebih mahal. Karena dengan ada web online, berarti suatu toko sudah siap untuk menerima order dari segala penjuru, ya kan mbaa .

    ReplyDelete
  5. Bener banget jakau bisnis saat ini butuh promosi digital ya melalui web

    ReplyDelete
  6. Ada template yang langsung bisa catch up SEO gak, Nyi...?
    Wkkwkw...aku suka kagum sama website yang bisa pejwan ituloo...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat