Monday, 11 March 2019

Happy Milad Gandjel Rel yang Keempat | Resto Pringsewu Kota Lama Semarang



Happy Milad Gandjel Rel yang Keempat | Resto Pringsewu Kota Lama Semarang - Selamat mengulang hari lahir, Blogger Semarang Gandjel Rel! Pada ulang tahun yang keempat, 23 Februari 2019.

Selamat mengulang tanggal yang sama, untuk keempat kalinya. Alhamdulillah akhirnya saya bisa hadir juga, karena syukuran yang sudah dilalui selama tiga kali saya selalu bentrok acara untuk hadir. Semoga Gandjel Rel yang bertambah usia ini, semakin menebar manfaat, dan inspirasi untuk sekitar. Aamiin.



Jadi ingat pertama kali bergabung, maju mundur cantik karena nggak pede hahaha ... kemudian ngerasain pertama kali kopdar, dan semua membernya bikin hangat hati. Terimakasih untuk tetap dekat sampai saat ini.

Syukuran ulang tahun gandjelrel ke 4

Bertempat di Resto Pringsewu Kota Lama Semarang, blogger Semarang Gandjel Rel mengadakan syukuran. Ada kurang lebih 50-an blogger datang, dengan dres code bunga-bunga! Seru! Apalagi kami membawa kado masing-masing, untuk ditukar bersama nanti di dalam acara. Selain itu acaranya juga bertabur dengan hadiah.



Apalagi sebelum hari H, kami melakukan serangkaian lomba. Dari lomba menulis blog dan video selama 4 kali periode. Sayangnya saya nggak ikutan lomba blognya sampai tuntas, karena pas disibukkan dengan acara liputan relawan demokrasi. Saya tapi sempat ikutan lomba videonya, karena nggak bisa bikin video greget akhirnya saya bikin gambar dan dibuat cerita gitu hehehe ... kalau kalian penasaran, boleh intip videonya di sini.




Bertabur ilmu dari Gus Mul

Lelaki yang biasa disapa Gus Mul itu, menjadi guest star dalam ultah Gandjel Rel kemarin. Beiau adalah redaktur Mojok yang cukup ngetrend, dari beliau kami mendapatkan ilmu soal dunia menulis. Apa saja sih ilmu yang dibagikan oleh Gus Mul?



Soal ide tulisan, Gus Mul menyarankan kepada kami agar mengambil ide tulisan dari yang terlintas di sekitar kita. Contoh simpelnya kalo dari saya sendiri, saat kita memasak untuk keluarga. Kita bisa menuliskan cerita, tentang masak-memasak.

Soal pemilihan diksi. Seringkali diksi menjadi kendala seorang penulis, maka untuk memperkaya diksi kita harus sering membaca.

Soal ciri khas, setiap orang bisa mengcopy paste tulisan orang lain. Tapi yang namanya ciri khas itu tidak bisa ditiru. Kalo Gus Mul sendiri biasanya menulis cerita, yang diselingi dengan bahasa Jawa. Itu yang menjadi ciri khas beliau.

Soal sudut pandang, kita bisa menulis dengan mencoba berbagai sudut pandang yang nggak biasa orang pakai.


Soal kutipan atau quote, selipkan kutipan-kutipan yang akan membuat orang lain membaca dua kali. Karena biasanya, mereka yang membaca buku, lebih menyukai atau ingat mengenai kutipan yang ditulis.



Semangan Para Peserta Mewarnai Kemeriahan Acara

            Banyak pesrta uang datang dari jauh, saya salah satunya. Senang sekali bisa ikut mengikuti kemeriahan ulang tahun Gandjel Rel, Dulu waktu ulang tahun Gandjel Rel ke 3 saya juga ikut. Dan tahun ini alhamdulillah saya bisa ikut hadir.





            Semoga Gandjel Rel menjadi komunitas yang solid, dan para membernya semakin sejahtera walau sudah emak-emak hehehehe.... Semua member Gandjel Rel sudah seperti saudara, suka duka pernah kita lewati bersama, dan kali ini pun kita melangkah bersama untuk meraih impiah.


Sajian Lezat Resto Pringsewu  

            Suasana klasik di Resto Pringsewu menjadikan nuansa, ulang tahun menjadi lebih berkesan. Lauk yang disajikan untuk tumpengan pun enak-enak dan pelayanannya yang ramah bikin kami betah,  nyaman serasa di rumah sendiri.

            Tahun lalu saat pembukaan saya tidak bisa ikut hadir, dan kali ini alhamdulilah kesampaian juga untuk bisa menikmati suasana santai yang ditawarkan Pringsewu, Kota Lama Semarang. Setiap  sudut Pringsewu memiliki daya tarik masing-masing yang cocok untuk berswafoto. Bahkan saya juga sempat membuat video kolab untuk youtube, bersama mba Untari hehehe ...





            Selain memanjakan pengunjung dengan suasana klasiknya, di Pringsewu juga memiliki teraz Oei Tiong Ham. Yang memiliki konsep layakya cafe, teraz Oei Tiong Ham buka mulai sore hingga malam hari di halaman depan Pringsewu. Menariknya lagi, ada tebus murah di hari senin hingga jum’at. Jangan sampai dilewatkan ya gaes, sesekali mampirlah buat kalian yang tinggal di seputaran Semarang.



            Keren banget tempatnya, dan suasananya membuat ulang tahun Gandjel Rel kemarin masih berasa euforianya. Selamat ulang tahun Gandjel rel, semoga makin kompak dan membernya semakin sejahtera.
            


33 comments:

  1. Serunya bias ikutan ngumpul begini...jumpa banyak teman dan nambah banyak ilmu, ikuta nerapin pesan Gus Mul deh dalam membuat sebuah tulisan, biar pilihan diksi juga bagus danmenarik yang ngebacanya...thanks ya mbak buat sharingnya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Duuh aku mupeng itu sama tebus murahnya, pengen balik sana lagi deh rasanya.

    ReplyDelete
  4. asyik ya mb pas kumpul-kumpul sesama teman blogger, positif banget energinya! sayang nih, beberapa bulan terakhir ngurus pindahan rumah & sekolah, jadi melewatkan beberapa event seruuuuu

    ReplyDelete
  5. Wah ada tumpengnyaaa. Met ulang tahun Gandjel Rel, semoga makin eksis dan menginspirasi.
    Banyak juga, ada 50 blogger yang datang ya, rame dan pasti seru acaranya.

    ReplyDelete
  6. Masih balita nih usia Gandjel Rel. Tetapi, terus berkarya, ya. Saya sua juga deh sama makanan di Pringsewu. Udah beberapa kali makan di sana

    ReplyDelete
  7. Selamat ulang tahun, Gandjel Rel. Asiknya ulang tahun diisi dengan hal yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  8. Selamat milad GANDJEL REL. Semopa tetap solid. Namanya unik. Mbak. Asyik bisa gabung dalam komunitas narablog (blogger) demikian. Acaranya juga seru. Jadi pengen hadir juga, ha ha. Sayang saya bukan anggotanya dan jauh banget dari Semarang. Saya kagum ada komunitas narablog yang membuat anggotanya kian eksis bersama-sama, juga lancar rezekinya. Komunitas memang penting bagi narablog. Saya belum bisa aktif namun semoga bisa lebih bisa mobilitas kelak.

    ReplyDelete
  9. Nyi..kapan2 nyobain Teraz Oei Tiong Ham bareng yuuk..aku penasaran ..

    ReplyDelete
  10. Waah ilmu sari Gus Mul nya patut dicontoh. Kalau saya bisa coba pakai bahasa Sunda mungkin ya sebagai ciri khas. Selamat ulang tahun gandjel rel

    ReplyDelete
  11. Gandjel Rel jadi salah satu komunitas blogger favorit. Orangnya ramah2 dan pasti seneng deh melewati masa 4 tahun ini

    ReplyDelete
  12. Menulislah hal yang kita suka ya mba.
    Pasti gak akan kehabisan ide :D

    ReplyDelete
  13. selamat milad ganjhel rel. keren2 para blogger semarang inih. dan ilmu yang di dapat pas ultah pun gak tanggung2. langsung bisa di pake ketulisan berikutnya. hehehe

    ReplyDelete
  14. Kompak bener, plus rame juga ya mbk. Senengnyaaaa. Kapan ya aku bisa nimbrung di komunitas2 para blogger. Entahlah. Oya happy milad ya gandjel rel. Panjang umur dan sukses selalu aamiin

    ReplyDelete
  15. Selamat ulang tahun keempat untuk Gandjel Rel, sukses terus untuk komunitas dan para membernya, kalau anak, usia 4 tahun itu lagi senangnya eksplorasi dan menunjukkan kecerdasan ya

    ReplyDelete
  16. Acara milad komunitas bloggernya keliatan sederhana tapi seru banget yaak mbak. Sukses untuk komunitas Gandjel Rel dan semoga membernya makin solid

    ReplyDelete
  17. Juaraaa deh gandjel rel.. selamat ulang tahun sekali lagi dan sukses terus yaaa

    ReplyDelete
  18. Baca Pringsewu, aku jadi ingat salah satu kabupaten di Lampung, namanya juga sama, Pringsewu, di mana penghuninya umumnya dari ras Jawa. Jadi berasa di tanah Jawa gitu, dikelilingi nuansa etnik Jawa.

    Setuju Nyi, senaaaang banget kalau bisa menjadi bagian dari acara seru begini ya.

    Silaturahmi dapat, pengetahuan juga, Insya Allah, meningkat.
    Perfect combo ya, Nyi!

    ReplyDelete
  19. Selamat ulang tahun.. semoga semakin erat ya silaturrahminya... dan semakin solid untuk semua anggotanyaaaa.. semakin banyak juga kegiatan positifnya.. karena kegiatan positif tentu akan memberdayakan masyarakat kuas juga melalui tulisan tulisan yang memberdayakan.. selamat dan sukses!

    ReplyDelete
  20. Selamat ulang tahun semoga makin sukses, kompak dan menginspirasi ya. Semoga juga kapan-kapan pengen banget ke ngerayain bareng komunitas sana walaupun aku blogger Jakarta hehe.

    ReplyDelete
  21. Blogger Semarang ini emang seru dan kompak banget sih! Sukaaaa melihat pertemanan yang hangat kayak gini deh.

    Selamat ulang tahun yah Gandjel Rel semoga sukses teruuuuus!

    ReplyDelete
  22. Selamat ulang tahun buat Gandjel Rel yang ke-4 ya, meriah banget acaranya di Pringsewu. Aku kok gak diajak ya :-D

    ReplyDelete
  23. Seru banget yaa ulang tahun ganjel rel. Happy milad ya. Semoga tambah sukses dan selalu menginspirasi.

    ReplyDelete
  24. Selamat ulang tahun Gandjel Rel yang ke-4, sukses dan jaya selalu, semakin kompak seluruh anggotanya, amiiin

    ReplyDelete
  25. Itu tumpengnya menggoda banget siiih, pagi-pagi lihat tumpeng jadi lapar deh, hehehe :)

    ReplyDelete
  26. Happy milad Gandjel Rel. Senengnya bisa berkumpul dengan blogger2 kece

    ReplyDelete
  27. Sukses terus untuk Gandjel Rel dan blogger semarang . Sudah kenyang dapat ilmu ya mba kece deh ahh

    ReplyDelete
  28. Selamat ulang tahun Gandjel Rel, semoga terus dapat menebarb manfaat untuk semakin banyak orang.
    Senang sekali ya mbak, bisa mengikuti event blogger begini. Aku udah lama enggak ikut... hiks

    ReplyDelete
  29. Semoga kita semua di Gandjel Rel tak kan luntur persaudaraan sampai kapan pun ya Nyi. Saling bantu di dunia online maupun offline. Terus menyemangati satu sama lain untuk ngeblog.

    ReplyDelete
  30. Seru ya eventnya mba. Dan selamat ulang tahun untuk Gandjel Rel, semoga makin jaya!

    ReplyDelete
  31. Seneeeeng banget deh bisa ngerayain ultah Gandjel Rel yang ke 4 kemarin. Seru dan bertabur hadiah, ya. Semoga tahun depan makin seru lagi

    ReplyDelete
  32. hahahah semua komunitas gitu ya awalnya malu-malu gak pede
    tapi lama kelamaan udah kayak keluarga bersama .
    kompak dan sukses selalu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat