Perbedaan Fiksi Fakta Puisi Cerpen Novel Menurut Fira Basuki Baskoro

Saya suka sekali kalau lagi buka twitter itu baca twitter punya Bunda Fira Basuki Baskoro. Kata-katanya itu keren banget, bermakna, dan penuh nyawa. Beliau menjelaskan tentang perbedaan fiksi, fakta, puisi, cerpen, dan novel biar tidak pada ketuker, dan penjelasan tersebut mudah untuk dipahami. Simak yuk, semoga bermanfaat, dan buat Bunda Fira Basuki Baskoro@FiraBasuki  makasih ya Bund, atas ilmunya. 


fira basuki fira basuki penulis fira basuki wikipedia fira basuki instagram fira basuki menikah dengan siapa fira basuki pdf fira basuki linkedin fira basuki biografi



Mari bahas apa bedanya fiksi, fakta, puisi, cerpen, novel biar gak pada salah. Aku uraian secara gampang ya...


  • Fiksi= karangan imajinasi secara umum, bukan fakta (mgkn ada waktu tp pembaca tak tahu). Cerpen dan novel misalnya contohnya.

  •  Non Fiksi= fakta. Ini yg suka dilupakan wartawan kl nulis berita. Gak boleh ngarang. Bisa dilengkapi data. Bs jg ulasan.

  •  Puisi= kata2 berirama. Ungkapan hati yg indah dibaca. Seringnya singkat, bermakna.

  •  Cerpen= ini adh fiksi, karangan/imajinasi mengenai sepenggal cerita tokoh. Bisa satu kejadian atau momen. Umumnya kurang dr 10 hal ketik.

  •  Novel= ini jg fiksi, karangan/imajinasi ttg kehidupan seorg tokoh/byk tokoh dlm perjalanan hidup yg luas/lama. Pjg bs ratusan halm.

Postingan Terkait

1 komentar:

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat