Apakah Indonesia sudah Merdeka dari Karhutla?


Apakah Indonesia sudah Merdeka dari Karhutla - Tinggal hitungan hari Indonesia akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke-78. Sudah bersiap-siap untuk upacara besok tanggal 17 Agustus? Apakah sebenarnya Indonesia sudah merdeka? Khususnya merdeka dari KARHUTLA?


Apakah Indonesia sudah Merdeka dari Karhutla?
Apakah Indonesia sudah Merdeka dari Karhutla?


 

KARHUTLA singkatan dari Kebakaran hutan dan lahan bukan menjadi tanggungjawab individu, melainkan kita bersama dan bukan Polri atau TNI saja semua harus bergerak memerdekakannya.

 

Kebakaran hutan ini disebabkan oleh apa sih? Tidak lain dan tidak bukan dibagi menjadi dua, yakni ulah manusia dan alam itu sendiri. Bisa jadi yang kita tahu kalau karhutla terjadi, pasti akan ada longsor dan banjir. Tidak-tidak, masih banyak sekali dampak karhutla bagi bumi dan manusia.

 

 

Apa saja Dampak Karhutla?

 

Kebakaran hutan berakibat fatal untuk penghuni bumi, dimana hutan yang menjadi gundul ini tidak bisa menampung cadangan air, ketika hujan datang. Akibatnya banjir bandang datang dan tanah longsor terjadi di mana-mana.

 

Dari kak Ola Abas @pantaulahangambut, saya mendapatkan banyak sekali penjabaran dampak yang terjadi. Saya bersama #EcoBloggerSquad makin hati-hati dan berusaha untuk terus bisa melindungi bumi semampu kami.

 

 

5 Dampak Karhutla

 

Rusaknya ekosistem, yang jika diperinci lagi akan membuat rantai makanan rusak, satwa liar masuk ke perakmpungan, fungsi ekologis hutan gambut rusak, dan hilangnya keanekaragaman hayati.

 

Kabut asap, apabila dirincikan akan berdampak pada kesehatan, aktivitas perekonomian jadi terhambat, sekolah diliburkan, dan akses transportasi udah terhambat.

 

Hilangnya ruang lingkup warga sekitar, apa saja detailnya? Petani jadi tak punya lahan untuk digarap dan terpaksa menjadi buruh

 

Dapat mempercepat laju perubahan iklim, dimana akan membuat anomali cuaca berubah, petani menjadi gagal panen, munculnya virus penyakit baru, dan hilangnya dataran pesisir

 

Kerugian ekonomi negara. Itulah mengapa dampak karhutlah ini sangat berbahaya, namun sering kali masih dianggap sebelah mata.

 

 

Apakah Indonesia sudah Merdeka dari Karhutla?


Lantas apa yang bisa diupayakan dalam pengendalian karhutla?

 

Melakukan pencegahan, pencegahan apa yang bisa dilakukan? Sosialisasi di tempat terkait bahaya kebakaran hutan, di daerah mana saja agar bisa lebih intensif dalam memantaunya.

 

Melakukan pemadaman, menduurkan sekat bakar dimana jalur ini akan membersihkan dari bahan kebakaran dari wilayah yang rawan agar api tidak menyebar dengan cepat. Bisa juga dengan pemadaman manual dari mobil pemadam kebakaran, water bombing, dan teknologi modifikasi cuaca dengan penyemaian garam. Hal tersebut bisa menciptakan awan hujan di atas area yang terbakar.

 

Melakukan penanganan pasca kebakaran, dengan kerjasama yang dilakukan semua pihak, monitoring, eveluasi dan koordinasi di area setelah terbakar. Pentingnya nih melakukan restorasi gambut.

 

 

Mari menilik peristiwa karhutla besar yang terjadi di Indonesia

 

Kebakaran hutan dan lahan dari Juli 1997 sampai dengan Februaru 1998 di 24 provinsi Indonesia yang terparah adalah sebagai berikut:

 

  • Ada 11,7juta hectare luas hutan yang terbakar sehingga kerugiannya mencapai USD 1,62-2,7M
  • Kerugian akibat kabut asap ada USD 674-799, sementara kerugian emisi karbon USD 2,8M
  • Kecelakaan pesawat Garuda dengan nomor GA 152 jatuh di Sibolangit sehingga terjadi kabut asap dan 234 korban jiwa
  • Ada 20 juta orang terkena polusi udara, pencemaran air, baik secara langsung dan tidak langsung
  • Di daerah Papua ratusan warga juga meninggal akibat transportasi untuk makanan dan keperluan lainya terhenti tersebab kabut asap
  • Kabut asap ini juga sampai ke negara tetangga, yakni Singapura, Malysia, Thailan, Filipina, Brunei Darusalam, dan Australia
  • Masih banyak lagi peristiwa yang lainnya yang tejadi di 32 provinsi di Indonesia.


Apakah Indonesia sudah Merdeka dari Karhutla?
Area KHG yang rentan Karhutla di tahun 2023 


 

Area KHG yang rentan Karhutla di tahun 2023 ini

 

Semua area sebenarnya wajib waspada dengan apa yang terjadi mengenai karhutla ini, dan kerentanan terbesar alias kelas tinggi terluas di KHG tahun 2023 ada 10 wilayah yang sudah tercatat :

 

  • Kalimantan Tengah
  • Papua Selatan
  • Kalimantan Barat
  • Riau
  • Sumatera Selatan
  • Kalimantan Timur
  • Kalimantan Utara
  • Jambi
  • Papua Barat
  • Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah

 

 

Semoga jadi PR Indonesia raya dan pemerintah serta kepentingan bersama untuk menjadikan bumi dan lingkungan aman kedepannya. Apalagi Indonesia makin bertambah usia, semoga makin terbaik segalanya.

 

Postingan Terkait

5 komentar:

  1. Tiap tahun karhutala terus saja terjadi ya mba nyi... Kitapun miris dibuatnya, pembakaran hutan utk memperluas lahan ini salah satu akibatnya.. seharusnya ada langkah nyata pemerintah ini..agar menjaga hutan dari memperluas lahan

    BalasHapus
  2. Dampak kebakaran hutan tidak main-main dan bekepanjangan pula ya Nyi.
    Masih ada saja ternyata kasusnya. Speechless. Tetapi semoga saja masih bisa kita optimis untuk perbaikan ke depannya.

    BalasHapus
  3. Karhutla ini sudah menjadi masalah yang belum terselesaikan untuk itu sebagai generasi penerus bangsa penting bagi kita untuk menjaga alam terutama hutan agar tetap lestari

    BalasHapus
  4. 10 area yang perlu dijaga dengan baik sih ini.
    Jangan lagi sampai ada karhutla baru yang makin meluas, karena kita membutuhkan hutan untuk kelangsungan hidup

    BalasHapus
  5. Karhutla ini berdampak panjang sekali ya..
    Dan semoga pemerintah memberikan perhatian lebih untuk menjaga hutan Indonesia, terlebih di titik-titik yang mudah terbakar.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat