Cara Mengurangi Tagihan Listrik Ternyata Bisa Selamatkan Bumi

Cara Mengurangi Tagihan Listrik Ternyata Bisa Selamatkan Bumi - Sebagai Ibu rumah tangga, ada satu hal yang sering membuatku kepikiran. Pengelolaan keuangan rumah tangga. Ini masih menjadi pembelajaran yang harus aku dalami lagi sebagai seorang ibu sambil mengurus dan merawat anakku.


10 cara menghemat listrik alat menurunkan tagihan listrik 20 cara menghemat listrik
cara menghemat listrik


 

Salah satu pengeluaran yang sering membuatku berpikir dengan sangat serius adalah pengeluaran untuk pembayaran listrik. Entah kenapa, rasanya seperti masih bisa ditekan lagi. Agar bisa digunakan untuk pengeluaran yang lain.

 

Pasalnya, aku sendiri sudah membaca sedikit perbandingan dengan beberapa rumah tangga yang daya di rumahnya sama denganku. Bahkan, hampir sama penggunaan hariannya denganku. Karena itu, aku merasa optimis bisa mengurangi biaya listrik. Tapi, bagaimana ya caranya?

 

 

Solusi Datang Dari Perkenalanku Dengan Team Up for Impact (TUFI)

 

 

10 cara menghemat listrik alat menurunkan tagihan listrik 20 cara menghemat listrik
Cara Mengurangi Tagihan Listrik 


Bisa dikatakan, perkenalan aku dan TUFI ini cukup tiba-tiba. Dari postingan seorang teman di Instagram yang menyeritakan kegiatan barunya mengikuti challenge dari TUFI ini, bisa mengubah kebiasaannya menjadi lebih baik. Kawanku ini, dia sedang berproses menerapkan kebiasaan baik dengan membawa botol dan kotak makan setiap ingin jajan.

 

Efek yang kawanku rasakan ini, dia merasakan sampah yang ia buang ke tempat sampah sangat sedikit. Tidak sebanyak sebelumnya saat ia masih jarang membawa botol, kotak makan hingga kantong belanja sendiri saat bepergian.

 

Saat itu aku hanya tersenyum membaca pengalamannya. Tapi, ada rasa penasaran terbersit dalam diriku ketika ia mengatakan semua itu berkat bantuan Team Up for Impact yang ternyata menyediakan juga track record pencapaian saat mengikuti challenge.

 

Rasa penasaranku inilah yang membawaku membuka website https://teamupforimpact.org/. Aku melihat tampilan website yang menarik sehingga aku merasa makin penasaran dan akhirnya masuk menjadi anggota di TUFI ini.

 

Singkat cerita setelah aku mendaftar. Aku langsung menjelajah dan memberi makan rasa penasaranku. Yang kemudian membawaku pada satu challenge.

 

 

Mengurangi Tagihan Listrik Sambil Mengurangi Penggunaan Energi Fosil

 

 

10 cara menghemat listrik alat menurunkan tagihan listrik 20 cara menghemat listrik
cara menghemat energi listrik


Challenge yang aku temukan ada di kategori Energy. Aku sedikit terkejut sebab aktivitas challenge-nya sangat sesuai dengan tips yang aku dapatkan untuk mengurangi tagihan listrik.

 

Sambil berpikir, "wah berarti sekalian nurunin beban biaya listrik juga bisa bantu jaga bumi dong ya". Karena itu, tanpa ragu lagi aku pun mengikuti challenge yang tidak sulit ini. Cukup mengklik tombol Team Up Now saja dan aku bisa mendapat poin. Dimana poin ini ternyata bisa aku tukar dengan satu tanaman yang akan ditanam di hutan.

 

Aktivitas challenge dari TUFI ini menyenangkan juga. Setelah mengklik tombol di pilihan Tidak Menyalakan TV. Aku langsung berseluncur ke pilihan lain yang bisa aku ikuti. Oiya, aku bisa dengan mudah memilih Team Up Now di Tidak Menyalakan TV karena memang aku tidak begitu suka menonton tv.

 

Selain itu, aku juga mengikuti Kurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor, karena memang beberapa hari ini aku berada di rumah. Bahkan, hari ini aku sedang tidak ingin melakukan aktivitas ke luar rumah dengan motor. Jadi, ya, aku juga ikut Team Up Now di pilihan pengurangan penggunaan motor.

 

Satu lagi aktivitas TUFI yang menarik perhatianku yaitu Riset Aktivitas Pelestarian Alam. Belakangan ini aku sedang gemar mengikuti pengalaman teman-temanku yang selain berlibur ke berbagai tempat di Indonesia, mengenalkan Indonesia melalui video. Mereka juga ikut mengenalkan cara melestarikan hutan dengan donasi untuk hutan.

 

Dimana donasi tersebut digunakan untuk menanam bibit pohon di hutan. Di lokasi yang sudah mulai botak karena penebangan liar. Dan bibit tersebut akan dinamakan nama kita. Juga dari donasi yang berkelanjutan ini bisa membuat tanaman dengan nama kita itu dijaga dan dirawat hingga bertahun mendatang.

 

Konsep yang membuatku tertarik dan ingin menjadi bagian dari kegiatan donasi untuk hutan tersebut. Karena itu, aku sudah berhasil melakukan riset yang berkaitan dengan pelestarian alam sehingga dengan senang hati aku langsung klik Team Up Now. Apalagi aku sudah benar-benar membulatkan tekad mau ikut donasi penanaman pohon. Jadi makin bersemangat.

 

Kira-kira, apa lagi yang bisa aku lakukan untuk mengurangi beban listrik?

 

Banyak banget ternyata. Beberapa hal yang akhirnya sudah aku mulai lakukan seperti :

 

  • Cabut charger handphone dan laptop saat sudah selesai dipakai
  • Mematikan lampu dari pagi hingga sore kalau tidak begitu gelap (kecuali mendung pekat)
  • Mengurangi penggunaan kipas angin dengan membuka pintu biar udara segar sambil momong anak
  • Menggunakan handphone secukupnya, kalau tidak ada kerjaan
  • Ikut aktivitas Earth Hour dengan mematikan listrik selama 2 jam

 

Dan ternyata aktivitas sederhanaku ini bisa buat menjaga bumi agar tetap sehat ya. Senang rasanya jadi bagian dari kegiatan positif.


Postingan Terkait

12 komentar:

  1. wah bisa berkontribusi juga untuk bumi dari kegiatan kita sehari hari ya mbak, semoga bisa tetep istiqomah menjaga bumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya aku juga nemu tips hemat listrik juga, suami musti tau juga nih biar hemat, bumi juga selamat hehe

      Hapus
  2. Boleh juga agar kita menjadi bagian tidak boros dalam memakai listrik dan menjaga bumi ini tetap lestari

    BalasHapus
  3. wah semuanya sudah saya lakukan setiap hari mba, meskipun belum full seperti yang mematikan listrik tapi kalau 2 jam iya sudah sering saya lakukan, semoga kedepannya makin konsisten sehingga bantu selamatkan bumi

    BalasHapus
  4. Ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik sekaligus berkontribusi menyelamatkan bumi ya.

    BalasHapus
  5. Wah ya jelas, hemat listrik pastinya bisa selamatkan bumi. Biarpun saya bukan pegiat zero waste gitu, tapi sebisa mungkin memang menjaga supaya nggak boros listrik. Sumbangsih sedikit buat bumi yang semoga bermanfaat. Hehe.

    BalasHapus
  6. Baru kali ini ketemu cara donasi yang super keren untuk peduli terhadap lingkungan.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah, lagi rutin nerapin yg earth our. Untuk mematikan tv, aku udah lama banget ngejalaninya. Udah setahun terakhir gak nyalain TV. Semoga kita sama2 bisa terus selamat kan bumi yaa.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, lagi rutin nerapin yg earth our. Untuk mematikan tv, aku udah lama banget ngejalaninya. Udah setahun terakhir gak nyalain TV. Semoga kita sama2 bisa terus selamat kan bumi yaa.

    BalasHapus
  9. Yang paling malas aku lakukan tapi sebenarnya bermanfaat banget itu nyabut Jack atau stop kontak yang terhubung dg listrik. Soalnya kan meski alat listrik yg kita gunakan tidak terpakai tapi tetep menyedot listrik ya mba. Duh, kudu mulai kurangi rasa malas nyabut kontak nih

    BalasHapus
  10. Yang paling malas aku lakukan tapi sebenarnya bermanfaat banget itu nyabut Jack atau stop kontak yang terhubung dg listrik. Soalnya kan meski alat listrik yg kita gunakan tidak terpakai tapi tetep menyedot listrik ya mba. Duh, kudu mulai kurangi rasa malas nyabut kontak nih

    BalasHapus
  11. Baru dengar soal TUFi ini. Btw sebenernya aku juga seneng sama upaya go green. Tp kl soal lampu ada bbrp lampu yg jarang dimatikan di rumah alasannya krn aku minus mata cukup tinggi dan ga nyaman kl ruangan kondisi ga terang tuh. Hiks

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat