Ketahui Penyebab Kerontokan Rambut Pada Pria Sejak Dini Untuk Menghindari Kebotakan

            Ketahui Penyebab Kerontokan Rambut Pada Pria Sejak Dini Untuk Menghindari Kebotakan - Rambut pada pria merupakan salah satu aset untuk bisa membuat penampilan menjadi kian menarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Namun sayangnya tidak sedikit pria yang mengalami kerontokan yang berakibat pada penipisan rambut bahkan kebotakan di beberapa area rambutnya. Tentunya hal seperti ini cukup mengganggu terutama jika terjadi pada pria yang masih berusia relatif muda.

 

Ketahui Penyebab Kerontokan Rambut Pada Pria Sejak Dini Untuk Menghindari Kebotakan

            Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli kerontokan pada rambut ini secara umum memang terjadi pada orang yang telah memasuki usia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan juga bahwa kerontokan akan terjadi pada orang yang masih berusia muda. Sebenarnya kerontokan rambut yang terjadi sebanyak 50 helai per hari masih terhitung wajar karena setelah itu akan tumbuh rambut baru lagi.

 

Penyebab Kerontokan Rambut Pada Pria

            Tetapi jika kerontokan yang terjadi dalam sehari lebih dari itu dan mengarah kepada kebotakan, maka anda harus segera mengetahui penyebab kerontokan tersebut. Berikut terdapat beberapa penyebab rambut rontok pada pria yang biasa terjadi.

  

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan dari penyebab rambut rontok ini merupakan faktor mutlak yang tidak bisa dihindari. Biasanya jika anda memiliki orangtua yang juga sudah mengalami kebotakan di usia senjanya maka anda juga memiliki peluang yang sama untuk bisa mengalami hal tersebut. Tetapi anda bisa menjaga Kesehatan dan menjaga pola makan untuk mengurangi efek tersebut.

  1. Pertambahan usia

Faktor penyebab rambut rontok lainnya adalah adanya pertambahan usia yang semakin tua. Dengan semakin bertambahnya umur maka volume pertumbuhan rambut pun akan semakin berkurang. Oleh karena itu di usia lanjut anda akan mengalami peluang kebotakan yang lebih besar karena rambut yang rontok lebih banyak daripada rambut yang tumbuh.

  1. Masalah Kesehatan

Faktor penyebab rambut rontok lainnya adalah karena adanya masalah Kesehatan. Semakin sehat badan kita maka akan semakin baik pula metabolisme dalam tubuh yang terjadi. Sebaliknya jika kondisi tubuh banyak mengalami masalah maka metabolisme kita akan semakin rendah dan bisa menimbulkan berbagai efek samping, salah satunya rambut rontok.

  1. Makanan yang tidak beraturan

Faktor penyebab lainnya dari kerontokan rambut adalah pola makan dan jenis makanan yang tidak beraturan. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang merusak tubuh maka kondisi tubuh kita pun akan semakin melemah. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya anda memperbanyak konsumsi protein dan juga zat besi yang bisa didapatkan dari ikan, kacang – kacangan, dan juga susu.

Ketahui Penyebab Kerontokan Rambut Pada Pria Sejak Dini Untuk Menghindari Kebotakan


  1. Stress berlebihan

Faktor penyebab lainnya dari kerontokan rambut ialah stress atau pikiran berlebih. Dengan adanya beban yang terlalu besar maka kondisi pikiran pun tidak akan stabil dan itu akan mempengaruhi produksi hormon dalam tubuh yang juga bisa berujung pada masalah rambut rontok.

  1. Masalah Psoriasis

Faktor penyebab masalah rambut rontok lainnya adalah Psoriasis yang merupakan kondisi dimana kulit kepala berketombe karena produksi minyak di kulit kepala yang berlebihan. Biasanya orang yang mengalami kondisi ini juga secara otomatis mengalami kerontokan karena kulit kepala tertutup oleh minyak dan ketombe yang berlebihan.

  1. Infeksi kulit kepala

Faktor penyebab kerontokan rambut lainnya yaitu adanya infeksi kulit kepala yang terjadi. Biasanya jika seseorang mengalami infeksi kulit kepala pada bagian kepalanya akan timbul bercak bersisik serta bintik – bintik pada bagian kulit kepala yang membuat rambut tidak tumbuh di area tersebut. Namun setelah diobati dengan benar rambut akan kembali tumbuh pada area tersebut.

Postingan Terkait

1 komentar:

  1. Rambutku super duper rontok mbak, kira2 nurun ke anak cowo nggak ya? soalnya anakku cowo hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat