5 Tips Berkendara Saat Hujan agar Tetap Aman

29 comments

 

5 Tips Berkendara Saat Hujan agar Tetap Aman - Sejak Desember hujan sudah turun satu-satu, di bulan Januari ini semakin menderas. Bahkan tiga hari belakangan ini jatuh terus-menerus, kota sebelah Pekalongan sudah banjir. Alhamdulillah di Comal, masih aman.

 

Berkendara di musim hujan begini, merupakan tantangan tersendiri. Nggak mau keluar rumah kok harus belanja, harus bekerja, dan lain sebagainya. Mau nggak mau harus menerjang hujan.

 




toyota sienta bekas harga toyota sienta bekas toyota sienta interior harga toyota sienta 2016 bekas toyota sienta 2020 toyota sienta 2018 harga toyota sienta 2017 harga toyota sienta 2018




 

Saya pernah tiga jam hujan-hujanan dengan naik motor, untuk pulang ke rumah ibu karena beliau sakit. Kebetulan saya ikut mertua, yang jauh dari kota tempat saya dibesarkan. Jarak pandang dalam perjalanan jadi buram, karena kaca helm terkena derasnya hujan, belum lagi jalanan licin, lubang yang nggak kelihatan, dan terkena cipratan kendaraan lain yang lewat.

 

Makanya kalau hujan harus hati-hati dalam berkendara, baik itu naik motor, mobil, dan transportasi yang lainnya. Menurut United States Departement of Transportation, jalanan yang basah sangat berpengaruh terjadinya kecelakaan. Karena setiap tahunnya tercatat 950.000 kasus kecelakaan.

 


 

Ini Dia 5 Tips Berkendara Saat Hujan

 

 


Kalau sudah tahu hujan, atau akan turun hujan ketika menempuh perjalanan, ada baiknya persiapkan amunisi dengan lengkap. Keluarga saya selalu berpesan untuk berhati-hati, nah semoga 5 tips bekendara berikut membuatmu mempersiapkan segalanya dengan baik.

 

Ingat untuk Menyalakan Lampu Kendaraan

 

Hujan yang jatuh saat berkendara, seperti menampar-nampar wajah kita. Itu yang saya rasakan, apalagi kalau ditambah petir dan angin. Rasanya seperti mau ikut terbawa angin.

 

Jadi agar tetap aman dalam jarak pandang ketika berkendara, jangan lupa untuk menyalakan lampu mobil/motor agar membantu dalam penerangan. Pun posisi harus melintas di mana bisa terlihat.

 

 

Jaga Jarak dengan Kendaraan Besar

 

 

Berkendara di tengah hujan yang deras, kadang membuat pandangan menjadi kurang aman. Maka agar tetap aman, sebaiknya hindari terlalu berdekatan dengan kendaraan besar, seperti bus, truk, dan transportasi lainnya.

 

Karena kerap kali kendaraan besar, tidak melihat kendaraan yang kecil membuntutinya. Terlebih dalam keadaan hujan.

 

 

Perhatikan Pejalan Kaki dengan Hati-hati

 

 

Beberapa kali ketika hujan deras datang, ada pejalan kaki yang lewat di pinggir jalan atau menyeberang. Karena sedang fokus berkendara, kadang hampir saja tidak terlihat karena jarak pandang terkena hujan.  Jadi teman-teman harus waspada ya!

 

 

Hindari Berkendara dengan Kecepatan Tinggi

 

 

Agar keadaan berkendara tetap aman, sebaiknya hindari menggunakan kecepatan yang tinggi. Alangkah baiknya menggunakan kecepatan rendah, karena untuk berjaga-jaga bila jalanan menurun, dan curam. Terlebih jika ada kubangan yang tertutup air hujan.

 

 

Waspada dengan Pergerakan Tiba-tiba

 

Kerapkali saya dan mas suami ketika hujan turun dengan derasnya, sukar membedakan mana jalan yang tanpa berlubang karena penuh dengan genangan air. Kadang tertipu dengan jalan yang mulus, eh ternyata kubangan yang dalam. Alhasil kehilangan cengkraman dan terkena aspal. Untung masih bisa mengendalikan dan mengontrol motor, kalau tidak ya berbahaya.

 

Nah, satu dari lima yang paling utama dari tips di atas adalah berdoa sebelum memulai perjalanan. Agar Tuhan melindungi diri kita, sampai dengan tujuan dan pulang ke rumah lagi. Doa yang lainnya lagi, saya kepengen punya mobil sendiri. Biar kalau mudik, kalau musim hujan begini tidak perlu memakai jas hujan dan basah-basahan kena cipratan mobil yang lewat. Aaamiin.

 


 
Rekomendasi Website Mobil Baru Maupun Mobil Bekas Bersertifikat

 


 

Nah teman-teman, saya ada rekomendasi buat yang lagi nyari mobil baru atau mobil bekas yang bersertifikat. Yakni website Auto 2000, yang mana komplit sekali pilihannya. Visi dari Auto 2000 sendiri ialah menjadi dealer Toyota terbaik dan terandal di Indonesia melalui proses kelas dunia, sementara misinya membantu pelanggan menikmati mobilitasnya.




toyota sienta bekas harga toyota sienta bekas toyota sienta interior harga toyota sienta 2016 bekas toyota sienta 2020 toyota sienta 2018 harga toyota sienta 2017 harga toyota sienta 2018


 

 



Setiap dari kita pastilah memiliki mobil impian ya kan? Saya kepengen punya Mobil Toyota Sienta. Entah kenapa semenjak kemunculannya saya langsung suka, karena memesona.

 

Mengapa harus Auto 2000? Karena berusaha mendorong batasan transaksi pembelian mobil Toyota di platform digital. Kini, pelanggan dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust) semudah menggerakkan jempol di layar smartphone.




toyota sienta bekas harga toyota sienta bekas toyota sienta interior harga toyota sienta 2016 bekas toyota sienta 2020 toyota sienta 2018 harga toyota sienta 2017 harga toyota sienta 2018





 

Menggunakan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000. Keren banget kan? Buat temen-temen yang penasaran, langsung intip aja websitenya. Sudah lengkap semua tertera  informasi yang dibutuhkan soal mobil.

 

Semoga artikel 5 Tips Berkendara Saat Hujan agar Tetap Aman bermanfaat ya, salam.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

29 comments

  1. Berkendara di musim hujan itu memang extra effort ya,apalagi hujan deras ya, jarak pandang juga sangat pendek, wiper tak bekerja maksimal menepis curah hujan, hingga jalan yang terasa lebih licin sehingga harus mengurangi kecepatan. kalau di jakarta bisa plus diam di tempat karena hujan membuat kondisi macet total. Pernah nangis di jalan gara-gara ini hahaha. Sekali di Jagorawi bener2 gak bisa lihat jalan, lalu memutuskan untuk masuk ke rest area dan diam sampai hujan reda. yang kedua pengen nangis karena udah capek banget pulang kerja, jalan tol macet, kaki udah mulai kebas, dingin dan pengen pipis hahaha.

    ReplyDelete
  2. Tipsnya udah bener semua tuh.
    Kalo hujan memang kita harus hati-hatu berkendara, baik yang bawa mobil terutama yang naik motor.

    Semoga impian Nyi punya mobil Sienta terwujud ya say.

    ReplyDelete
  3. Ini nih website mobil yg super kece!
    Mengusung konsep “seamless end-to-end customer experience” pulak.
    Keren sih, Auto2000 ini karena bisa membuat pelanggan merasakan pengalaman pelayanan yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000 (offline) ya.
    BRAVO!

    ReplyDelete
  4. salah satu mobil inceran aku dan suami, pengen banget punya satu aja hahahah kayak mau beli skincare ya, tapi emang sebagus itu loh Sienta ini

    ReplyDelete
  5. Wah, ini boleh ya Nyi bunda share linknya ke anak bunda yg mau berkendaraan ke Bali. Tipsnya buat warning bagi yg berkendaraan dlm hunmjan nih. Md2an perjslanan dlm huja buat siapapun lancar dan aman serta slmt sampai tujuan. Aamiin.

    ReplyDelete
  6. Berkendara saat hujan memang perlu hati-hati sekali, naik mobil sekalipun karena namanya hujan bisa bahaya juga kalau kita tidak bisa mengontrol.

    ReplyDelete
  7. Perlu ekstra hati2 dan fokus kalo lagi hujan pas berkendara, rata2 memang banyak banget kecelakaan tunggal pas ujan baik motor or mobil. Bisa karena licin pulaa, makasih loh udah reminder.

    ReplyDelete
  8. Saya mau menambahkan lampu hazard di saat sedang turun hujan. Kecuali mobil dalam posisi berhenti darurat. Bikin kagok dan malah membahayakan pengendara lain

    ReplyDelete
  9. Nah bener banget sih ini, jaga jarak itu penting. Klo ga jaga jarak dan ada yang rem mendadak, bisa tabrakan deh huhuhu. soalnya waktu buat mobil berhenti jadi lebih lama di kondisi basah

    ReplyDelete
  10. Iya banget Nyi.
    Parahnya, aku tuh gak bisa banget kalau berkendara apalagi hujannya sampai dereess banget yang mengaburkan jarak pandang.

    Aku pernah nyerah dengan berhenti dulu di pinggir jalan.
    Aku takut juga kalau ada pergerakan mendadak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toyota Sienta ini yang dipercaya keluarga masku untuk transportasi mbakku kemana-mana.
      Memang tangguh meski jenis mobil MPV.

      Delete
  11. Tersiksa banget aku tuh kalauu nyetir motor sambil hujan2an, mana pake kacamata kan jadi ngembun :D Semoga secepatnya bisa kebeli mobil yaa Allah. Aaamiin :)

    ReplyDelete
  12. wah..penting banget nih tipsnya pas musim hujan begini ya... Kondisi kendaraan dan nyetirnya juga harus bener juga nih..

    ReplyDelete
  13. Intinya saat berkendara di tengah hujan musti fokus, hati-hati dan mengutamakan keselamatan ya, Mbak.

    Scientia ini mobil idamanku. Alasannya tempat duduknya itu aku suka banget, saat membawa anak-anak bikin nyaman aktifitas mereka di mobil. Bagaimanapun membawa anak-anak di kendaraan juga harus dipikirkan keamanannya ya,

    ReplyDelete
  14. Auto 2000 mah cinta lama nih mba hehe..iya dulu waktu bbrp kali pakai merk ini terus salah satunya krn nyamannya pelayanan mrk. kupikir smp ga bakalan bs pindah ke lain hati hahaha

    ReplyDelete
  15. Berkendara saat musim hujan harus extra hati hati. Selain jalan licin juga harus fokus takutnya tiba tiba kendaraan depan berhenti. Makasih tipsnya mbk

    ReplyDelete
  16. Saya punya mbaa sienta di rumah. Tapi saya blm berani bawa. Mungkin kalau saya bawa sientanya saya akan jalani tipsnya nih, Mba. Paling bawa kayak bawa orang hamil.. kudu pelan-pelan, kahwatir di tips poin 5 dan 3.

    ReplyDelete
  17. Paling enak di saat hujan adalah menaiki transportasi roda 4 ya Mbak karena nggak kehujanan. Tapi memang harus ekstra hati-hati juga kalo mengendarai mobil di saat hujan, karena ada efek ban tergelincir pada jalanan yang basah & licin akibat hujan.

    ReplyDelete
  18. wah 3 jam naik motor dalam kondisi hujan, kuat banget mbak.
    Saya kalau pas jam pulang kantor dan hujan deras, memilih untuk menunda dulu, padahal dekat.
    Emang harus hati-hati kalau berkendara dalam cuaca hujan, kelima tips ini bener banget

    ReplyDelete
  19. Kalau hujan memang pelan2 kudunya ya mba.. dan nggak nyipratin orang lain hihi..
    Sienta ini cakeep.. suka akuu deh 😍

    ReplyDelete
  20. Iya deg-degan kalau naik kendaraan pas hujan, jalanan jadi licin dan pandangan supir jadi terbatas..jadi banyak doa deh dan kondisi kendaraan harus prima ya...

    ReplyDelete
  21. tipsnya sebenarnya umum ya tapi ini banyak yang lalai, bagus banget mba dengan menulis ini kembali mengingatkan banyak orang untuk mengingat kembali dan lebih hati2 saat berkendara ya mba

    ReplyDelete
  22. Berkendara saat hujan memang bisa bahaya ya kalo gak hati-hati. Semoga para supir, atau siapa pun yang bawa kendaraan, selalu hati-hati dan aware dengan ini. Biar selalu aman.

    ReplyDelete
  23. kalau hujan deras baiknya kita menepi atau berhenti aja ya mba... apalagi jika tidak terlalu menguasai kendaraan kita. Otherwise, extra hati - hati

    ReplyDelete
  24. Banyak kecelakaan yang terjadi di saat hujan karena pengemudi yang tidak mengetahui medan dan tidak berlaku tepat terhadap mobilnya sendiri. Seperti tetap melaju kencang atau mengerem kuat... Bener banget nih mba Nyi, yang penting tetap fokus ya dan tetap memperhatikan sekeliling..

    ReplyDelete
  25. klo hujan memang lebih aman nsik mobil ya mbak..
    apalagi klo mobilnya sekece Sienta ini
    duh jadi pengen ke Auto 2000
    cus semangat dulu nabungny a

    ReplyDelete
  26. Menyetir di waktu hujan butuh konsentrasi tingkat tinggi memang makanya harus hati-hati & gak mengendarai dengan kecepatan tinggi. Seram mbak aku pernah nih merasakan nyetir hujan derasnya minta ampun

    ReplyDelete
  27. Jangankan motor, mobil aja bisa tergelincir karena jalan licin
    Makanya perlu hati hati dan tidak usah ngebut.
    Hujan bukan mau kita juga jadi nggak perlu dijadikan sesuatu yang membuat terburu-buru

    ReplyDelete
  28. Berkendara saat hujan ini emang bikin deg-degan ya mbak. Apalagi kalau jarak pandang terbatas karena hujan lebat. Mesti konsentrasi dan banyak doa.

    Tapi kalau pakai sienta lebih aman kayaknya meski dikepung hujan badai. Performanya bagus. Selain itu Mobil sienta emang keren ya Mbak. Tampilannya elegant.

    ReplyDelete

Post a Comment