Review Film Oh! My Gran Kisah Nenek Penderita Alzheimer

9 comments


Review Film Oh! My Gran Kisah Nenek Penderita Alzheimer - Annyong! Setelah film Pawn yang menguras emosi, datang lagi film Korea terbaru yang mengguncang hati. Oh! My Gran, atau Oh! Moon Hee film dengan genre drama, komedi, dan misteri yang akan membuat haru, dan seru di penghujung tahun.






 

Kisahnya sendiri akan bercerita tentang seorang nenek yang menderita Alzheimer, bernama Oh Moon Hee yang tinggal bersama anak dan cucunya. Walaupun mereka sering bertengkar, tetapi mereka saling menyayangi.

 

 

Sinopsis Oh! My Gran

 

 

 

Di desa Geumsan yang tenang dan damain,  hiduplah pria bernama Doo Won, yang sayang dengan ibu dan anaknya. Setiap hari ada saja kejadian heboh yang dilakukan sang ibu yang menderita alzheimer.

 

Suatu hari putri Doo won, yang bernama Bo Mi mengalami tabrak lari. Saksi satu-satunya ya neneknya, tapi sayangnya ia mengidap alzheimer. Gimana dong? Apakah masalah penabraknya bisa diketemukan?

 

 

Pemeran Oh! My Gran

 

 

  • Na Moon-hee berperan jadi nenek Santa Oh Moon Hee
  • Lee Hee-joon sebagai Doo Won, anak dari Moon-hee yang pekerja di asuransi mobil
  • Lee Jin-joo sebagai Bo Mi, anak dari Doo Won
  • Park Ji-young sebagai saudara dari Doo Won, Song Won-jang
  • Choi Won-young sebagai detektif Kang
  • Kim Jung-young sebagai Mooh Hee muda
  • Kim Hak-sun sebagai kepala kantor Doo Won, yang selalu mendukung pegawainya
  • Cha Soon-bae sebagai doctor
  • Kim Hak Suk sebagai ayag Doo Won

 




 

Review Oh! My Gran

 

 

Oh! My Gran merupakan film Korea terbaru yang sudah rilis sejak 2 September 2020. Film ini dibinganti oleh aktris kawakan Na Moon-hee, Lee Hee-joon, dan Choi Won-young. Durasi filmnya kurang lebih 109 menit., dan disutradarai oleh Jeong Se-gyo.

 

Latar cerita berada di desa Geumsan, desa yang damai dan jauh dari hiruk pikuk kota. Sepupu Doo Won, yang diperankan oleh Park Ji-young yang kerja di salon setiap hari mengunjungi rumah mereka.

 

"Bibi ... Bibi ..." Panggilnya kepada nenek Moon Hee. Tetapi setelahnya ia kaget luar biasa. Melihat anjing mereka yang bernama Anja, bulu-bulunya hampir gundul. Sementara di kamar, Bo Mi sudah dicukur separuh rambutnya sama nenek Moon Hee. Dan sakelar kulkas juga dicabut semua kabelnya. Air es menetes turun dan membuat becek lantai.

 

Ya ampun, part pertama aja udah bikin kegaduhan si nenek Moon Hee. Apalagi sceene selanjutnya nih, begitu komentar saya ketika nonton.

 

Nenek Moon Hee ini dalam karakter di film Oh! My Grand, menderita alzheimer. Jadi sebentar hilang ingatan, sebentar lagi nanti ingat dirinya siapa. Dia sendiri menganggap dirinya adalah 'Santa Oh', seorang putri dalam film animasi bernama 'Secret Jouju'.

 

Pada suatu malam, Doo won, sebagai tokoh utama pria dan dalam cerita yang menjadi duda ingin mencari angin segar setelah seharian bekerja. Ia datang ke tempat karaoke bersama teman-temannya, di sana juga ada gadis cantik-cantik. Ketika Doo won berkenalan dan menggoda salah satunya, ponselnya berdering.




 

"Apakah ini ayah Bo Mi?" kata seorang laki-laki di telepon. Ia mengabarkan Bo Mi mengalami kecelakaan. Tentu saja ia tidak percaya, sebelum Doo Won pergi dari rumah ia melihat Bo Mi tidur bersama nenek Moon Hee. Setelah teleponnya ditutup, kembali ia di telpon dan langsung ia pergi. Tapi sebelumnya pipinya dikecup oleh gadis yang ada di tempat karaoke.


Ketika sampai di rumah sakit, benar saja Bo Mi anaknya Doo Won bersimbah darah dan sedang ditangani. Sementara Nenek Moo Hee berbicara kepada Doo Won sambil mondar mandir, "Oppa, Bo Mi terluka," ucapnya kepada Doo Won.

 

Karena hilang ingatan nenek Moo Hee, yang aslinya ibunya Doo Won ini memanggil anaknya sendiri dengan sebutan 'Oppa' (Kakak laki-laki). Antara sedih mengikuti alur cerita karena anaknya kecelakaan, dan mau ketawa karena akting Na Moon-hee beneran keren!

 

Di tengah kehebobahn Bo Mi yang sedang ditangani dokter, Song Won-jang sebagai keponakan marah besar kepada Doo won karena meninggalkan anaknya dan malah pergi ke tempat karaoke. Doo Won sendiri marah-marah kepada ibunya, karena tidak bisa menjaga Bo Mi.

 

"Aku tidak tahu apa-apa," katanya sambil makan camilan, "aku tidak tahu apa-apa. Aku disuruh ayah membeli makgeolli." Ucap Nenek Moo Hee.

 

"Bagaimana kau tidak bisa apa-apa, kamu hampir membunuh anakku," balas Doo Won tak kalah sengit sambil menangis. Situasi pembuka cerita yang apik. Kita sebagai penonton langsung disuguhi dengan, konflik kecelakaan dan tidak tahu siapa yang menabraknya. Song Won-jang menengahi, dan datang detektif Kang Cheol-shik mencari tahu kejadiannya.

 

"Cheol-shik kau tahu dari mana?"

 

"Seorang petugas melaporkan tabrak lari." Begitu kata detektif Kang, yang sekaligus menjadi teman Doo Won ini.


 





Melihat Bo Mi yang koma, Doo Won berjanji akan mencari tahu siapa yang menabrak anaknya. Meski tidak ada saksi, eh ... nenek Moo Hee sebenarnya bisa jadi saksi. Tetapi kan nenek hilang ingatan, ada juga Anja si anjing yang hampir ditabrak mobilt tersebut juga.

 

Berbekal ingatan nenek yang patah-patah, dan usaha Doo Won yang terus mencari tahu. Pun terkadang nenek kembali ingat, semuanya dikumpulkan dengan sabar. Ada kejutan mendekati ending juga, siapa sebenarnya yang menabrak Bo Mi.

 

Kisah yang apik. Perjuangan seroang anak yang terus berusaha berbakti menjalani kehidupan meski ibunya mengidap alzheimer dan anaknya koma karena kecelakaan. Ia yang mencari tahu penabrak anaknya, dan terus menjaga ibunya yang setiap kali hilang.

 

Ada juga kisah Doo Won di masa lalu, di mana sebenarnya ia memiliki jari tangan enam. Bapaknya harus memotong karena malu anaknya dilahirkan cacat, ia juga suka memukul anak dan istrinya (Moon Hee muda). Masa lalu yang menyedihkan, ibu dan anak sama-sama saling menyembuhkan luka.





 

Moral of the story dari film Korea Oh! My Gran



 

  • Rasa sayang ibu terhadap anaknya tidak akan hilang, sekalipun ibu menderita Alzheimer. Dalam ingatan yang terlupa, anaknya Doo Won yang sering dipanggil 'Poli', pada masa kecil sering disebutnya.
  • Bo Mi, walaupun tinggal hanya dengan nenek kesehariannya karena Doo Won harus bekerja. Tetap menyayangi neneknya, ia juga memaafkan neneknya yang mengusir ibu kandungnya. Pada bagian ibu Bo Mi diusir tidak diceritakan banyak sih. Kebanyakan anak yang memiliki latar belakang kurang kasih sayang, justru tumbuh lebih dewasa dibanding anak sebayanya
  • Kasih sayang dari keponakan juga terlihat manis di sini. Song Won-jang meski tidak tinggal dengan nenek Moon Hee selalu memerhatikan Bibinya ini. Sabar, dan terus membantu Doo Won mengatasi kerumitan hidup yang dihadapi 
  • Ada sisi dark juga sih, dari sisi sahabat Doo Won yang detektif ini. Ia mengkhianati kepercayaan Doo Won dan masih banyak lagi hikmah yang lainnya. 
  • Menonton Oh! My Gran, akan membuat kita makin sayang terhadap ibu dan ingin menjaga beliau selalu.

 

Oh! My Gran cocok ditonton sebagai hiburan penutup tahun nih, teman-teman. Selamat menonton!


Baca juga : 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

9 comments

  1. Menarik ya kisahnya.. saya lama ga nonton Drakor jadi tertarik untuk menonton langsung kisahnya.. :)

    ReplyDelete
  2. Oh, grandmaa.. sebenernya memang mungkin karena penyakit tua juga ya, jadi lupaan. hihi..
    film yg baru banget nih ya Mba. pengen nonton ah aku :D

    ReplyDelete
  3. Waduh baca sinopsis ini kisahnya bikin haru ya Kakak

    ReplyDelete
  4. Lama nggak nonton film apapun, btw ini bisa ditonton dimana mbak?

    ReplyDelete
  5. Aku juga udah nonton ini mkwkw. Tipikal film Korea yang awalnya kocak, eh ternyata ada kisah mendalam di baliknya dan akhirnya bikin iba.

    Suka sama aktingnya He Joon ahjussi. Kenal dia waktu jadi Jo Namdoo di Legend of the Blue Sea. Kalau nenek Moon Hee mah emang gausah ditanyain lagi aktingnya, keren bangett waktu di MISS GRANNY

    ReplyDelete
  6. jadi penasaran nih mau nonton juga, belakangan emang suka nonton yang drama keluarga sih daripada yang melow-melow.
    kasih Ibu sepanjang masa ya Mbak.

    ReplyDelete
  7. Yaaa ampun sumpah pengen ngakak tp kasihan.. Ini benar2 bagus utk ditonton nih. Kalo film kan cuma sekali doank yaa. Mbak nyi nontonnya di mana?

    ReplyDelete
  8. Wah seru ini ditonton breng2 ma ibu pas hari ibu kmren ya mva, liat posternya agak kocak ya

    ReplyDelete
  9. Seru ceritanya, bikin ketawa sekaligus haru juga nonton ini. Keren ya dramor. Bnyk filmnya yg meninggalkan kesan buat penonton

    ReplyDelete

Post a Comment