Friday, 9 November 2018

Tonggak Baru Ekonomi Kreatif Indonesia



Tonggak Baru Ekonomi Kreatif Indonesia - "Prestasi kita semua adalah prestasi bangsa!" Ungkap ibu Niken dari Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Republik Indonesia mulai menyampaikan pidatonya di atas podium. "Pemerintah tidak sendiri, dengan dukungan dari Masyarakat, Indonesia akan berkembang semakin baik," lanjut ibu Niken lagi. Kemudian pesan demi pesan, mengalir dengan begitu bijaknya.

flash blogging flash blogging kominfo flash blogging jambi arti flash blogging apa itu flash blogging flash blogging adalah


Flash Blogging Kominfo

Ini kali ketiga saya mengikuti acara Flash Blogging, di Semarang. Kali ini temanya adalah '4 Tahun Indonesia Kreatif', yang dilaksanakan di Po Hotel, Semarang pada 9 November 2018. Alhamdulillah bisa ikutan juga, tadi sempat kehabisan kereta dari Pekalongan lho, mau naik bus pasti telat. Akhirnya saya dan suami bawa motor, dari Comal kurang lebih sampai ke Semarang itu 3 jam dengan ngebut hahaha ... biar nggak telat ceritanya.

Sebelum acara dimulai kami diajak untuk santap hidang dulu, ada cake, lumpia, dan teh hangat yang menemani. Kemudian ruangan mulai dipadati dan ibu Niken, beserta rombongan hadir. Lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama oleh para peserta yang hadir, jujur dalam setiap event saya paling suka bagian ini. Mengapa? Semacam sebagai bentuk rasa cinta kepada tanah air, dan menanamkan kembali tanggungjawab kepada tanah tumpah darah ini.
Ada dua narasumber dalam Flash Blogging kali ini, pertama ibu Niken dan kedua adalah Bapak Andoko. Apa sih yang mereka sampaikan ini? Saya rangkum dalam postingan di bawah, semoga kita semua bisa menjalankannya dengan baik. Apalagi buat kami yang berkecimpung dalam dunia digital, sebagai  blogger.

flash blogging flash blogging kominfo flash blogging jambi arti flash blogging apa itu flash blogging flash blogging adalah
Gandjel Rel Semarang




Tonggak baru ekonomi kreatif Indonesia

Empat tahun sudah, Indonesia menjalani pertumbuhan ekonomi kreatif. Bahkan Presiden Joko Widodo pun yakin, jika ekonomi kreatif ini akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Bahkan survey yang telah dilakukan, pada tahun 2030 nanti Indonesia berpotensi menjadi negara maju ke 5, ucap Bu Niken dengan optimisme. Mari kita aminnkan dulu yuk, dan kalau bisa sebelum tahun tersebut Indonesia sudah meredeka nih menjadi negara yang maju. Aamiin.

flash blogging flash blogging kominfo flash blogging jambi arti flash blogging apa itu flash blogging flash blogging adalah
Ibu Niken


Misi besar untuk meningkatkan kekuatan ekonomi kreatif dalam membangun Indonesia, ada beberapa yang diterapkan, seperti:

·       Penyatuan seluruh aset dan potensi kreatif di Indonesia, mencapai ekonomi kreatif yang mandiri

·       Bersama menyatukan iklim yang kondusif, untuk pengembangan industri kreatif sendiri.

·       Mendorong inovasi di bidang kreatif, yang mana memiliki nilai tambah dan daya saing. Ibu Niken mengungkapkan, bahwa ada 1000 startup yang sedang dibina. Agar nantinya bisa yang dari start up menjadi unicorn. Di Indonesia sendiri sudah ada 4 unicorn lho, adalah; Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan Go-jek.

·       Pemerintah juga ingin membuka wawasan dan apresiasi masyarakat mencakup segala aspek, dibidang ekonomi kreatif. Yang salah satu dicontohkan tadi ada start up.

·       Selain itu juga disampaikan untuk membangun kesadaran, akan kekayakaan intelektual dan hak cipta dan bersama merancang dan melaksankan strategi agar Indonesia bisa masuk, dalam peta ekonomi kreatif dunia dengan dibantu oleh masyarakat.





Peran blogger dalam Pertumbuhan Indonesia kreatif

Nah bagian ini yang paling saya suka, ketika bu Niken mengingatkan kami para blogger untuk menulis hal yang positif. "Kalau menulis, harus bertanggungjawab dengan apa yang kita tulis," begitu ungkapnya. Beliau juga mengungkapkan, jika akan mendorong generasi milenial agar dapat berkembang, kabar baiknya tahun depan akan ada beasiswa dari program digital talent untuk 20 ribu generasi milenial! Pesan bu Niken yang lain adalah:

·       Harus arif,  pintar memilah dan memilih konten apa yang disebar. Pun apa yang tidak boleh disebarkan.

·       Kalau upload atau menulis konten semuanya harus benar. Dari data, otentik, integritas dalam dunia cyber. Seperti hak cipta misalnya.

·       Artikel yang diunggah harus hati-hati, menyebabkan dampak atau tidak.

·       Tulislah tulisan yang membawa pada optimisme.

"Penuhi dunia maya dengan konten yang positif, karena dunia maya bisa memengaruhi dunia nyata, jangan menyinggung SARA dan jangan mudah percaya kepada konten yang tersebar, cek ricek dulu," begitu tutup bu Niken. Karena kominfo juga sudah melakukan tugasnya, dalam pembatasan akses. Memblokir berita-berita hoax dan memberantas akun negatif. Waaah ... yuk mari bekerjasama, untuk memusnahkan berita yang nggak benar gaes!

flash blogging flash blogging kominfo flash blogging jambi arti flash blogging apa itu flash blogging flash blogging adalah


Kamu Ingin Jadi Apa?

Nara sumber yang kedua adalah, Bapak Andoko Darta dari Tim Komunikasi Presiden. Tema kali ini adalah mengusung, Tema 'Anak Muda', yang mana memiliki banyak sub tema.

Ada peduli, kreator, eksplorer, orang biasa, pahlawan cendekiawan. "Kalian mau jadi apa?" Ungkap beliau memberikan pilihan kepada kami. Pilihannya adalah:


·       Peduli, lebih cenderung kepada relawan. Yang peka membantu kepada sesama. Yang dengan ringan tangan, mau membantu orang lain.

·       Kreator, lebih kepada bidang start up, blogger, musisi dan bidang kreatif yang lainnya.

·       Eksplorer, kamu yang demen jalan-jalan nih, atau kamu yang cemen naik gunung masuk ke eksplorer.

·       Atau kalian ingin jadi pahlawan? Seperti apa sih contohnya, ada atlit, tim sar dan lain sebagainya. Yang membela bangsa dan negaranya.

·       Dan kalo cendekiawan ini adalah masuk ke pendidikan, dan ilmu.

·       Atau kalian mau jadi orang biasa? Dan katanya Bapak Andoko beliau mengaku dia orang biasa, busyet padahal dia keren.. Eh masih rendah hati aja nih. Alhamdulillah ini kali kedua bertemu pak Andoko, bertemu beliau selalu ada inspirasi dan semangat baru.

flash blogging flash blogging kominfo flash blogging jambi arti flash blogging apa itu flash blogging flash blogging adalah
Dengan Bapak Andoko



Mudah-mudahan apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat, bisa memberikan sedikit pandangan soal pertumbuhan 4 tahun Indonesia kreatif. Dan semoga kita bisa menjadi blogger yang baik, menulis hal positif dan tidak lupa terus menulis konten yang memberikan inspirasi buat pembaca. Semoga bertemu di flash blogging tahun depan, salam! 






1 comment:

  1. Flash blogging kemarin keren. Terima kasih atas pengalamannya. Teruslah berkarya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat