Thursday, 1 November 2018

Susah Menulis? Lakukan Freewriting Style



Susah Menulis? Lakukan Freewriting Style - Menulis adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang penulis, blogger, wartawan dan siapapun yang berkecimpung di dunia tulis. Saat menulis ada 2 gaya menulis yang sudah kita kenal, menulis formal dan menulis bebas. Bagaimana perbedaan keduanya?

freewriting freewriting technique freewriting pdf freewriting is freewriting examples freewriting and brainstorming freewriting is an exercise in which you weegy free writing prompts free writing topics freewriting is an exercise in which you brainly freewriting brainstorming clustering asking questions and keeping a journal are examples of freewriting meaning freewriting refers to writing that is distributed to readers without their having to pay for it freewriting by peter elbow summary freewriting benefits freewriting elbow freewriting example freewriting definition freewriting methode freewriting pros and cons freewriting and clustering free writing apps free writing apps for mac free writing app free writing assistant free writing apps for ipad free writing apps for windows free writing about love free writing app for mac free writing approach free writing activity free writing adalah free writing about friendship free writing about family free writing app for windows free writing about social media free writing applications free writing advantages free writing app for iphone free writing about technology


Jika kita menulis formal, pasti akan sangat hati-hati ketika menlis. Kaidah dalam format penulisan pasti dijaga dengan baik, misalnya meletakkan titik, koma ataupun pemilihan kosa kata. Tulisan formal biasanya bisa kita temukan, ketika kita menulis tugas sekolah, tugas kantor, laporan, proposan, skripsi dan lain sebagainya. Sementara menulis bebas adalah kebalikan dari menulis formal, ya tidak ada aturan dalam menulis. Mau kosa kata kayak apa, penempatan tanda baca ya semau penulisnya.

Yang penting apa yang ada di kepala dimuntahkan aja, ditulis dulu nggak penting yang lain dan menulis freewriting disebut juga dengan istilah 'prewriting', akan ada penulisan ulang lagi agar ketika disajikan sudah layak baca.

Pencetus gaya menulis freewriting

Siapa sih salah satu pencetus freewriting? Ialah Peter Elbow, profesor di Universitas Massachustetts yang berdomisili di kota kecil Amherst, dari Hampshire County, Amerika Serikat. Saat dia menulis untuk teman-temannya, dia merasa sangat santai tetapi berbeda ketika dia menulis untuk guru-gurunya. Tulisannya mendadak kaku dan aneh, dia menyadari ada yang salah. Bandingkan dengan ketika kita menulis surat untuk kekasih? Pasti merasakan kebebasan yang luar biasa, ketika mengekspresikan rasa cinta dalam menulis surat. Ternyata, yang dibutuhkan dalam menulis adalah perasaan yang santai, rileks tanpa terbebas rasa takut akan tulisan kita yang jelek dan sebagainya.

Susah menulis? ya freewriting saja

Kebuntuan soal ide, atau pusing karena memikirkan bagaimana penulisan yang baik dan benar jangan terlalu dikhawatirkan. Menulislah dahulu, menulis bebas yang kita suka-suka seperti metode 'freewriting', ini.

Menulislah sesuai apa yang terlintas dalam pikiran, tuangkan ide atau gagasan apa saja yang dipunyai. Lepaskan kekhawatiran soal ejaan, kosakata, suku kata dan jadilah dirimu yang apa adanya. Setelah semuanya selesai, barulah kita poles dengan menarik agar terlihat cantik. Seorang MUA kondang butuh berhari-hari untuk menciptakan, dandanan yang aduhai menawan, bukan? So, begitu juga dengan penulis. Menulis saja, tulis terus, setelah selesai lakukan prewriting dengan baik. 

Seringkali, cara paling mudah untuk mengingat sesuatu adalah dengan menuliskannya! -Matthew McDonald 

5 comments:

  1. Kece ih tipsnya. Bener ya... Kadang mo nulis tiba2 buntu gegara mikir ini itu.. kudu coba free writing yaaa..makasih mbak

    ReplyDelete
  2. kalo pake free writing style mungkin kita tanpa beban ya nyi jadi nulisnya lebih santai

    ReplyDelete
  3. Setuju banget Mbak, dulu saya kaku dan ga bisa banget nulis meski banyak ide-ide yang lagi dipikirin. Trus coba freestyle writing, lama-lama jadi lancar buat menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

    ReplyDelete
  4. Aku juga selalu pake teknik ini. Ntar baca lagi, inget lagi aku mau nulis buat siapa, trus edit deh. Lebih enak emang free writing style ini.

    ReplyDelete
  5. Teknik ini yang biasa saya pakai :D hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat