Wednesday, 3 October 2018

Selamat Hari Batik Nasional 02 Oktober 2018



Selamat Hari Batik Nasional 02 Oktober 2018 - Hari Batik Nasional diperingati pada tanggal 02 Oktober, setiap tahunnya.  Sudah tahu kan kalau batik sudah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi? Alhamdulillah sampai sekarang Indonesia, selalu memeringati Hari Batik Nasional. Hayoo, kamu tanggal 02 Oktober 2018 kemarin pake batik nggak? Hehehe ... selamat dari batik yang ke-9 ya, teman-teman.




Generasi Penerus Batik Pekalongan

Menjadi bagian dari panitia publikasi dalam acara Hari Batik Nasional di Pekalongan, sungguh pengalaman luar biasa. Awalnya hari Batik Nasional tidak diadakan semeriah yang sudah terjadi, hanya akan diadakan syukuran saja. Tetapi Generasi Penerus Batik Pekalongan, seperti mas Trias, mas Teguh, dan om Sarbu tidak menerima. Ini Hari Batik Nasional, Pekalongan juga disebut sebagai Kota Batik Dunia, Museum Batik juga ada di Kota Pekalongan. Semasih bisa dimaksimalkan, mari kita rayakan. Jadi kesimpulannya, berkat mereka-mereka Generasi Penerus Batik Pekalongan, Alhamdulillah acara berlangsung sukses dan membahagiakan.

Sebelum Hari Batik Nasional, kami sudah mempublikasikan flyer di media sosial dan akun-akun resmi. Selain itu kami juga turut mengundang beberapa perwakilan dari Blogger Semarang, dan saya kebagian untuk menjamu mereka. Alhamdulillah semuanya sudah saya kenal dengan baik. Saya harus mempersiapkan semuanya, dari kedatangan mereka, penginapannya, makan, bagaimana mereka ke lokasi sampai kepulangan dengan aman. Alhamdulillah tugas itu berhasil saya selesaikan dengan baik.



Yang menjadi tantangan adalah mereka datang tidak bersamaan, bahkan Koko, Diko dan Erina datang pada pukul 03.00 WIB, dini hari. Menyambut mereka datang jam segitu, dan tetap terjaga menemani mereka makan sungguh menyenangkan hahaha ... Kemudian mereka tidur setelah subuh, tapi harus bangun dan siap pada pukul 06.30 WIB untuk prepare upacara bendera memeringati Hari Batik Nasional 2018.

Selepas upacara Hari Batik Nasional 2018,  kami melakukan senam Gemu Famire bersama lho, dengan menggunakan sarung batik hahaha ... sungguh keren. Ini kali pertama saya mengikutinya, dan semoga tahun berikutnya masih berpartisipasi lagi. Aaamiin. Setelah pemotongan tumpeng oleh Bapak Walikota, kami makan bersama dan mulailah kami jelajah ke kampung Batik yang ada di Pekalongan.

Kampung batik pertama yang kami kunjungi adalah kampung batik Pesindon, kemudian kampung batik Kauman, dan kampung canting Landungsari. Ketiga tempat menawarkan hal berbeda dan saya bangga, bahwa batik masih terus ada sampai sekarang. Rombongan yang mengikuti jelajah kampung batik tidak hnaya dari Blogger Semarang, tetapi dari instansi pemkot Pekalongan. Kami disambut oleh Terbang Tombo Ati / Jawan lho, duh ... jadi ingat jaman dahulu kala. Sementara di Kampung Batik Kauman, Terbang Genjring yang menyambut gantian. Bapak Walikota juga membuka acara workshop Batik Tulis kepada pelajar SMP se Kota Pekalongan. Alhamdulillah kunjungan di tiga tempat berhasil diselesaikan, meski Erina mengeluh kelelahan hahaha ...

hari batik hari batik nasional hari batik nasional diperingati pada tanggal hari batik internasional hari batik nasional tgl hari batik adalah hari batik nasional adalah hari batik setiap hari apa hari batik internasional jatuh pada tanggal hari batik jatuh pada tanggal hari batik diperingati pada tanggal hari batik nasional tgl berapa hari batik jumat hari batik hari apa hari batik ditetapkan pada tanggal hari batik besurek bengkulu hari batik indonesia diperingati tanggal hari batik indonesia hari batik dunia hari batik unesco hari batik nasional dan dunia (internasional) hari batik kamis atau jumat hari batik indonesia adalah pakai batik hari apa hari batik nasional hari apa seragam batik hari apa baju batik hari apa artikel hari batik nasional batik air hari ini alasan hari batik ditetapkan tanggal 2 oktober acara hari batik nasional artikel hari batik animasi hari batik nasional arti hari batik anime hari batik nasional


Sepak bola sarungan batik

Alhamdulillah selepas ba'da dhuhur rombongan bisa kembali  ke rumah dinas walkot Pekalongan, dan beristirahat sampai sore. Malamnya masih ada acara lagi, justru 'gongnya' di sana, Museum Batik Pekalongan. Atas tawaran Pak Totok, Blogger Semarang menginap di Pesona Hotel Pekalongan yang awalnya mereka mau balik siang itu juga, akhirnya tidak jadi. Berkah gengs, dapet penginapan  hotel bintang 3, asyik ya kan?

hari batik hari batik nasional hari batik nasional diperingati pada tanggal hari batik internasional hari batik nasional tgl hari batik adalah hari batik nasional adalah hari batik setiap hari apa hari batik internasional jatuh pada tanggal hari batik jatuh pada tanggal hari batik diperingati pada tanggal hari batik nasional tgl berapa hari batik jumat hari batik hari apa hari batik ditetapkan pada tanggal hari batik besurek bengkulu hari batik indonesia diperingati tanggal hari batik indonesia hari batik dunia hari batik unesco hari batik nasional dan dunia (internasional) hari batik kamis atau jumat hari batik indonesia adalah pakai batik hari apa hari batik nasional hari apa seragam batik hari apa baju batik hari apa artikel hari batik nasional batik air hari ini alasan hari batik ditetapkan tanggal 2 oktober acara hari batik nasional artikel hari batik animasi hari batik nasional arti hari batik anime hari batik nasional


Menariknya ada pertandingan sepak bola sarungan batik lho, di lapangan Jatayu sore itu pukul 16.00 WIB. Karena Mas Teguh tahu saya akan kecapekan dan teman-teman lain, akhirnya kami cukup beristirahat saja dan mengikuti kembali rangkaian upacara pada malam hari.

Dalam keseruan Hati Batik Nasional 2018, pada malam puncak acara adalah adanya pengumumanpemenang lomba cipta selendang Batik Motif NKRI. Ya Allah luar biasa indah-indah, mereka sangat kreatif dan keren. Selain itu ada juga kirab budaya, sekitar 150 penari Rodat, Prajurit Tosan Aji, Pembawa Panji Batik, Pemudik dan Pasukan Canus yang melakukan arak-arakan dan finish di depan Museum Batik dengan Life Perform tarian mereka. Sungguhan yang luar biasa indah. Ada juga lho perform Tari batik Nusantara, dan ada juga Kojahan Batik.

hari batik hari batik nasional hari batik nasional diperingati pada tanggal hari batik internasional hari batik nasional tgl hari batik adalah hari batik nasional adalah hari batik setiap hari apa hari batik internasional jatuh pada tanggal hari batik jatuh pada tanggal hari batik diperingati pada tanggal hari batik nasional tgl berapa hari batik jumat hari batik hari apa hari batik ditetapkan pada tanggal hari batik besurek bengkulu hari batik indonesia diperingati tanggal hari batik indonesia hari batik dunia hari batik unesco hari batik nasional dan dunia (internasional) hari batik kamis atau jumat hari batik indonesia adalah pakai batik hari apa hari batik nasional hari apa seragam batik hari apa baju batik hari apa artikel hari batik nasional batik air hari ini alasan hari batik ditetapkan tanggal 2 oktober acara hari batik nasional artikel hari batik animasi hari batik nasional arti hari batik anime hari batik nasional


Kojahan itu kalau di Pekalongan berarti ngobrol, bercakap-cakap sembari duduk di kursi dengan santai. Di stage pun disiapkan kursi dan meja dari kayu, sehingga suasananya memang menyerupai kalau kita lagi nongkrong ngobrol gitu. Sampai sekarang saya masih belajar terus budaya yang tersebar di Pekalongan, bercampur baur dan menjadi sebuah pengetahuan yang berharga buat saya. Jadi ingat dulu Bapak ditugaskan mengajar di Kedungwuni Pekalongan, saya juga sempat sekolah TK di Pekalongan, sampai akhirnya pindah ke Kendal. Dan ternyata Tuhan berkehendak lain, saya kembali lagi ke Pekalongan. Ibarat kenangan, saya adalah perempuan yang setia pada masa lalunya.

hari batik hari batik nasional hari batik nasional diperingati pada tanggal hari batik internasional hari batik nasional tgl hari batik adalah hari batik nasional adalah hari batik setiap hari apa hari batik internasional jatuh pada tanggal hari batik jatuh pada tanggal hari batik diperingati pada tanggal hari batik nasional tgl berapa hari batik jumat hari batik hari apa hari batik ditetapkan pada tanggal hari batik besurek bengkulu hari batik indonesia diperingati tanggal hari batik indonesia hari batik dunia hari batik unesco hari batik nasional dan dunia (internasional) hari batik kamis atau jumat hari batik indonesia adalah pakai batik hari apa hari batik nasional hari apa seragam batik hari apa baju batik hari apa artikel hari batik nasional batik air hari ini alasan hari batik ditetapkan tanggal 2 oktober acara hari batik nasional artikel hari batik animasi hari batik nasional arti hari batik anime hari batik nasional

Perempuan yang setia pada masa lalunya

Hari ini mungkin kau, kita dan mereka menangisinya
Tetapi percayalah beberapa tahun ke depan untuk sekadar mengingatnya saja kau, kita, dan mereka pun akan enggan
Mengapa? Karena adalah fakta bahwa tidak semua orang bisa tetap berteman, bercengkerama dengan dia yang ada di masa lalunya
Maka tenanglah dan bersabarlah
Semua akan segera berlalu, tertelan waktu

Selamat Hari Batik Nasional 2018, semoga Batik akan terus menjadi tradisi PEMERSATU BANGSA!

hari batik hari batik nasional hari batik nasional diperingati pada tanggal hari batik internasional hari batik nasional tgl hari batik adalah hari batik nasional adalah hari batik setiap hari apa hari batik internasional jatuh pada tanggal hari batik jatuh pada tanggal hari batik diperingati pada tanggal hari batik nasional tgl berapa hari batik jumat hari batik hari apa hari batik ditetapkan pada tanggal hari batik besurek bengkulu hari batik indonesia diperingati tanggal hari batik indonesia hari batik dunia hari batik unesco hari batik nasional dan dunia (internasional) hari batik kamis atau jumat hari batik indonesia adalah pakai batik hari apa hari batik nasional hari apa seragam batik hari apa baju batik hari apa artikel hari batik nasional batik air hari ini alasan hari batik ditetapkan tanggal 2 oktober acara hari batik nasional artikel hari batik animasi hari batik nasional arti hari batik anime hari batik nasional


27 comments:

  1. Aku suka motif batik di foto kelima itu, soft banget warna. Tapi yg motif dan warna begitu biasanya malah mahal2 yaa :)

    ReplyDelete
  2. Seru banget Nyi berkunjung ke kampung batik aku juga suka motif-motif batik, acaranya juga seru ada sepak bola sarungan batik, hehehe... selamat hari batik juga

    ReplyDelete
  3. Seruuu... Terima kasih Nyi, sudah all-out kemarin..sayang aku g bisa gabung Krn keterbatasanku.. mudah2an di lain waktu..

    ReplyDelete
  4. Seru banget kegiatannya mbak, tapi kugagal paham di foto loncat itu, haha.. Awasss jatuuh!!

    ReplyDelete
  5. Batiknya cakep2, aku naksir bgd sm yg warna ijo mbk, btw itu pose fotonya yg paling atas, seruuuuuuuu

    ReplyDelete
  6. weeeew, senam dan main bola pake sarung batik? Kereeeeenn, pasti seru banget yah Mbak.
    Duuhh, saya lupa banget tu kemarin pake batik pas tgl 2. Huhuhuhh.

    ReplyDelete
  7. seru banget, ternyata pake kain batik tetep bisa loncat loncatan yah mba hihihi

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu nama senamnya, Nyi. Makasih ya Nyi, udah nemeni, menjamu kami dg istimewa. Semoga Allah yang membalas kebaikan Nyi, Hadi, mas Trias, mas Teguh, Om Sarbu, Pak Totok ��

    Moga pekan batik tanggal 20 -24 Oktober besok sukses yaa

    ReplyDelete
  9. Aku jatuh cinta sama batik Pekalongan.
    Kaya corak dan warna, lebih cerah ceria.

    Daster aku juga banyak yang batik Pekalongan.

    ReplyDelete
  10. Dulu saya suka malas pakai bati. Abis kesannya saya jadi kelihatan tua kalau pakai batik hahaha. Tapi, sekarang batik mah makin banyak yang cakep. Malah jadinya sekarang saya semangat banget cari batik :)

    ReplyDelete
  11. Kebanyakan batikku berbentuk daster.
    Suami dan anakku suka pakai batik. Nyaman katanya.

    ReplyDelete
  12. Batik2 sekarang motifnya lucu2, rasanya pingin punya semua motif dan model, cuma makenya ga tau kapan hahaaa

    ReplyDelete
  13. Itu Erina levitasinya telat, hehe. Seru banget ih, pingin ikutan pakai banget ke Pekalongan

    ReplyDelete
  14. Wah memperingati hari batik dengan banyak kegiatan seru yaa. Kemarin kami di kantor juga pakai batik pas hari batik dan saya sukaaaaaa pakai batik ��

    ReplyDelete
  15. hahah kreatif banget sepak bola sarungan batik seruu liatnya bikin ketawa2 pasti nih . selamat hari batik semoga batik2 indonesia makin sering dicintai dengan serius oleh anak bangsa

    ReplyDelete
  16. Duh kalau lihat corak batik tulis rasanya pengin punya semuaa..haha

    ReplyDelete
  17. Duh Mbak, itu batik yang menang yang warnanya peach + biru blau cantiiiik banget.... pagi sore ya namanya? Salah satu wishlistku juga kunjung ke kampung batik pekalongan ni Mbak, selain pernah yang di Solo dan Cirebon. Semoga bisa terwujud, aamiin....

    ReplyDelete
  18. Tahun ini aku ga pakai batik :(. Entah kenapa nggak kepikiran karna ribet ama urusan kantor. Tapi tahun lalu aku pakai batik trus foto ama teman sekantor dan aku kirimkan buat lomba foto. Alhamdulillah menang :)

    ReplyDelete
  19. Kece banget, Nyi.
    Selamat Hari Batik.

    Aku kemarin pas tanggal 2 Oktober gak pakai batik.
    Hiiks~

    Karena berangkat terburu-buru, jadi gak persiapan apa-apa.
    pantas saja di sepanjang jalan melihat setiap tetangga yang pegawai kantoran pada pakai baju batik.

    Indahnya seni-budaya asli Indonesia.

    ReplyDelete
  20. Baru aja mo ikut tereak liat cewe2 pake batik sambil berlompatan, ealah lha kok di bwhnya malah cowo2 sepakbola pake batik hahaha.. Namanya jg cinta batik ya

    ReplyDelete
  21. Wah waktu ke Pekalongan aku ga sempat datang ke kampung batiknya ya. AKu sukanya motif batik yang lebih berwarna

    ReplyDelete
  22. Selamat Hari Batik Nasional mbaaa.. Batik benar-benar warisan budaya dan sejarah yang harus kita jaga selalu

    ReplyDelete
  23. Seru banget... Kmrn ga pake batiik, batikku buat kondangan itu, masa iya di rumah pake itu. Ntar anakku bingung hehe.

    ReplyDelete
  24. Seru banget yaaa kalian bersama2 pakai batik. Batik itu kebanggaan bangsa, jangan sampai ya diklaim sama negara lain.

    ReplyDelete
  25. Wah keren yaaa.

    meriah banget nih perayaan hari batiknyaa...

    ReplyDelete
  26. waktu hari batik tanggal 2 oktober kemarin, ada himbauan dari kantor pusat agar seluruh karyawan memakai batik, Mba :)

    Batik harus dilestarikan yaa :)

    ReplyDelete
  27. Nyii, pengen lihat senam gemufamire pake batik, ada videonyakah?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat