Thursday, 11 October 2018

Cerita Di Balik Official Theme Song “Victory Of Song” Untuk Asian Para Games 2018



Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah dalam ajang olahraga skala Internasional. Kalau kemarin adalah Asian Games, nah kali ini adalah even olahraga Asian Para Games yang akan di gelar di Jakarta. Sukses dengan telak mengguncang dunia, dengan Asian Games, semoga begitu juga dengan Asian Para Games, aamiin.



Sekadar informasi, jika Asian Para Games sudah kali ketiga dilaksanakan. Yang pertama adalah negara China sebagai tuan rumahnya, pada tahun 2010. Yang kedua di negara Incheon Korea Selatan, yang mana diikuti oleh 42 negara dan 18 cabang olahraga. Keren sekali ya kan? Siapa sih panitia pelaksananya Asian Para Games ini? Adalah INASGOC, yang digelar pada tanggal 6 - 13 Oktober 2018. Asian Para Games sendiri adalah pesta olahraga yang dikhususkan kepada mereka difabel seAsia, nggak percaya kan? Nyatanya mereka lebih bersemangat, lebih keren, lebih hebat dan pantang menyerah. Salut!

Menariknya ada lagu bertema resmi dalam pesta olahraga ini, yang sungguh membuat  haru, judulnya 'Song of Victory'. Dengan sengaja lagu ini dibuat agar mereka peserta Asian Para Games, bersemangat dan kita yang menonton bisa berpartisipasi memberikan mereka support yang tiada henti. Siapa sih penyanyinya? Adalah Mas Armand Maulana, Once Mekel, Maudy Ayunda, VIdi Aldiano, Lesty Kejora, Regina Poetiray dan Zara Leola. Jebolan Dangdut Academy Lesty Kejora ini berkolaborasi dengan Putri Ariani.

Saya kenalkan sedikit mengenai sosok Putri Ariani. Dia adalah penyanyi yang memiliki kondisi ROP (Retina of Premature), semenjak usianya enam bulan. Pun pada umur 3 bulan Putri, sudah dinyatakan buta total tetapi siapa sangka dia lihai bermain piano dan bernyanyi. Waaa ... keren ya gengs Putri Ariani ini.

Penata musik dalam lagu ini merupakan  sang legendaris, Denny Chasmala dan ciptaan dari Ezra Lilipoly. Aransemennya sugguh keren, menggugah karena ada unsur budaya Indonesia asli dan kental sekali. Sementara video klip sendiri dan visualisasinya memberikan dukungan penuh kepada para atlit disabilitas se-Asia ini ketika berlaga. Dalam konsep videonya ini, menganglak real spirit para atlit yang direkam khusus saat mereka latihan di Solo. Penyutradaranya adalah dokter yang juga penyannyi siapa lagi kalau bukan Tompi.

Para perekam dokumentasi sendiri adalah kelompok musisi dari YPAC kota Solo dan YPAC Jakarta, ditangan mereka inilah konsep dikembangkan dan divisualisasikan dengan sangat hebat. Menariknya ada satu treatment kreatif yang unik, apa sih? Jadi penasaran ya kan? Yang mana kaki menembakkan gambar dengan projector ke layar yang berkibar, lantas penggambaran semangat para atlit yang mengibarkan prestasi terbaiknya untuk Indonesia. MasyaAlllah, mereka sungguh menginspirasi kita semua. Begini liriknya lagu 'Song of Victory' :

It's time to get up on your feet
Join our hands together
Let's make history
We are under the same sky
Looking up above
Showers with the love
Ooo ooo ooo ooo
Hope and faith are our anchor
Throw away your fears
Life is full of joy
Hold my hands all ya' people
Listen to the sound
Song of victory
Live it up
Be the world's inspirations
Show the beauty who you really are
Breaking down all the discriminations
Together we stand till the end
Hope and faith are our anchor
Throw away your fears
Life is full of joy
Hold my hands all ya' people
Listen to the sound
Song of victory


Sudah terlihat jelas bukan pada liriknya yang menceritakan mengenai kesetaraan, dan penghilangan deskriminasi untuk mereka penyandang disabilitas. So, buat kita semua seluruh masyarakat Indonesia jangan lupa mendengarkan lagunya. Agar kita ikut serta merasakan semangat perjuangan mereka, para atlit Asian Para Games 2018. Kita wajib peduli bukan? Kalau bukan kita siapa lagi? Dukung dan gelorakan semangatmu dalam Asian PaRa Games 2018. Salam!


23 comments:

  1. Alhamdulillah, Indonesia meraih sukses dalam Asian Para Games 2018 ini...
    Ajang Asian Para Games ini membuka mata kita semua bahwa teman-teman difabel itu masing-masing memiliki kelebihan yang dapat membuat mereka bersinar, bahkan di kancah dunia...

    ReplyDelete
  2. langsung googling theme songnya ah penasaran. Kesetraan itu penting banget apalagi buat penyandang disabilitas

    ReplyDelete
  3. Tiap lagu itu diputar pasti merinding, aura semangat yg direkam dalam lagu itu terasa banget. Emang orang2 Indonesia paling jago bikin lagu2 semacam ini :)

    ReplyDelete
  4. Asian Para Gamesnya udah usai! Tapi theme songnya masih mengudara, apalagi easy listening. Sama Sang Juara juga keren!

    ReplyDelete
  5. Lirik lagu ini dalem banget yah.. salut untuk semuanya...

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, Asian Para Games 2018 suskes digelar kemarin ya, Mba. Saya mengenal sosok Putri sejak profilnya disiarkan di televisi. Salut dengan semangat para atlet yang berlaga di ajang terbesar di Asian ini deh. Patut ditiru semangatnya :)

    ReplyDelete
  7. Salut dengan para atlet Asian Para Games..btw theme song nya sering aku putar sukaa dengan liriknya.

    ReplyDelete
  8. hmm makasih infonya kak. Baru tau deh. tapi lagu yang diputar itu bikin merinding semua loh

    ReplyDelete
  9. Aku nggak bisa berkata-kata untuk para games. buat kita yang normal dan lengkap aja susah berlatih gigih dan konsisten begitu, apalagi mereka. Theme song ini sebetulnya kelihatan sepele ya, tapi punya peran penting sebagai penyemangat.

    ReplyDelete
  10. aku seneng banget lagu ini, apalagi pas bagian putri ariani yang nyanyiin udah lama banget ngefans dan ngikutin dia dari jaman ikutan got talent dulu

    ReplyDelete
  11. Lagu lagu Asian Para GAmes tuh sukses membuat aku semakin terinspirasi. Salut dengan perjuangan para atlet yang selalu berkarya dengan keterbatasannya

    ReplyDelete
  12. Keluar dari WA dulu, langsung ke youtube cari theme lagu Song of Victory ini. Bunda kehilangan kesempatan untuk fulfull nonton acara parra games ini karena punya kesibukan yg gak bisa ditinggalkan, hiks, hiks...

    ReplyDelete
  13. Aku suka liriknya mbak...touching banget. Mereka memang para inspirasi sesungguhnya.

    ReplyDelete
  14. Belum dengar lagunya tapi baca liriknya saja sudah membuat bersemangat, judulnya pun keren, jadi pengen cari di youtube

    ReplyDelete
  15. Belum pernah merhatiin lagunya aku. Nonton pertandingannya aja..keren keren

    ReplyDelete
  16. Temanku ikut tanding walau gagal membawa mendali untuk Indonesia karna lawanya dia bilang sangat berat

    ReplyDelete
  17. Jadi kenal Putri Ariani setelah membaca artikel ini. Semoga atlet disabilitas terus semangat.

    ReplyDelete
  18. Aku termasuk tipe emosionil terutama jika menyangkut hal-hal yang berkebutuhan khusus.

    Apalagi pas lihat video tentang pembukaan Asian Para Games di TV.
    Aku menangis sesunggukan, tak kuasa menahan haru.

    Sekaligus self reminder juga, agar kita yang diberi kesempurnaan fisik menghindari banyak mengeluh.

    Justru harus lebih banyak bersyukur dengan mengukir prestasi.




    ReplyDelete
  19. Liriknya bagus yaaa mba! Aku sukaaaaa banget..dan sangat inspiring pastinya!

    ReplyDelete
  20. Aku yang normal fisiknya gini aja nggak bisa main piano. Main pianika juga masih ngeraba2. Hebat ih Putri, ya!

    ReplyDelete
  21. Lirik lagunya bikin merinding. Luar biasa yaaaa... artis yang mendukung pun top top nih untuk Asian Para Games.
    Putri Ariani hebat loh, bisa menembus batas dan sanggup bermain musik dengan sedekimian eloknya.

    ReplyDelete
  22. Duh, aku kok belum dengar lagunya ya. Tak coba searching dulu, Mbak. Pas opening APG ini aku nggak sempat nonton. Nonton di YT baru setengah. ini lupa belum nonton lagi.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat