Monday, 22 October 2018

7 Tips Semangat dalam Blogwalking



7 Tips Semangat dalam Blogwalking - Blogwalking adalah istilah berkunjung ke beberapa blog orang lain, kemudian kita meninggalkan komentar atas apa yang diposting sang empu blogger. Blogwalking berupa penggabungan dua kata, blog dan walking. Blog berarti situs kita menulis, walking dari bahasa Inggris dengan arti jalan. Dalam dunia blogger, blogwalking sering dilakukan seseorang dengan rutin untuk apa sih?


blogwalking blogwalking indonesia blogwalking artinya blogwalking list blogwalking malaysia blogwalking otomatis blogwalking yang baik blogwalking gratis blogwalking adsense blogwalking apa cara blogwalking pengertian blogwalking manfaat blogwalking contoh blogwalking auto blogwalking tujuan blogwalking teknik blogwalking blogwalking adalah alamat blogwalking apa arti blogwalking blogspot blogwalking cara blogwalking yang baik cara blogwalking yang benar cara blogwalking di blogspot cara blogwalking di wordpress


Tujuan melakukan blogwalking

Ketika kita melakukan blogwalking di blog orang lain, sebenarnya apa sih yang bakalan bisa kita dapat? Pun apa sih tujuan dilakukannya blogwaling ini adalah:

Pertama untuk memromosikan blog, agar orang lain mengetahui keberadaan blog kita. Dan mereka melakukan kunjungan balik, darisanalah jejaring terbangun.

Kedua, untuk menambah pengunjung blog kita. Kalau kita sering melakukan blogwalking sehari sepuluh, dan mereka kembali berkunjung, pasti trafik kita akan naik. Coba kalau sehari kita berkunjung ke 100 blog? Ada teman saya yang melakukan demikian, keren! Dan dia bilang, trafiknya semakin merangkak tapi saya belum pernah melakukannya, hehehe mentok sehari 40 blogwalking. Soalnya masih banyak gawean yang harus digarap, tidak ada salahnya kalian melakukannya.

Ketiga, blogwalking yang kita lakukan otomatis mendapatkan baclink gratis. Apa sih backlink itu? Adalah link yang kita tanam di berbagai website/blog lain yang mengarah ke website atau blog milik kita. Blog comment yang kita lakukan ini, biasanya kan harus menyertakan URL blog kita tuh, ini yang dinamakan one way backlink.

Keempat, tujuan blogwalking ialah agar mempererat tali silaturahim antar blogger. Bahkan saking seringnya kita berbalas komentar, ada yang jadi sahabat sejati hehehe ...

Kelima, ketika kita malas untuk menulis karena buntu ide. Blogwalking merupakan salah satu hal, yang bisa membuat ide kita bertumbuh. Dengan membaca postingan teman lain, otomatis kita terangsang untuk menuliskan pengalaman kita juga. Saya pernah demikian. Tujuan lainnya saya kira masih banyak, dan versi blogger yang satu dengan yang lain pasti berbeda. Boleh kalian menambahkan pengalaman di kolom komentar ya, biar saya juga bisa belajar banyak dari kalian.


blogwalking blogwalking indonesia blogwalking artinya blogwalking list blogwalking malaysia blogwalking otomatis blogwalking yang baik blogwalking gratis blogwalking adsense blogwalking apa cara blogwalking pengertian blogwalking manfaat blogwalking contoh blogwalking auto blogwalking tujuan blogwalking teknik blogwalking blogwalking adalah alamat blogwalking apa arti blogwalking blogspot blogwalking cara blogwalking yang baik cara blogwalking yang benar cara blogwalking di blogspot cara blogwalking di wordpress


Semangat blogwalking nglokro? IntipTips untuk tetap semangat di bawah yuk!

Seorang blogger harus memiliki semangat membara dalam melakukan kegiatan blogwalking, sediakan waktu khusus agar bisa melakukannya dengan rileks. Karena manfaatnya blogwalking sangat luas, salah satunya nambah ilmu, nambah temen, naikin traffic kunjungan blog dan lain sebagainya. So agar, blogwalking kalian semangat sebaiknya harus:

Punyai niat blogwalking yang positif

Sesuatu yang dikerjakan dengan niat, dan semangat kuat insyaAllah akan mudah kita lakukan. Awali blogwalking dengan niat yang positif, agar yang kita dapat nantinya juga bernilai baik pula.

Blogwalking dengan santai tanpa terburu-buru

Ibarat bertamu ke rumah seseorang, pastinya ada salam, duduk, bercakap-cakap sejenak sebelum kita meninggalkan rumah orang yang kita datangi. Masak iya datang, bilang satu dua kata langsung cus pergi, kan nggak keren dong ya? Blogwalking sama dengan bertamu, hargai yang punya blog hehehe ... biar komunikasinya enak gitu. Lakukan kunjungan blog dengan santai, rileks, baca dengan baik yang disampaikan sebelum kita meninggalkan jejak komentar. Coba kalau terburu-buru, dan baca hanya sekilas nanti komentar jadi tidak nyambung dan kurang berkualitas. Berbenah yuk! Berikan waktu kita untuk blogwalking setiap harinya.

Lakukan blogwalking dengan ikhlas

Maksudnya ikhlas yakni melakukan dengan sepenuh hati, tanpa mengharap balas. Saat kita blogwalking, lakukan dengan hati yang lapang. Jangan menargetkan seseorang itu harus blogwalking juga, jujur saya pernah blog walking dengan berharap mereka blogwalking juga. Padahal tidak selalu blog seseorang itu diurus, kadang blog official, pun kadang mereka akan kembali berkunjung tetapi tidak saat itu juga. Jangan hanya karena tidak dikunjungi balik, kita jadi malas blogwalking. Jangan! Lakukan blogwalking tanpa syarat apapun, jika sudah ada niat ikhlas InsyaAllah akan ada manfaat luar biasa yang dapat kita rasakan setelahnya.

Hargai blogger yang menulis postingannya

Tidak semua yang kita rasakan sama cocoknya dengan orang lain pula, tidak semua pilihan yang kita ambil orang lain harus sependapat juga. Tidak demikian, begitu pun dalam hal menulis blogpost. Tetapi tetap berikan komentar yang baik, yang santun dan ramah agar yang mempunyai blog tidak tersinggung. Jangan pula meremehkan seseorang,  masing-masing memiliki keputusan sendiri ketika menceritakan pengalaman kehidupannya.

Bergabung dengan dunia yang sedang kamu geluti

Banyak komunitas blogger yang ada di Indonesia ini, tinggal searching aja komunitas blogger. Pasti akan muncul banyak, di facebook juga demikian dan beberapa saya join di dalamnya. Manfaat positif dapat saya rasakan, dari mulai mendapatkan banyak sahabat, pengetahuan yang tidak pernah didapat sebelumnya karena yang share tulisan beragam.

Bahkan saya juga mengikuti group di WhatsApp namanya, 'Fun with Blogwalking', yang isinya semuanya blogger yang sharing tulisan setiap dua hari sekali. Siapapun yang blogwalking list, wajib berkunjung kembali dan ada sangsi jika tidak melakukannya. Hal inilah yang mendorong kita bersemangat, karena meliha sahabat lainnya rajin menulis dan rajin posting. Masak iya kita masih malas-malasan, iya nggak? Update semangatmu yang nglokro dengan blogwalking yang baik yuk! Salam.


Baca juga :  7 Niche Blog Pilihan untuk Blogger

29 comments:

  1. semoga aku ikhlas kalau BW jadi berkah smeuanya wkwkwk pernah keburu-buru karena DL BW akhirnya ga maksimal juga buat komen baru baca sedikit juga padahal infonya menarik

    ReplyDelete
  2. BIsmillah.. :) Ya sih, kadang kalau lagi dikejar-kejar DL buat BW bacanya seperti balapan hehe. Tapi kadang saya balik lagi buat sekedar membacanya lagi. Baru sekali ikut BW dan itu liar biasa keteter dengan rutinitas harian.

    ReplyDelete
  3. Nah setuju sih soal komen yg menyenangkan, kalau mau protes atau komolain sebaiknya disampaikan via japri ya. Bismillah, semiga aku kedelannya bs lebih mawas diri

    ReplyDelete
  4. Dengan blogwalking juga bisa nambah pengetahuan loh, selama ini banyak manfaat yang kudapat dari blogwalking selain untuk backlink tentunya ya. Yuk, semangat BW!

    ReplyDelete
  5. Dulu awal2 ngeblog th 2007 bw itu buat cari temen baru, kalau skr macem2 ya alasannya, tapi pastinya bisa dapet info & pengetahuan juga

    ReplyDelete
  6. Dulu awal ngeblog, suka BW karena memang seneng baca artikel sesama blogger. Sekarang ada banyak alasan ya Nyi, semoga tetap ikhlas menjalani BW era kini

    ReplyDelete
  7. bener banget tu Mbak, blogwalking dengan ikhlas. klo gak di BW balik ya gak usah baper ya, anggap aja kita udah memperpanjang umur dengan bersilaturahmi ke blognya, berkunjung kan salah satu cara memperpanjang umur kan ya, katanya :)

    anyway tengkyuu tipsnya ya Mbak :)
    saya biasanya BW sehari itu kurang dari 10 tapi setelah gabung di WAG Fun Blogwalking ya makin semangat BW, meningkat jadi 10 lebih doong sehari apalagi klo pas ikut ngelist juga :D

    ReplyDelete
  8. Banyak banget ya manfaat blogwalking, sayang saya belum bisa sampai sehari mengunjungi 40 blog, maklum emak-emak banyak gangguannya hehehe, bener banget bw tuh ikhlas aja biar makin semangat

    ReplyDelete
  9. Itulah kenapa saya tetap konsisten rajin blogwalking hehehe. Senang aja kalau kemudian ada yang bw balik.

    ReplyDelete
  10. Saya kalau blogwalking terburu-buru hehe tapi saya lakukan sepenuhnya ikhlas dan tulisannya juga saya baca bukan dibaca paragraf awal dan akhir aja hehe

    ReplyDelete
  11. Yap setuju banget untuk melakukan blogwalking jangan terburu-buru deh. Tapi aku senang kalau ada blogwalking gini. Jadi punya banyak teman mba dan banyak bacaan menarik :)

    ReplyDelete
  12. Makasih kak tipsnya..kalau saya sih bw bukan hanya sekedar kewajiban saja ya tapi juga bermanfaat karena dapat informasi.

    ReplyDelete
  13. BW di Fun Blog Walking itu bikin aku jadi makin semangat nulis krn lihat temen2 blogger pd semangaaat nulis. Memotivasi sekali!

    ReplyDelete
  14. Ikut grup blogwalking jadi rajin Bw deh padahal sebelumnya males banget. Memang BW itu penting.

    ReplyDelete
  15. Supaya ikhlas, aku BW nya dijeda-jeda Nyi jadi tidak menjadikan sebuah beban. Kadang dari BW selain dari yang disebutkan di atas, aku jadi mengenal satu-satu blogger dan asal daerah mereka.

    ReplyDelete
  16. Setuju! Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari blogwalking. Selain menambah pertemanan juga bisa menambah pengetahuan. Apalagi, pengalaman hidup teman-teman kadang kala tidak dialami oleh kita. Buat kenang-kenangan

    ReplyDelete
  17. Setuju mbak..blog walking juga membuat aku semangat menulis karena jadi dapat ide juga setelah membaca tulisan orang lain.

    ReplyDelete
  18. Nih aku algi semangat bw Mbaa, etapi kadang tergantung mood dan sikon juga siiih, hehe

    ReplyDelete
  19. Nah aku setuju banget deh BW makin mempererat silaturahmi antar blogger..rasanya kita makin dekat dan saling mengenal satu sama lain dgn berbalas komen..
    Ada masa di mana berbalas komen sangat menyenangkan dan akrab...haha..kangen masa-masa itu...

    ReplyDelete
  20. Saya blogwalking karena pengen punya insight baru dari berbagai sudut pandang beberapa hal.

    ReplyDelete
  21. Aku nih Nyii, lagi mengumpulkan remah remah semangat dengan bewe ke banyak blog. Dengan gini jadi ngerasa semangat lagi buat ngeblog. Apalagi kalau dibewe balik, duuuh bahagiaaakkk \m/
    Tapi kalaupun enggak aku ikhlas banget kok :)

    ReplyDelete
  22. Awal-awal ngeblog, saya termasuk orang yang rajin banget blogwalking ke blog teman-teman, namun seiring berjalannya waktu semangat untuk BW kemudian memudar. Akhir-akhir ini semangatnya kembali lagi setelah ikut grup BW di WA :)

    ReplyDelete
  23. Yang kurasakan betul dari BW itu ya nambah ilmu baru, Mbak. Terutama kalau nemu artikel parenting, hoooo aku semangat banget. Serasa belajar gratisan.

    ReplyDelete
  24. Setuju banget!

    Yang pasti sejak ikut blogwalking, wawasan aku ikut terdongkrak, pageviews meningkat bahkan hampir 100%. Alhamdullillah.

    Dulu, monthly pageviews belum pernah menyentuh 5000 per bulan. SEjak BW 5K pun, alhamdullillah, terlampaui ^^

    Aku juga setuju, BW jangan malah menambah stress.
    Lucuk aja yaaa, BW koq stress atau malah mengeluh.
    Aneh itu!

    ReplyDelete
  25. Iya sih segala sesuatunya dibawa happy aja biar ikhlas ngelakuin apa aja termasuk BW

    ReplyDelete
  26. Blogwalkingnya harus pakai hati yaa Nyi...
    Jangan lupa ples semangat membara.

    Nyi...
    Peluuukk..

    Kamu kece banget.

    ReplyDelete
  27. Bener Nyi, blogwalking itu bisa menambah wacana kita juga ya. Kadang ada yang ga kepikiran sama sekali di benak kita, eh ternyata kita nemu di tulisan orang lain.

    ReplyDelete
  28. Dari blogwalking aku bisa kenal personal blogger tersebut. Kalau gak disempat2in, emang rasanya malas sekali untuk blogwalking. Makanya aku sekarang ikutan WAG juga biar aku semangat untuk blogwalking.

    ReplyDelete
  29. Aku jadi semangat bw soalnya banyak i sight yg aku dapat. Apalagi srjak ikut grup bw

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat