Thursday, 13 September 2018

Pantai Papuma Dadi Kenangan



Pantai Papuma Dadi Kenangan - Ning pasir putih tak pendem tresnoku, nganti kapan sanggup aku ngenteni tekomu. Pantai papuma dadi kenangan tresnoku ora bakal ilang.

Lirik lagu tesebut adalah lagu yang berjudul, Pantai Papuma Dari Kenangan. Dinyanyikan oleh Vi Vallen, pencipta Dwi Subagio. Yang mana mengisahkan sejoli yang dimabuk cinta di Pantai Papuma, namun semuanya hanya bisa menjadi kenangan yang indah. Dimana sih letak Pantai Papuma? Jadi penasaran ya kan, mengapa Via Vallen menyanyikan lagu tersebut. Ternyata Pantai Papuma berada di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Jember. Dan Pantai Papuma menjadi salah satu destinasi wisata di Jember, yang sayang untuk dilewatkan begitu saja ketika kita mengunjungi Jember.

pantai papuma pantai papuma dadi kenangan pantai papuma banyuwangi pantai papuma lumajang pantai papuma nella pantai papuma surabaya pantai papuma mp3 pantai papuma dadi kenangan nella pantai papuma nella kharisma pantai papuma mahal pantai papuma dadi kenangan lirik pantai papuma jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan nella kharisma pantai papuma dadi kenangan nella kharisma mp3 pantai papuma 2018 pantai papuma terletak di pantai papuma kabupaten jember jawa timur pantai papuma via vallen pantai papuma jember jl. raya lojejer lojejer kabupaten jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan via valen pantai papuma teluk love pantai papuma ambulu jember pantai papuma adalah pantai papuma tripadvisor alamat pantai papuma alamat pantai papuma di jember akses pantai papuma artikel pantai papuma akomodasi pantai papuma arti pantai papuma jember alamat pantai papuma malang
Pic by Bang Aip


Papuma berasal dari singkatan, Pantai Putih Malikan. Mengapa Malikan? Konon katanya karang yang ada gi tengah lautan tersebut bisa bergeser tempat, wow! Horor ya heheh ... Tetapi pantai Papuma juga sering disebut dengan Tanjung Papuma. . Jarak tempuh dari Kota tidak begitu jauh kurang lebih 45 menit. Selain Mas Anang Hermansyah dan Jember Fashion Carnival, Jember memiliki banyak daya tarik lho gengs. Seperti MuseumTembakau, Perkebunan Tembakau TTN, BIN Cigar Factory, Taman Botani Skorambi dan juga ada Puslit Kakao. Masih ada Masjid Roudhotul Muchlisin ding dan lain sebagainya. Jember ternyata banyak destinasi wisatanya lho, dan 4 hari 3 malam berada di sini masih kurang buat explore lagi. Semoga ada kesempatan untuk bisa kembali ke Jember dan main di banyak destinasi aamiin.

pantai papuma pantai papuma dadi kenangan pantai papuma banyuwangi pantai papuma lumajang pantai papuma nella pantai papuma surabaya pantai papuma mp3 pantai papuma dadi kenangan nella pantai papuma nella kharisma pantai papuma mahal pantai papuma dadi kenangan lirik pantai papuma jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan nella kharisma pantai papuma dadi kenangan nella kharisma mp3 pantai papuma 2018 pantai papuma terletak di pantai papuma kabupaten jember jawa timur pantai papuma via vallen pantai papuma jember jl. raya lojejer lojejer kabupaten jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan via valen pantai papuma teluk love pantai papuma ambulu jember pantai papuma adalah pantai papuma tripadvisor alamat pantai papuma alamat pantai papuma di jember akses pantai papuma artikel pantai papuma akomodasi pantai papuma arti pantai papuma jember alamat pantai papuma malang 


Pantai Papuma karya Tuhan yang tidak bisa digandakan

Kadang suguhan dari semesta, tidak benar-benar bisa kita ungkapkan kecuali dengan memandangnya. Menarik napas dalam-dalam, dan melepaskannya. Selalu ada yang melegakan di sana, selalu ada kebanggaan, dan selalu ada rasa syukur yang luar biasa dahsyatnya. Biru laut dan birunya langit, tumpah ruah menjadi satu. Belum lagi angin laut yang sepoi menampar-nampar pipi, dan menangkan yang merasa membuat kita menjadi lebih baik.

Sebuah kebanggaan tersendiri bisa mampir sejenak ke Pantai Papuma, kalau bukan karena even #SuegerCamp2018 yang digalakan oleh BJS (Blogger Jember Sueger). Alhamdulillah bersama 15 blogger terpilih lain, kami menyusuri sepanjang pantai hingga ke Siti Hinggil (puncaknya Pantai Papuma). Kalau kalian mau ke sini, sayangnya belum ada angkutan umum yang bisa membawa kalian dari Jember sampai ke Papuma. Maka solusinya kalian harus membawa kendaraan pribadi, kalau budget terbatas patunganlah ya rame-rame hehehe ... Kalian akan ditemani pematang sawah yang membentang luas, banyak pepohonan jati kering menjulang tinggi juga pemandangan kebun jagung dan sebagainya. Oh iya, di pepohonan kanan kiri yang tinggi itu, ada yang nyempil bergelantungan hehehe ... itu monyet gaes! Sayangnya kami nggak bisa turun buat menyaksikannya, monyetnya juga dijepret malah lari-lari ngumpet, idih ... dia masih malu.

pantai papuma pantai papuma dadi kenangan pantai papuma banyuwangi pantai papuma lumajang pantai papuma nella pantai papuma surabaya pantai papuma mp3 pantai papuma dadi kenangan nella pantai papuma nella kharisma pantai papuma mahal pantai papuma dadi kenangan lirik pantai papuma jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan nella kharisma pantai papuma dadi kenangan nella kharisma mp3 pantai papuma 2018 pantai papuma terletak di pantai papuma kabupaten jember jawa timur pantai papuma via vallen pantai papuma jember jl. raya lojejer lojejer kabupaten jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan via valen pantai papuma teluk love pantai papuma ambulu jember pantai papuma adalah pantai papuma tripadvisor alamat pantai papuma alamat pantai papuma di jember akses pantai papuma artikel pantai papuma akomodasi pantai papuma arti pantai papuma jember alamat pantai papuma malang


Fasilitas apa saja yang bisa kita dapatkan di Pantai Papuma?

Penginapan Foresta Resort Tanjung Papuma

Nggak perlu khawatir kalau kalian mau di sini lebih lama, karena ada penginapannya dengan budget yang bisa disesuaikan. Seputaran termurahnya adalah Rp 300.000,- sampai Rp 800.000,-. Fasilitas kamarnya ada AC dan kamar mandi dalam. Abis main pasir dan jeburan di pantai, bisa langsung balik ke penginapan deh mandinya.

Lahan parkir dan warung makan

Kami tidak sempat makan seafoodnya nih gaes, karena terkendala waktu dan jadwal lainnya agar nggak bentrok. Untuk lahan parkirnya luas, tenang aja bisa masuk rombongan pariwisata yang menggunakan bus gede. Tapi saya sempat menciciki ciloknya Jember, lumayan enak dan epdas wkwkwk kami beli dengan harga Rp 5000,- cukup mengganjal perut bukan?

HTM pantai Papuma

Harga tiket masuknya Papuma, masih normal sama dengan kebanyakan destinasi pantai lain. Yakni Cukup membayar Rp 15.000,- untuk hari biasa, Rp 20.000,- hari libur dan untuk turis asingnya kena biaya Rp 35.000,-. Jika kalian membawa motor, akan kena biaya lagi Rp 2 ribu, roda empat, Rp 5 ribu, roda 6 Rp 10 rb dan untuk camping di lokasi adalah Rp 5 ribu. Cukup lumayan murahnya ya.

Banyak spot untuk berfoto

Pantainya bersih gengs, apalagi pasir putihnya jadi bikin ingat pantai Kuta di Bali. Banyak perahu yang terdampar, dan bisa kita jadikan spot berfoto. Ada juga bukit Siti Hinggil, yang mana pantai Papuma akan terlihat semakin istimewa dari atas sini. Saya bingung mau berfoto dari mana, mau dari sudut manapun Papuma selalu indah untuk dijadikan baground pemandangan berfoto.

Yang paling tak terlupakan adalah, ketika kami berjalan ya cukup sedikit jauh. Sesempainya naik bukit di Siti Hinggil, kami disambut oleh segarnya es degan Ulala welcome drink yang amazing ini Pak Hano. Paket komplit banget, ada pantai yang indah, langit yang biru, ombak yang bergemuruh, angin yang sepoi-sepoi juga sahabat-sahabat kesayangan yang menemani, ditambah segarnya degan khas Jember.

pantai papuma pantai papuma dadi kenangan pantai papuma banyuwangi pantai papuma lumajang pantai papuma nella pantai papuma surabaya pantai papuma mp3 pantai papuma dadi kenangan nella pantai papuma nella kharisma pantai papuma mahal pantai papuma dadi kenangan lirik pantai papuma jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan nella kharisma pantai papuma dadi kenangan nella kharisma mp3 pantai papuma 2018 pantai papuma terletak di pantai papuma kabupaten jember jawa timur pantai papuma via vallen pantai papuma jember jl. raya lojejer lojejer kabupaten jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan via valen pantai papuma teluk love pantai papuma ambulu jember pantai papuma adalah pantai papuma tripadvisor alamat pantai papuma alamat pantai papuma di jember akses pantai papuma artikel pantai papuma akomodasi pantai papuma arti pantai papuma jember alamat pantai papuma malang


Camping ekstrem di Pulau Nusa Barong

Di pantai Papuma, ternyata masiha ada pulau kecil yang bisa kita sambangi lho gengs. Namanya pulau Nusa Barong, kalau kita mau ke sana harus membawa peralatan komplit karena di sana tidak ada apapun. Dari perlengkapan tidur, masak, makanan dan semuanya harus dipersiapkan jauh-jauh hari untuk berkemah di sana. Pak Harno juga memberikan warning, untuk berhati-hati jika ingin melakukan perjalanan ke sana seperti berkemah ini. Agar tidak menggangu flora dan fauna, yang sudah mendiami pulau tersebut.

Saya benar-benar merasa dimanjakan ketika berada di sini. Tuhan memberikan kebaikan yang tidak pernah bisa kita balaskan. Lautan yang bergelombang, seperti sedang terus menyerukan dzikir kepada-Nya. Langit yang kita rasa begitu indahnya ini, adalah langit yang sama sebenarnya bertahun-tahun meanungi kita. Hanya saja perjalanan jauh, membuatnya tampak berbeda. Bersyukur sekali dipertemukan dengan orang yang tidak pernah sama sekali mengenal sebelumnya, kemudian dipertemukan dengan keadaan yang berbahagia.

pantai papuma pantai papuma dadi kenangan pantai papuma banyuwangi pantai papuma lumajang pantai papuma nella pantai papuma surabaya pantai papuma mp3 pantai papuma dadi kenangan nella pantai papuma nella kharisma pantai papuma mahal pantai papuma dadi kenangan lirik pantai papuma jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan nella kharisma pantai papuma dadi kenangan nella kharisma mp3 pantai papuma 2018 pantai papuma terletak di pantai papuma kabupaten jember jawa timur pantai papuma via vallen pantai papuma jember jl. raya lojejer lojejer kabupaten jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan via valen pantai papuma teluk love pantai papuma ambulu jember pantai papuma adalah pantai papuma tripadvisor alamat pantai papuma alamat pantai papuma di jember akses pantai papuma artikel pantai papuma akomodasi pantai papuma arti pantai papuma jember alamat pantai papuma malang


Mari tetap saling memeluk erat, walau jarak memisahkan. Mari tetap saling mendekap dengan lekap, meski bentangan membuat jeda tak terelakan. Terima kasih telah membawaku masuk ke dalam dunia kalian, membiarkan aku berada di sana berjalan-jalan. Tapi jangan pernah sekalipun membiarkanku tenggelam, dalam karam yang paling dalam. Maka simpanlah aku sebagai kenang, yang tidak terlupakan dalam lembar kisah di kehidupan kalian. Selamat jumpa di lain kesempatan, semoga rindu terus menjadi doa yang paling syahdu.


Alamat Lengkap Pantai Papuma Jember  

Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember
Web :
wanawisatajatim.com
CP :
Pak Suharno 08123055191

pantai papuma pantai papuma dadi kenangan pantai papuma banyuwangi pantai papuma lumajang pantai papuma nella pantai papuma surabaya pantai papuma mp3 pantai papuma dadi kenangan nella pantai papuma nella kharisma pantai papuma mahal pantai papuma dadi kenangan lirik pantai papuma jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan nella kharisma pantai papuma dadi kenangan nella kharisma mp3 pantai papuma 2018 pantai papuma terletak di pantai papuma kabupaten jember jawa timur pantai papuma via vallen pantai papuma jember jl. raya lojejer lojejer kabupaten jember jawa timur pantai papuma dadi kenangan via valen pantai papuma teluk love pantai papuma ambulu jember pantai papuma adalah pantai papuma tripadvisor alamat pantai papuma alamat pantai papuma di jember akses pantai papuma artikel pantai papuma akomodasi pantai papuma arti pantai papuma jember alamat pantai papuma malang


33 comments:

  1. Pasirnya putih bersih. Ini kesukaan anak-anak kalau ke pantai langsung main pasir. Pas banget ya mba, cuaca cerah, pantai dengan batu karang yang kokoh.

    ReplyDelete
  2. Seneng ya Nyiii bisa sama2 bojo menikmati pantai. Blogger camp ini diadakan tiap tahun kah?

    ReplyDelete
  3. Penginapan Foresta Resort Tanjung Papuma harganya terjangkau juga ya kalau mulao 300rb

    ReplyDelete
  4. Senengnya ya bisa kumpul dan camping bersama sesama blogger..saya ikutin beritanya di time line sosmed mbak. Beberapa temen Jakarta dan Bandung kayaknya ada yg ikut ya. Duuh liat pantainya bersih gitu, jadi pengen kesana juga. Semoga acara tahun depan bisa ikutan ahh.

    ReplyDelete
  5. Duh udah lama aku gk ke pantai, kayaknya semenjak lahirin Karla deh. Liat foto2mu jadi pingin mantai kaan

    ReplyDelete
  6. Lumayan juga harga tiket masuknya ya, udah jarang pantaj gratis skrg euy

    ReplyDelete
  7. Ya kayaknya aku juga harus bawa kendaraan pribadi ya mba kalau ke sini. Sayang kalau ke Jember tapi kalau ga mampir di pantai yang indah seperti ini. DOain ya mba bisa datang ke sini :)

    ReplyDelete
  8. Deket dg pantai Papuma, ada pantai payangan dengan teluk love nya :)

    ReplyDelete
  9. Wiish....newlyweed ini menebar cinta di setiap kata.
    Im Happy For You, deaarrr...

    dan salam buat si batu.
    Jo seneng molak-malik, sing ndelok wedi mengko.
    Hihii...

    ReplyDelete
  10. Akummo balik lagi ke Papuma, suka banget di sini Nyiii..
    Hayu ah, kesono lagii..

    ReplyDelete
  11. Cantik skali Pantai Papuma ini, apalagi kalo datangnya bareng pasangan, makin romatis deh...

    ReplyDelete
  12. Keren memang pantainya. Aku pernah ke sana

    ReplyDelete
  13. Pengen banget nih saya ke pantai Papuma sejak dulu. Pengen juga tour dengan keluarga naik mobil hingga ke Bali. Trus pantai Papuma dimampirin dulu :)

    ReplyDelete
  14. Wahh pasrinya putih sekali yahh.. keren apalagi ngumpulnya dengan teman-teman blogger...

    ReplyDelete
  15. Woooow...keren bangeeet pemandangannya..apalagi foto yg ada baru2 besar itu!! Duuuh...langsung pengen ke sana niih... TFS Nyi...

    ReplyDelete
  16. Pantai Papuma Dadi Kenangan - Ning pasir putih tak pendem tresnoku, nganti kapan sanggup aku ngenteni tekomu. Pantai papuma dadi kenangan tresnoku ora bakal ilang.

    Wkwkwk kukira itu puisi karangan Nyi, ternyata lagu ya. Belum pernah denger, tapi lihat fotonya indah pantainya

    ReplyDelete
  17. Nyi, penginapan 300ribu itu dapat AC atau kipas angin? Trus tiket masuknya 15000 per orang? Anak 3 tahun bayar ga? Makasih yaa

    ReplyDelete
  18. Pantainya baguuss dan bersih ya Nyi..
    Aku pengin ke sanaaa deh, apalagi ada penginapan yang ber AC :p
    Cocok banget lah buat anak2 yang suka mainan di pantai, jadi bangun tidur bisa langsung ku lari ke pantai #eh

    ReplyDelete
  19. jember dah mulai banyak juga destinasi wisata nya ya cantik pantainya

    ReplyDelete
  20. Halo Jembeeerrr~ kece banget lha pemandangannya. Apalagi selfie nya *eh hehe. Keknya perlu lah kencan sama suamiku kesini hihi

    ReplyDelete
  21. Oh di jember ya papuma ini... bagus donk ada tempat penginapannya biar gampang akses menuju pantai

    ReplyDelete
  22. Mbaaa, pemandangannya indah bangeett... penginepannya juga masih terjangkau lah yah. Keren, nih!

    ReplyDelete
  23. Sukses ya, dari lagu yang menceritakan pantai, pantainya bersih pula, jadi tujuan wisata dan menambah income daerah. Keren

    ReplyDelete
  24. Lihat foto paling bawah itu dengan background pantai, jaji ingat ma pantai Senggigi

    ReplyDelete
  25. Nyiii, mupeng mantaiiii niyyy, bersih yaa pasirnya. Airnya juga biruuu, duhhh jadi pengen nyebur kalo ke pantai Papuna

    ReplyDelete
  26. Mamaku orang jember, hampir tiap tahun aku ikut mama mudik tapi nggak tau ada pantai papuma ini, sungguuuh terlaaaaluuuu.. mudik berikutnya wajib banget kesini :)

    ReplyDelete
  27. Pantainya cantik. Batu2nya bikin sy inget sama Pantai Gigi Hiu di Lampung

    ReplyDelete
  28. Aaaah jadi kangen pantaaai :))) Aku belum pernah mantai di daerah Jawa Timur, nih. Mudah2an kapan2 bisa kesampaian. :)

    ReplyDelete
  29. Eh Via Vallen ternyata pernah nyanyi lagu ttg pantai Papuma to. JD pengen ndengerin lagunya hahahaha.
    Oooo kalau di Nusa Barongnya bisa berkemah ya? Kalau kemah di sana izin dulu atau gmn?

    ReplyDelete
  30. Dari kemarin pantai Papuma ini berseliweran di temlen jadi pengen main ke sana

    ReplyDelete
  31. Keren tempatnyaaa, memang karya Tuhan indan tak ada tandingannya. MasyaAllah....

    ReplyDelete
  32. Aaahhh postingan ini sukses bikin aku bapeeerrr... Harusnya aku pun bisa foto di situ bareng kamu ya Nyi ;) Semoga ada rejeki waktu di lain kesempatan agar bisa datang sendiri ke Pantai Papuma yang syuper syantik ini.

    ReplyDelete
  33. Aku mah sama pantai selalu cinta dan gak bosan. Tapi emang iya kah karangnya bisa geser huaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat