Saturday, 8 September 2018

Mie Ayam Enak di Pekalongan



Mie Ayam Enak di Pekalongan - Rabu lalu, saya menyempatkan diri main ke Museum Batik Pekalongan, sembari menunggu jadwal kereta yang berangkat pada pukul 13.00 WIB menuju ke Semarang. Daripada menunggu lama, akhirnya saya cabut ke Museum Batik bersama suami. Posisi memang belum sarapan pagi, karena emang nggak sempat. Pun kami ketinggalan kereta pukul 08.00 WIB, tiket hangus dan drama untuk mencari tiket susulan selesai kami refreshing sejenak.


mieayam pekalongan mie ayam pekalongan mie ayam popeye pekalongan resep mie ayam pekalongan mie ayam di pekalongan mie ayam batik pekalongan mie ayam bakso pekalongan mie ayam yasin pekalongan mie ayam jamur pekalongan mie ayam mangkok pekalongan mie ayam goreng pekalongan mie ayam ratu pekalongan mie ayam khas pekalongan mie ayam yamin pekalongan mie ayam pangsit pekalongan mie ayam daerah pekalongan mie ayam yasin kota pekalongan jawa tengah cara membuat mie ayam pekalongan mie ayam jakarta di pekalongan mie ayam pak min pekalongan mie ayam ceker setan pekalongan


Koleksi museum batik Pekalongan ini lengkap sekali, kalo kalian belum pernah ke sini sesekali main-main gih. Mengenang  bagaimana sejarah museum batik Pekalongan ada, hingga mendapatkan pengakuan dari UNESCO. Harga tiket masuk museum batik Pekalongan juga murah banget, cukup mengeluarkan Rp 5000,- kita mendapatkan artikel tentang museum batik pekalongan dan dari sumber guidenya langsung.

Setelah berkeliling dari semua ruangan pameran, dan ruang workhsopnya. Saya mulai keluar dari area resepsionis, menuju ruang aulanya. Bangunannya masih tempo dulu banget, belum ada pemugaran dan direnovasi kembali. Di sana aura jaman dahulu masih sangat terasa, dimana tembok dan bangunannya menjadi saksi bersejarah jaman penajajahan.

Aroma segar dan enak menguar dari ruangan sana, suami saya mencium baunya dan merasakan kelaparan yang luar biasa hahaha ... dari pagi sampai pukul 11.00 WIB kalau tidak salah. Kemudian kami mencari arah bau makanan yang sedang dimasak, seperti kuah mie ayam yang sedap. Di depan masjid ada mie ayam, tetapi penjualnya sedang tidak berada di tempat. Mencarilah kami karena penasaran. Ternyata ada warungan kecil di sisi sebelah kanannya museum, mampirlah kita ke sana. Benar saja, aroma kuah masakah berasal dari sini. Kami segera memasan mie ayam dua porsi dan segelas es kopi.

mieayam pekalongan mie ayam pekalongan mie ayam popeye pekalongan resep mie ayam pekalongan mie ayam di pekalongan mie ayam batik pekalongan mie ayam bakso pekalongan mie ayam yasin pekalongan mie ayam jamur pekalongan mie ayam mangkok pekalongan mie ayam goreng pekalongan mie ayam ratu pekalongan mie ayam khas pekalongan mie ayam yamin pekalongan mie ayam pangsit pekalongan mie ayam daerah pekalongan mie ayam yasin kota pekalongan jawa tengah cara membuat mie ayam pekalongan mie ayam jakarta di pekalongan mie ayam pak min pekalongan mie ayam ceker setan pekalongan


Review mie ayam sebelah Museum Batik Pekalongan


            Dari aroma kuah yang tercium tadi saya berekspetasi ini enak, kemudian setelah mie ayam tersebut jadi. Kuahnya ketika saya cicipi rasanya gurih dan  segar. Potongan dadu ayamnya, manis dan lezat. Saus tomat yang saya campurkan, menambah cita rasanya. Lidah saya merasakan keenakan luar biasa, jujur saya sukar mendapatkan rasa mie ayam yang pas dengan lidah saya ketika tinggal di Comal. Semua mie ayam yang saya cicipin, ada aja yang kurang. Entah rempahnya yang ada penambahan bumbu lain, atau kuahnya yang tidak terasa gurih. Emang ya lidah saya ini manja kalau dikasih mie ayam yang nggak sesuai seleranya, hehehe ...

            Jadi saya menobatkan mie ayam sebelah museum batik Pekalongan ini enak, meski porsinya tidak besar tapi bagi saya pas dan mantap. Sepertinya ibu penjualnya meracik sendiri mie dan bumbu ayamnya, karena terlihat seperti masakan rumahan. Bukan yang skala warungan gede gitu. Saat menuliskan ini pun, liur saya kembali merasakan keenakannya dan saya kepengen bisa mampir lagi kalau lewat Pekalongan. Semoga keturutan, mengingat pas banget siang-siang yang terik makan mie ayam dengan kuah segarnya. Aduhai ... enak sekali ditambah dengan es kopi yang nikmat. Warung makan mie ayamnya terletak di emperan gitu, sederhana sekali. Bersebelahan juga dengan bangunan Batik TV, stasiun TV lokal yang ada di Pekalongan.

            Untuk harga mie ayamnya sendiri juga murah, waktu itu kami memesan dua porsi mie ayam dan es kopi. Kami cukup mengeluarkan uang dari dompet senilai Rp 21.000,-. Kemungkinan mie ayam perporsinya Rp 9.000,- dan es kopinya jatuh di harga Rp 3000,-. Tetapi ini tidak saklek lho ya gengs, karena bisa jadi rasa dari mie ayam antara lidah saya dan kamu berbeda. Tapi saya merasakan kepuasan di bagian rempahnya yang terasa sekali, baik pada bumbu yang diracik maupun dari bumbu rempah ayamnya. Silakan mencoba!





Mie ayam Pekalongan sebelah Museum Batik


Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Pekalongan Utara
Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51141

5 comments:

  1. belom cobain mie ayam yasin ya ? boleh tuh dicoba

    ReplyDelete
  2. Wah...pas saya kesana malah nggak ngeh mie ayam di sebelah museum itu enak. Nanti deh kalo kesana lagi mampir aah...

    ReplyDelete
  3. Ah, jadi pengen makan mie ayam nih mbak. Lokasi warungnya strategis ya. Harganya juga terjangkau.

    ReplyDelete
  4. Mie ayam dan bakso, memang jajanan yang nggak bisa lepas dalam keseharian. Nyaris semua orang pernah nyicip..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat