Wednesday, 26 September 2018

Mengunjungi Galangan Kapal di Batang Jawa Tengah



Mengunjungi Galangan Kapal di Batang Jawa Tengah - Acara Pantura Expo Tourism 2018 dariKabupaten Batang, yang saya ikuti membawa rombongan bus melaju menuju Galangan Kapal yang ada di kota Batang. Mas Dimas sebagai panitia pemandu, menjelaskan soal Galangan Kapal di Batang ini dengan sangat lancar.


galangan kapal galangan kapal batam galangan kapal di indonesia galangan kapal voc galangan kapal tts galangan kapal batam 2018 galangan kapal di danau toba galangan kapal terbesar di dunia galangan kapal surabaya galangan kapal indonesia galangan kapal voc jakarta galangan kapal di jakarta galangan kapal selam pt pal galangan kapal cilegon galangan kapal samarinda galangan kapal danau toba galangan kapal makassar galangan kapal kayu galangan kapal fibreglass galangan kapal di pontianak galangan kapal di cilegon galangan kapal adalah galangan kapal adiluhung galangan kapal anggrek hitam galangan kapal aluminium galangan kapal ambon galangan kapal asl batam galangan kapal archimedes galangan kapal amerika galangan kapal australia galangan kapal aceh galangan kapal di ambon galangan kapal pulo ampel galangan kapal yang ada di indonesia galangan kapal induk amerika galangan kapal hukum archimedes galangan kapal di australia galangan kapal batu ampar galangan kapal di aceh galangan kapal muara angke galangan kapal bandar abadi galangan kapal banyuwangi galangan kapal bitung galangan kapal banjarmasin galangan kapal besar galangan kapal batang galangan kapal bumn galangan kapal batavia selama tiga ratus tahun galangan kapal bangkalan galangan kapal balikpapan galangan kapal bagansiapiapi galangan kapal bontuni tirtamas pt galangan kapal bojonegara galangan kapal belawan galangan kapal besar di indonesia galangan kapal bekerja berdasarkan prinsip galangan kapal batam 2017 galangan kapal berfungsi untuk


Untuk sekadar informasi, galangan kapal adalah tempat dimana kapal dibuat, dirancang dan diperbaiki. Di Batang sendiri, kapal yang dibuat adalah kapal kayu, dan biasa digunakan sebagai kapal untuk menangkap ikan. Tetapi tidak selalu, karena beberapa ada yang memesan untuk digunakan sebagai kapal dengan fungsi lainnya.

Menariknya galangan kapal yang ada di Batang ini seringkali mengirim kapalnya ke luar negeri. Pemesan pun sangat bervariasi, ada dari negara Thailand, Tiongkok, Jepang dan negara lainnya. KEREN! Ah, saya baru tahu, kalau bukan diajak City Tour kemungkinan saya tidak akan mengenal Batang sedekat ini.

Galangan kapal akan mejadi destinasi wisatanya Batang

Bersama dengan rombongan buyer 1, agenda City Tour Kabupaten Batang sangat diminati. Terbukti para buyer ini dengan semangatnya mengajukan banyak pertanyaan. Dari berapa lama kapal dibuat, harganya berapa, berbahan baku apa saja dan lain sebagainya yang ditanyakan membuat saya jadi terpacu untuk mengetahui lebih banyak lagi.


galangan kapal galangan kapal batam galangan kapal di indonesia galangan kapal voc galangan kapal tts galangan kapal batam 2018 galangan kapal di danau toba galangan kapal terbesar di dunia galangan kapal surabaya galangan kapal indonesia galangan kapal voc jakarta galangan kapal di jakarta galangan kapal selam pt pal galangan kapal cilegon galangan kapal samarinda galangan kapal danau toba galangan kapal makassar galangan kapal kayu galangan kapal fibreglass galangan kapal di pontianak galangan kapal di cilegon galangan kapal adalah galangan kapal adiluhung galangan kapal anggrek hitam galangan kapal aluminium galangan kapal ambon galangan kapal asl batam galangan kapal archimedes galangan kapal amerika galangan kapal australia galangan kapal aceh galangan kapal di ambon galangan kapal pulo ampel galangan kapal yang ada di indonesia galangan kapal induk amerika galangan kapal hukum archimedes galangan kapal di australia galangan kapal batu ampar galangan kapal di aceh galangan kapal muara angke galangan kapal bandar abadi galangan kapal banyuwangi galangan kapal bitung galangan kapal banjarmasin galangan kapal besar galangan kapal batang galangan kapal bumn galangan kapal batavia selama tiga ratus tahun galangan kapal bangkalan galangan kapal balikpapan galangan kapal bagansiapiapi galangan kapal bontuni tirtamas pt galangan kapal bojonegara galangan kapal belawan galangan kapal besar di indonesia galangan kapal bekerja berdasarkan prinsip galangan kapal batam 2017 galangan kapal berfungsi untuk


Jadi di galangan kapal ini, berapa lama pembuatan itu paling cepatnya adalah 3 bulan untuk satu kapal saja. Tetapi untuk bisa sampai dipakai kurang lebihnya setahunan. Setelah kapal jadi, tidak lantas bisa dipakai. Karena kapal akan ditarik melalui laut menuju Jakarta, di Jakarta inilah mesinnya akan dipasangkan. Waktu ditanya berapa harga yang harus dibayar untuk satu kapal bervariasi, tergantung permintaan kapalnya akan dimodel dengan design seperti apa. Kurang lebihnya Rp 500-an juta lho gengs. Wow banget yak!

Untuk kayunya sendiri biasanya menggunakan kayu Meranti dan jenis Merbau yang didatangkan dari Papua dan Kalimantan. Diceritakan oleh bapak yang jaga di sana, kalau setiap kayu yang direkatkan akan diberikan lem dan bahan semacam tali. Yang mana jika terkena oleh air, semakin lama akan semakin rekat dan kuat. Untuk pegawainya sendiri salary yang diberikan harian, bukan bulanan.

galangan kapal galangan kapal batam galangan kapal di indonesia galangan kapal voc galangan kapal tts galangan kapal batam 2018 galangan kapal di danau toba galangan kapal terbesar di dunia galangan kapal surabaya galangan kapal indonesia galangan kapal voc jakarta galangan kapal di jakarta galangan kapal selam pt pal galangan kapal cilegon galangan kapal samarinda galangan kapal danau toba galangan kapal makassar galangan kapal kayu galangan kapal fibreglass galangan kapal di pontianak galangan kapal di cilegon galangan kapal adalah galangan kapal adiluhung galangan kapal anggrek hitam galangan kapal aluminium galangan kapal ambon galangan kapal asl batam galangan kapal archimedes galangan kapal amerika galangan kapal australia galangan kapal aceh galangan kapal di ambon galangan kapal pulo ampel galangan kapal yang ada di indonesia galangan kapal induk amerika galangan kapal hukum archimedes galangan kapal di australia galangan kapal batu ampar galangan kapal di aceh galangan kapal muara angke galangan kapal bandar abadi galangan kapal banyuwangi galangan kapal bitung galangan kapal banjarmasin galangan kapal besar galangan kapal batang galangan kapal bumn galangan kapal batavia selama tiga ratus tahun galangan kapal bangkalan galangan kapal balikpapan galangan kapal bagansiapiapi galangan kapal bontuni tirtamas pt galangan kapal bojonegara galangan kapal belawan galangan kapal besar di indonesia galangan kapal bekerja berdasarkan prinsip galangan kapal batam 2017 galangan kapal berfungsi untuk


Atmosfir yang saya rasakan ketika melihat para pekerja yang membuat kapal, sungguh luar biasa pekerja keras. Dari udara yang panas, bergelut dengan debu, tangan yang harus siap terkenal duri kayu dan hal lain yang membuat kerjaan itu sungguh membutuhkan ketelatenan. Salut banget sama pekerja yang berada di galangan kapal, jasamu sungguh luar biasa Bapak! Semoga rejeki terus mengalir dan keberkahan senantiasa membuat kita selalu mengucapkan syukur.

Terima kasih atas kesempatannya mengajak saya, untuk mengikuti Pantura Tourism Expo 2018 ini. Alhamdulillah acara ini membuat saya banyak sekali bersyukur, masih banyak perjuangan yang harus dilalui dalam menjalani kehidupan teryata. Berat menurut kita, belum tentu menurut yang lainnya. Memang hidup sawang-sinawang kok ya? Terus semangat dan selalu ucapkan Bismillah ketika melakukan sesuatu. Visit Batang 2022, Salam!


galangan kapal galangan kapal batam galangan kapal di indonesia galangan kapal voc galangan kapal tts galangan kapal batam 2018 galangan kapal di danau toba galangan kapal terbesar di dunia galangan kapal surabaya galangan kapal indonesia galangan kapal voc jakarta galangan kapal di jakarta galangan kapal selam pt pal galangan kapal cilegon galangan kapal samarinda galangan kapal danau toba galangan kapal makassar galangan kapal kayu galangan kapal fibreglass galangan kapal di pontianak galangan kapal di cilegon galangan kapal adalah galangan kapal adiluhung galangan kapal anggrek hitam galangan kapal aluminium galangan kapal ambon galangan kapal asl batam galangan kapal archimedes galangan kapal amerika galangan kapal australia galangan kapal aceh galangan kapal di ambon galangan kapal pulo ampel galangan kapal yang ada di indonesia galangan kapal induk amerika galangan kapal hukum archimedes galangan kapal di australia galangan kapal batu ampar galangan kapal di aceh galangan kapal muara angke galangan kapal bandar abadi galangan kapal banyuwangi galangan kapal bitung galangan kapal banjarmasin galangan kapal besar galangan kapal batang galangan kapal bumn galangan kapal batavia selama tiga ratus tahun galangan kapal bangkalan galangan kapal balikpapan galangan kapal bagansiapiapi galangan kapal bontuni tirtamas pt galangan kapal bojonegara galangan kapal belawan galangan kapal besar di indonesia galangan kapal bekerja berdasarkan prinsip galangan kapal batam 2017 galangan kapal berfungsi untuk


9 comments:

  1. Foto kapal yang setengah jadi atau hampir jadi gak ada za mbak??

    ReplyDelete
  2. Sepakat. Begitupun sebaliknya, enak menurut kita belum tentu demikian menurut orang lain ya mbak hehe. Btw asik nih jalan" dan bisa dapet pelajaran baru.

    ReplyDelete
  3. Wah keren Batang, berbenah ya. Akan menjadikan galangan kapal sebagai objek wisata. Unik itu. Moga lancar.

    ReplyDelete
  4. Galangan kapal di Kabupaten Batang ternyata sudah mengirimkan ke berbagai negara ya. Sangar.

    ReplyDelete
  5. Hebat nih bisa menyaksikan galangan kapal, aku belum pernah. Jadi lama juga ya pembuatan kapal, agak susah bayangin kalau tinggal di kota, huhu

    ReplyDelete
  6. Keren banget sering diekspor kapalnya ya mbak? Bangga.
    Btw saya penasaran kapal yang udah jd kayak apa?
    Apakah khusus kapal angkut, nelayan, atau bahkan bisa bikin kapal pesiar mbak?

    ReplyDelete
  7. Satu kapal saja membutuhkan waktu yang gak sedikit ya mbak....butuh ketelatenan dan kesungguhan

    ReplyDelete
  8. Ini jalan2 yang nggak boasa ya mbak..
    Dapet wawasan baru juga

    ReplyDelete
  9. bagus ya galang kapalnya, pasti butuh ketelitian, ingat Mertuaku bisa bikin kapal kayu b

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat