Saturday, 25 August 2018

Sop Senerek Bu Atmo | Kuliner Khas Magelang


Sop Senerek Bu Atmo | Kuliner Khas Magelang - Sop Senerek? Sop apaan sih? Begitulah yang ada di pikiran saya ketika saya dan rombongan semobil sedang ingin mencari makanan untuk disantap siang yang menyengat. Yang pertama kali mengusulkan untuk mampir adalah, Mbak Archa Bella yang biasa disapa Ashanty hahaha ... Kemudian Mas Wahid mengiyakan, saya, Gita, Kak Norma dan Mba Nia langsung setuju. "Oke". Disusul dengan romboan Mas Deta, Mauren dan Mas Manjie pun, tidak masalah.


senerek magelang sop senerek magelang sup senerek magelang resep senerek magelang nasi senerek magelang warung senerek magelang kuliner senerek magelang senerek di magelang resep sup senerek magelang alamat sop senerek magelang lokasi sop senerek magelang sop senerek magelang telp senerek bu atmo magelang


Karena kami sudah makan siang dengan nasi merah putihnya Puri Asri, beberapa dari kami tidak makan.  Tetapi saya tetap merasa penasaran dengan sop senerek, harus coba apalagi khasnya Magelang. Kapan lagi, iya nggak? Awalnya Mauren yang mau memesankan makanan kami, tetapi suara dia lagi serak. Melihat antrian yang panjang, saya pun akhirnya ikut mengantri. Pengennya sih dusel aja, tapi saya takut kena timpuk orang-orang dengan tempe bacemnya Bu Atmo yang gede-dege itu.

Review sup senerek Magelang

"Nasinya penuh apa separuh, Mbak?" Tanya bu Atmo kemungkinan, atau pegawainya entahlah. Saya belum tahu bu Atmo yang mana.

"Sepaleh aja, Bu!" Balas saya mengingat tadi, sudah makan siang di Puri Asri. Kemudian saya ditanya kembali mau memakai toping apa, beberapa pilihannya adalah jeroan seperti babat, kikil dan yang lainnya. Saya memilih babat, melihat tampilan yang terhidang. Saya menahan liur, akan seperti apakah ini rasanya.

senerek magelang sop senerek magelang sup senerek magelang resep senerek magelang nasi senerek magelang warung senerek magelang kuliner senerek magelang senerek di magelang resep sup senerek magelang alamat sop senerek magelang lokasi sop senerek magelang sop senerek magelang telp senerek bu atmo magelang


Nasi senerek Magelang yang ada dihadapan saya ini, seperti sop pada umumnya berkuah. Tapi yang membedakan adalah isiannya. Sop senerek Magelang berisi sayuran wortel, irisan daun bawang dan kacang merah. Hal pertama yang saya lakukan ialah mencicipi kuahnya dahulu, kemudian kacang merahnya. Lembut banget ketika digigit, apalagi dicampur dengan nasi dan kuahnya guri, lezat plus segar bukan kepalang. Ketika potongan babatnya saya makan, aduh enaknya. Pun ada beberapa potongan daging yang berenang di dalam kuah.

"Enak nggak?" Tanya Kak Norma kepada saya, yang sedang menikmati makan.

"Enak, Kak! Seger, gurih cobain aja Kak. Aku juga nggak bakalan habis ini, cuma penasaran," ungkap saya mengompori Kak Norma agar mencoba. Kemudian disusul oleh Mbak Archa, Mbak Nia juga Mas Deta hahaha ... akhirnya kita incip-incipan deh.

Sejarah senerek Bu Atmo Magelang

Ternyata gengs, nasi senerek Magelang bu Atmo ini, warisan kuliner Belanda dari jaman dahulu kala. Yang mana 'snert' ini yang memiliki arti kata kacang polong. Di Magelang sendiri kacang polong, agak kurang lazim digunakan untuk sop. Jadilah yang digunakan adalah kacang merah. Sup kacang merah kalau di Indonesia Timur, daerah Manado biasa disebut dengan Brenebon. Tapi kalau di Hongkong biasanya disebut dengan 'Hung Tau Dhong', rasanya manis dan enak.

Balik lagi ke sop senerek kuliner khasnya Magelang, saya paling suka pada saat memakan sop senerek barengan dengan babatnya. Rasanya itu lembut, seger, dan gurih dilidah. Pengen ngunyah terus, ditambah kuahnya itu lho rempahnya khas banget. Kalau kalian mau mencicipinya, bisa banget datang ke Jl. Mangkubumi No. 3 Magelang ya. Jangan harap warung makan senerek bu Atmo ini sepi, pelanggan terus berdatangan dan yang makan pun ikutan ngantri.

senerek magelang sop senerek magelang sup senerek magelang resep senerek magelang nasi senerek magelang warung senerek magelang kuliner senerek magelang senerek di magelang resep sup senerek magelang alamat sop senerek magelang lokasi sop senerek magelang sop senerek magelang telp senerek bu atmo magelang


Saya rasa mereka yang datang ke warung makan senerek Bu Atmo ini, bukan hanya warga lokal saja. Tetapi pengunjung yang sudah pernah ke sini, dari luar kota kembali datang untuk sekadar melepas rindu rasa sop senereknya. Jika melihat kandungan gizinya, bergizi banget nih gaes! Ada wortel, tahu sendiri kan baik untuk kesehatan mata? Kacang merahnya banyak mengandung nutrisi untuk tubuh dan jeroannya yang dibilang jika banyak mengonsumsinya bisa kolesterol mampu diimbangi dengan kehadiran woretel dan kacang polongnya. Masih amanlah ya.

Sop senerek bu Atmo, juga bisa dinikmati dengan lauk pauk lainnya. Seperti gorengan yang tersaji di atas meja, tahu dan tempe bacem dengan porsi besar. Ada perkedel pun sate-satean. Kalau kalian suka pedas, bisa banget ditambahkan dengan sambal dan kecapnya ke dalam sepiring nasi senerek kita. Tapi saya lebih suka menikmatinya dengan rasa yang original. Untuk minumannya sendiri, nggak kalah seru gengs. Ada minuman yang nggak biasa, adalah es beras kencur. Sayangnya habis ketika saya mau mesan, yaudahlah saya cukup puas menikmati segelas es teh hahaha ... es yang sudah merakyat yang jadi favorit dimana-mana.



Untuk harga sop senerek plus nasi dan es teh. Saya cukup membayar dengan uang Rp 20.000,- saja. Harga yang standart bukan? Apalagi bisa membuat kita merasakan kelezatan, yang jarang ditemukan di kota kita sendiri.

senerek magelang sop senerek magelang sup senerek magelang resep senerek magelang nasi senerek magelang warung senerek magelang kuliner senerek magelang senerek di magelang resep sup senerek magelang alamat sop senerek magelang lokasi sop senerek magelang sop senerek magelang telp senerek bu atmo magelang


Alamat Sop Senerek Magelang

Jl. Mangkubumi No. 3 Magelang
Buka pukul 07.30 - 16.00 WIB
No Tlp : 0858-6820-1616



24 comments:

  1. Wah mbak..sup nya kelihatan segerrrrr banget ya.... Terjangkau pula harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mbak hahaha mampir aja gih kapan-kapan kalo lewat Magelang. Antrinya ngeri

      Delete
  2. Makanan di Jateng itu kenapa ya keliatanya selalu sederhana tapi pas dimakan enaknya luar biasa,
    Jadi teringat soto solo yang warnanya bening hampir ga berbentuk.
    Tapi sekali jilat langsung ketagihan.
    Gurihnya kerasa ampe bertahun tahun wkwk
    Ku jadi ingin menjilati sop ini uwuwuwuw

    ReplyDelete
  3. Dari tampilannya terlihat segar banget ya mba tapi sayang aku gak suka babat dan kacang merah huhu

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya gak gitu suka makan sop, tapi kalau liat fotonya, kok bingin ngiler ya haha

    ReplyDelete
  5. Mbak, sekitar 3 tahun lalu, saya sekeluarga yang baru mudik dari Kediri-Madiun, mampir Borobudur dulu sebelum balik Jakarta. Nah, keluar dari Borobudur dan saat putar-putar kota cari maksi dan nemu ini..Karena rame, kami belok aja. Dan baru kali itu saya makan sop senerek. Anak-anak juga suka..seger banget ya. Kapan hari kalau lewat lagi bisa diulang nih

    ReplyDelete
  6. Sepaleh itu bahasa Jawa "separuh", ya? Nemu kata baru.

    ReplyDelete
  7. Duh jadi ingat ibu kalau nemu masakan rumahan gini. Masakan ibu selalu ngangenin....

    ReplyDelete
  8. Begitu menggoda supnya, apalagi kalo dimakan di cuaca yang mendung sendu atao pas bw jam segini, lapaaaaar..

    ReplyDelete
  9. Wah rame banget ya mbak tempatnya. Kelihatannya seger banget deh sop-nya. Kebetulan saya suka banget sama makanan berkuah itu. Jadi ngiler hehehe. Pasti mampir kalau kesana

    ReplyDelete
  10. Aku pikir tadi senerek asal kata dari sederek.
    Hiihi...ternyata bahasa Belanda too..

    Kliatannya memang endeess marendess yaa, Nyi.
    Dan ku baru denger suaramu di yucub.

    Loovee...

    ReplyDelete
  11. Ah ngelihat dari gambar aja tampak sedap banget!

    ReplyDelete
  12. Kalo ke Magelang, wajib nyoba sop senerek nih. Aku belum pernah nyicipi, wortelnya itu hlo... Menggoda

    ReplyDelete
  13. Wah sopnya bikin ngiler nih. Apalagi pakai kacang merah ya jadi unik gitu

    ReplyDelete
  14. Aku tuh paling suka dengan sup kacang gini Nyi. Ya Allah jadi kangen masakan ibuku.

    ReplyDelete
  15. Enak kayaknya mbak, noted deh buat simpanan info kalo ke magelang, pengunjung rame gitu pasti enak makanannya

    ReplyDelete
  16. TRADING ONLINE TERPERCAYA
    Ini dia, Broker Trading yang Transaksi Aman dan Proses Cepat
    HASHTAG OPTION merupakan platform trading Binary Option berbasis di Indonesia.
    Kami menawarkan produk-produk Cryptocurrency & Forex.

    yuk gabung yukkk visit link nya www.hashtagoption.com
    Minimal DP Rp. 50.000,- dapat BONUS Depo awal 10%** T&C
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Ada BONUS REFERRAL juga lohhh...
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover....

    Kami juga menyediakan AKUN DEMO untuk Trader HASHTAG OPTION yang ingin berlatih, sampai kamu benar-benar bisa menuju AKUN REAL

    ReplyDelete
  17. Wah, baru tahu ada sop senerek ini di Magelang. Selain kupat tahu pak pangat dan ayam goreng Ninit, berarti wajib coba nih sop senerek bu Atmo kalau ke Magelang

    ReplyDelete
  18. Supnya mantap banget mbak, isinya variatif hihihi

    ReplyDelete
  19. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat