Friday, 24 August 2018

Pengalaman Jadi Juri Lomba Kebersihan Lingkungan | HUT Kemerdekaan RI Ke-73



Pengalaman Jadi Juri Lomba Kebersihan Lingkungan | HUT Kemerdekaan RI Ke-73 - Dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Alhamdulillah saya berkesempatan untuk berpartisipasi menjadi juri lomba kebersihan lingkungan di daerah Johorejo, Gemuh, Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal.  Pada hari Minggu, 19 Agustus 2018 pukul 13.00 WIB saya ditemani dua orang panitia desa Johorejo berkeliling. Sebenarnya saya mendapatkan kesempatan ini, atas undangan sahabat saya Zain.


hari kemerdekaan hari kemerdekaan malaysia hari kemerdekaan kamboja hari kemerdekaan singapura hari kemerdekaan thailand hari kemerdekaan filipina hari kemerdekaan laos hari kemerdekaan timor leste hari kemerdekaan myanmar hari kemerdekaan indonesia 2018 hari kemerdekaan vietnam hari kemerdekaan brunei darussalam hari kemerdekaan amerika hari kemerdekaan korea selatan hari kemerdekaan indonesia ke 73 hari kemerdekaan negara asean hari kemerdekaan india hari kemerdekaan jepang hari kemerdekaan ri hari kemerdekaan inggris hari kemerdekaan negara thailand hari kemerdekaan australia hari kemerdekaan adalah hari kemerdekaan arab saudi hari kemerdekaan argentina hari kemerdekaan asean hari kemerdekaan as hari kemerdekaan agustus hari kemerdekaan amerika serikat 2016 hari kemerdekaan agustus 2018 hari kemerdekaan amerika 2018 hari kemerdekaan afrika hari kemerdekaan aljazair hari kemerdekaan armenia hari kemerdekaan andorra hari kemerdekaan afrika tengah hari kemerdekaan amerika adalah hari kemerdekaan austria hari kemerdekaan artikel hari kemerdekaan australia tanggal



"Kamu tanggal 19 Agustus, di Kendal nggak?" Tanya Zain pada pesan WhatsApp saya seminggu sebelum acara penjurian dimulai.

"InsyaAllah iya," kata saya membalas.

"Mau nggak jadi juri di kampungku, untuk lomba kebersihan HUT RI?" Jawab dia melanjutkan obrolan kami.

Tentu saja ini kesempatan keren, bukan sombong karena jadi juri. Tapi lebih kepada, saya ingin mendapatkan pengalaman baru dan relasi baru karena bukan hanya saya saja yang jadi juri ada beberapa orang yang lain. Yang pada akhirnya nanti keputusan bersama diambil, dalam memilih siapakah yang akan menjadi pemenangnya. Diskusi inilah yang saya suka, semacam menggali ilmu yang bijak dalam menentukan pilihan.

hari kemerdekaan hari kemerdekaan malaysia hari kemerdekaan kamboja hari kemerdekaan singapura hari kemerdekaan thailand hari kemerdekaan filipina hari kemerdekaan laos hari kemerdekaan timor leste hari kemerdekaan myanmar hari kemerdekaan indonesia 2018 hari kemerdekaan vietnam hari kemerdekaan brunei darussalam hari kemerdekaan amerika hari kemerdekaan korea selatan hari kemerdekaan indonesia ke 73 hari kemerdekaan negara asean hari kemerdekaan india hari kemerdekaan jepang hari kemerdekaan ri hari kemerdekaan inggris hari kemerdekaan negara thailand hari kemerdekaan australia hari kemerdekaan adalah hari kemerdekaan arab saudi hari kemerdekaan argentina hari kemerdekaan asean hari kemerdekaan as hari kemerdekaan agustus hari kemerdekaan amerika serikat 2016 hari kemerdekaan agustus 2018 hari kemerdekaan amerika 2018 hari kemerdekaan afrika hari kemerdekaan aljazair hari kemerdekaan armenia hari kemerdekaan andorra hari kemerdekaan afrika tengah hari kemerdekaan amerika adalah hari kemerdekaan austria hari kemerdekaan artikel hari kemerdekaan australia tanggal


#RagamKemerdekaan di setiap kota pasti berbeda, tetapi memiliki makna sama. Yang mana ingin memeringati Hari Kemerdekaan Indonesia, yang jatuh di 17 Agustus 2018. Konsep tema kebersihan lingkungan sangat positif, karena masyarakat diajak menjaga kesehatan lingkungan, dimana terciptanya budaya sehat dan bersih. Sekaligus semangat menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, dan kecintaan terhadap tanah tumpah darah dimulai dari lingkungannya sendiri. Banyak hal yang bisa diambil dari tujuan lomba ini sendiri, bagaimana mereka harus kompak membersihkan lingkungan bersama.

Secara tidak langsung, masyarakat disadarkan dengan adanya lomba ini bahwa kebersihan, kerapian, kenyamanan, keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing sangat perlu diwujudkan. Siapa sih yang nggak senang hidup bersih? Sehat jasmaninya, indah lingkungannya, aman dan membuat nyaman yang menempatinya.

hari kemerdekaan hari kemerdekaan malaysia hari kemerdekaan kamboja hari kemerdekaan singapura hari kemerdekaan thailand hari kemerdekaan filipina hari kemerdekaan laos hari kemerdekaan timor leste hari kemerdekaan myanmar hari kemerdekaan indonesia 2018 hari kemerdekaan vietnam hari kemerdekaan brunei darussalam hari kemerdekaan amerika hari kemerdekaan korea selatan hari kemerdekaan indonesia ke 73 hari kemerdekaan negara asean hari kemerdekaan india hari kemerdekaan jepang hari kemerdekaan ri hari kemerdekaan inggris hari kemerdekaan negara thailand hari kemerdekaan australia hari kemerdekaan adalah hari kemerdekaan arab saudi hari kemerdekaan argentina hari kemerdekaan asean hari kemerdekaan as hari kemerdekaan agustus hari kemerdekaan amerika serikat 2016 hari kemerdekaan agustus 2018 hari kemerdekaan amerika 2018 hari kemerdekaan afrika hari kemerdekaan aljazair hari kemerdekaan armenia hari kemerdekaan andorra hari kemerdekaan afrika tengah hari kemerdekaan amerika adalah hari kemerdekaan austria hari kemerdekaan artikel hari kemerdekaan australia tanggal


Lomba kebersihan dan keindahan lingkungan antar RT

Saya diajak berkeliling dari RT 1 sampai RT 5, RW1 kemudian RT 1 lagi sampai RT 5 di RW 2. Totalnya ada 10 RT yang mengikuti Lomba Kebersihan Lingkungan, dan dua diantaranya yang paling antusias untuk bersaing secara sportif. Kekreatifan juga diciptakan di beberapa gapura, dengan hiasan gambar batik. Banyak bendera yang dipajang di setiap rumah, pun bendera kecil-kecil yang dipajang di sepanjang gang masuk dan bendera yang panjang seperi janur pada orang hajatan nikah. Semuanya antusias dan saling bekerjasama, membangun kampungnya. Sungguh pemandangan yang elok dan membuat saya bangga.

Tapi di sisi lain juga ada beberapa RT yang memajang bendera alakadarnya, mungkin sosialisasinya yang kurang atau sengaja menampilkan kesederhanaan yang apa adanya. Semua patut diapresiasi, namun saya kurang suka dengan beberapa RT yang kurang menjaga kebersihan lingkungannya karena masih banyak sampah yang betebaran. Belum adanya tempat sampah dan di beberapa selokan juga penuh dengan sampah. Kesadaran akan lingkungan, untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat kurang. Mudah-mudahan ke depannya, ini bisa diperbaiki dan diadakan sosialisasi di masyarakat pentingnya membuang dan menjaga sampah agar jatuh di tempat yang semestisnya.

hari kemerdekaan hari kemerdekaan malaysia hari kemerdekaan kamboja hari kemerdekaan singapura hari kemerdekaan thailand hari kemerdekaan filipina hari kemerdekaan laos hari kemerdekaan timor leste hari kemerdekaan myanmar hari kemerdekaan indonesia 2018 hari kemerdekaan vietnam hari kemerdekaan brunei darussalam hari kemerdekaan amerika hari kemerdekaan korea selatan hari kemerdekaan indonesia ke 73 hari kemerdekaan negara asean hari kemerdekaan india hari kemerdekaan jepang hari kemerdekaan ri hari kemerdekaan inggris hari kemerdekaan negara thailand hari kemerdekaan australia hari kemerdekaan adalah hari kemerdekaan arab saudi hari kemerdekaan argentina hari kemerdekaan asean hari kemerdekaan as hari kemerdekaan agustus hari kemerdekaan amerika serikat 2016 hari kemerdekaan agustus 2018 hari kemerdekaan amerika 2018 hari kemerdekaan afrika hari kemerdekaan aljazair hari kemerdekaan armenia hari kemerdekaan andorra hari kemerdekaan afrika tengah hari kemerdekaan amerika adalah hari kemerdekaan austria hari kemerdekaan artikel hari kemerdekaan australia tanggal


Terima kasih undangannya kak Zain, semoga amanah yang saya emban selama menjadi juri berkah. Semoga RT dan RW yang menang, terus memberikan dampak positif dan memberikan contoh yang baik kepada RT dan RW yang lainnya. Kesadaran perihal kebersihan akan menjadi hal yang indah dipandang, dan membuat suasana jadi sangat menyenangkan. Bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman, ya kan? Mari menjaga lingkungan bersama, agar menjadi lingkungan yang diidamkan oleh setiap orang.

10 comments:

  1. Wah ini kalo lingk. RT nya pada bersih2 semua bisa jadi bingung nentuin pemenangnya, ya :D

    ReplyDelete
  2. Seru juga ada lomba kebersihan antar RT. Warga pasti jadi lebih semangat dan giat dalam membersihkan lingkungan, semoga gak cuma pas mau Agustusan aja tapi bisa diterapkan terus dan gak buang sampah sembarangan.

    ReplyDelete
  3. Keren ya lomba yang bikin warga termotivasi jaga kebersihan lingkungannya. Ditempatku masih lomba anak2 pada umumnya Nyi. Moga bs ditiru daerah dan kampung2 lain. Dan menjadi pembiasaan yang berkelanjutan.

    ReplyDelete
  4. Aku ga ikut lomba 17 apapun di rumah, krn kerja :(

    ReplyDelete
  5. wah mantap nih, emang harus dibudayakan ya perlombaan-perlombaan seperti ini supaya daerah lain juga terjaga kebersihan lingkungannya. mantap nih mba bisa jadi juri hihi

    ReplyDelete
  6. Jadi pengalaman banget pastinya ya mba,hihi

    ReplyDelete
  7. Lomba kayak gini bisa bikin warga rajin kerja bakti terus menjaga kebersihan lingkungan ya mba. Bingung pasti kalo pada bersih-bersih jurinya :D

    ReplyDelete
  8. Asikkk berkah penilaiaannya. Semoga warga semakin sadar akan kebersihan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat