Tuesday, 10 July 2018

5 Solusi Saat Konsentrasi Ngeblog Menghilang



5 Solusi Saat Konsentrasi Ngeblog Menghilang - Niat di hati sudah ada, pemikiran-pemikiran di kepala sudah wara-wiri untuk segera menuangkan ide ke dalam tulisan. Eh ... konsentrasi tiba-tiba terpecah, karena beberapa gangguan menghampiri. Alhasil target meleset, waktu yang harusnya selesai malah terbengkalai dan jadi tidak maksimal. Begitupun dengan saya, beberapa gangguan sering kali datang dan ternyata solusinya adalah kita harus tegas terhadap diri sendiri. Yang terpenting hindari hal ini, agar ngeblogmu semakin lancar:

Lupakan sejenak media sosialmu

Instagram, facebook, twitter, path, dan media sosial lain seringkali membuat orang terlena. Waktu yang dihabiskan, tidak terasa sudah berjam-jam lamanya. Entah itu asyik posting foto, update status, bikin caption apalagi memberikan komentar di postingan orang lain. Yakin deh, nggak terasa tiba-tiba waktu udah sore.

5 Solusi Saat Konsentrasi Ngeblog Menghilang


Bagi seseorang yang memiliki profesi sebagai blogger, apalagi yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Harus posting setiap harinya, mengerjakan job placement atau hal lain yang dalam dunia blogging tidak disarankan untuk membuka lama-lama akun media sosialnya. Waktu yang harusnya sudah selesai menulis dan posting, yang terjadi malah sebaliknya. Solusinya sebaiknya blogger menyadari, jangan sampai kegiatan ngeblognya sampai hilang fokus.

Menonton video, film apalagi drakor

Menonton adalah kebiasaan yang sering kita lakukan, apalagi kalau acaranya bagus dan bisa membuat blogger betah. Secara tidak langsung itu akan mengganggu kegiatan tulis menulisnya. Memang sih tidak salah jika, menonton digunakan sebagai waktu agar tidak jenuh. Tetapi jangan sampai terlena, apalagi drama korea dengan episode yang banyak dan tiap episodenya membuat ketagihan untuk mengikuti tayangannya sampai usai. Solusi yang baik, bikin perjanjian terhadap diri sendiri. Misalnya, "Kalau aku sudah nulis atau posting, nonton sebentar ah." Itu justru tidak jadi masalah, itung-itung sebagai reward kemudian setelah menonton selesai lakukan kembali aktivitas ngeblognya.

Hindari chatting yang tidak penting

Instant message yang berwujud chatting, dalam aplikasi smartphone memang menyenangkan. Apalagi kalau dia gebetan, wuih ... lupa deh segala-galanya. Ini sangat menganggu seorang blogger, kalau kegiatan ini beralangsung terus menerus apalagi banyak group yang diikuti pasti akan membuat aktivitas ngeblog teralihkan. Solusinya silent dahulu, agar tidak menganggu aktivitas ngeblog atau matikan data biar bisa fokus ngeblognya. Bisa juga balas saja yang penting, skip dulu yang kurang penting.

Writer's block (Mentok dalam menulis)

Ada yang bilang kalau writers block diciptakan oleh kita sendiri, tetapi sebenarnya writers block ini bisa terjadi karena dua hal. Bisa jadi karena kita kurang materi, kedua karena kita malas.

Keadaan yang kekurangan bahan, kita bisa siasati untuk browsing. Bertanya kepada yang ahli, ajak orang untuk berdiskusi atau lakukan riset. Sementara rasa malas, berasal dari pikiran, perasaan, mental dan sebagainya. Cara untuk menyiasati hal ini, bisa dengan refresing terlebih dahulu. Jangan paksakan diri untuk terus menulis, karena hasilnya tidak akan maksimal.

Buat jadwal menulis jika ada acara

Biasanya jika kita memiliki acara, jauh-jauh hari sudah tahu kapan tanggal kita akan bepergian. Sebelum hari H itu tiba, siasati dengan membuat postingan lebih dahulu. Bisa terjadwal bisa tidak, yang jelas atur jadwal dan tulislah terlebih dahulu. Jangan sampai ketika deadline tiba, kamu masih akan menulis tentu saja tulisan yang nantinya tayang akan kurang maksimal. Namun bisa jadi deadline yang mendekati, membuat blogger gampang mengeluarkan ide. Sayangkan kalau ide yang ada di kepala terlewat begitu saja, karena kita mendadak ada acara atau bepergian dengan waktu yang lama.

Semoga 5 Solusi Saat Konsentrasi Ngeblog Menghilang, dapat memberikan manfaat dan menjadikan kita sebagai blogger lebih produktif. Salam!



3 comments:

  1. Apalagi kalau udah pegang gadget..mengalihkannya seringkali susah >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha begitu ya Kak, wah harus dibatasin itu biar produktif.

      Delete
  2. Kalau bareng dengan buka tab medsos pasti ambyar nggak jadi ngeblog hahahaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat