Monday, 23 July 2018

4 Kelebihan Kartu Kredit yang Tidak Bisa Ditemui pada Kartu Debit


4 Kelebihan Kartu Kredit yang Tidak Bisa Ditemui pada Kartu Debit - Di era milenia ini, banyak sekali seseorang yang sudah menggunakan Kartu Kredit . Apalagi di kota-kota besar, kartu kredit dan kartu debit memiliki proporsi yang sama untuk dikenal masyarakat. Tapi, kepemilikan kartu debit jelas lebih banyak. Padahal, banyak kelebihan yang dimiliki kartu kredit yang tentunya tidak dimiliki kartu debit. Apa saja kelebihannya sih hingga menjadikan kartu kredit special? Berikut informasi lengkapnya Gengs : 




1. Memiliki Payung Hukum Lebih Baik

Berbicara soal payung hukum, pemilik kartu kredit dan kartu krdit memang sama-sama dilindungi oleh hukum. Tapi, kartu kredit memiliki kelebihan lain yang tidak akan Anda dapati dari kartu debit. Misal, Anda melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Kemudian, ada kesalahan yang dibuat penjual. Nah, Anda sebagai pemilik kartu kredit, bisa membatalkan transaksi sah ini. Bagaimana jika pihak penjual tidak ingin membatalkan transaksi jual beli? Tenang saja. Anda masih bisa menahan pembayaran. Beda halnya dengan kartu debit, Anda hanya bisa membatalkan transaksi yang dianggap tidak sah.

2. Jaminan Keamanan dalam Aktivitas Online

Hari gini siapa sih yang nggak suka belanja online? Kedua kartu sebagai alat pembayaran tersebut juga bisa digunakan untuk transaksi online. Sayangnya, jika Anda menggunakan kartu debit, transaksi tidak dapat dibatalkan saat Anda merasa kurang puas dengan barang yang dikirim, misalnya ada cacat. Terkecuali si penjual memiliki jiwa besar untuk menggantinya. Tapi, untuk kartu kredit, mau tidak mau, si penjual harus menerima pembatalan tarnsaksi. Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi akibat ulah penjual. Di antaranya yaitu barang yang cacat, tidak sampai ke pembeli, tidak original, dan semacamnya.

Jika kita sebagai konsumen atau pembeli berhak melaporkan masalah ini pada bank yang mengeluarkan kartu kredit. Selanjutnya, selama masalah ini belum selesi, Anda tidak diwajibkan untuk membayar tagihan atas transaksi tersebut.

3. Terhindar dari Penyalahgunaan

Kasus penyalahgunaan kartu debit sudah sering didengar. Hal ini dikarenakan, kartu debit yang hilang atau dicuri memiliki kemungkinan sngat besr untuk dibobol. Penyalahgunaan kartu debit ini jelas sangat merugikan. Tapi, untuk kartu kredit, kemungkinan ini bisa dihindari karena setiap transaksi atau gesekan kartu kredit, bisa selalu Anda pantau.

Setiap transaksi ini juga akan dilaporkan pada alamat pos-el atau SMS. Kemudian, Anda pun bisa langsung melaporkannya pada bank sehingga transaksi yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab tersebut selalu gagal dan tagihan kartu kredit Anda tidak bertambah. Tambahan lagi, saat mengurus hal ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

4. Proteksi Ekstra untuk Setiap Transaksi

Proteksi untuk setiap transaksi dengan kartu kredit jauh lebih baik (ekstra) daripada kartu debit. Proteksi ekstra ini meliputi keamanan tingkat tinggi sehingga terhindar dari pencurian serta perlindungan saat ingin melakukan penukaran produk. Jadi, saat kita mendapat notifikasi transaksi yang tidak Anda lakukan selang beberapa saat Anda kehilangan kartu kredit, Anda bisa langsung menghubungi bank untuk pemblokiran. Tagihan yang dianggap tidak sah ini juga tidak perlu dibayar sampai permasalahan ini beres.

Kemudian, saat ingin melakukan penukaran produk tapi penjualnya tidak mau, Anda bisa menghubungi bank penerbit kartu kredit untuk menanyakan ada tidaknya kebijakan penukaran barang. Jika memang ada (biasanya 90 hari terhitung transaksi dilakukan), nah bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk melakukan pelaporan.

5. Perpanjangan Garansi Produk

Saat membeli sebuah barang, kemudian tiba-tiba rusak yang waktunya hanya beberapa hari setelah melewati masa garansi, Anda pasti geregetan bukan? Harus ada kocek yang dirogoh lebih dalam untuk memperbaikinya sehingga bisa digunakan kembali. Apalagi kalau barang kesayangan, tentu ingin cepat-cepat diperbaiki. Tapi, sebaiknya jangan terburu-buru.

Soalnya, jika kita punya kartu kredit, Anda bisa menyimpan kembali dompet ke dalam saku dan tidak perlu merogoh-rogoh kocek lagi. Kartu Kredit memiliki kelebihan dalam memperpanjang masa garansi yang sebelumnya diberlakukan penjual atau pabrik terhadap sebuah produk. Kelebihan inilah yang tidak kalah menarik dan disukai pemilik kartu kredit.

Udah ada gambaran kan gimana kartu kredit itu? Menurutmu yang mana lebih menguntungkan? Punya kartu kredit atau kartu debit? Setiap kartu kredit dan kartu debit yang juga bisa dilihat di CekAja.com memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi, dari segi kepuasan dalam hal keamanan anda sebagai konsumen dan pemilik kartu kredit, tentunya sependapat jika kartu kredit sedikit lebih unggul dari kartu debit. Iya nggak gengs? Semoga bermanfaat infonya. Salam. 



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat