Saturday, 21 July 2018

Infrastruktur Indonesia 2018 Bekerjasama dengan Jepang



Infrastruktur Indonesia 2018 Bekerjasama dengan Jepang - Pernah nyadar nggak sih Gengs, soal infrastruktur Indonesia saat ini? Sering kali digaungkan dalam berita televisi, koran yang kita baca pagi hari, artikel dan juga radio. Dari segi pemerintah sendiri pastinya sudah membangun, dan terus berupaya memelihara infrastruk terus lebih baik. Dalam bidang ekonomi maupun sosial di masyarakat. Yang terlihat di Semarang, pembangunan bandara Ahmad Yani infrastrukturnya sudah telihat membaik.

infrastruktur indonesia infrastruktur indonesia 2018 infrastruktur indonesia vs malaysia infrastruktur indonesia 2019 infrastruktur indonesia timur infrastruktur indonesia 2020 infrastruktur indonesia pdf infrastruktur indonesia meningkat infrastruktur indonesia 2017 infrastruktur indonesia vs filipina infrastruktur indonesia tertinggal infrastruktur indonesia vs india infrastruktur indonesia jokowi infrastruktur indonesia saat ini infrastruktur indonesia 2030 infrastruktur indonesia di asean infrastruktur indonesia vs vietnam infrastruktur indonesia 2016 infrastruktur indonesia terbaru infrastruktur indonesia vs thailand infrastruktur indonesia masa depan infrastruktur indonesia adalah infrastruktur politik indonesia adalah penjaminan infrastruktur indonesia alamat kopelindo infrastruktur indonesia alamat penjaminan infrastruktur indonesia adalah infrastruktur politik di indonesia adalah infrastruktur kereta api indonesia pt penjaminan infrastruktur indonesia alamat anggaran infrastruktur indonesia fungsi infrastruktur politik indonesia adalah anggaran infrastruktur indonesia 2016 asosiasi infrastruktur indonesia anggaran infrastruktur indonesia 2017 artikel infrastruktur indonesia analisis infrastruktur indonesia peringkat infrastruktur indonesia di asean infrastruktur indonesia bagian timur infrastruktur indonesia buruk infrastruktur baru indonesia infrastruktur bahasa indonesia infrastruktur bandara indonesia infrastruktur bank indonesia infrastruktur bisnis indonesia infrastruktur indonesia semakin baik pembangunan infrastruktur indonesia bagian timur infrastruktur sepakbola indonesia proyek infrastruktur besar indonesia infrastruktur kamus bahasa indonesia pentingnya infrastruktur bagi indonesia infrastruktur sepakbola indonesia makin jauh tertinggal berita infrastruktur indonesia biaya infrastruktur indonesia berita infrastruktur indonesia terbaru berita infrastruktur indonesia terkini infrastruktur dalam kamus bahasa indonesia berita infrastruktur indonesia 2016 penjaminan infrastruktur indonesia career infrastruktur indonesia vs china contoh infrastruktur indonesia


Apa sih infrastruktur

Gengs, sering mendengar kata ini tapi bingung mendiskripsikannya? Oke kata Grigg: 1988, "Infrastruktur yakni, sistem fisik yang menyediakan sarana transportasi, pengairan, drainase, bangunan gedung, serta kawasan publik lainnya. Dimana dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, ekonomi maupun sosial."

Secara garis besarnya infrastruktur ini seluruh fasilitas fisik atau non fisik, yang dibangun oleh pemerintah untuk masyarakat guna mendukung kegiatan berjalan lancar. Infrastruktur publik sendiri adalah tanggungjawab pemerintah, dalam kompensasi dari pembayaran pajak oleh warga negara Indonesia. Contoh simplenya soal transportasi. Bisa dari jalan raya, jalan tol, rambu lal lintas, pelabuhan, bandara dan lain sebagainya. Jika infrastruktur trasportasi ini sudah berjalan dengan baik, pendistibusian hasil olahan petani, anak-anak sekolah, karyawan yang bekerja bisa dengan lancar menggunakan aksesnya. Kalau hancur, rusak banyak berlubang, kan kasihan yan g akhirnya timbul macet dimana-mana.

Infrastruktur sendiri ada 3 jenis yang dibedakan:

Infrastruktur keras (bandara, jalan raya, pelabuhan dan lain-lain)
Infrastruktur non-fisik (Internet, telepon, pasokan energi, air bersih, listrik dan sebagainya)
Infrastruktur lunak (Lembaga pemerintahan seperti pelayanan kantor pos, kantor camat, kepolisian yang menjaga ketertiban dan lain-lain).

Komitmen Jepang untuk infrastuktur Indonesia

Disinyalir dari web BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), ternyata proses pembangunan infrastuktur bisa berjalan dengan efektif, haruslah ada kerjasama. Baik kerjasama dalam negeri maupn luar negeri. Indonesia telah membangun kerjasama dengan berbagai negara, untuk fasilitas publiknya salah satunya ialah Jepang dan ini sudah berjalan 60 tahun lamanya. Apalagi duta besar Jepang telah berkomitmen untuk, memertahankan kerjasamanya dalam aspek pembangunan dan ekonomi pada pidato 8 Mei 2018 lalu di Simposium Bisnis dan Teknologi. Indonesia tidak bisa menolak,  karena tidak dipungkiri Jepang memberikan pengaruh yang sangat besar. Karena di negara lain pun dengan bantuan Jepang, dampak kemajuan mereka sangat besar terutama pada bidang ekonominya.


infrastruktur indonesia infrastruktur indonesia 2018 infrastruktur indonesia vs malaysia infrastruktur indonesia 2019 infrastruktur indonesia timur infrastruktur indonesia 2020 infrastruktur indonesia pdf infrastruktur indonesia meningkat infrastruktur indonesia 2017 infrastruktur indonesia vs filipina infrastruktur indonesia tertinggal infrastruktur indonesia vs india infrastruktur indonesia jokowi infrastruktur indonesia saat ini infrastruktur indonesia 2030 infrastruktur indonesia di asean infrastruktur indonesia vs vietnam infrastruktur indonesia 2016 infrastruktur indonesia terbaru infrastruktur indonesia vs thailand infrastruktur indonesia masa depan infrastruktur indonesia adalah infrastruktur politik indonesia adalah penjaminan infrastruktur indonesia alamat kopelindo infrastruktur indonesia alamat penjaminan infrastruktur indonesia adalah infrastruktur politik di indonesia adalah infrastruktur kereta api indonesia pt penjaminan infrastruktur indonesia alamat anggaran infrastruktur indonesia fungsi infrastruktur politik indonesia adalah anggaran infrastruktur indonesia 2016 asosiasi infrastruktur indonesia anggaran infrastruktur indonesia 2017 artikel infrastruktur indonesia analisis infrastruktur indonesia peringkat infrastruktur indonesia di asean infrastruktur indonesia bagian timur infrastruktur indonesia buruk infrastruktur baru indonesia infrastruktur bahasa indonesia infrastruktur bandara indonesia infrastruktur bank indonesia infrastruktur bisnis indonesia infrastruktur indonesia semakin baik pembangunan infrastruktur indonesia bagian timur infrastruktur sepakbola indonesia proyek infrastruktur besar indonesia infrastruktur kamus bahasa indonesia pentingnya infrastruktur bagi indonesia infrastruktur sepakbola indonesia makin jauh tertinggal berita infrastruktur indonesia biaya infrastruktur indonesia berita infrastruktur indonesia terbaru berita infrastruktur indonesia terkini infrastruktur dalam kamus bahasa indonesia berita infrastruktur indonesia 2016 penjaminan infrastruktur indonesia career infrastruktur indonesia vs china contoh infrastruktur indonesia


Contoh kerjasama antara Indonesia dan Jepang salah satunya adalah, pembangunan Sabo Dam yang berfungsi menahan aliran banjir, dimana dampak yang sering terjadi pada gunung berapi dalam wilayah Indonesia, sebutlah Yogyakarta, Bali, dan Jawa Timur. Ada lagi, ialah jalan tol Jakarta Sewarege System karena Indonesia memiliki pengalaman membangun jalan tol dengan terowongan terpanjang.
Ditilik dari manfaatnya, dalam melakukan kerjasama kita bisa mencapai  tujuan lebih cepat, tanpa harus mengorbankan kualitas. Intip manfaat kerjasama yuk, selain efisien berdampak apa saja:

Menumbuhkan dan memperat relasi, kedua belah pihak.
Menumbuhkan adanya semangat persatuan dan kesatuan. Karena secara tidak langsung visi dan misinya, harus disamakan.
Dapat mempersingkat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.
Membuat penanganan suatu pekerjaan, jad lebih ringan dan efektif karena dikerjakan bersama
Memperkecil anggaran yang akan dikeluarkan.

Jadi ingat apa yang dibilang oleh Barbara Glacel dan Emile Robert Jr, "Sebuah tim adalah lebih dari sekadar sekumpulan orang. Ini adalah proses memberi dan menerima." Jadi jika kita sudah siap bekerjasama dengan orang lain, singkirkan sikap egoisme sejenak.

Kebanyakan dari mereka yang gagal memajukan, ialah karena bekerja dengan tidak baik dan tulus terhadap rekan yang mereka ajak kerjasama. Semoga infrastruktur Indonesia, semakin baik dan lebih baik.


Thursday, 19 July 2018

Dalam Waktu yang Lama Kamu akan Hidup Bersamanya, Pilihlah Dia karena Allah



Dalam Waktu yang Lama Kamu akan Hidup Bersamanya, Pilihlah Dia karena Allah - Alhamdulillah, kabar baik datang dari sahabat saya Emy, yang telah menemukan belahan jiwanya. Bahkan keluarga calon pasangan prianya, sudah datang ke rumah untuk meminta restu menuju jenjang yang lebih serius. Bahagia, tentu saja akhirnya ia melabuhkan hatinya juga.

"Mohon doanya, bulan depan InsyaAllah mau tunangan," tulisanya via WAG kami. Syuukur alhamdulillah.

memilih pasangan memilih pasangan hidup memilih pasangan dalam islam memilih pasangan hidup mario teguh memilih pasangan hidup menurut islam memilih pasangan idaman memilih pasangan yang sekufu memilih pasangan sesuai fiqih keluarga memilih pasangan dlm islam memilih pasangan hidup menurut kristen memilih pasangan yang benar untuk kacamata dan cacat mata memilih pasangan hidup dalam kristen memilih pasangan hidup dalam islam memilih pasangan hidup kristen memilih pasangan karena agamanya memilih pasangan yang baik menurut islam memilih pasangan menurut rasul memilih pasangan karena 4 hal memilih pasangan menurut hari lahir memilih pasangan menurut hadits nabi memilih pasangan yang salah memilih pasangan al manhaj memilih pasangan menurut agama islam memilih pasangan menurut agama memilih pasangan dalam al quran memilih pasangan secara ajaran islam memilih pasangan menurut ajaran islam memilih pasangan menurut alkitab memilih pasangan dalam agama islam memilih pasangan karena agama memilih pasangan menurut al quran memilih pasangan karena allah memilih pasangan berdasarkan agama memilih pasangan hidup menurut alkitab memilih pasangan hidup menurut al quran memilih pasangan hidup menurut ajaran islam memilih karir atau pasangan memilih pasangan yang benar antara jenis enzim dan peranannya memilih pasangan hidup karena allah memilih pasangan dalam bahasa arab memilih pasangan berdasarkan islam memilih pasangan berdasarkan zodiak memilih pasangan berdasarkan golongan darah memilih pasangan berdasarkan weton memilih pasangan yang baik memilih pasangan yg baik memilih pasangan yang baik dalam islam memilih pasangan yang benar cara memilih pasangan burung dara memilih pasangan yg baik menurut islam cara memilih pasangan berdasarkan weton cara memilih pasangan burung merpati cara memilih pasangan burung lovebird memilih pasangan dalam bahasa inggris cara memilih pasangan berdasarkan zodiak memilih pasangan hidup yang baik memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden sesuai hati nurani memilih calon pasangan menurut islam memilih calon pasangan memilih calon pasangan hidup memilih calon pasangan dalam islam memilih calon pasangan hidup menurut islam memilih pasangan yang cocok memilih pasangan yang cocok sesuai shio prinsip memilih calon pasangan yang berasal dari dalam kerabat disebut perhitungan memilih calon pasangan cara memilih calon pasangan hidup cara memilih calon pasangan kriteria memilih calon pasangan suami istri menurut islam kebaikan memilih calon pasangan yang baik kriteria memilih calon pasangan hadits memilih calon pasangan cara memilih pasangan hidup cara memilih pasangan hidup diantara dua pilihan cara memilih pasangan cara memilih pasangan hidup menurut islam memilih pasangan dalam kristen memilih pasangan dalam pandangan islam memilih pasangan diantara 2 pilihan memilih pasangan di harvest moon memilih pasangan dari fisik memilih pasangan diantara dua pilihan cara memilih pasangan diantara dua pilihan alasan memilih pasangan dalam islam hadis memilih pasangan dalam islam cara memilih pasangan diantara 2 pilihan anjuran memilih pasangan dalam islam cara memilih pasangan dlm islam


Berbekal dari pengalaman, ciee ... jangan asal memilih karena cinta, karena suka, karena nyaman. Tetapi pantas tidaknya untuk dijadikan pasangan selamanya? Sebelum jauh melangkah, coba tanya kembali hatimu niat untuk menikah. Apakah dia yang bersamamu sekarang, baik agama dan akhlaqnya? Jika 'iya', selamat! InsyaAllah dia akan bertanggungjawab, untuk menjagamu. Coba sesekali selidiki, bagaimana ia bertanggungjawab kepada ibunya, orang di sekitarnya dan kepada dirinya sendiri.  Tanggungjawab menjadi penting, karena itulah modal seseorang yang menghargai arti penting sebuah hubungan.

Selain bertanggungjawab, pilih yang bisa menjaga amanah yang kamu berikan. Karena hidup nggak melulu soal bahagia, tetapi akan ada duka yang mengiringi juga. Kebahagiaan juga tak selalu harta, namn dibangun oleh kesetiaan dan amanah yang ditunaikan secara bijaksana.

Itulah mengapa saya bilang, pilihlah dia karena Allah? Karena ketika kamu meminta kepada Allah, Allah pasti akan memilihkan dia yang bersetia kepada-Nya. Perihal soal kewajibannya sebagai hamba, apakah ia menunaikan dengan lancar? Jika ia tidak pernah meninggalkan 5 waktunya, InsyaAllah dia tak akan berpaling karena telah berkomitmen kepada-Nya.

Pilihlah dia yang berilmu, dengan ilmu yang melimpah hari yang kamu jalani dengannya insyaAllah selalu membawa keberkahan dalam setiap langkahnya. Berilmu di sini bukan berarti harus tittle pendidikan saja, jangan sampai terkecoh ya? Lihat dengan detail, bagamana ia menyingkapi setiap kejadian. Orang yang berilmu akan mejadikannya pengalaman, pelajaran, bahkan mengambil hikmahnya tidak mencaci maki. Tapi dia yang tidak berilmu menganggap, musibah bahkan menyalahkan Tuhannya dengan kejadian yang tidak mengenakan tersebut.

Satu lagi, pilih dia yang gemar dan giat bekerja. Pekerjaan nggak harus kantoran bukan? Tapi mau bekerja apa saja, dengan bekerja artinya dia akan memberikan tanggungjawab menafkahi. Hidup yang kalian jalani, tidak sehari dua hari namun berlangsung selamanya. Berbekal itu, antara nafkah lahir dan batin harus seimbang. Antara bekal dunia dan akhirat juga demikian.

Doaku untukmu sahabatku, semoga prosesnya dilancarkan menuju jenjang selanjutnya dan hari H nanti. Istikharah terus dan dekatkan diri pada Allah, agar kamu semakin yakin dengan pilihan dan dalam menempuh perjalanan berkehidupan selanjutnya. Apapun keinginanmu, semoga Allah senantiasa mengabulkan. Aamiin.

Ngopi Asyik di Kopi Senthet dengan Sahabat Sejati



Ngopi Asyik di Kopi Senthet dengan Sahabat Sejati - Yang namanya sahabat, pasti orang yang paling dekat dengan kita. Dia tahu saat kita sedih, galau, bagaimana harus memutuskan sesuatu dia ada. Sekalipun dia tidak menemani di sampingmu, dukungannya tidak pernah alpa. Tapi gimana kalau kalian tidak pernah saling bisa bertemu, setiap harinya? Seperti dulu, karena rutinitas yang segambreng. Baik dari pihakmu atau sahabatmu? Tidak jadi soal, karena sudah pasti mereka akan mendoakanmu.


kopi kendal kopi dulu kendal kopi khas kendal kopi luwak kendal kepo kopi kendal kopi liberika kendal kebun kopi kendal kopi sukorejo kendal warung kopi kendal kopi di kendal kedai kopi kendal jual kopi kendal kopi excelsa kendal harga kopi kendal kedai kopi di kendal kedai kopi dulu kendal kafe kopi dulu kendal


Malam ini saya dapat telepon dari sahabat lama yang hilang kabar, hahaha ... Goguma Craft, yang biasa dipanggil dengan Atiek. Bukan soal dia sudah melupakan saya, tetapi karena dia sibuk dengan job desk barunya yang harus melayani masyarakat sebagai bu Carik! Masih single, tapi sudah jadi pelayan masyarakat? Sholehah, dan nggak banyak tingkah ecie ... pecicilannya udah berkurang soalnya.

Terkahir kali ketemu udah lama banget, waktu kita lari bareng di Stadion Kendal. Interaksi juga sudah jarang di chat, kebetulan juga belum ada hal yang harus dibicarakan hehehe ... jadilah jarang interaksi pun berkabar. Ah pasti dia punya sahabat baru, lalu kamu dilupakan? Yahh ... nggak juga, justru kita  harus senang. Saat kita nggak ada di samping dia, ada yang tetap mendekapnya ketika tangan kita nggak sanggup memeluknya. Iya nggak? Begitulah seharusnya kita, kalau sudah berpikiran dewasa. Bukan sebaliknya, kita menjauh karena merasa dia sudah tidak butuh kita lagi. Bukan begitu.

kopi kendal kopi dulu kendal kopi khas kendal kopi luwak kendal kepo kopi kendal kopi liberika kendal kebun kopi kendal kopi sukorejo kendal warung kopi kendal kopi di kendal kedai kopi kendal jual kopi kendal kopi excelsa kendal harga kopi kendal kedai kopi di kendal kedai kopi dulu kendal kafe kopi dulu kendal


Ingatlah mereka bukan saingan, justru itu menjadi pertanda kalau sahabatmu benar-benar orang yang supel. Mudah begaul, karena di tempat barunya memiliki banyak teman akrab. Karena siapapun yang datang dan pergi dalam hidup kita, selalu memiliki tempat tersendiri di hati.

Menu santai peneman malam yang tenang

Sedikit mereview Kopi Senthet, mungkin ini kali kelima saya ke sini. Suka dengan tempatnya, asyik! Banyak pojok cozy, kita bebas mau milih mau duduk di mana. Mau di bawah atau atas juga terserah, yang penting bayar kalau makan #eh ...

Kopi Senthet juga menyediakan kamar mandi dan mushola, buat kamu yang takut ketinggalan sholat magrib waktu nongkrong. Bisa banget nih sholat di sini, bisa muat kurang lebih 5 orang. Untuk ruangan VIP juga ada, ber-AC juga misalnya kalian mau meeting pekerjaan. Tapi saya belum sempat nanya tarifnya, kapan-kapan deh ya saya nanya. Soalnya malam ini emang lagi pengen santai, banget. Banyak PR tulisan yang kejar tayang, apalagi besok harus ke Dieng untuk halalbihalal bersama komunitas Bukalapak SeJateng-DIY.

kopi kendal kopi dulu kendal kopi khas kendal kopi luwak kendal kepo kopi kendal kopi liberika kendal kebun kopi kendal kopi sukorejo kendal warung kopi kendal kopi di kendal kedai kopi kendal jual kopi kendal kopi excelsa kendal harga kopi kendal kedai kopi di kendal kedai kopi dulu kendal kafe kopi dulu kendal


Mbak Atiek mesen Vietnam Drip, dia suka memesan itu kalau berkunjung kesini dan pesan makanan kwetiau. Sementara saya sendiri karena merasa masih kenyang, pesan singkong cokelat dan jus strawberry. Saya suka jusnya, manis dan kecutnya berasa. Singkong cokelatnya juga enak, mumpur (empuk) singkongnya.

kopi kendal kopi dulu kendal kopi khas kendal kopi luwak kendal kepo kopi kendal kopi liberika kendal kebun kopi kendal kopi sukorejo kendal warung kopi kendal kopi di kendal kedai kopi kendal jual kopi kendal kopi excelsa kendal harga kopi kendal kedai kopi di kendal kedai kopi dulu kendal kafe kopi dulu kendal


Dari atas saya dapat melihat lampu-lampu dari pesawahan yang kelap-kelip, ngeliatnya itu merasa damai. Terbilang cukup cepat juga ini, pembangunannya karena kebetulan saya tinggal tidak jauh dari Kopi Senthet. Sepertinya tanah sebelah, juga sedang dibangun lagi karena ada jembatan yang disatukan dengan tempat sebelah. Jadi penasaran, akan dibuat seperti apakah bangunan itu. Bersama komunitas Blogger Kendal, saya sebenarnya juga mau mengajukan kerjasama review Kopi Senthet. Tapi belum sempat dan jadi-jadi karena sok sibuk hehehe ... Next semoga kebeneran ya ngepasin moment launchingnya bangunan baru mereka.

kopi kendal kopi dulu kendal kopi khas kendal kopi luwak kendal kepo kopi kendal kopi liberika kendal kebun kopi kendal kopi sukorejo kendal warung kopi kendal kopi di kendal kedai kopi kendal jual kopi kendal kopi excelsa kendal harga kopi kendal kedai kopi di kendal kedai kopi dulu kendal kafe kopi dulu kendal


Satu jaman lebih kami bercerita, juga berfoto ria sembari menikmati sajian yang ditawarkan Kopi Senthet. Saya juga tidak perlu membayar karena, ada bu bos yang selalu bayarin tiap kali dia ngajak pergi. Ya, kan dia nggak pelit? Hahaha ... sama sahabat sendiri biasanya gitu, nggak pernah perhitungan. Catet ya Gengs, karena kalau masih main itung-itungan itu artinya sahabatan kalian belum sedekat itu.

kopi kendal kopi dulu kendal kopi khas kendal kopi luwak kendal kepo kopi kendal kopi liberika kendal kebun kopi kendal kopi sukorejo kendal warung kopi kendal kopi di kendal kedai kopi kendal jual kopi kendal kopi excelsa kendal harga kopi kendal kedai kopi di kendal kedai kopi dulu kendal kafe kopi dulu kendal


Nah Gengs, sahabat sejati nggak harus ketmu seminggu dua kali, tapi lebih kepada memlihara komunikasi. Persahabatan sejati itu, nggak posesif tapi justru memberikan ruang bagi orang lain agar mengenalnya lebih jauh. Sudah sewajarnya kalian saling mendukung dan pengertian. Jika tidak ada itu di dalamnya, berarti tilik lagi arti persahabatan diantara kalian. Salam!

Internet Gratis tanpa Beli Kuota



Internet Gratis tanpa Beli Kuota - Judul postingan blog saya kali ini pasti menggemaskan? Yakin nggak yakin ya, kan? Mana ada tanpa beli kuota bisa internetan gratis ya nggak? Tapi ini serius, beneran. Dapet gratis-tis.

internet gratis internet gratis 3 internet gratis indosat internet gratis telkomsel internet gratis axis internet gratis xl internet gratis telkomsel 2018 internet gratis mode pesawat internet gratis smartfren internet gratis indosat 2018 internet gratis seumur hidup internet gratis 2018 internet gratis axis 2018 internet gratis xl 2018 internet gratis m3 internet gratis vpn internet gratis tanpa kuota internet gratis simpati internet gratis terbaru internet gratis axis hitz 2018 internet gratis tanpa aplikasi internet gratis android internet gratis axis hitz internet gratis android three internet gratis axis april 2018 internet gratis apk internet gratis axis terbaru internet gratis axis hits 2018 internet gratis axis mei 2018 internet gratis april 2018 internet gratis as internet gratis all operator internet gratis anonytun internet gratis axis juni 2018 internet gratis anonytun telkomsel 2018 internet gratis anonytun indosat internet gratis axis opok internet gratis apn internet gratis blackberry 8520 internet gratis bb internet gratis bb 2017 internet gratis bolt internet gratis blogspot internet gratis bb z10 internet gratis bluetooth internet gratis bestline internet gratis bima+ internet gratis bolt dengan psiphon internet gratis blackberry internet gratis bitel perú yoga vpn 2018 internet gratis baru internet gratis blackberry z3 internet gratis blog internet gratis boingo internet gratis bebas kuota internet gratis blackberry 9800 internet gratis blackberry z10 internet gratis caranya internet gratis cmd internet gratis cara internet gratis celcom malaysia internet gratis com internet gratis chrome internet gratis claro internet gratis code internet gratis claro 2018 internet gratis celcom internet gratis chrome android internet gratis com psiphon internet gratis claro colombia internet gratis claro colombia 2017 internet gratis claro colombia 2016 internet gratis claro guatemala 2017 internet gratis claro chile internet gratis claro gt 2017 opera mini com internet gratis internet gratis dengan mode pesawat internet gratis dengan internet gratis dengan vpn internet gratis di pc internet gratis dengan aplikasi internet gratis dengan psiphon internet gratis dengan kartu 3 internet gratis dengan terminal emulator internet gratis dengan ssh internet gratis dengan psiphon pro internet gratis dengan rdp internet gratis di mode pesawat internet gratis dengan vpn 2018 internet gratis dengan parabola tv internet gratis di iphone internet gratis dengan root internet gratis di telkomsel internet gratis dengan telkomsel internet gratis di pc 2018 internet gratis di xiaomi


Di Indonesia, semakin hari pengguna internet bertambah meninggi saja peminatnya. Memang bagus, karena artinya Indonesia menjadi berkembang dong teknologinya. Dimana hampir semua orang mempunyai smartphonne, anak kecil sekalipun udah akrab dan lihai pegang gawai. Apalagi sekarang ini marak game online yang keren, bahkan banyak yang kecanduan memainkannya. Salah satunya adalah Mobile Legends yang sangat viral. Tapi nggak sekadar memainkan saja, kita tetap membutuhkan internet untuk bisa mengaksesnya. Gimana dong kalo lagi seret kantongnya?

Gampang Kuy! Karena sekarang sudah ada yang namanya laman dapetin.id. Apa tuh dapetin id? Jadi #dapetinid itu laman yang suka ngasih hadiah, bonus juga internet gratis. Semua orang boleh ikut, dan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan hadiah ataupun bonus. Asal mau berusaha dahulu. Caranya? Gampang Gengs! Yuk intip detail buat dapetin internet gratis.

internet gratis internet gratis 3 internet gratis indosat internet gratis telkomsel internet gratis axis internet gratis xl internet gratis telkomsel 2018 internet gratis mode pesawat internet gratis smartfren internet gratis indosat 2018 internet gratis seumur hidup internet gratis 2018 internet gratis axis 2018 internet gratis xl 2018 internet gratis m3 internet gratis vpn internet gratis tanpa kuota internet gratis simpati internet gratis terbaru internet gratis axis hitz 2018 internet gratis tanpa aplikasi internet gratis android internet gratis axis hitz internet gratis android three internet gratis axis april 2018 internet gratis apk internet gratis axis terbaru internet gratis axis hits 2018 internet gratis axis mei 2018 internet gratis april 2018 internet gratis as internet gratis all operator internet gratis anonytun internet gratis axis juni 2018 internet gratis anonytun telkomsel 2018 internet gratis anonytun indosat internet gratis axis opok internet gratis apn internet gratis blackberry 8520 internet gratis bb internet gratis bb 2017 internet gratis bolt internet gratis blogspot internet gratis bb z10 internet gratis bluetooth internet gratis bestline internet gratis bima+ internet gratis bolt dengan psiphon internet gratis blackberry internet gratis bitel perú yoga vpn 2018 internet gratis baru internet gratis blackberry z3 internet gratis blog internet gratis boingo internet gratis bebas kuota internet gratis blackberry 9800 internet gratis blackberry z10 internet gratis caranya internet gratis cmd internet gratis cara internet gratis celcom malaysia internet gratis com internet gratis chrome internet gratis claro internet gratis code internet gratis claro 2018 internet gratis celcom internet gratis chrome android internet gratis com psiphon internet gratis claro colombia internet gratis claro colombia 2017 internet gratis claro colombia 2016 internet gratis claro guatemala 2017 internet gratis claro chile internet gratis claro gt 2017 opera mini com internet gratis internet gratis dengan mode pesawat internet gratis dengan internet gratis dengan vpn internet gratis di pc internet gratis dengan aplikasi internet gratis dengan psiphon internet gratis dengan kartu 3 internet gratis dengan terminal emulator internet gratis dengan ssh internet gratis dengan psiphon pro internet gratis dengan rdp internet gratis di mode pesawat internet gratis dengan vpn 2018 internet gratis dengan parabola tv internet gratis di iphone internet gratis dengan root internet gratis di telkomsel internet gratis dengan telkomsel internet gratis di pc 2018 internet gratis di xiaomi


Cara main dapetin.id

Saya yakin semua yang demen online, gampang banget untuk bisa memainkannya karena sangat sederhana dan nggak ribet. Cukup : klik, daftar, mainkan.

·       Buka aja laman dapetin.id
·       Login langsung make akun facebook yang kamu punya.
·       Tinggal mainkan kuisnya sampai kamu capek. Semakin banyak yang kita klik buat ngekuis, menambah juga pundi-pundi poin kita. Kuisnya juga gampang buat dijawab, karena ada pilihannya. Memudahkan kita bukan?

Pertanyaannya sendiri juga mudah ditebak, contohnya, 'negara miskin di dunia adalah?' Kitanya tinggal milih aja, mau jawab pilihan pertama atau kedua. Simple kan? Kalau mau dapet poin banyak dan internet gratis nambah, terus jawab segala pertanyaan yang ada hahaha ... bikin gemes dan seru Gengs. Tapi inget, sehari kita bisa dapet 200 point, karena kita diberi kesempatan sekali dalam satu hari buat ikut kuis dapetin.id.
internet gratis internet gratis 3 internet gratis indosat internet gratis telkomsel internet gratis axis internet gratis xl internet gratis telkomsel 2018 internet gratis mode pesawat internet gratis smartfren internet gratis indosat 2018 internet gratis seumur hidup internet gratis 2018 internet gratis axis 2018 internet gratis xl 2018 internet gratis m3 internet gratis vpn internet gratis tanpa kuota internet gratis simpati internet gratis terbaru internet gratis axis hitz 2018 internet gratis tanpa aplikasi internet gratis android internet gratis axis hitz internet gratis android three internet gratis axis april 2018 internet gratis apk internet gratis axis terbaru internet gratis axis hits 2018 internet gratis axis mei 2018 internet gratis april 2018 internet gratis as internet gratis all operator internet gratis anonytun internet gratis axis juni 2018 internet gratis anonytun telkomsel 2018 internet gratis anonytun indosat internet gratis axis opok internet gratis apn internet gratis blackberry 8520 internet gratis bb internet gratis bb 2017 internet gratis bolt internet gratis blogspot internet gratis bb z10 internet gratis bluetooth internet gratis bestline internet gratis bima+ internet gratis bolt dengan psiphon internet gratis blackberry internet gratis bitel perú yoga vpn 2018 internet gratis baru internet gratis blackberry z3 internet gratis blog internet gratis boingo internet gratis bebas kuota internet gratis blackberry 9800 internet gratis blackberry z10 internet gratis caranya internet gratis cmd internet gratis cara internet gratis celcom malaysia internet gratis com internet gratis chrome internet gratis claro internet gratis code internet gratis claro 2018 internet gratis celcom internet gratis chrome android internet gratis com psiphon internet gratis claro colombia internet gratis claro colombia 2017 internet gratis claro colombia 2016 internet gratis claro guatemala 2017 internet gratis claro chile internet gratis claro gt 2017 opera mini com internet gratis internet gratis dengan mode pesawat internet gratis dengan internet gratis dengan vpn internet gratis di pc internet gratis dengan aplikasi internet gratis dengan psiphon internet gratis dengan kartu 3 internet gratis dengan terminal emulator internet gratis dengan ssh internet gratis dengan psiphon pro internet gratis dengan rdp internet gratis di mode pesawat internet gratis dengan vpn 2018 internet gratis dengan parabola tv internet gratis di iphone internet gratis dengan root internet gratis di telkomsel internet gratis dengan telkomsel internet gratis di pc 2018 internet gratis di xiaomi


Kalau pengen nambah poin lagi, bisa banget dengan cara mengajak teman kamu untuk bergabung juga, Gengs. Share aja link kita, ke media sosial buat ngajakin mereka main. Setiap kita sukses mengajak satu orang aja, dapet 20 poin coba dikali kan 10 orang aja. Dapet berapa? Uhuiii ... banget yak! Udah nggak perlu ngirit kuota lagi buat nonton streamingan film atau mau download video drama korea seperti kebiasaan saya. Terlebih kalau kita berhasil jadi peringkat harian diantara 10 orang, ulala ... kita bakalan dapet 10 GB Gaes!

internet gratis internet gratis 3 internet gratis indosat internet gratis telkomsel internet gratis axis internet gratis xl internet gratis telkomsel 2018 internet gratis mode pesawat internet gratis smartfren internet gratis indosat 2018 internet gratis seumur hidup internet gratis 2018 internet gratis axis 2018 internet gratis xl 2018 internet gratis m3 internet gratis vpn internet gratis tanpa kuota internet gratis simpati internet gratis terbaru internet gratis axis hitz 2018 internet gratis tanpa aplikasi internet gratis android internet gratis axis hitz internet gratis android three internet gratis axis april 2018 internet gratis apk internet gratis axis terbaru internet gratis axis hits 2018 internet gratis axis mei 2018 internet gratis april 2018 internet gratis as internet gratis all operator internet gratis anonytun internet gratis axis juni 2018 internet gratis anonytun telkomsel 2018 internet gratis anonytun indosat internet gratis axis opok internet gratis apn internet gratis blackberry 8520 internet gratis bb internet gratis bb 2017 internet gratis bolt internet gratis blogspot internet gratis bb z10 internet gratis bluetooth internet gratis bestline internet gratis bima+ internet gratis bolt dengan psiphon internet gratis blackberry internet gratis bitel perú yoga vpn 2018 internet gratis baru internet gratis blackberry z3 internet gratis blog internet gratis boingo internet gratis bebas kuota internet gratis blackberry 9800 internet gratis blackberry z10 internet gratis caranya internet gratis cmd internet gratis cara internet gratis celcom malaysia internet gratis com internet gratis chrome internet gratis claro internet gratis code internet gratis claro 2018 internet gratis celcom internet gratis chrome android internet gratis com psiphon internet gratis claro colombia internet gratis claro colombia 2017 internet gratis claro colombia 2016 internet gratis claro guatemala 2017 internet gratis claro chile internet gratis claro gt 2017 opera mini com internet gratis internet gratis dengan mode pesawat internet gratis dengan internet gratis dengan vpn internet gratis di pc internet gratis dengan aplikasi internet gratis dengan psiphon internet gratis dengan kartu 3 internet gratis dengan terminal emulator internet gratis dengan ssh internet gratis dengan psiphon pro internet gratis dengan rdp internet gratis di mode pesawat internet gratis dengan vpn 2018 internet gratis dengan parabola tv internet gratis di iphone internet gratis dengan root internet gratis di telkomsel internet gratis dengan telkomsel internet gratis di pc 2018 internet gratis di xiaomi


Sampai kapan sih bisa dapetinya? Sudah berlaku dari 22 Mei 2018 gengs, dan berakhir di 28 Agustus 2018 ini. Masih banyak waktu yang kamu punya nih, coba hitung dan jangan sampai ketinggalan buat memeriahkan. Hari gini beli kuota? Kalau yang gratis ada, manfaatin dong ya? Oke gengs, semoga informasi soal laman dapetin.id internet gratis ini bisa bermanfaat. Karena kuisnya bikin stres yang melanda bisa mendadak hilang. Yuk cobain, salam.


Wednesday, 18 July 2018

Tarian Jaka Tarub Iringi Prosesi Api Abadi Mrapen 2018



Tarian Jaka Tarub dan 7 Bidadari Iringi Prosesi Api Abadi Mrapen 2018 - Pernah mendengar cerita Jaka Tarub? Yang melegenda dengan 7 bidadari yang turun ke bumi? Yuk kita flashback sejenak, karena saya tertarik dengan kisah ini mengapa tari Jaka Tarub dan 7 bidadari menjadi tari pengiring proses api abadi Mrapen pada Asian Games 2018.


asian games asian games 2018 diselenggarakan di asian games 2014 asian games volunteer asian games adalah asian games 2022 asian games 1962 asian games esport asian games 2026 asian games 2017 asian games aov asian games 2010 asian games 2018 logo asian games sepak bola asian games 2006 asian games 2030 asian games 2002 asian games 2018 football asian games pertama asian games 2016 asian games 1998 asian games akan diselenggarakan di asian games atau asian games asian games adalah olahraga tingkat asian games artinya asian games arena of valor asian games ada berapa negara asian games australia asian games agustus 2018 asian games atlet asian games akan diselenggarakan di negara mana asian games apa itu asian games aov qualifier asian games alfamart asian games apa saja asian games agustus asian games anggota asian games anggar 2018 asian games aov vote asian games badminton asian games bola asian games berapa tahun sekali asian games berapa negara asian games badminton 2018 asian games bulutangkis asian games berapa hari lagi asian games bola 2018 asian games banner asian games bulutangkis 2018 asian games berapa lama asian games badminton 2014 asian games batal asian games basket 2018 asian games berita asian games bola voli 2018 asian games basketball asian games basket asian games berlangsung asian games brp negara


Ketujuh bidadari ini ternyata menjadi simbol perlambangan, bahwa Indonesia memiliki 7 pulau terbesar ialah : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara Barat dan Bali. Pemeran bidadari sendiri adalah, dari Puteri Indonesia, yang cantik-cantik bak bidadari dalam cerita Jaka Tarub. Siapakah ketujuh Putri Indonesia itu, ialah :

Kezia Warouw, Putri Indonesia 2016 mewakili Pulau Sulawesi
Wulandari, Putri Indonesia 2013 mewakili Pulau Sumatera
Olvah Alhamid, Putri Indonesia 2015 mewakili Pulau Papua
Qory Sandioriva, Putri Indonesia 2009 mewakili Pulau Kalimantan
Ika Fionda Putri, Putri Indonesia 2007 mewakili Pulau Jawa
Bunga Jelita, Putri Indonesia 2017 mewakili Pulau Maluku
Zivanna Letisha, Putri Indonesia 2008 mewakili Pulau Bali.

Semangat persatuan dan kesatuan, Bhineka Tunggal Ika sangat kentara sekali di sini. Meski berbeda tetapi tetap satu jua. Seperti api abadi yang dibawa dari India tersebut juga, sebagai simbol perlambangan yang mana mengeratkan persahabatan, semangat dan kebersamaan. Keoptimisan ini harus kita pegang sebagai rakyat Indonesia, dimana kita harus bahu-membahu untuk menyukseskan Asian Games 2018

Bahkan Pak Erick Tohir, sebagai ketua pelaksana Asian Games 2018, juga berpesan agar kita sama-sama menjadi panitia sekaligus tuan rumah yang baik kepada seluruh tamu. Bagaimana selayaknya rumah, berusaha membuat mereka betah berada di dalamnya. Apalagi Indonesia termasuk negara yang kaya akan budayanya dan elok perilakunya.

Legenda kisah Jaka Tarub dan Nawangwulan


Alkisah Jaka Tarub, pemuda yang gagah berani dan pemburu handal. Keluar masuk hutan menjadi kebiasaannya, tidak pernah takut dengan apapun karena memiliki kesaktian yang tiada tara. Ketika sedang asik berburu, dia melihat tawa ceria sekumpulan wanita, yang ternyata adalah bidadari yang turun dari khayangan dan sedang mandi.

Jaka Tarub terpesona dengan hebatnya, sehingga membuat ia gelap mata dan mencuri selendang salah satu bidadari yang ada di sana. Ketika hendak mengambil selendang, menyusul 6 bidadari lain Nawangwulan kehilangan selendangnya. Alhasil ia ditinggalkan oleh  bidadari lainnya, sedih dan tidak tahu harus kemana Jaka Tarub muncul bak pahlawan. Kemudian keduanya akhirnya menikah dan memiliki seorang putri yang bernawa Nawangsih.

Ada kesepakatan yang telah dibuat ketika mereka menikah, Jaka Tarub tidak diperbolehkan untuk membuka periuk ketika beras sedang ditanak. Jaka Tarub pun mengiyakan, tetapi lambat laun diapun penasaran apa yang ada di dalamnya. Musnahlah sudah harapan, Nawangwulan kehilangan kesaktiannya. Mengapa selama ini kebutuhan tidak pernah habis, beras di lumbung tidak pernah kering tersebab inilah. Nawangwulan hanya mengambilnya sebutir.

Sepandai-pandai tupai melompat akhirnya akan jatuh juga, demikian halnya dengan Jaka Tarub yang menyembunyikan rahasiannya dengan kepentingan pribadinya. Beras yang sering diambil dalam lumbung padi, membuat rasasia selendang terbongkar. Nawangwulan yang marah, dan kecewa kembali ke kayangan. Sesekali dia turun ke bumi untuk menyusui anaknya, Nawangsih. Legenda cerita Jaka Tarub tertera di Babad Tanah Jawi.

Saya merasa bangga ketika tarian Jaka Tarub mengiri prosesi pengambilan api abadi Mrapen, karena secara tidak langsung lokalitas, budaya yang sudah ada dari jaman nenek moyang kita tidak tergerus dan terus dilestarikan. Adat yang kental ini, tidak ditinggalkan justru diangkat dalam momen yang sakral bahkan event kelas internasional. Yuk dukung serta menyukseskan Asian Games 2018 Gengs! 

5 Fakta Keren Obor Api Asian Games 2018



5 Fakta Keren Obor Api Asian Games 2018 - Asian Games 2018 tinggal menghitung hari, meski diselenggarakan di Jakarta dan Palembang tetapi pawai torch relaynya sudah dimulai dari 17 Juli 2018. Siap-siap menyambut ya Gengs, karena akan diarak ke 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi di Indonesia. Alhamdulillah saya sempat menyaksikan langsung acara pengambilan api obot Asian Games 2018, yang di Mrapen. Bangga deh sama Indonesia.


asian games asian games 2018 diselenggarakan di asian games 2014 asian games adalah asian games 2022 asian games 1962 asian games esport asian games 2018 sepak bola asian games 2026 asian games 2017 asian games aov asian games 2010 asian games 2018 logo asian games 2006 asian games 2030 asian games 2002 asian games 2018 football asian games pertama asian games 2016 asian games 1998 asian games wikipedia asian games akan diselenggarakan di asian games atau asian games asian games adalah olahraga tingkat asian games artinya asian games arena of valor asian games ada berapa negara asian games australia asian games agustus 2018 asian games atlet asian games akan diselenggarakan di negara mana asian games apa itu asian games aov qualifier asian games alfamart asian games apa saja asian games agustus asian games anggota asian games anggar 2018 asian games aov vote asian games badminton asian games bola asian games berapa tahun sekali asian games berapa negara asian games badminton 2018 asian games bulutangkis asian games berapa hari lagi asian games bola 2018 asian games banner asian games bulutangkis 2018 asian games berapa lama asian games badminton 2014 asian games batal asian games basket 2018 asian games berita asian games bola voli 2018 asian games basketball asian games basket asian games berlangsung asian games brp negara


Ada 5 fakta keren dibalik api obor Asian Games 2018 yang harus kita tahu lho Gengs, apa aja sih? Yuk ulik di sini :

1. Diterbangkan langsung dari India

Mengapa bisa dibawa dari India ini, karena India adalah tuan rumah kali pertama di adakannya Asian Games tahun 1951. Api abadi sendiri diambil dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi. Api abadi menjadi lambang semangat yang membara, agar tetap berprestasi dan menjaga persatuan dunia. Yuk kita jaga kebersamaannya Gengs.

Menariknya desain dari obor Asian Games 2018 ini dipadukan dari 2 unsur, yakni senjata tradisional Indonesia ialah golok Jakarta dan skin Palembang. Sebelum api abadi dari India dibawa ke Indonesia, Susi Susanti sebagai Torch Ambassador Asian Games 2018 dan 30 atlet nasional mengelilingi beberapa wilayah di New Delhi, India. Mulai Stadion Nasional Dhyan Chand ke C-Hexagon lantas ke Amar Jawan Jyoti Road lantas kembali ke stadion yang bersejarah itu.

2. Tidak boleh padam

Api abadi tidak boleh padam Gengs. Mengapa begitu? Karena api abadi menjadi simbol semangat dan persabahatan, makanya disediakan thunderbox atau lentera khusus cadangan ketika di dalam pesawat. Thunderbox sendiri bisa bertahan selama 10 jam, jika akan mati maka akan ditambahkan gas di dalamnya. Api abadi diantar oleh pesawat milik TNI AU Boeing 737 400 dan dikawal pesawat tempur T-50i Golden Eagle dari India. Seru ya?

3. Diambil dari Api abadi Mrapen

Api abadi Mrapen mempunyai histori yang tinggi dari jaman dahulu, dimana merukapan fenomena alam yang disebabkan oleh gas alam dari perut bumi yang mana membuat api abadi Mrapen tak pernah padam padam. Mau dalam kondisi apapun cuacanya, dia tetap menyala. Tidak hanya untuk Asian Games, api abadi Mrapen juga digunakan untuk acara pembukaan PON (Pekan Olahraga Nasional) serta perayaan upacara hari Waisak di Candi Borobudur dan acara lainnya.

Dari api abadi Mrapen dan api abadi India ini, keduanya dikawinkan pada 18 Juli 2018 kemarin di Candi Prambanan Yogyakarta. Penggabungan ini menegaskan soal harmonisasi Indonesia dan India, semacam persahabatan yang abadi Gengs.


asian games asian games 2018 diselenggarakan di asian games 2014 asian games adalah asian games 2022 asian games 1962 asian games esport asian games 2018 sepak bola asian games 2026 asian games 2017 asian games aov asian games 2010 asian games 2018 logo asian games 2006 asian games 2030 asian games 2002 asian games 2018 football asian games pertama asian games 2016 asian games 1998 asian games wikipedia asian games akan diselenggarakan di asian games atau asian games asian games adalah olahraga tingkat asian games artinya asian games arena of valor asian games ada berapa negara asian games australia asian games agustus 2018 asian games atlet asian games akan diselenggarakan di negara mana asian games apa itu asian games aov qualifier asian games alfamart asian games apa saja asian games agustus asian games anggota asian games anggar 2018 asian games aov vote asian games badminton asian games bola asian games berapa tahun sekali asian games berapa negara asian games badminton 2018 asian games bulutangkis asian games berapa hari lagi asian games bola 2018 asian games banner asian games bulutangkis 2018 asian games berapa lama asian games badminton 2014 asian games batal asian games basket 2018 asian games berita asian games bola voli 2018 asian games basketball asian games basket asian games berlangsung asian games brp negara
Karpet merah 


4. Dibawa keliling Indonesia

Api abadi dari India ini tiba pertama di Yogyakarta Gengs, di bandara Lanud Adu Sutjipto. Setelah malam 18 Juli 2018 dikawinkan, kemudian diarak keliling 54 kota dan seluruh provinsi Indonesia dengan jarak tempuh 18.000 kilometer. Ulalala ... keren ya Gengs. Catat jadwal torch relay Asian Gamesnya yak! Siapa tahu kalian ingin menyaksikannya Gengs.

Yogyakarta-Semarang (18 Juli)
Solo (19-20 Juli)
Blitar-Kepanjen-Malang (20 Juli)
Bromo-Probolinggo-Situbondo- Bondowoso (21 Juli)
Banyuwangi (22 Juli)
Gilimanuk-Kuta-Tanah Lot-Tampak Siring-Denpasar-GWK Bali (23-25 Juli) Mataram (25 Juli)
Raja Ampat-Sorong (26-27 Juli)
Tanjung Bira-Makassar (28-29 Juli)
Banjarmasin (30 Juli)
Aceh (31 Juli)
Danau Toba-Tobasa-Tapanuli Utara (31 Juli-1 Agustus)
Pekanbaru-Siak (1 Agustus)
Bukit Tinggi (2 Agustus)
Jambi (2 Agustus)
Palembang-Musi Banyuasin-Panukal Abab Lelatang Ilir-Prabumulih-Ogan Ilir-OKI (3-7 Agustus)
Tulang Bawang-Lampung (7-8 Agustus)
Serang (9-10 Agustus)
Purwakarta-Bandung-Garut (10-12 Agustus)
Cianjur-Bogor (13-14 Agustus)
Istana Bogor-Gelora Bung Karno Jakarta (15-18 Agustus)

5. Dibawa oleh pahlawan olahraga Indonesia

Susi Susanti telah menuai banyak prestasi olahraga pun mendapatkan medali perunggu dalam Asian Games tahun 1990 lalu. Dipilihnya Susi Susanti yang mana seorang mantan atlet bulu tangkis ternama, menjadi Torch Ambassador adalah hal yang paling tepat. Susi Susanti juga menjadi pelari awal yang membawa api abadi dari India ini ke Yogyakarta, nantinya akan ada selebritis tanah air Indonesia yang akan menemani juga. Seperti artis Dian Sastrowardyo, Mikha Tambayong, Hamish Daud dan Chicco Jerikho. Duhh ... nggak sabar ya Gengs menyaksikan langsung Asian Games 2018 ini kan? Mari berdoa bersama semoga Indonesia bisa menang dan mengharumkan nama bangsa.