Monday, 4 June 2018

Resep Nasi Goreng Hongkong



Resep Nasi Goreng Hongkong - Nasi goreng khas tanah air ini, ternyata memang terbukti mendunia. Waktu saya kerja ke luar negeri, majikan saya selalu minta dibuatkan menu nasi goreng Indonesia sementara anaknya minta nasi goreng Hongkong. Karena hobi yang suka traveling keliling dunia, membuat majikan saya mengenal segala jenis masakan. Bahkan setiap setahun sekali dia selalu pergi ke Bali, di sana dia bercerita banyak makanan enak.


nasi goreng nasi goreng jawa nasi goreng kambing kebon sirih nasi goreng spesial nasi goreng mod apk nasi goreng hongkong nasi goreng seafood nasi goreng jancuk nasi goreng mawut nasi goreng kambing nasi goreng pedas nasi goreng sederhana nasi goreng surabaya nasi goreng malang nasi goreng pete nasi goreng 69 nasi goreng gila nasi goreng rumahan nasi goreng rice cooker nasi goreng kampung nasi goreng ayam nasi goreng aceh nasi goreng arang nasi goreng adalah nasi goreng ala restoran nasi goreng ampok nasi goreng arang kediri nasi goreng ati ampela nasi goreng ayam suwir nasi goreng abang abang nasi goreng anak nasi goreng ala rumahan nasi goreng ala kaki lima nasi goreng ala korea nasi goreng ayam geprek nasi goreng anglo surabaya nasi goreng arab nasi goreng apk nasi goreng anak kos nasi goreng abon nasi goreng buah naga nasi goreng bungkus nasi goreng bento nasi goreng biasa nasi goreng bakso nasi goreng babat nasi goreng buatan sendiri nasi goreng bahasa inggrisnya nasi goreng babi nasi goreng beras merah nasi goreng bakar nasi goreng blue band nasi goreng berapa kalori nasi goreng berasal dari nasi goreng bumbu iris nasi goreng blitar nasi goreng briyani nasi goreng bawang bombay nasi goreng bawang nasi goreng belacan


Kuliner legend nasi goreng ini, sangat populer tidak hanya di negara sendiri. DJ Marshmello juga pernah membuat warganet heboh dengan demo memasaknya di Youtube, dengan membuat nasi goreng plus telur ceploknya. Benar-benar sudah menjadi favorit, apalagi cara membuatnya pun demikian mudahnya. Asal ada bahan nasi yang sudah matang, nasi tinggal digoreng dan ditambahkan beberapa bumbu yang menambah selera makan menjadi lahap.

            Setiap kali ada teman-teman majikan saya yang diundang ke rumah, ia tidak pernah lupa berpesan untuk membuatkan nasi goreng special Indonesia yang lezat itu. Karena bagi majikan saya, jamuan makanan menjadi hal utama, mengundang seseorang ke rumah. Biasanya nasi goreng tidak boleh dibuat dahulu, menunggu tamu datang lantas memesan baru saya membuatkannya. Tidak segan pula, teman majikan saya juga minta diajari cara membuat resepnya. Padahal gampang banget, maklumlah ya orang kantoran yang sibuk tidak ada waktu untuk membuat masakan. Karena semuanya sudah ada yang mengatur, dari hal makan dan kebersihan rumah.

Nasi goreng pedas

Lidah majikan saya sudah terbiasa dengan makanan pedas, padahal orang Chinese kebanyakan pada kurang suka dengan makanan pedas. Berbeda dengan majikan saya, makanan yang saya buatkan selalu harus pedas. Kalau mereka keringetan karena pedasnya, mereka selalu berujar, "Aling, cenhai housik!" (Aling, sungguh enak). Bekerja di luar membuat saya memiliki nama panggilan baru memang, hahaha ... mereka suka memanggil saya 'Aling' karena nama asli saya sulit mereka lafalkan.
Resep nasi goreng Hongkong

Tidak jauh beda dengan nasi goreng di Indonesia, kalau di Indonesia kan diuleg bumbunya. Sementara di Hongkong majikan saya tidak memiliki cobek, akhirnya menggunakan pisau gede dan bumbunya saya cacah dengan lembut. Baru deh saya goreng bumbunya, kemudian ditambahkan bahan lainnya yang membuat nasi goreng terlihar berwarna. Biasanya saya belanja paket sayuran kemasan, yang didalamnya ada campuran kacang polong, wortel dan jagung. Kalau biasanya habis, saya racik sendiri.

Bahan utama membuat nasi goreng Hongkong

Nasi putih
Kacang polong hijau
Wortel potong dadu
Jagung yang sudah dipisahkan dari batang
Daun bawang
Telur
Udang atau daging
Bawang putih
Bawang merah
cabai
Kecap asin

Cara membuat nasi goreng Hongkong

Racik semua bumbu, dari bawang merah, bawang putih, cabai dan daun bawang.

Rebus sebentar campuran nasi goreng, seperti kacang polong, wortel, jagung agar empuk.

Siapkan nasi goreng, dan telurnya. Bisa diceplok saja, atau didadar nanti diiris memanjang.

Taruh minyak di atas wajan, masukkan bumbu separuh oseng dengan daging, campuran wortel, kacang dan jagung. Setelah cukup tanak, singkirkan dahulu ke samping, oseng kembali sisa bumbu kemudian taruh nasi gorengnya. Baru semuanya dicampur dan diberi rasa. Taburkan kecap asin (Si Yau), agar penampakannya tidak pucat. Kalau di Indonesia biasanya ditambahkan kecap manis.

Jika keliatan sudah matang, taburkan daun bawang dan oseng sebentar angkat. Giliran telurnya yang digoreng. Taruh di atasnya untuk mempercantik tampilan. Selamat mencoba!



12 comments:

  1. expor cobek lah mbak :)
    biar makin enak rasanya

    ReplyDelete
  2. Kapan kapan ketemu, mpo dibikinin ya. Bule aja suka

    ReplyDelete
  3. Oih nasi goreng oriental sama ya? Kayanya sama juga bumbunya sama nasgor nusantara tapi sayur nya beda. Ok, boleh dicoba :)

    ReplyDelete
  4. Aling dong ngo yat yong a... Kem houto kiu meng wo...

    ReplyDelete
  5. Wah iya ya tambahin kacang polong hijau kayaknya enak banget nih Nyi.

    ReplyDelete
  6. Duh, bikin waktu berbuka makin lama aja nih...

    ReplyDelete
  7. Nasi goreng, ehmm menu yang satu ini emang favorit banyak lidah dan nggak ngebosenin. Cabain resepnya ahh. TFS Mba

    ReplyDelete
  8. Baru aja sahur sama Nasgor, emang yaaa.. paporit dah menu.satu inii

    ReplyDelete
  9. Ooo jd bedanya tu ada penambahan sayur dan pakai kecap asin ya? Kapan2 ah nyobain masak resep nasi goreng Hongkong ini TFS :D

    ReplyDelete
  10. Aku suka nasi goreng Oriental, karena kecapnya gak banyak. Aku kurang suka kecap hehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat