Saturday, 2 June 2018

Menu Sahur Praktis untuk Berdua



Menu Sahur Praktis untuk Berdua - Pada bulan Ramadhan hal yang paling menonjol dilakukan adalah, menyiapkan menu sahur dan buka puasa. Kalau tahun lalu masih ada Ibu, yang masakin tahun ini berbeda buat saya. Saya harus masak sendiri, buat suami tercinta. Eh ... tapi seringnya dimasakin juga sama mertua hehehe ... Makasih ya Mamak.


Menu Sahur Praktis untuk Berdua


Nggak tahu kenapa kalau waktu sahur, emang godaan banget mata terus memejam enggan melek. Tetapi kalau nggak sahur, juga nantinya berimbas bikin kita gampang laperan. Apalagi buat saya yang punya riwayat magh. Jadi menu sahur sehat memang dibutuhkan untuk, menjaga keseimbangan ketika seharian kita berpuasa.

Menu sahur sehat dan praktis kali ini saya menggunakan bumbu spesial Indofood, kenapa? Karena saya nggak perlu buat meracik bumbu, apalagi buat nguleknya yang butuh waktu banyak. Kali ini tinggal cemplungin aja tuh bumbu, dicampur sama beberapa bahan makanan. Udah deh, tunggu bentar doang terus jadi. Santap menu sahur sehat dan praktis bukan lagi halangan dong, kalau kayak gini? Tetapi penting juga untuk memerhatikan bahan baku yang digunakan, untuk menu sahur 30 hari ketika menjalankan ibadan puasa.

Menu sahur Rasullullah

Kalau ditelisik lebih jauh, menu sahur ala Rosullullah justru yang paling sederhana. Berbeda dari kita yang sekarang ini, yang kadang kalau nggak enak malas untuk menyantapnya. Rosullullah menganjurkan kita untuk menyantap menu sahur, karena saat kita sahur banyak sekali keberkahan di dalamnya.

Rasullullah bersabda, “Bersahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR Bukhari Muslim).

Menu sahur sehat dan praktis


menu sahur menu sahur sehat menu sahur dan buka puasa menu sahur praktis menu sahur debm menu sahur diet menu sahur sehat dan praktis menu sahur pertama menu sahur untuk ibu hamil menu sahur 30 hari menu sahur untuk anak menu sahur praktis dan enak menu sahur dan buka menu sahur rasulullah menu sahur untuk ibu menyusui menu sahur awal puasa menu sahur yang tepat menu sahur yg sehat menu sahur yang baik menu sahur ramadhan menu sahur dari tahu menu sahur ala debm menu sahur anak menu sahur ala anak kost menu sahur ala rasulullah menu sahur ayam menu sahur anak2 menu sahur ala dewi hughes menu sahur ala hughes menu sahur ala food combining menu sahur agar tidak cepat lapar menu sahur agar tidak lemas menu sahur agar kuat puasa menu sahur anak kosan menu sahur agar tidak mudah lapar menu sahur ala herbalife menu sahur awet kenyang menu sahur ala hotel


Jaman masih ngekost, tinggal sendirian nggak sama orang tua. Jaman masih kerja di luar negeri, saya selalu menyiapkan menu sahur untuk jaga-jaga. Biasanya saya sudah membeli dahulu, kalau di kost yang lama enaknya di depan kostan ada yang jualan nasi bungkus. Tinggal nyeberang aja udah sampai, harganya juga miring. Bahkan sampai sekarang menu sahur anak kosan, itu masih saya pertahankan hehehe ...

Nasi goreng dengan telur

Males banget buat bikin racikan bumbu ye kan? Biasanya saya tinggal menggoreng nasi, dengan ditambah telur karena sudah banyak bumbu nasi goreng jadi dijual dipasaran.

Omelet dari mie

Mie instan emang nggak baik kalau sering dikonsumsi, biasanya saya kreasikan untuk dijadikan omelet. Baru deh ditambah dengan nasi, dibuat lauknya.

Sarden penyelamat

Ikan kalengan yang udah mateng, yang lebih akrab disapa dengan sarden. Bisa jadi andalah sahur berjalan dengan cepat. Tinggal beli, waktu sahur tinggal dibuka untuk disandingkan bersama nasi. Tetapi sebaiknya, sardennya dihangatkan dahulu agar semakin enak rasanya.

Roti dan selai

Kadang kalau sahur udah jenuh banget sama nasi, karena udah kekenyangan waktu pas berbuka puasa. Akhirnya menu roti dengan selai, atau dengan toping lainnya bisa dijadikan andalan untuk menu sahur. Dulu waktu kerja di luar, saya sering melakukannya. Karena tidak mungkin untuk buka-buka dapur mencari makanan, solusinya dengan membeli roti.

            Namun perlu diingat kawan, kalau sahur harus juga diperbanyak mengonsumsi buah dan sayur. Agar rasa kenyang kita menjadi lebih lama, nggak gampang tergoda untuk menggagalkan puasa. Asupan mineral juga penting banget, bahaya kalau tubuh kekurangan cairan. Paling tidak lakukan dengan rutin 8 gelas setiap hari, agar tubuh selalu merasakan kebugaran tidak mudah melemah.

            Bagaimana dengan versi menu sahur kamu? Praktis, cepat atau ribet? Sharing yuk, salam.


6 comments:

  1. Benar sayur dan buah harus di perbanyak. Jantung, paru di kare pastinya rasanya beda

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mpo apalagi bulan puasa yang kita cuma makan di waktu berbuka dan sahur aja

      Delete
  2. Sahur memang kadang bikin malas, tapi kalo ga sahur ya nanti gampang lemes dan lapar.jadi nggak khusyu ibadahnya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat