Saturday, 30 June 2018

Bila Hati ini Menjatuhkan Pilihan



Bila Hati ini Menjatuhkan Pilihan - Ketika menjalani sebuah kehidupan, seringkali kita dihadapkan dengan banyaknya pilihan. Hal ini akan terjadi dan terus berulang, selama kita menjalani episode demi episode kehidupan yang kita jalani. Pilihan yang kita ambil, akan menentukan juga masa depan kita kelak.

Ada kebaikan dan keburukan yang menghampiri dengan silih berganti, sebenarnya kalau ditelaah dan disadari hal itu datang dari pilihan hidup yang pernah kita ambil. Namun sayangnya ada beberapa orang yang menyesali, dengan pilihan hidupnya. Ia merasa seolah dipaksa oleh keadaan, dan orang sekitarnya karena tidak bisa berbuat apa-apa. Padahal dirinya sendiri yang memilih, kondisi tersebut. Hal inilah yang sering dialami oleh orang yang bergelut, di lingkungan kerja.

pilihan pilihan hatiku pilihan kata pilihan tts pilihan ganda pilihanku pilihan warna oppo f7 pilihan hatiku lirik pilihan warna cat tembok pilihan kata tts pilihan warna lipstik wardah pilihan warna vivo v9 pilihanku mp3 pilihan warna scoopy 2018 pilihan warna cat dulux pilihan warna xpander pilihan sbmptn pilihan yang terbaik pilihan warna nmax 2018 pilihan nama indah dan unik pilihan warna vario 150 pilihan allah pilihan allah yang terbaik pilihan adalah pilihan artinya pilihan atm bca pilihan atm bri pilihan aku pilihan antara ibu dan istri pilihan asuransi kesehatan pilihan ascending dalam pengurutan data berarti pilihan antara dua atau beberapa kemungkinan pilihan ayam di kfc pilihan atm bni pilihan atap rumah terbaik pilihan antara cinta dan orang tua pilihan atau takdir pilihan acak pilihan antar waktu irving fisher pilihan advance slide yang berarti untuk pindah slide berikutnya dengan cara mengklik mouse pilihan alat kontrasepsi pilihan bahasa inggris pilihan bisnis pilihan bahasa pilihan bedak wardah pilihan bhs inggris pilihan bentuk grafik yang kita inginkan terdapat pada kotak dialog pilihan berganda pilihan buat pacar pilihan berat pilihan ban nmax pilihan boleh beda tapi pilihan baju untuk orang gemuk pilihan buka rekening bca pilihan bisnis rumahan pilihan bb cream wardah pilihan blush on wardah pemilihan bupati pilihan ban irc pilihan bisnis online pilihan baju muslim pilihan cat pilihan cat rumah pilihan cinta pilihan cat warna hijau pilihan contains z pada penyaringan data teks akan menampilkan pilihan cat warna kuning pilihan cpns 2018 pilihan cat warna ungu pilihan cat no drop pilihan cat dulux pilihan cat ruang tamu pilihan cita cita pilihan cowok pilihan cat tembok luar rumah pilihan cat warna rumah pilihan cpns pilihan cat tembok pilihan city car pilihan cara untuk mencetak lembar kerja pilihan cat rambut garnier pilihan dalam bahasa inggris pilihan diantara dua atau beberapa pilihan pilihan donat jco pilihan dalam hidup pilihan dasar dalam menggarap seni tari dapat menjadi ciri khas yang mudah dikenali sebagai pilihan dalam memenuhi modal perusahaan jual saham atau jual obligasi pilihan di sbmptn pilihan dalam saluran komunikasi pilihan deviden tersedia bagi pilihan daya listrik pilihan dan prioritas pilihan deposito terbaik pilihan dlm bahasa inggris pilihan dalam bahasa arab pilihan does not begin with a and does not end with n pada penyaringan data teks akan menampilkan pilihan drone terbaik pilihan dibawah ini yang paling benar tindakan pelecehan seksual banyak terjadi pada saat ini karena pilihan disebut pilihan dan implikasi pilihan di ig


Beberapa berpikir jika mereka telah ditakdirkan dibawa untuk pekerjaan yang sekarang dijalaninya, bahkan ia tidak menyukai di bidangnya sekarang. Akhirnya bertahan dalam keteraksaan, sehingga hari-harinya hanya digunakan untuk mengeluh dengan masalah hidupnya dan pekerjaan yang ia lakukan.

Allah berfirman dalam Al-Quran At-Tin: 4, "Sesungguhnya Kami telah menciptakan  manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya."

Dalam menciptakan manusia, Allah memberikan banyak kelebihan, bahkan manusia adalah mahkluk paling sempurna diantara mahkluk lainnya. Dari ia dikandung, manusia sudah menjadi pilihan. Dimana dibentuk dari sperma yang telah terpilih dari miliaran sperma yang sukses membuahi indung telur. Bukankah itu saja sudah termasuk pilihan? Lantas lahir kedunia juga dengan pilihan diberikan Allah kehidupan dan rezeki. Tetapi seringkali manusia ingkar, dengan apa yang telah diberi-Nya. Bahkan banyak kelebihan yang dimiliki, tapi tidak menyadari.

Manusia juga seringkali takut dalam pengambilan keputusan, hingga menjadikan dirinya salah langkah. Padahal siapapun pantas dan berhak mengambil keputusan, dan mengubah kehidupan. Jangan pernah takut atau menghkhawatirkan, apa yang akan dihadapi di kemudian hari karena sejatinya Allah telah memberikan kemampuan manusia menghadapi banyaknya persoalan hidup.

Mau bukti? Setiap manusia yang dilahirkan ke dunia, apakah membawa bekal? Tidak! Mereka lahir tanpa membawa bekal apapun, bahkan sehelai benang untuk menutupi tubuh. Namun Allah, Maha Mencintai hambanya, diberikannya manusia orang tua yang sangat mencintai dirinya. Tetapi ada saja yang masih serba kurang, serba kurang nyaman karena tidak berada dalam kondisi yang serba berpunya. Jika hal itu terjadi, ia menyesal telah dilahirkan ke dunia menjadi orang yang paling menderita. Padahal tidak begitu, manusia berhak memilih untuk pindah dari kondisi dan keadaan yang membuatnya tidak nyaman. Ia berhak memutuskan masa depannya sendiri, bukan orang lain yang harus menentukannya.

Ingat Al-Quran surat Ar-Ra'd : 11? Allah berfirman dalam ayat tersebut, "Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."

            Maka dalam pengambilan pilihan, banyak bertanyalah kepada yang lebih dulu telah melewati setiap fasenya. Karena apapun pilihan yang kita ambil, pastilah memiliki resiko sendiri baik sisi positif atau negatif. Kita harus mengambil seluruh resikonya, dan jangan pernah diam di tempat pun tidak memilih.

            Orang-orang yang telah mengambil pilihan, adalah orang yang berani! Kita mau jadi berani atau jadi pecundang? Bertanggung jawablah, dengan pilihan yang telah diambil. Memang setiap orang memiliki ego masing-masing, tetapi orang yang berhasil mengambil keputusan adalah orang yang telah menyelesaikan egonya, sehingga dia lebih ringan dalam pengambilan pilihan. Karena siapa saja yang telah memilih, berarti tidak memandang pilihan tersebut sebagai kecacatan atau ketidaksempurnaan. Karena sebelumnya mereka telah meminta kekuatan hati, dan meminta perlindungan-Nya untuk dimudahkan memilih serta menjadi kuat atas pilihannya.

            Semoga bermanfaat, salam!


6 comments:

  1. Hidup itu pilihan ya mbak. Intinya kita harus tetap bersyukur. Terimakasih atas pencerahannya mbak.

    ReplyDelete
  2. Semoga apapun pilihan kita selalu ada dijalan Allah dan diridhoi Nya ya nyi

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sharingnya mb Nyi, setiap pilihan memang selalu mempunyai resiko masing-masing. Tinggal siap atau tidak manusia berkomitmen atas apa yang sudah dipilihnya. Yang terpenting setiap pilihan akan membuat manusia menjadi lebih baik dan diberkahi oleh-Nya

    ReplyDelete
  4. Semoga kita termasuk orang-orang yang selalu bersyukur sehingga pilihan kita juga menuju pada kebaikan amin

    ReplyDelete
  5. Setelah berkeluarga aku sering menemui pilihan2 sulit dalam hidupku, Mbak. Ada kalanya saat mengambil keputusan itupun harus egois. Dari semua itu aku belajar untuk mensyukuri apa2 yang kumiliki saat ini.

    ReplyDelete
  6. Setiap pilihan pasti membawa konsekwensi yg harus kita jalani ya.. TRIms sdh mengingatkan hal ini, Nyi...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat