Thursday, 3 May 2018

Persiapkan Dirimu Menyambut Ramadhan Kareem



Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan - Ramadhan tahun 2018, sebentar lagi tiba. Bulan yang selalu dinantikan kedatangannya oleh umat muslim di dunia. Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, banyak persiapan yang tentunya akan kita siapkan. Yang jelas harus ada peningkatan yang lebih baik, dalam menjalani ramadhan kareem. Bisa maksimal atau tidak tergantung diri kita. Mengapa bulan ramadhan begitu agungnya? Nabi shallaahualaihi wa sallam bersabda:


ramadhan ramadhan 2018 ramadhan tahun 2018 ramadhan tiba mp3 ramadhan 2017 ramadhani ramadhan tiba ramadhan kareem ramadhan 2019 ramadhan sebentar lagi ramadhan maher zain ramadhan vector ramadhan pohan ramadhan artinya ramadhan maher zain lirik ramadhan tahun ini ramadhan mp3 ramadhan loading ramadhan adalah ramadhan maher zain mp3 ramadhaniabakrie ramadhan al buthi ramadhan arab ramadhan atau ramadan ramadan arabic ramadhan aku rindu ramadhan agency ramadhan akan datang ramadhan anak ramadhan aswi ramadhan agastya ramadhan aswi perpisahan mp3 ramadhan atau romadhon ramadhan aqiqah ramadhan al buthi meninggal ramadhan akan tiba ramadhan al mubarak ramadhan al buthi ikhwanul muslimin ramadhan aswi perpisahan ramadhan berapa hari lagi ramadhan bulan ramadan background ramadhan bulan turun mesin ramadhan bulan apa ramadhan bahasa arab ramadhan berapa hari ramadhan berkah ramadhan buffet ramadhan banner ramadhan bulan penuh berkah ramadhan bahasa inggris ramadhan berbagi ramadhan bersama bayangan ramadhan bersama nabi ramadhan bulan 2018 ramadhan berapa bulan lagi ramadan background vector ramadhan berapa hari lg ramadan begins in the united kingdom


“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu Jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” (HR. Ahmad, shahih).

Dari saya kecil ustad saya selalu bilang, kalau pada bulan Ramadhan tiba setan akan dikerangkeng, tidak dibiarkan keluar menganggu umat manusia yang sedang khusyuk beribadah. Amalan dan ibadah yang kita kerjakan pada bulan ramadhan, juga harus ikhlas tidak boleh riya' agar dipuji manusia. Ketika berbicara kita juga harus berhati-hati, tidak boleh ghibah dan berdiskusilah hal yang bermanfaat. Saya juga masih ingat ustad bilang, banyak sekali godaan di bulan ramadhan, tidak hanya perihal makan dan minum saja tetapi menjaga diri dari hal yang diharamkan.

Yuk persiapkan dirimu menyambut ramadhan 2018, biasanya ada beberapa hal yang saya lakukan, adalah:

Biar nggak kaget, sebelum puasa ramadhan sebulan penuh latihan berpuasa sunah dahulu. Seperti puasa Senin - Kamis, puasa Daud, atau puasa dalam menyahur hutang puasa yang tahun kemarin. Biasanya kalau udah sering berpuasa sunah, menjalani puasa ramadhan bukan hal yang sulit lagi. Bisa selancar jalan tol nih, hehehe ...

Ramadhan bulan penuh berkah, banyak umat muslim yang berlomba-lomba mengkhatamkan Alquran karena setiap satu huruf Al-Quran bernilai satu kebaikan, yang dilipatkan menjadi 10 kebaikan. Rosullullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Kalau bulan kemarin misalnya khatam sekali, bulan ramadhan 2018 ini harus lebih kenceng nih ah. Bismillah.

Memperbanyak melakukan hal baik, biasanya kalau ramadhan banyak kan acara-acara buka bersama yang dilakukan di panti asuhan. Bagi takjil di jalanan, untuk tukang becak dan lain-lain. Nah, di bulan ramadhan nanti kegiatan ini harus lebih dirutinkan tidak hanya pada bulan puasa saja.

Nah terakhir ini hal yang biasanya paling jarang saya lakukan, berolahraga. Padahal penting banget menjaga daya tahan tubuh ketika puasa, salah satunya adalah berolahraga dengan cukup. Dan minum air putih yang banyak, karena asupan air hanya akan kita konsumsi waktu buka puasa hingga sahur saja. Yuk persiapkan diri menyambut ramadhan 2018, semoga bermanfaat. Salam!




11 comments:

  1. Yup, Olahraga, Yuk giatkan pagi-pagi buat olahraga ^_^

    Buat persiapan menghadapi Ramadhan agar badan bugar :)

    ReplyDelete
  2. Wah, aku harus buat resolusi nih utk ramadhan nanti. Harus khatam alquran, turun BB, dan rajin olah raga

    ReplyDelete
  3. Hehhe iya nih mba, katanya setan dikerangkeng. Jadi kalau kita melakukan dosa yang di bulan puasa, itu bukan salah setan tp salah kita sendiri. Gitu ya katanya ?
    hahaha

    Eh iya, latihan puasa sebelum puasa tiap hari di bulan Ramadhan itu sangat penting. Biar ngga kaget.

    ReplyDelete
  4. Dan kami menjalani puasa di NYC yang lumayan panjaaang..

    ReplyDelete
  5. Semoga Ramadhan tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun mendatang, bisa lebih khusyuk dan diberi kesehatan

    ReplyDelete
  6. Nilai ibadah di bulan Ramadhan emang beda ya semoga kita dapat berlomba-lomba dalam kebaikan mengejar pahala dari Allah.

    ReplyDelete
  7. Olah raga saat puasa memang tantangan berat ya, pdhl bikin bdn tambah seger. Hihi. Semoga aku bisa deh olahraga

    ReplyDelete
  8. Selamat menyanbut kedatangan ramadhan mbaa :)

    ReplyDelete
  9. Gak kerasa bentar lagi ramadahn hadir lagi. Moga bisa sampai ya mbak. Trus puasa tahun ini lbh baik dr tahun2 kemarin aamiin Ya Rabb.

    ReplyDelete
  10. Marhaban ya ramadhan.. Aduh, tinggal menghitung hari aj lg nih. Persiapan ak sih msh blm ad ap2, kurma aj blm nyetok. Haha payah banget. Aplg kepikiran buat olah raga. Banjarmasin panas gilaaa.. Kalau olahraga dikulkas bisa mungkin. Eh, ruangan AC maksudnya.. ��

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah, terima kasih sudah mengingatkan Nyi. Iya nih mau puasa sunnah bulan Sya'ban aja susahnya minta ampun.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat