Monday, 28 May 2018

Buka Puasa Ramadhan dengan Nasi Megono Comal


Buka Puasa Ramadhan dengan Nasi Megono Comal - Buka puasa bersama siapa kamu hari ini? Tentunya dengan orang-orang yang tersayang, bukan? Begitupun saya demikian adanya. Buka puasa bersama-sama saat bulan Ramadhan, sudah berdua dengan penyejuk jiwa, ceileh ... Yang single nggak boleh baper.

Karena kebetulan kita lagi berada di luar rumah, dan waktu ngepasin untuk berbuka puasa di jalan nasi megono di emperan jalan Comal  jadi pilihan. Banyak sekali nasi megono berjejer di sepanjang jalan daerah Comal, kalau di Kendal seperti angkringan atau kucingan dengan tenda biru mewarnai jalan. Beberapa pernah kita coba, dan kita suka ngebandingin rasa yang pertama kedua pelayanannya.




Nasi megono Pekalongan, sudah pernah saya coba di beberapa tempat termasuk yang terbaru kemarin di tempat warung makan garang asem H. Masduki. Nasi megono Batang, beberapa kali juga pernah saya singgahi untuk mencoba merasakan enaknya. Karena kebetulan nasi megono banyak terdekat banyak dijumpai di daerah sepanjang Pantura. Dimulai dari Batang, Pekalongan, Comal, Pemalang, Tegal dan kota lainnya tetapi yang paling terkenal ya dari beberapa daerah di atas. Namun, yang perlu kita tahu bahwa kuliner nasi megono ini bukan hanya sebentuk makanan. Lebih dari itu, adalah akar kuatnya sebuah sejarah masa lampau.

nasi megono nasi megono pekalongan nasi megono khas pekalongan nasi megono semarang nasi megono batang nasi megono bu suli kota pekalongan jawa tengah nasi megono temanggung nasi megono tegal nasi megono di solo nasi megono purworejo nasi megono kebumen nasi megono magelang nasi megono purwokerto nasi megono di pemalang nasi megono pak bon pekalongan nasi megono wonosobo nasi megono cilacap nasi megono pemalang nasi megono di jakarta nasi megono resep nasi megono terdekat nasi megono adalah nasi megono asli murah dan enak kota jakarta barat daerah khusus ibukota jakarta nasi megono alun alun pekalongan nasi megono asli nasi megono apa sego megono artinya asal sego megono nasi megono adalah jenis nasi yang berupa alamat nasi megono pekalongan angkringan nasi megono pak uban arti nasi megono artikel nasi megono nasi megono berasal dari nasi megono bandung nasi megono benhil nasi megono bsd nasi megono bekasi nasi megono bintaro nasi megono blok m nasi bakar megono nasi bungkus megono nasi box megono sego megono band sego megono band israel mp3 sego megono band mp3 sego megono band kajen sego megono band israel sego megono band kajen kota santri sego megono bungkus sego megono band reverbnation nasi megono condet nasi megono comal nasi megono.com nasi megono cookpad nasi megono di cikarang nasi megono rm cukup nasi megono di condet nasi megono rm cukup kota pekalongan jawa tengah nasi megono di cirebon lesehan nasi megono pekalongan city central java contoh nasi megono cari nasi megono nasi megono di pekalongan nasi megono di depok nasi megono di jakarta barat nasi megono di jakarta selatan nasi megono di tangerang nasi megono di semarang nasi megono di bekasi nasi megono di bandung nasi megono di purwokerto nasi megono dan pelengkapnya nasi megono dekat sini nasi megono di jogja nasi megono di jakarta timur nasi megono di jakarta utara nasi megono di kelapa gading nasi megono di yogyakarta


Sebenarnya nasi megono sama saja di beberapa tempat yang pernah saya coba, kunjungi untuk merasakan kekhasannya. Segono megono bahasa Jawa, nasi megono ini dibuat dari nangka muda kalau orang Comal menyebutnya 'cecek'. Mertua saya pun pernah membuatnya, kapan-kapan saya kasih tahu resep nasi megono khas emak mertua hahaha ... tapi kalau disuruh praktekin enak atau enggaknya boleh diadu deh hahaha gaya dulu nggak  papa kan? Nah, nangka mudah yang telah dicacah jadi potongan kecil-kecil ini ditambahkan dengan bumbu parutan kelapa, dan beberapa bahan penunjang lainnya.

Kalau dulu nasi megono dibuat untuk sesaji Dewi Sri, pergeseran budaya membuat nasi megono berbeda. Nasi megono sering terlihat pada acara syukuran, tahlilan, atau acara peringatan Maulid Nabi dan sekarang sudah bisa dinikmati bersama-sama. Nasi bungkus megono tidak lagi hanya ada di acara tertentu, tetapi sudah menjadi bagian dari kuliner yang menggiurkan untuk dicoba.

Nasi megono Comal

nasi megono nasi megono pekalongan nasi megono khas pekalongan nasi megono semarang nasi megono batang nasi megono bu suli kota pekalongan jawa tengah nasi megono temanggung nasi megono tegal nasi megono di solo nasi megono purworejo nasi megono kebumen nasi megono magelang nasi megono purwokerto nasi megono di pemalang nasi megono pak bon pekalongan nasi megono wonosobo nasi megono cilacap nasi megono pemalang nasi megono di jakarta nasi megono resep nasi megono terdekat nasi megono adalah nasi megono asli murah dan enak kota jakarta barat daerah khusus ibukota jakarta nasi megono alun alun pekalongan nasi megono asli nasi megono apa sego megono artinya asal sego megono nasi megono adalah jenis nasi yang berupa alamat nasi megono pekalongan angkringan nasi megono pak uban arti nasi megono artikel nasi megono nasi megono berasal dari nasi megono bandung nasi megono benhil nasi megono bsd nasi megono bekasi nasi megono bintaro nasi megono blok m nasi bakar megono nasi bungkus megono nasi box megono sego megono band sego megono band israel mp3 sego megono band mp3 sego megono band kajen sego megono band israel sego megono band kajen kota santri sego megono bungkus sego megono band reverbnation nasi megono condet nasi megono comal nasi megono.com nasi megono cookpad nasi megono di cikarang nasi megono rm cukup nasi megono di condet nasi megono rm cukup kota pekalongan jawa tengah nasi megono di cirebon lesehan nasi megono pekalongan city central java contoh nasi megono cari nasi megono nasi megono di pekalongan nasi megono di depok nasi megono di jakarta barat nasi megono di jakarta selatan nasi megono di tangerang nasi megono di semarang nasi megono di bekasi nasi megono di bandung nasi megono di purwokerto nasi megono dan pelengkapnya nasi megono dekat sini nasi megono di jogja nasi megono di jakarta timur nasi megono di jakarta utara nasi megono di kelapa gading nasi megono di yogyakarta


Pengemasan nasi megono yang saya datangi ini, sama dengan yang lain. Dibungkus menggunakan daun pisang, atau jati. Kemudian lauknya, kita bisa memilih sendiri seperti yang sudah disediakan. Ada tahu bacem, ada sate jeroan, sate telur puyuh yang dibumbuin, pepesan, dan yang tidak pernah ketinggalan menjadi pendamping nasi megono adala mendoan. Saya menghabiskan dua mendoan, sate jeroan dan segelas es jeruk untuk buka puasa 2018.

Harganya jangan khawatir, sangat bersahabat sebungkusnya hanya 3 ribu saja. Kamu bisa menghabiskan banyak bungkus, dan nggak akan bikin kantong kamu jebol hahaha ... entah kenapa kalau sedang menjalankan ibadah puasa bawaanya abis minum udah kenyang aja gitu ya? Makanan yang pengen dimakan, menguap. Yang tadinya pengen makan besar, Cuma sekadar wacana doang. Emang ya manusia, semuanya diingini. Buat kalian yang selalu penasaran dengan nasi megono, kalau pas lewat daerah pantura. Coba deh kalian mampir sejenak, untuk merasakan kelezatannya.  Karena sekarang nasi megono sudah banyak di jumpai dimanapun, di Semarang, Solo, Magelang, Wonosobo banyak deh. Apalagi konsep-konsep rumah makan yang bergaya tradisional, biasanya mereka menyempilkan menu nasi megono serta di dalamnya.


buka puasa buka puasa ramadhan buka puasa terpanjang di dunia buka puasa bersama buka puasa senin kamis buka puasa bahasa inggris buka puasa dengan kurma buka puasa in english buka puasa jam buka puasa rajab buka puasa mutih buka puasa bersama sama saat bulan ramadhan buka puasa bahasa arab buka puasa senin kamis jam berapa buka puasa bersama tts buka puasa bersama anak yatim buka puasa ganti buka puasa enaknya makan apa ya buka puasa 2018 buka puasa dengan susu buka puasa dengan buah buka puasa asyura buka puasa ayyamul bidh buka puasa anak kost buka puasa ala artis buka puasa ala debm buka puasa ala hughes buka puasa agar tidak gemuk buka puasa ala food combining buka puasa air kelapa buka puasa ala rasulullah buka puasa atau sholat dulu buka puasa ala nabi buka puasa ala nabi muhammad saw buka puasa atau sholat maghrib dulu buka puasa all you can eat semarang buka puasa adalah buka puasa apa hari ini buka puasa ala dewi hughes buka puasa ala herbalife buka puasa bulan rajab buka puasa bersama font buka puasa bersama adalah buka puasa bersama saat ramadhan buka puasa bersama-sama buka puasa bacaan buka puasa bersama dalam bahasa inggris buka puasa bogor buka puasa bersama bahasa inggris buka puasa bareng pacar buka puasa bahasa inggrisnya adalah buka puasa bareng buka puasa bersama in english buka puasa bandung


Dan kalau pas lewat Comal, colek saya yak hahaha ... siapa tahu saya bisa mengantar kalian ke tempat makan nasi megono emperan yang enak. Asal ngabarinnya jangan mendadak, karena biasanya saya kalau nggak di Comal, Pekalongan, Pemalang ya saya ada di Kendal hehehe ... Buat bunda-bunda yang bingung, mau bikin menu buka puasa apa? Boleh dicoba tuh bikin megono, untuk lauk sore nanti. Semoga bermanfaat, salam.

Baca juga review : 


2 comments:

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat