Wednesday, 14 March 2018

Sukses dan Kaya bisa Diminta | From Blogger to Entrepreneur



Sukses dan Kaya bisa Diminta -  Masak iya sih? Bisa banget, jika kamu percaya. Belum apa-apa eh ... udah ngebayangin yang sebaliknya, ya kan? Belum mencoba kok ya sudah bilang nggak bisa? Belum berbuat kok ya sudah bilang nggak mampu, secara tidak langsung kita sendirilah yang menolak keinginan untuk kaya dan sukses! Benar begitu? Kalau nggak bener yukk lanjut, baca hehehe ...

pic from : tugumudasemarang


Jadi ceritanya seminggu lalu, Selasa, 6 Maret 2018  saya mengikuti Gathering Blogger dan Talkshow bareng bapak Juliari Batubara di All Stay Hotel, Semarang yang ngebahas From Blogger to Entrepreneur. Acara kali ini dipersembahkan oleh Juara Community, dan nara sumber yang kedua adalah Agustina Dwi Jayanti yang akrab disapa Tina, Inisiator Pasar Karetan Jawa Tengah.

Kita menjadi sesuai dengan apa yang kita mau

Siapa sih Bapak Juliari Batubara? Beliau adalah anggota Komisi VI yang membidangi Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Standarisasi Nasional DPR RI. Wow banget kan, narsum kali ini? Saya sudah membayangkan sebelum mengikuti acara, bakalan banyak banget ilmu yang disharing. Semoga sharing atikel yang saya rangkum dalam acara From Blogger to Entrepreneur bisa bermanfaat ya, aamiin.

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti memimpikan, bisa sukses dalam kehidupannya. Tidak peduli apa yang dikerjakannya, tujuannya adalah menuju kesuksesan. Versi sukses masing-masing orang bisa jadi berbeda, ada yang memandang kesuksesan dari kariernya, sukses bisa mengurangi berat badannya, sukses bisa mencapai omset yang tinggi dan tujuan kesuksesan lainnya. Bagaimana keberhasilan itu diraih? Adalah dengan menetapkan tujuan utama yang jelas. Seperti kak Tina yang awalnya pesimis Pasar Karetan akan berhasil, karena terletak di tengah hutan karetan nyatanya dengan kekuatan fokus pada tujuan bisa berhasil dan bahkan jauh dari apa yang dibayangkan.

Pic by me


Mengubah Indonesia dengan memperbanyak pengusaha

Awalnya Bapak Ari, begitu beliau disapa adalah seorang karyawan perusahaan. Pengalaman bergelut menjadi karyawan sebelumnya, membuatnya setangguh sekarang hingga bisa menjadi entrepreneur sejati bahkan diberikan amanat menjadi anggota DPR RI. Apalagi kalau bukan karena beliau memiliki tujuan hidup yang jelas, visi dan misi tertata apik dalam hidup yang dijalaninya. Aura negatif yang kadang timbul dalam perjalanannya menuju kesuksesan, bisa distimulus menjadi hal yang positif. Tidak semua orang bisa membalikkan hal negatif menjadi hal yang positif, kebanyakan mereka lebih dulu membayangkan hal yang negatif terjadi.

 Bapak Ari membocorkan juga rahasia suksesnya, kepada kami yang datang malam itu. Apa saja rahasia sukses dalam mengawali bisnis menjadi seroang entrepneur yang sudah dipraktikkan oleh Bapak Ari? Ini dia :

Harus berani

Semua yang kita ingin capai, impian yang ingin kita genapi membutuhkan aksi alias tindakan yang nyata. Kalau sudah punya tujuan, susah memiliki keyakinan kuat, yang paling penting adalah aksi untuk menentukan hasil akhirnya. Kalau kita tidak bergerak dan diam ditempat, mana mungkin bisa mencapai tujuan yang diinginkan? Jadi untuk kamu yang pengen punya usaha atau bisnis, ambil tindakan saat ini juga. “Ah aku nggak punya bakat jualan kok!” Kadang ada yang bilang begitu, padahal bakat hanya sebagian kecil faktor pendukung, kuncinya ada pada kita. Berani atau tidak, mau bergerak atau diam di tempat!

Modal ide

Ide bisa didapatkan dimana saja, temukan ide bisnis yang inovatif dengan membaca kondisi lingkungan tempat bisnis yang akan kita bangun bertempat. Atau munculkan solusi dari kendala yang terjadi, seperti banyak debu beterbangan di jalanan, pasti seseorang yang berkendara membutuhkan penutup wajah atau masker. Mengapa kita tidak jual masker sebagai awal usaha membangun bisnis? Seperti yang sudah saya terapkan sekarang. Karena ide adalah cikal bakal sebuah bisnis, maka pikirkanlah ide tersebut dengan baik dan segera eksekusi.

Jangan mudah putus ada dan nggak takut rugi

Kalau kamu ingin jadi entrepreneur harus memiliki sifat yang nggak gampang nyerah, ketika menemukan masalah atau hambatan. Mengapa? Karena hambatan akan menjadikanmu pengusaha yang lebih kuat. Selain tidak mudah menyerah, tekad kuat harus kamu miliki agar rintangan di depan bisa kamu lewati dengan mudah. Terus maju dan pantang untuk menyerah sebelum berhasil, juga jangan pernah takut untuk rugi. Pengusaha sukses manapun pasti pernah mengalami kerugian, kebangkrutan dan hampir putus asa. Saat kamu melewati masalah tersebut, pintu kesuksesan segera tiba di depan mata. Percayalah, karena setiap kesulitan dan kesedihan, akan ada kebahagiaan di baliknya.

Miliki sifat mudah bergaul

Networking sangat diperlukan ketika kita terjun ke dunia bisnis, sebisa mungkin miliki sifat yang mudah bergaul. Tidak malu bertanya, jangan malu bersosialisasi. Karena dengan bersosialisasi kamu bisa memperluas usaha yang kamu punyai. Bergabunglah dengan komunitas yang ada, sesuaikan dengan usaha yang kamu geluti. Karena di saat kamu mengalami ketidakseimbangan dalam usaha, networkinglah yang akan menyelamatkanmu dari jeratan masalah.

"Sekecil apa pun keuntungan kita, harus mau berbagi. Sisihkan sebagian penghasilan kita sisihkan untuk orang yang nggak seberuntung kita," tutur Bapak Ari menutup kiat suksesnya.





Sementara kak Tina, tidak kalah serunya membagikan pengalamannya yang mengawali diri terjun ke entreprenur dari kegemarannya menulis. Awalnya kak Tina adalah seorang penulis novel, wuih ... sama  banget nih kayak aku hehehe ... Lantas dia mengenal dunia blog dan networkinglah yang menjadikan dia memiliki wawasan luar biasa. Kedua nara sumber kali ini, emang ajib banget deh. 

            Saya jadi ingat pesan Andrie Wongo dalam buku yang pernah saya baca, intinya kita harus yakin dengan kemampuan meraih sukses. Kalau orang lain saja bisa, kita pun berhak meraih kesuksessan sama seperti mereka yang lebih dulu. Selain keyakinan, jangan lupa untuk berdoa. “Sikap mental yang lain perlu kita perlihara adalah menyadari ahwa sukses yang kita raih bukan sekadar mengandalkan diri sendiri, selalu ada andil orang lain di dalamnya. Rendah hati adalah kuncinya, tetapi tidak rendah diri pada saat mengalami kegagalan. Dengan demikian tidak hanya semakin dewasa, tetapi kita semakin memiliki kualitas kehidupan yang baik. Dimana pada akhrinya kesuksessan bisa bermanfaat pula untuk orang lainnya. Be the best!”

            Semoga bermanfaat, salam.

21 comments:

  1. Yup.. harus semangat dalam mengembangkan ide menjadi usaha yang membanggakan. Jangan lekas putus asa .

    ReplyDelete
  2. Wah seru dan penuh inspirasi ya mbak acaranya, sayang sekali waktu itu aku nggak bisa ikut.

    ReplyDelete
  3. Wah seru acaranya, inspiratif deh. Kadang sebelum jadi enterpreneur emang kita suka mikir dlu "aku gk ada bakat" padahal harus berani dlu ya. Oia pengalaman ikutan keorganisasian penting sebagai cara mudah bergaul.

    ReplyDelete
  4. Bapak ini udah selesai dengan dirinya ya..mantaap

    ReplyDelete
  5. Inspiratf banget.Keberanian manjadi kunci awal utk manjadi entrepreneur, jdi tamparan diri sendiri deh. Udh lama aku pengen buka usaha sendiri tapi takut. Huh! Harus punya nyali besar nih

    ReplyDelete
  6. Pasar Karetan itu ngehits banget ya, Nyi.
    ngomong-ngomong soal impian menjadi sukses, baru banget semalam merenung. Nggak jauh-jauh sih ya, sebagai anak pengen banget sukses demi bisa membuat orang tua bahagia dan bangga. Jadi mellow deh. Semoga kita bisa ya Nyi, menjadi sukses dengan versi kita sendiri. Amin :)

    ReplyDelete
  7. Aku tambah semangat baca tulisan ini, apalagi aku ikut seminarnya langsung yaa. Kereen mbakk :) Makasih share-nya.

    ReplyDelete
  8. mantap.. semoga menginspirasi para blogger dan pengusaha muda yang membaca.semangat terus mba :)

    ReplyDelete
  9. Mindset dan mental yang kuat merupakan modal sukses bagi seseorang ya mbak. Terima kasih sharing yang bermanfaat ^^

    ReplyDelete
  10. Wuaa acara keren banget ya. Pembicara ya cair pula. Memang perlu berani dan tak mudah menyerah ya termasuk dalam menulis.. jadi ceritanya mba Nyi bakalan makin sukses nih. Aminnnn

    ReplyDelete
  11. Quote akhirnya mantap banget. Sukses kita bukan hanya berasal dari diri sendiri. Pasti ada andil orang lain di dalamnya. Terutama doa dari kedua orang tua dan orang yang menyayangi kita.

    Makasih Nyi. Inspiratif banget ��

    ReplyDelete
  12. bertemu dengan orang hebat selalu kecipratan aura positifnyaa yaa mbaa. makasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  13. Wah asiknya ikutan seminar langsung.
    Pergaulan emang jadi salah satu faktor sukses ya

    ReplyDelete
  14. Bner juga ya blogger jdi enterpreneur, hrus bisa menempatkan diri saat bertemu orang baru,agar semakin luas lingkaran pertemanannya.

    ReplyDelete
  15. Suka bacanya bisa jadi motivasi buat diri sendiri, thanks ya mbak

    ReplyDelete
  16. Ini semacam perenungan juga ya mba,bahwa kesuksesan dan kekayaan itu bisa digapai, jangan putus asa.

    ReplyDelete
  17. Betul semua! hohoho. Tinggal prakteknya ini yang kudu konsisten, ingat motivasi supaya maju terus!

    ReplyDelete
  18. Jd pengen juga belajar jd pengusaha, minimal jd seller apa gtu dulu. Asal usaha keras dan minta sama Allah pasti bisa ya mbak TFS postingannya bikin semangat hehe

    ReplyDelete
  19. Setuju jangan mudah putus asa dan takut rugi karena kesuksesan salah satunya berawal dari kerja keras (tidak putus asa) dan jangan takut rugi (rugi waktu) artinya harus terus mencoba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat