Saturday, 27 January 2018

Yang Benar Mengonsumsi atau Mengkonsumsi

 Yang Benar Mengonsumsi atau Mengkonsumsi - Peraturan Menteri Kebudayaan (Pemendikbud) RI dengan Nomor 50 tahun 2015, telah mengubah EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), menjadi PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). Disinyalir dari beberapa laman ada beberapa alasan di belakangnya, selain terkait ilmu pengetahuan yang semakin maju dan teknologi yang semakin berkembangan diperlukan adanya perubahan. Juga banyak kritikan dari masyarakat, "Karena EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) tidak sempurna-sempurna," kelakar Drs Mustakim, M.Hum tahun lalu. Emang ada benernya juga sih, hahaha ... nggak sempurna terus, ada pembaharauan yang diupdate berkelanjutan.

 atau mengkonmengonsumsisumsi mengonsumsi atau mengkonsumsi kbbi mengonsumsi atau mengkonsumsi eyd mengonsumsi atau mengkonsumsi kata baku menurut eyd mengkonsumsi atau mengonsumsi mengonsumsi mengkonsumsi yang benar mengonsumsi atau mengkonsumsi  ejaan yang benar mengonsumsi atau mengkonsumsi mana yang benar mengonsumsi atau mengkonsumsi mengonsumsi atau mengkonsumsi


Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia tulis, mau tidak mau saya harus mengupdate tulisan atau kata yang kurang pas. Seperti kata baku dan tidak baku harus benar-benar, dipelajari. Seperti ejaan yang benar mengonsumsi atau mengkonsumsi, mengoordinasi atau mengkoordinasi dan sebagainya. Biasanya kalau saya tidak yakin, akan membuka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) online dari sana ketemu jawaban.

Mana yang benar mengonsumsi atau mengkonsumsi

Kata dasar 'konsumsi', sudah menjadi kosa kata dalam bahasa Indonesia. Yang mana aturan tata bahasa bakunya, jika huruf konsonan 'k' jika digabungkan dengan awalan 'me-' akan luluh menjadi 'mengonsumsi'. Contoh lainnya :

Konfirmasi - Mengonfirmasi
Kerjakan - Mengerjakan

Istilah peluluhan dalam morfologi, ialah proses mengubah huruf konsonan seperti : k, p, t, dan s. Akan menjadi: ng, m, n, ny, yang apabila bertemu dengan awalan me- atau pe- berubah seperti :

Me- (+) konsumsi = mengonsumsi, bukan menjadi mengkonsumsi. Bisa dilihat |k| beru
bah menjadi |ng|
Me- (+) taat = menaati, bukan menjadi mentaati. Huruf |t| luluh menjadi |n|

Jika kamu masih ragu, langsung bisa dicek ke KBBI online untuk meyakinkan mengonsumsi atau mengkonsumsi. Apakah kita sudah menggunakan kosakata yang baku atau belum.



Mari belajar, semangat! Salam

13 comments:

  1. Kita tetap harus paham tentang ejaan ya mbak. Baik sebagai penulis ataupun bukan, agar tahu penggunaannya secara benar. Terima kasih informasinya ^^

    ReplyDelete
  2. Nah ini dia yang saya cari-cariin. Walaupun nggak fatal, tapi bikin gatel aja klo belum tahu mana yang benar :D

    Yang saya agak bingung, seinget saya ada beberapa kata berawalan huruf "k" yang boleh luluh dan nggak luluh (pemakaian dua2nya bener). Cuma saya nggak ingat kata apa aja itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaaaaaa aku jadi penasaran apakah itu mba Chaaaa
      tar kalo udah nemu kasih tahu ya

      Delete
  3. Belajar Bahasa Indonesia lagi nich, etapi emang hal ini bener-bener harus hati-hati ya pas nulis. Maksih yo Mbak, mengonsumsi

    ReplyDelete
  4. Nah, ulasan bermanfaat banget banget ni.

    Kata-kata sesuai standar PUEBI.

    Salam sore dari Lombok.

    ReplyDelete
  5. Terjawab sudah kegelisahan hati ini, hehe

    ReplyDelete
  6. Mantap bana informasinya, tadi sempat bingung juga mana yang betul :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat