Thursday, 18 January 2018

Sejarah Stasiun Kereta Api Weleri di Kabupaten Kendal


Sejarah Stasiun Kereta Api Weleri di Kabupaten Kendal - Stasiun Weleri merupakan salah satu dari sekian, stasiun yang ada di Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Letak stasiun Weleri ada di Jl. Stasiun Weleri No.1, Desa Karangdowo, Weleri. Dahulu stasiun Kendal merupakan stasiun utama, tetapi karena banyak jalur kereta api yang di bongkar, karena saat itu Jepang mencari bahan material untuk berperang. Akhirnya stasiun Weleri menjadi pengganti utama stasiun yang ada di Kendal. Tetapi stasiun-stasiun yang sudah tidak beroperasi tetap dirawat dengan baik, seperti Stasiun kereta api di Pegandon dan stasiun kereta api Kaliwungu.

stasiun weleri penginapan dekat stasiun weleri letak stasiun weleri stasiun kereta weleri lokasi stasiun weleri nama stasiun weleri foto stasiun weleri gambar stasiun weleri alamat stasiun weleri stasiun di weleri telepon stasiun weleri nomor telepon stasiun weleri jadwal kereta stasiun weleri stasiun kereta api weleri no telp stasiun weleri no telp stasiun weleri kendal no telepon stasiun weleri hotel dekat stasiun weleri nomer telpon stasiun weleri jadwal ka stasiun weleri no tlp stasiun weleri alamat stasiun weleri kendal


Stasiun di Weleri, berada di ketinggian kurang lebih 12 m dan berada di KM 39+000 serta masih dalam Daerah Operasi IV Semarang. Sebagian besar masyarakat yang naik dari sini menggunakan kelas ekonomi, karena kelas eksekutif biasanya habis duluan. Jadwal kereta stasiun Weleri, umumnya sama dengan yang ada di web KAI ( Kereta Api Indonesia) resmi. Jika kamu ingin memesan kereta dari stasiun Weleri sebaiknya, browsing dahulu websitenya agar tidak kecewa. Namun jika kamu ingin simple bisa langsung dengan pesan via online, ataupun lewat minimarket yang saat ini sudah menyediakan jasa pesan tiket kereta api. Saya juga belum pernah nyoba sih, seringnya cek website terus pesan langsung di lokasi.

Fasilitas apa saja yang ada di stasiun Weleri

stasiun weleri penginapan dekat stasiun weleri letak stasiun weleri stasiun kereta weleri lokasi stasiun weleri nama stasiun weleri foto stasiun weleri gambar stasiun weleri alamat stasiun weleri stasiun di weleri telepon stasiun weleri nomor telepon stasiun weleri jadwal kereta stasiun weleri stasiun kereta api weleri no telp stasiun weleri no telp stasiun weleri kendal no telepon stasiun weleri hotel dekat stasiun weleri nomer telpon stasiun weleri jadwal ka stasiun weleri no tlp stasiun weleri alamat stasiun weleri kendal


Tentunya karena bukan hotel, hanya tempat persinggahan sejenak bagi penumpang yang turun dan naik stasiun Weleri sudah memberikan fasilitas yang bagus. Seperti apa saja fasilitas stasiun kereta api Weleri adalah: ruang tunggu, toilet bersih untuk pria, wanita dan pengguna kursi roda. Selain itu ada juga banyak stop kontak yang terletak di pojok, baik ruang tunggu loket maupun ruang tunggu di dalam. Biasanya pengguna gadget aktif bakalan mojok nih, sembari ngecharg ponsel juga menunggu jadwal keberangkatan kereta.

stasiun weleri penginapan dekat stasiun weleri letak stasiun weleri stasiun kereta weleri lokasi stasiun weleri nama stasiun weleri foto stasiun weleri gambar stasiun weleri alamat stasiun weleri stasiun di weleri telepon stasiun weleri nomor telepon stasiun weleri jadwal kereta stasiun weleri stasiun kereta api weleri no telp stasiun weleri no telp stasiun weleri kendal no telepon stasiun weleri hotel dekat stasiun weleri nomer telpon stasiun weleri jadwal ka stasiun weleri no tlp stasiun weleri alamat stasiun weleri kendal

Fasilitas Mushola yang bersih juga ada di stasiun Weleri, letaknya ada di dalam. Senin 15 Januari 2018 kemarin, saya sudah merasakan ademnya mushola stasiun ini. Waktu saya melaksanakan sholat di sana, Alhamdulillah baru di pel dan bagi penumpang yang tidak membawa mukena, sarung, songkok dan tasbih di sini disediakan komplit. Tidak perlu membayar juga lho!

stasiun weleri penginapan dekat stasiun weleri letak stasiun weleri stasiun kereta weleri lokasi stasiun weleri nama stasiun weleri foto stasiun weleri gambar stasiun weleri alamat stasiun weleri stasiun di weleri telepon stasiun weleri nomor telepon stasiun weleri jadwal kereta stasiun weleri stasiun kereta api weleri no telp stasiun weleri no telp stasiun weleri kendal no telepon stasiun weleri hotel dekat stasiun weleri nomer telpon stasiun weleri jadwal ka stasiun weleri no tlp stasiun weleri alamat stasiun weleri kendal

Hotel dekat stasiun Weleri

Hotel dekat stasiun Weleri, setahu saya di dekat post rel kereta api jalur Semarang dekat dengan Jl raya pantura. Anda cukup naik angkutan, turun di post rel kereta atau anda bisa menggunakan ojek yang standby di depan stasiun Weleri. Nama hotelnya kalau bukan Damar Indah ya Tugu Indah, pokoknya ada Indah-Indahnya gitu hehehe ... sering lewat tapi nggak ngapalin #ampun. Untuk menuju kota Kendal sendiri, butuh waktu sekitar 45 menitan, jika kamu naik angkot tapi kalau naik motor sih cepet kurang lebih setengah jam.


stasiun weleri penginapan dekat stasiun weleri letak stasiun weleri stasiun kereta weleri lokasi stasiun weleri nama stasiun weleri foto stasiun weleri gambar stasiun weleri alamat stasiun weleri stasiun di weleri telepon stasiun weleri nomor telepon stasiun weleri jadwal kereta stasiun weleri stasiun kereta api weleri no telp stasiun weleri no telp stasiun weleri kendal no telepon stasiun weleri hotel dekat stasiun weleri nomer telpon stasiun weleri jadwal ka stasiun weleri no tlp stasiun weleri alamat stasiun weleri kendal


Saya sendiri kalau naik kereta dari stasiun Weleri biasanya dapet Kaligung, kalau nggak Kamandaka. Meskipun kelas ekonomi yang saya pilih,tapi sudah ber-AC lho jadi ya nyaman. Apalagi perjalanan saya dekat ini, kalau nggak turun di Pekalongan ya Pemalang dan harga tiket keretanya pun sama dengan naik bus Rp 40 ribu – 50 ribuan. Selain cepat juga nggak kena macet jalan, apalagi kalau naik kereta bisa lihat pemandangan sawah, pantai dan gunung. Itulah sebabnya kenapa saya suka sekali naik kereta hehehe ...

Walaupun stasiun keretanya kecil, tapi antusiasme penumpang setiap harinya ramai bepergian. Baik antar kota di Jawa Tengah, jua ke kota besar lainnya. Yang kurang sih atap peron di stasiun Weleri, jadi pas penumpang naik dan turun kena langsung dengan cuaca. Pas waktu saya turun, hujan deras banget akhirnya saya hujan-hujanan karena ngalah dengan penumpang lainnya. Disediakan payung sih, tapi payung yang diberikan oleh petugas cuma terbatas. Semoga stasiun Weleri yang ada di Kabupaten Kendal ini semakin baik pelayanannya ke depan untuk masyarakat Kendal dan masyarakat kota lain.

stasiun weleri penginapan dekat stasiun weleri letak stasiun weleri stasiun kereta weleri lokasi stasiun weleri nama stasiun weleri foto stasiun weleri gambar stasiun weleri alamat stasiun weleri stasiun di weleri telepon stasiun weleri nomor telepon stasiun weleri jadwal kereta stasiun weleri stasiun kereta api weleri no telp stasiun weleri no telp stasiun weleri kendal no telepon stasiun weleri hotel dekat stasiun weleri nomer telpon stasiun weleri jadwal ka stasiun weleri no tlp stasiun weleri alamat stasiun weleri kendal

Salam


16 comments:

  1. sekarang ini kereta api mulai dilirik lagi ya,
    untuk jarak dekat pun nyaman
    stasiunnya apik mbak..

    kami pernanh naik rute BOGOR sukabumi, nyaman banget keretanya
    tapi untuk rute sebaliknya nggak kebagian tiket, tiketnya cepat abis karena peminatnya banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat ngejar waktu kereta enak mba :-D
      pemandangannya di jendela itu juga yang bikin gemes

      Delete
  2. Seumur hidup aku blm pernah naik kereta api lho mba, krn suka serem liat gerbong yang kalo jalan mirip uler. Hehehe. Tapi liat stasiun kinclong, gerbong bersih, jadi pengen nyoba.

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka naik kereta, bersih dan tepat waktu. Lebih cepat dari naik kendaraan pribadi yang biasanya kena macet di jalan.

    ReplyDelete
  4. Kereta api sekarang udah makin cakep ya Mba, yang ekonomi pun udah pake AC. Lebih seneng pake kereta sebenernya kalo untuk transportasi daripada pesawat/mobil. Tapi sayang lagi tugas di kota yang ga ada kereta apinya huhu *lah curhat

    ReplyDelete
  5. Bener, kereta api sudah menjadi pilihan saya dalam bepergian meski bawa bocil pun saya raza aman2 aja. Heheh

    ReplyDelete
  6. Mau stasiun besar atau kecil, saya termausk yang suka dengan suasana stasiun :)

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah deh berhenti di stasiun Welweri. Tapi sering dengarnya karena stasiun penghubung ya dari Barat ke Timur
    Smoga sellau terawat dengan baik ya :)

    ReplyDelete
  8. AKu juga suka naik kereta api. Tapi naik kereta api di pulau jawa cuma 2-3 kali aja deh rasanya

    ReplyDelete
  9. Kasihan ya saya, belum pernah naik kereta api negeri sendiri. Tapi naik MRT Singapur udah pernah. hehe

    ReplyDelete
  10. Bangunan nya hampir sama dengan yg di lubuk lingkar ya

    ReplyDelete
  11. Aku paling suka traveling menggunakan kereta api mbak. Seandainya di Bengkulu ada stasiun kereta api.

    ReplyDelete
  12. Thank you infonya, Nyi. Aku suka memandangi stasiun-stasiun kecil. Kalau kereta lewat, bapak bertopi (kepala stasiun atau entah siapa) seperti menyambut penumpang.

    ReplyDelete
  13. Di dekat rumah ku jg ada beberapa stasiun kereta api kecil, kayak gini. Tapi aku belum pernah naik kereta dari stasiun kecil. Lebih nyaman ke stasiun besar walau lbh jauh. :D

    ReplyDelete
  14. Jarang banget naik kereta, paling naik kereta kalo lagi di pulau jawa, di Bengkulu gak ada soalnya hehe

    ReplyDelete
  15. Sering denger sih nama kota Weleri, eh ada stasiunnya sendiri.
    Skrng kalau antar kota emang enak ya naik kereta2 gtu ketimbang naik roda empat bermacet2 di jalan. Tengkyu info stasiunnya mbak :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat