Monday, 29 January 2018

Rujak Pecel Sayuran Wanarejan Pemalang Bikin Lidah Ketagihan


Rujak Pecel Sayuran Wanarejan Pemalang Bikin Lidah Ketagihan - Lidah saya ketagihan, dengan ulekan rempah bumbu pecel sayuran yang saya beli di Wanarejan, Pemalang sepulang perjalanan saya dari Pekalongan. Siang yang terik, siang yang saatnya untuk santap siang pas mantapnya dengan apa yang tersaji di depan saya.

tips makan di kaki lima tips berjualan makanan kaki lima tips usaha makanan kaki lima


Antara pecel sayuran dan rujak buah yang menyegarkan, saya ingin keduanya. Akhirnya saya dan pasangan hidup memutuskan membeli keduanya, dengan komitmen untuk saling incip daripada penasaran, hahaha ... Soalnya kalau beli dua-duanya untuk saya makan sendiri, itu nggak mungkin. Saya nggak sekemaruk itu. Karena ingat larangan berlebihan ketika makan dan minum, maka saya memilih secukupnya saja.

Mendowan gembus dan kerupuk menemani santap siang

Mendowan gembus dan tempe yang baru digoreng itu, baunya sangat menggiurkan lidah. Saya dan pasangan hidup mencomot satu-satu mencicipi rasanya, duh ... endez saat saya tergigit rajangan daun bawang. Menambah selera banget ini mah! Comot lagi satu dan akhirnya pesanan saya jadi, setelah ngantri 3 orang lamanya dengan pesanan yang tidak hanya cukup satu.

"Sabar disayang Allah kan?" Nggak perlu ngeluh lama, ucap dia. Aih ... di saat yang panas, laper butuh kesegaran dia selalu saja menyejukkan. Thanks Rabb, udah ngirimin dia.

Saya paling suka makan rujak atau pecel ditemani gorengan, tapi lebih suka lagi gorengan sama kerupuk. Empuk dan kriuknya berpadu, nambah irama dan gairah makan siang. Bumbu rempah yang diulek oleh si ibu, yang saya nggak nanya nama beliau ini berasa banget. Nggak pelit pula naruh kacangnya, ini yang bikin saya pengen balik lagi.

"Besok-besok kita balik ke sana lagi, Mas!" Ucap saya pada pasangan. "Enak soalnya, bumbunya itu lho ... deuh!" Lanjut saya memuji, dan dia senyum-senyum melihat saya kenyang dengan puas.


tips makan di kaki lima tips berjualan makanan kaki lima tips usaha makanan kaki lima


Nggak peduli restoran mewah atau kaki lima yang penting rasanya wah

Mau makan di restoran mewah, kalau rasanya nggak nyaman di lidah dan perut saya juga pasti nggak balik lagi. Tapi kalau makan di kaki lima rasanya memuaskan, saya nggak takut buat balik lagi. Tapi saya juga pasti ngelihat soal kebersihannya sih, buat jaga-jaga perut yang sensitif ini hehehe ... bukannya gimana-gimana gitu. Karena banyak orang meninggal akibat berpenyakit, yang tersebab kurang bersihnya saat memakan-makanan.

Tips jajan sehat di kaki lima

Jadi buat anda yang sering aktivitas di luar rumah, dengan makan atau jajan di emperan kaki lima. Ada sedikit tips jajan biar sehat nih, heheheh ... semoga bermanfaat!

Periksa peralatan makannya

Jadi perhatikan peralatan makan, sebelum anda menyantap. Kalau mau aman sih, bawa sendiri karena kita tahu kebersihannya. Jujur nggak sedikit warung kaki lima, yang punya lokasi dekat sama selokan.

Pilih yang masih hangat

Ini dia yang kadang bikin sebel, yang jual nggak ditutupin akhirnya ada beberapa laler yang ngerubut gitu. Pilih yang masih hangat dan baru mateng, misalnya gorengan yang baru diambil dari wajan.

Amati bumbu yang ditaruh

Pesan yang tanpa MSG, kadang pas beli pecel saya minta resep bumbu pecelnya tanpa MSG. Atau minta bakar satenya jangan gosong-gosong, untuk menghindari karsinogen

Pilih warung yang bersih

Soalnya kalau makanannya tidak ditutup dengan tirai atau penutup makanan, kemungkinan bakalan ada debu atau lalat yang masuk. Dimana nantinya isa nyebapin terkenan disentri. Warung bersih yang sehat, biasanya yang menjaga makanannya agar tetapi hangat.


tips makan di kaki lima tips berjualan makanan kaki lima tips usaha makanan kaki lima

Warung Rujak Pecel Sayuran

Depan Gang Sentra Sarung Gotor
Desa Wanarejan Utara. (warungnya agak kecil)


20 comments:

  1. Setuju ama tipsnya. Penting banget liat kebersihan di sekitarnya. Soalnya meskipun pedagang kaki lima ada yang kualitasnya sama dengan restoran.

    ReplyDelete
  2. Aaaaaah asli deh ini bikin ngiler makanannya. Warung kaki lima nggak masalah asal bersih ya.

    ReplyDelete
  3. Wah malem-malem baca ini langsung ngecesssss... Kebayang segernya. Kalo kayak gini pun sepertinya saya bakal balik lagi..

    ReplyDelete
  4. Penasaran pengen lihat tampilan pecel sayurannya, mba. Kalau pedes pasti enak bangeet

    ReplyDelete
  5. Rujak pecel makanan wajib kalo pulang kampung, btw makasih tipsnya mba kudu pastiin kebersihan warungnya

    ReplyDelete
  6. Aku waktu hamil anak kedua dinyatakan positif hepatitis B, Nyi...
    Hiiks~~
    Alhamdulillah, bayinya gak ketularan.
    Sebagai pencegahan, harus diimunisasi saat itu juga.

    Dan ternyata itu karena apa?
    Karena aku sembarangan jajan di pinggir jalan pas hamil.

    Iyyaa...
    ada makanan apa ajaaa, masuuk...

    MashaAllah...

    ReplyDelete
  7. Wah kesukaan saya banget sayuran mah Nyi :)

    ReplyDelete
  8. Yang paling penting kebersihannya ya Nyi, pasti bakalan nyaman makannya..
    Aku sukaaa rujak pecel..

    ReplyDelete
  9. Gimana rasanya jadi pengen cicip kalau ke sana

    ReplyDelete
  10. Miss suka nih, cocok buat yang lagi diet untuk none S dan none I. Mak I pasti suka ini, dia penderita diabetes

    ReplyDelete
  11. Segar banget makan rujak siang bolong. Bikin ngiler aja nih Nyi.

    ReplyDelete
  12. Benar Nyi, paling sebal lihat warung dekat selokan bahkan tong sampah pas di sebelah gerobaknya. Gitu kok ya masih rame aja tuh warung.

    ReplyDelete
  13. Saya juga sering mengamati hal-hal ini sebelum belanja di kaki lima. Juga merhatiin ramenya, kalo rame pembeli, biasanya enak. Hehehe..

    ReplyDelete
  14. Aku suka rujak..

    Biasanya ku emang suka ngamati penjual dan peralatannya...jorok atau nggak.., bukan sok bersih..namanya kuman penyakit kalau udah masuk perut susah keluarnya...

    Perlu tahu kebersihan penjual..

    ReplyDelete
  15. makanan kayak gini malah biasanya yg enak yg dikaki 5. giliran masuk resto mahal sudah beda rasanya hehehhe

    ReplyDelete
  16. Yasaaalam, uadh lama banget ngga ngerasain tempe gambus. -_-

    ReplyDelete
  17. Rujak buah dan pecel... Seger banget kalo dimakan siang hari ya mbak. Oiya. Thx untuk tips sehatnya. Bermanfaat banget ^^

    ReplyDelete
  18. Duh jd pengen. Mirip2 rujak yg di SUrabaya mbak, campuran buah dan sayur2an gtu juga :D Trus biasanya kumakan sama nasi dan kerupuk hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat