Monday, 4 December 2017

Sosialisasi Kesehatan bersama Dinkes dan Blogger Kesehatan

dinkes semarang dinkes semarang 2016 dinkes semarang alamat dinkes semarangkab.go.id dinkes semarang 2013 loker dinkes semarang loker dinkes semarang 2015 dinkes provinsi semarang lokasi dinkes semarang loker dinkes semarang 2014 dinkes kota semarang 2014 lowongan dinkes semarang 2016 profil dinkes semarang rekrutmen dinkes semarang loker dinkes semarang november 2015 mtkp dinkes semarang dinkes kota semarang alamat dinas kesehatan kota semarang alamat




Sosialisasi Kesehatan bersama Dinkes dan Blogger Kesehatan - Sosialisasi kesehatan atau yang lebih dikenal dengan penyuluhan kesehatan, oleh Dinkes kali ini diperuntukkan untuk blogger kesehatan yang telah terbagi dalam 2 kelompok.  Dengan tujuan agar apa yang disampaikan oleh Dinkes ini, kemudian  disebarkan melalui media tulisan kepada khalayak agar mulai hidup sehat dengan cara yang baik dan sehat pula.

"Kadang-kadang dokter bisa meramal penyakit seorang pasien yang sedikit itu hingga menjadi banyak, yang menyebabkan dia meninggal," ucap Bapak Dr. Widyono. MPH selaku Kepala Dinas Kota Semarang.

Catet nih! Orang meninggal bisa dilihat dari riwayat penyakitnya ternyata, dalam dunia kesehatan. Karena sebelm orang meninggal memiliki proses, dimulai dari sakit. Nah sakit ini bisa dilihat,  sakit yang menular atau tidak.

Berkunjung ke puskesmas Halmahera

Blogger kesehatan diajak oleh Dinkes pada hari pertama, ialah ke puskesmas Halmahera dari kelompok 2. Puskesmas yang memiliki alamat di Jl Halmahera Raya, No, 38 Karangtempel, Semarang termasuk puskesmas yang lengkap dan besar. Lokasinya kalau dari Simpang lima, kurang lebih 15 menitan. Moto puskesmas Halmahera sendiri adalah, 'Tiada Hari Tanpa Pelayanan Prima', sementara visinya adalah menjadikan puskesmas pusat pelayanan kesehatan terdepan yang menyeluruh profesional dan terjangkau dan misi salah satunya adalah meningkatkan derajat gizi masyarakat.

puskesmas puskesmas terdekat puskesmas kebon jeruk puskesmas cengkareng puskesmas kelapa gading puskesmas pasar minggu puskesmas tebet puskesmas jagakarsa puskesmas kembangan puskesmas kebayoran lama puskesmas kramat jati puskesmas cilandak puskesmas kebayoran baru puskesmas adalah puskesmas kecamatan cakung puskesmas jatinegara puskesmas palmerah puskesmas cipayung puskesmas duren sawit puskesmas pesanggrahan puskesmas kalideres puskesmas akreditasi puskesmas adalah pdf puskesmas anyer puskesmas antapani puskesmas arcamanik puskesmas angke puskesmas ambalun puskesmas artinya puskesmas animasi puskesmas akreditasi paripurna puskesmas abadijaya puskesmas ampera puskesmas ambarawa puskesmas ajibarang puskesmas akreditasi utama puskesmas ancol puskesmas arjuno puskesmas aren jaya bekasi puskesmas astana anyar puskesmas beji puskesmas buka jam berapa puskesmas blok o puskesmas bogor timur puskesmas bintaro puskesmas bojong gede puskesmas benhil puskesmas bekasi puskesmas bogor tengah puskesmas benda baru puskesmas bogor utara puskesmas balaraja puskesmas babelan puskesmas bogor selatan puskesmas bojongsari puskesmas bandung puskesmas bambu apus puskesmas berada di wilayah puskesmas bendungan hilir puskesmas bantar gebang


Blogger kesehatan juga diperkenalkan dengan layanan yang ditangani di puskesmas Halmahera, ada laanan pojok gizi, layanan klink laktasi dan lain-lain insyaAllah di sini komplit. Mengenai jadwal pelayanan puskesmas Halmahera sendiri Senin sampai Sabtu, Sabtu ini jatuh pada siang hari dan IGD serta rawat inapnya jatuh 24 jam.

Dr. Fina selaku perwakilan dari Dinkes kota Semarang menyampaikan jika visi dari Dinas Kesehatan kota Semarang adalah, terwujudnya kesehatan terbaik Se-Jawa Tengah. Karena kota Semarang telah memiliki 37 puskesmas tersebar, meski belum merata tetapi dinkes kota Semarang telah memersiapkan Pustu (Puskesmas Pembantu).

Kerennya lagi sudah ada Ambulance Hebat lho di Semarang ini, ada 5 ambulan hebat yang bida dihubungi dengan gratis 24 jam, tentuny akan dipilih dari tingkat kegawatdaruratannya sehingga harus dilarikan dengan cepat. Ambulan hebat ini gratis tis, apalagi yang udah punya BPJS, jadi jangan takut apabila menemui kondisi kegawatdaruratan. Blogger kesehatan juga diajak berkunjung ke semua ruangan yang ada di puskesmas Halmahera, lengkap dan komplit apalagi pengunjungnya udah bejibun aja makin siang makin rame.

Sesi materi di The Wujil Resort & Conventions Ungaran


hidup sehat hidup sehat adalah hidup sehat tanpa rokok hidup sehat ala rasulullah hidup sehat tanpa narkoba hidup sehat ibu hamil hidup sehat tanpa obat hidup sehat dengan olahraga hidup sehat tanpa merokok hidup sehat dengan makanan dan minuman yang halal serta bergizi hidup sehat alami hidup sehat cara hembing hidup sehat fisik dan psikis hidup sehat dan bersih hidup sehat ala nabi muhammad hidup sehat tv one hidup sehat ala anak kos hidup sehat dan awet muda hidup sehat menurut alkitab hidup sehat dan bahagia hidup sehat agar cepat hamil hidup sehat ala hughes hidup sehat ala ade rai hidup sehat ala yohanes sunardi hidup sehat ala hembing hidup sehat adalah pilihan hidup sehat agar awet muda hidup sehat ala rasulullah saw menu hidup sehat awet muda hidup sehat ala dokter hidup sehat ala herbalife hidup sehat artinya hidup sehat ala militer hidup sehat ala dr tan shot yen hidup sehat ala jokowi


"Apa yang ada dipikiran anda mengenai puskesmas?" ucap bapak Dr. Widyono. MPH Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang. Bebagai jawaban diutarakan dari meja ke meja.

Paradigma hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari juga dijabarkan oleh bapak Widyono, dari cuaca yang bisa menyebabkan penyakit menular, gizi, lingkungan sehat, kesehatan Ibu dan Anak dan berapa banyak rumah sakit, puskesmas, apotik, klinik berserta tenaga perawat atau dokter dan bidan yang ada di kota Semarang.

Apa itu PIS-PK?

Program Indonesia sehat dengan Pendekatan Keluarga ini adalah singkatan dari PIS-PK dimana salah satu caranya adalah meningkatkan jangkauan sasaran dengan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerja dengan langsung mengunjungi keluarga. Biasanya dilakukan oleh puskesmas, dimulai dari pendataan profil kesehatan keluarga lewat kunjungan ke rumah-rumah.

Sasaran PIS-PK sendiri adalah keluarga yang telah menempati wilayah lebih dari 6 bulan di kota Semarang, baik itu anak kost, pendatang yang lebih dari 6 bulan tinggal. Harapannya peran serta masyarakat ini, bisa lebih mengatasi masalah kesehatan dan bersama-sama melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Terlebih pada tahun 2019 ini, semua masyarakat Indonesia harus telah memiliki KIS (Kartu Indonesia Sehat) / BPJS.

Upaya penurunan angka kemarian Ibu (AKI) dan implementasi Germas hidup sehat di kota Semarang

Materi yang dibawakan oleh ibu Pur ini, menyoal investasi pada kesehatan Ibu dan Anak. Dimana menyelamatkan kehidupan ibu hamil berarti menyelamatkan bayi dalam kandungannya. Bila kesehatan ibu dan anak baik, berarti sistem kesehatannya juga akan berjalan dengan baik pula.

Kasus kematian Ibu berdasarkan penyebab kematian di kota Semarang ini dari tahun pertahun semakn naik, biasanya disebabkan oleh pendarahan, eklamsi, sepsis, penyakit dan lain-lain.

"Seorang wanita, sebelum hamil jika memiliki riawayat penyakit sebaiknya disembuhkan dahulu penyakitnya," tutur bu Pur dalam seminar mengenai kasus kematian Ibu. Ini agar anak yang ada dalam kandungannya nanti bisa lahir dengan sehat dan berkehidupan dengan baik. Karena banyak sekali kasus, ada ibu-ibu telah bermur 30 tahun, eh sudah 7x melahirkan anak. Coba dihitung umur berapakah dia menikah?

Wujudkan GERMAS yuk!

Gerakan masyarakat sehat harus dimulai dari diri sendiri dahulu, tentunya dengan peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, pangan yang sehat, peningkatan penyegahan deteksi dni penyakit, kualitas lingkungan harus diperhatikan dan edukasi hidup sehat.

Fokus kegiatan germas bisa dimulai dari, melakukan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah, memeriksakan kesehatan. Dan blogger kesehatan tidak luput dari tes kesehatan juga lho. Setelah sesi pengecekan gula darah, tensi dan kolesterol, pagi harinya blogger kesehatan juga dapat tes kesehatan dengan metode Rockport.

Metode Rockport ini dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang, ketika melakukan latihan fisik seperti jogging, lari, atau jalan cepat. Yang perlu ditekankan dalam melakukan metode ini, kalau udah lari ya lari terus, jalan ya jalan, agar bisa dilihat keseimbangannya. Karena kebugaran seseorang bisa dilihat dari tes ini, dan ternyata saya masih masuk dalam taraf yang kurang bugar, hiks heheh ...

Maka untuk menjaga kesehtan, ada polanya lho yang disingkat dengan CERDIK, ialah :

C, cek kesehatan secara berkala
E, enyahkan asap rokok
R, rajin aktivitas fisik
D, diet seimbang
I, istirahat cukup
K, kelola stres

Jadi dimulai dari sekarang harus menjaga kebugaran ya gaes! Konsumsi makanan sehat, biasakan perilaku hidup bersih dan ingat pertahankan terus kesehatan dan kebugaran dengan terus-menerus.

BPJS bpjs ketenagakerjaan bpjs ketenagakerjaan online bpjs adalah bpjs pensiun bpjs checking bpjs kesehatan admin bpjs kesehatan karir bpjs mobile bpjs karir bpjstk mobile bpjs ketenagakerjaan cek saldo bpjs kesehatan call center bpjs rawamangun bpjs depok bpjs ketenagakerjaan adalah bpjs mandiri bpjs pcare bpjs call center bpjs kesehatan jakarta selatan bpjs kelas 1 bpjs admin bpjs anak bpjs artinya bpjs apk bpjs askes bpjs adalah pdf bpjs alfamart bpjs anak baru lahir bpjs arti bpjs anak pns bpjs aplikasi bpjs aktif bpjs atau kis bpjs android bpjs asuransi bpjs askes pns bpjs apakah wajib bpjs ada berapa macam bpjs ada 2 bpjs bandung bpjs bogor bpjs bekasi bpjs bangkrut bpjs bayi baru lahir bpjs bintaro bpjs bisa untuk melahirkan bpjs bsd bpjs badan usaha bpjs bandung barat bpjs bisa dicairkan bpjs bank mandiri bpjs batu ceper bpjs bca bpjs buka jam berapa bpjs bpu bpjs bogor kota bpjs baru bpjs bermasalah bpjs bumn

Salam GERMAS! Sehat, bugar dan Produktif!


1 comment:

  1. Ambulance hebat keren ya mbak,di Kendal kok kayaknya belum ada ya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat