Monday, 18 December 2017

Kiat-kiat Mengunakan Catok Rambut untuk Mempercantik Penampilan


Rambut panjang tergerai dan lurus, masih banyak dijadikan model untuk wanita tampil secara feminin. Tatanan rambut panjang ini juga menampikan sisi anggun, seorang wanita. Lihat saja para bintang iklan shampoo, yang sering kali menggambarkan rambut panjang mereka.

Pada salon-salon kecantikan, smoothing menjadi pilihan yang best seller. Padahal teknik smoothing sendiri sangat simple, hanya bermodalkan catok rambut. Dan biasanya catok rambut hanya dipergunakan untuk meluruskan rambut saja, padahal catok rambut bisa dialih fungsikan menjadi berbagai macam gaya rambut.

Tetapi dalam menggunakan catok rambut, jangan terlalu sering karena bisa membuat rambut menjadi rusak. Namun apabila kita menggunakan catok rambut dengan cara yang benar, kerusakan pada rambut bisa diminimalisir. Harga catok rambut pun terbilang, cukup murah jadi sebaiknya melakukan perawatan sendiri di rumah dan kita perlu memerhatikan kesalahan-kesalahan apa yang sering dilakukan ketika memakai catok rambut, seperti berikut:

Jangan mencatok rambut yang basah

Pastikan dahulu rambut anda bersih, karena rambut yang kotor akan sukar dicatok. Mengapa? Karena sudah terlalu banyak berminyak dan rambutnya jadi kaku. Apalagi mencatok rambut dalam keadaan basah, itu sama halnya dengan kita menyetrika baju yang belum kering. Alhasil folikel rambut malah jadi rusak, dan lama-kelamaan rambut anda akan menjadi rapuh.

Jangan mencatok dengan suhu yang tinggi

Jangan karena kita terburu-buru, lantas menggunakan catok rambut dengan suhu yang tinggi agar menghemat waktu dan rambut cepat lurus. Salah besar, bukannya rambut jadi cepat lurus justru sebaliknya rambut akan jadi rusak.

Dalam mencatok rambut, kita harus menyesuaikan suhu dengan ketebalan rambut anda. Jika rambutnya tipis, gunakannya suhu dengan pilihan yang medium dan seterusnya di sesuaikan dengan volume rambut anda.

Jangan menggunakan heat protector serum

Bagaimana dengan penggunaan heat protector serum semacam vitamin rambut, leave on conditioner atau combing serum? Nah gunakan sebelum anda mencatok rambut. Karena  heat protector ini akan melindungi batang rambut, dari terpaan panas catokan rambut. Jadi dengan begitu rambut anda, tidak akan terekspos langAsung terkena suhu yang tinggi.

Jangan tidak menyisir rambut

Perlu diperhatikan dalam menyisir rambut ini, lakukan sebelum mencatok rambut. Dan bagilah beberapa bagian dalam menyisirnya, sehingga tidak ada satu pun batang rambut yang bergerombol seperti terbelit-belit.

Nantinya anda akan lebih mudah mencatok rambut, jika mengaplikasikan dengan menyisir terlebih dahulu.  Anda juga akan lebih mudah dalam mencatok rambut, anda juga tidak memerlukan penjepit rambut atau mencatoknya berkali-kali agar rambut anda lurus sempurna.

Jangan lupa untuk membersihkan alat catok

Kadang kala kita lupa untuk merawat alat yang kita gunakan sehari-hari, termasuk merawat alat catok rambut ini. Anda harus rajin membersihkannya, apalagi kalau setiap hari anda menggunakannya untuk meluruskan rambut. Mengapa? Karena lempengan besi pasa catokan rambut yang anda gunakan, ada residu di dalamnya karena terkena produk-produk perawatan rambut yang digunakan. Oleh sebab itu, kotoran yang menumpuk dan bercampur ini jika tidak dibersihkan akan, membuat rambut anda rusak baik dari dalam maupun dari luar.

Cara membersihkan alat catok rambut ialah sangat sederhana. Ambil tisu atau kapas, lalu basahi dengan air dan keringkan. Cukup mudah bukan? Rambut dan  catok rambut tetap terjaga kebersihannya, dan rambut idaman pun anda miliki dengan menawan hanya bermodal catokan. 

4 comments:

  1. rambutku kebanyakan diikat karet, sekarang jadi bergelombang, mungkin ini saatnya aku bituh cathok rambut

    ReplyDelete
  2. bermanfaat sekali bagi saya yang belum pernah pakai catok mbak, trima kasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah nyoba dulu banget, panas nggak berani coba lagi hahahah itu nyoba juga di salon kalo abis creambath rambutnya dicatok rapi.

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat