Friday, 24 November 2017

Waspada Hamil Anggur atau Hamil Kosong


hamil anggur hamil anggur usg hamil anggur pdf hamil anggur apakah bisa hamil lagi hamil anggur di usg hamil anggur nama medis hamil anggur menurut islam hamil anggur pada kucing hamil anggur disebut hamil anggur dan hamil kosong hamil anggur pada anjing hamil anggur bahasa medis hamil anggur parsial hamil anggur ada detak jantung hamil anggur ciri hamil anggur ciri2 hamil anggur harus dikuret hamil anggur itu gimana hamil anggur dalam bahasa inggris hamil anggur ganas hamil anggur dalam islam hamil anggur adalah hamil anggur apa sih hamil anggur atau hamil kosong hamil anggur adalah pdf hamil anggur apakah harus dikuret hamil anggur apa itu hamil anggur anjing hamil anggur atau diluar kandungan hamil anggur apa ya hamil anggur atau mola hidatidosa hamil anggur itu apa sih penyebab hamil anggur adalah hamil anggur itu apa hamil anggur bahaya atau tidak hamil anggur bertahan sampai berapa bulan hamil anggur bertahan berapa bulan hamil anggur bisa bertahan berapa bulan hamil anggur bisa hamil lagi hamil anggur bisa melahirkan normal hamil anggur berbahayakah hamil anggur bertahan berapa lama hamil anggur bisa sembuh hamil anggur berbahaya atau tidak hamil anggur berbahaya hamil anggur bisa terulang hamil anggur bahaya hamil anggur bisa menyebabkan kematian hamil anggur berulang hamil buah anggur hamil bayi anggur hamil makan anggur boleh tidak kapan hamil anggur bisa terdeteksi


Waspada Hamil Anggur atau Hamil Kosong - Istilah hamil anggur, baru saya ketahui setelah saudara saya selesai melakukan operasi. Kejadiannya berlangsung sangat cepat, ketika itu saya mendapatkan kabar via chat whatsApp dari saudara bahwa ia selesai USG. Sang dokter mengungkapkan jika calon bayi dalam kandungannya, telah berhenti berdetak. "Inalillahiwainnailaihirojiun", kalimah tarji begitu saja muncul dari bibir saya. "Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah, dan kepada Allah jualah kami kembali."

Saya berharap calon bayi saudara saya masih bisa terselamatkan, dia juga berpesan agar saya lekas melakukan USG setelah mengetahui jika ada kehamilan nantinya. Saya browsing dan cari informasi sana-sini, saya tidak ingin calon bayi tersebut divonis telah meninggal pasti ada perbandingan di tempat dokter lainnya, karena kasus serupa seringkali terjadi.

Keesokkan harinya saudara saya melakukan USG di rumah sakit berbeda, dan Alhamdulillah ada kabar baik jika janin masih berdetak. Tetapi mereka disuruh konsultasi 2 minggu lagi, namun belum genap 2 minggu perut saudara saya kambuh ia merasa kesakitan dan kembali berkunjung ke rumah sakit kemarin. Hasilnya vonis janinnya tidak berkembang telah jatuh telak, proses operasi dan pengurusan BPJS segera di urus.

Karena tiket kereta saya kebagian siang, akhirnya saya tidak bisa mendampingi saudara operasi. Saya menjumpainya setelah operasi, itupun karena hujan yang menderas membuat saya urung menerjang badai karena lokasi yang akan saya lewatipun terkena banjir dan macet parah. Setelah melihat kondisinya, hati saya tenang dia pun terlihat sumringah ketika para sahabatnya menjenguk dan melontarkan beberapa candaan yang mengundang tawa. Aih ... dia memang selalu di kelilingi dengan orang-orang yang baik dan menyayanginya. Allhamdulillah.

Semoga ujian kehilangan ini bisa mendewasakannya dan menambahkan keimanan kepada Allah SWT karena Dialah Sang Maha Pemilik segalanya yang ada di bumi. Terlepas dari ujian tersebut saya percaya bahwa sebenarnya Allah sayang sekali dengan dia.

Mengenai hamil anggur atau hamil kosong

Saudara saya bilang jika dokter memberitahunya bahwa, kehamilan gagal yang dialaminya ialah hamil anggur. Dimana sel telur yang telah dibuai, tidak mampu berkembang dengan baik. Jika dilihat dari tanda-tanda hamil anggur, saudara saya sama sekali tidak merasakan apa-apa hanya perutnya yang tidak membesar padahal sudah usia 21 minggu.

Tanda-tanda hamil anggur seperti:

·       Pendarahan yang keluar dari vagina di trisemester pertama
·       Keluarnya kista dari vagina dengan bentuk menyerupai anggur
·       Mual dan mutah yang sangat parah serta nyeri di tulang panggul.

Dokternya pun bilang hamil anggur atau hamil kosong ini, biasanya tidak disadari oleh yang sedang mengalaminya. Calon bayi atau janin yang tidak berkembang (fetus) ini kalah dengan sekumpulan jaringan abnormal, yang kata dokter dikenal dengan nama 'mola'. Mengenai risiko yang akan terjadi setelah melakukan operasi kuret ini, hasil yang keluar dari rahim masih dites di laborat.

Penanganan pasca operasi

Operasi pengangkatan jaringan abnormal atau mola ini, sudah dilakukan melalui kuret. Kata saudara saya,  "Setelah dibius aku kayak tidur mba, bangun-bangun sudah selesai", ucapnya lega dengan berbagai hal yang sebelumnya dipikirkan mengerikan. Saya pun sempat beranggapan jika perutnya akan di bedah, hehehe ... Alhamdulillahnya ternyata operasinya terbilang cepat hanya 20 menitan.

Proses setelah operasi ini dia sama seperti seorang ibu yang baru saja melahirkan, melalui masa nifasnya 40 hari. Saya mohon doanya ya sahabat blogger, agar saudara saya dapat pulih kembali seperti semula. Karena dalam waktu 3 bulan ini, dokter tidak menyarankan dahulu untuk hamil lagi. Semoga hasil tes laboratorium juga tidak bermasalah apapun aamiin.


Salam

10 comments:

  1. aamiin.

    kalau aku dulu hamilnya kembar mba tapi salah satunya tidak berkembang. Alhamdulillah janin yg satunya masih bisa terselamatkan. sekaranb anaknya udah 15bln ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Teh, ya Allah selalu kuat ya teh dan debaynya.

      Delete
  2. Semoga saudaranya segera pulih ya, bisa semangat lagi juga. aamiin...

    ReplyDelete
  3. Semoga lekas pulih ya saudaranya. Temanku juga pernah begini sampai 2x. Semoga diganti Allah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  4. Lekas sehat dan pulih ya Mbak, untuk saudarinya. Seneng ya, saudara dan sahabat memghibur dalam kondisi yang bisa dibilang membutuhkan keikhlasan dan kesabaran juga. Sehat selalu y

    ReplyDelete
  5. Semoga cepat pulih dan sehat kembali saudaranya ya mbak. Dan semoga kehamilan berikutnya sehat dan lancar.

    ReplyDelete
  6. Semoga cepat sembuh untuk saudarane sampeyan mbak. Aku juga baru tahu apa itu hamil anggur tadi malam pas curhat sama sepupu. Kakak ipar saya pun juga pernah mengalami hamil anggur.

    ReplyDelete
  7. Kalau liat gambarnya yang atas itu yg ungu2 kyk anggur itu jaringan mola ya mbak?

    Aamiin semoga saudaranya lekas pulih kembali.

    ReplyDelete
  8. Mamaku pernah alami ini, mba. Dan adik iparku baru saja di kuret karena hamil anggur

    ReplyDelete
  9. Semoga saudaranya bisa lekas pulih ya mbak, aminnn..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat