Saturday, 30 September 2017

Mau Berlibur ke Alor? Simak Dulu Tips Wisata Berikut Ini!


sumber:alor-diving-kepa.com
Mengingat keindahan alam Indonesia yang seakan tidak ada habisnya. Ya, sangat rugi jika kalian mengaku cinta negara ini tapi tidak melihat langsung keindahan daerah-daerah di Indonesia, seperti ke daerah di Nusa Tenggara Timur ini, yakni Pulau Alor. Akan menjadi menyenangkan saat berlibur ke tempat-tempat yang jauh dari kota asal, kalau dari Batang ke Alor, seberapa jauh ya?
Eits, tapi jangan terburu-buru dahulu, karena Pulau Alor lokasinya cukup jauh, tidak ada ruginya jika kalian mempersiapkan segalanya dengan rinci, seperti waktu, alat transportasi, dan budget. Ingin tahu tips-tips berkunjung ke Pulau Alor? Tenang! Beberapa tips sudah kami siapkan khusus untuk kalian. Apa saja itu? Yuk langsung saja diintip.
Datang di Saat Yang Tepat
Yup, meskipun untuk berlibur bisa kapan saja dan ke mana saja, tapi gak ada ruginya loh kalian cari informasi terlebih dahulu tentang kondisi cuaca di tempat yang kalian akan tuju nantinya. Tidak terkecuali wisara ke Pulau Alor. Akan sangat disayangkan jika kalian jauh-jauh ke Pulau Alor tapi tidak bisa menikmati semua keindahan alamnya karena cuaca yang ridak mendukung.
alor javabackpacker.blogspotcom.jpeg
sumber:javabackpacker.blogspot.com
Dan waktu yang tepat bagi kalian untuk berkunjung ke Pulau Alor adalah pada bulan Maret hingga November. Pasalnya, kondisi perairan di Pulau Alor sangat pas diselami saat bulan-bulan tersebut. Berbeda jauh saat bulan Oktober hingga februari, jangankan kalian, ikan yang biasa berenang di laut aja banyak yang “mabuk” saat bulan tersebut.
Transportasi
Salah satu hal yang wajib dipikirkan dengan baik sebelum melakukan perjalanan yakni transportasi. Untuk menuju ke Pulau Alor sendiri, sudah banyak moda transportasi yang bisa kalian pilih, salah satunya adalah pesawat terbang. Maskapai penerbangan seperti Nam Air sudah membuka rute menuju ke Pulau Alor.
Pertama-tama, kalian akan diantar oleh Nam Air dari Bandar Udara Soekarno Hatta menuju ke Bandar Udara El Tari di Kota Kupang. Masih dengan Nam Air, dari Kota Kupang kalian akan langsung diterbangkan menuju ke Bandar Udara Mali di Alor.
Atau kalian bisa menggunakan kapal sebagai alternative transportasi dari Kupang menuju Alor.
Destinasi Wisata
thebridedeptcom alor.jpg
sumber:thebridedept.com
Untuk yang satu ini pasti kalian sudah menyiapkan keinginan jauh-jauh hari. Terdapat 42 spot utuk menyelam di Pulau Alor. Tidak hanya keindahan bawah lautnya saja yang menakjubkan, destinasi wisata lain juga tidak kalah menariknya loh. Kalian bisa mengunjungi desa adat Takpala untuk melihat pertunjukan tari Lego-lego, atau menuju ke museum 1000 Moko yang menyimpan banyak benda bersejarah dari Pulau Alor.
Tempat Menginap
Ada beberapa penginapan yang bisa kalian pilih saat mengunjungi Pulau Alor, seperti hotel bintang tiga, homestay, atau dive resort. Tapi untuk kalian yang ingin mendapatkan pengalaman seru, cobalah untuk menginap di rumah desa adat, selain harganya yang terjangkau, kalian bisa mendapati diri kalian berbaur bersama masyarakat adat setempat. Kalian bisa memasak di dapur warga, makan kuliner warga lokal, dan juga membuat aneka kerajinan tangan.
Kuliner
kuliner-kue-rambut wisata.nttprov.go.id.jpg
sumber:wisata.nttprov.go.id
Dikarenakan lokasinya yang dikelilingi pantai, Alor menjadi surga bagi kalian yang gemar makan seafood. Kalian bisa menikmati aneka sajian seafood di banyak resort yang ada di Pulau Alor. Namun untuk kalian yang ingin merasakan cita rasa lokal, cobalah untuk menikmati kuliner khas Alor seperti jagung titi, ikan kuah asam, sayur bunga pepaya, kue rambut, jagung bose, dan ubi jantung pisang. Percaya deh, lidah dan perut kalian akan dimanjahkan kelezatan kulinernya,

Itulah beberapa tips yang bisa kalian siapkan sebelum melakukan perjalanan ke Pulau Alor bersama Nam Air. Selamat berlibur!

16 comments:

  1. Semoga bisa kesampaian nih saya ke Pulau Alor.amin YRA

    ReplyDelete
  2. Aduh pantainya cantik banget mbak.. Mesti ke sini nih kapan-kapan.. ^^

    ReplyDelete
  3. Aku mupeng!
    Jadi mau juga ke Pulau Alor. Duh cantik banget sih Indonesia ini. Mau ke semua tempat aku.
    Nam Air ini kayanya mulai mengembangkan sayap di Indonesia ya, Mbak. Aku baru tahu Nam Air lebaran kemarin ada rute langsung ke Banyuwangi. Blom naiknjuga sih, karena blom jadi mudiknya.

    ReplyDelete
  4. Pulau Alor cantik banget ya mbak. Kelihatannya masih alami. Semoga ada rezeki kapan-kapan bisa main ke sana.

    ReplyDelete
  5. Saya punya teman yang suaminya org Alor, sering pamer2 foto dan makanan kalau lagi ada di sana. Lihat pemandangannya aja udah bikin pengen ke sana :D

    Iya kalau ke Alor datang pas musim kemarau kali ya, supaya bisa menikmati lautnya :D

    TFS

    ReplyDelete
  6. Itu makanan namanya apa, Nyi?
    Kue rambut?

    Geli ngliatnya yaa...tapi mungkin rasanya manis-manis endess...
    Nyii ahh....baper aku lihat postinganmu seputar liburan.
    Haahhha....

    **syirik sama pengantin baru

    ReplyDelete
  7. Belum pernah ke Pulau alor tapi pengen juga yaa ke sana

    ReplyDelete
  8. yang coklat segitiga itu makanan apa? iya nih akhir tahun laut kurang oke karena ombak gede dan musim hujan.

    ReplyDelete
  9. Makan seafood di sini pasti segar-segar deh. Diuuhh ngebayanginnya langsung ngiler

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat