Wednesday, 12 July 2017

Manfaat Nyemil Buah Kurma

buah kurma untuk ibu hamil


Nyipenengah.com - Kurma, tanaman palma dari genus Phoenix ini rasanya manis. Setiap bulan Ramadhan penjualan kurma di toko-toko semakin melonjak, jika biasanya beberapa toko hanya menyediakan setoples. Di bulan puasa kurma yang dijual memiliki banyak pilihan.

Saya termasuk pecinta kurma, buah yang datangnya dari timur tengah ini memiliki tinggi pohon sekitar 15-25 m. Nutrisi dalam buah kurma ternyata banyak, ada niasin, folat, thiamin, riboflavin dan lain-lain. Buah kurma juga baik untuk ibu hamil, ada kandungan hormon oksitosin yang mampu menolong, dalam mengurangi pendarahan ketika melahirkan. Sari buah kurma juga baik, mengembalikan keadaan ibu pasca melahirkan. Hmmm ... banyak sekali ya manfaatnya. Dan ternyata ada 1,400 jenis buah kurma di seluruh dunia.

Buah kurma di Indonesia yang sering saya jumpai ada beberapa dan saya paling suka yang kurma madu dan kurma dengan brand palm'fruit. Hehehe ... gaya banget, padahal kalo keuangan lagi seret belinya yang kurma kiloan juga.

Kurma madu

Bentuknya bulet lonjong dan penampakannya licin seperti dibalur madu. Warnanya cokelat tua, kalau digigit manis dan lembut teksturnya. Paling suka deh, waktu mau buka sama nutup sahur dengan kurma madu. Semacam, pencuci mulut hehehe ... biasanya makan 3-5 tergantung kuat makan manisnya.

Palm'fruit

Kurma palm fruit termasuk jenis kurma runisia. Bentuknya lonjong, dagingnya kering, lembut dan masih menempel dengan tangkainya. Katanya nih, palm'fruit memiliki julukan ratu dari segala macam kurma. Memang sih, rasanya emang beda dari kurma kebanyakan. Kering, rasa madunya enak.

Kurma kering dengan kulit membuka

Buah kurma yang ini, aku agak nggak suka hehehe ... kalo makan kulitnya itu agak keras sih. Jadi malah ribet ngilangin kulitnya. Biasanya ngincipin kurma beginian cuma sekali, dua kali. Lebih milih harganya lebih tinggi dikit tapi nggak ribet biar langsung emplok hahaha ...

Manfaat buah kurma


Apa sih sebenarnya keuntungan dan manfaatnya kalau makan buah kurma? Ya, minimal sehari dua kali kalau ada.


  • Manfaat yang pertama, buah kurma bisa mengurangi risiko penyakit stroke. Kurang lebih 39 % kalium di dalamnya.
  • Manfaat yang kedua, serat pada buah kurma membantu melarutkan pencernaan.
  • Manfaat yang ketiga, magnesium yang ada pada kurma, dapat mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Manfaat yang keempat, ada fosfor dalam buah kurma yang diperlukan untuk memperkuat otak manusia.
  • Manfaat yang kelima, buah kurma memiliki zat besi yang bisa mencegah anemia dan beberapa manfaat lainnya.


Teman kerja aku, Oky malah kurang suka dengna buah kurma. Katanya kemanisan, soalnya dia kurang suka dengan makanan manis. Padahal ada segudang manfaat buah kurma buat tubuh manusia.

Oh iya, buah kurma juga bisa direndam dengan air semalaman sebelum mengkonsumsinya. Kira-kira selama 12 jam, dengan wadah tertutup. Air naqi (infused water) kurma ini, menjadi minuman kegemaran Rasulullah lho.

Khasiatnya apa sih?

Infused water dari buah kurma ini, bisa membuang kelebihan asam di perut tubuh manusia dan mampu memulihkan sistim pencernaan. Air kurma ini juga membantu menyingkirkan toksin yang berbahaya dalam tubuh kita, semacam detox alami.

“Sesungguhnya minuman yang paling disukai oleh Rasulullah ﷺ adalah Al Hulwa Al Barid (minuman manis yang dingin).” (H.R. Tirmidzi)

Jadi makin cinta deh sama buah kurma. Kalau kamu suka buah kurma nggak?

Salam



15 comments:

  1. Aku plg suka kurma yg dibawa Bonyok waktu pulang umroh macam kiloan gitu, tp manisnya pas dan enak, karena susah nyarinya di indonesia dan gtw juga jenisnya pilihan selanjutnya palm fruit, rasanya mendekati

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kelet lengket jadi satu itu bukan ya?
      Hehehe kemarn saudara bawa itu juga, tapi belum sempet ngincipin. Males lengketnya hahaha.

      Delete
  2. Aku nggak begitu suka Nyi. Mau tapi pilih2. Kemarin dikasih mbakku habis umrah enak bange. Beda dari yg pernah aku icip2. Memang kurma banyak manfaatnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kurma tapi rasanya beda-beda yo mBa :-D

      Delete
  3. Waktu Ramadhan kemarin, aku juga nyoba bikin infused water dengan bahan kurma untuk sahur. Ternyata bisa meningkatkan vitalitas juga. Seharian puasa nggak bikin lemes, padahal cuma sahur dengan itu saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh kece, berarti emang udah terbukti kan ya mba Nov, aih jadi pengen bikin ah tar malam. Besok pagi di minum.

      Delete
  4. Selain bisa dimakn gitu aja, ternyata mnfaat buah kurma bnyak juga ya

    ReplyDelete
  5. Saya suka kurma Nyi, terutama yang palmfruit dari Tunisia itu. Enak tapi memang lumayan mahal sih, tapi tetap enak dan alhamdulillah masih bisa beli meskipun cuma yang 500gram. Dan itu saya habiskan sendiri, hihi..

    ReplyDelete
  6. seneng emang kalau makan kurma, bukan gaya sok arab sihhh tapi emang enak kok banyak manfaatnya pula bagi kesehatan. heeee

    ReplyDelete
  7. Ternyata banyak banget zaaa manfaat kurma tersebut, sayangnya cuma bisa makan kurma saat puasa dan waktu ziarah haji saja

    ReplyDelete
  8. Paling enak kurma palm fruit karena masih ada tangkainya juga kering 😀

    ReplyDelete
  9. saya gak suka kurma. Tapi anak pertama saya suka ma kurma. Dan harus Palm Fruit kuramanya :)

    ReplyDelete
  10. Papaku paling happy deh kalo udah dibeliin kurma :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat