Thursday, 13 July 2017

Terapkan Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Bermedia Sosial




Nyipenengah.com - Semarang, Kemkominfo menjadi tuan rumah dalam acara Flash Blogging, di Hotel Santika Premier mengadakan diskusi bersama dengan tema Menuju 72 Tahun RI, Kerja Bersama-Bersama Kerja. Dengan menggandeng Blogger yang ada di Jawa Tengah, Kamis 13 Juli 2017 Flash Blogging berjalan meriah. 

Surprisenya lagi di sela-sela acara yang rencanannya bapak Mentri Rudiantara batal hadir tiba-tiba muncul menghebohkan suasana. Tak pelak jepretan kamera, rekaman kamera terpusat kepada beliau. Hmm ... apa saja yang dipesankan beliau kepada kami? Bocorin nggak ya? hahaha ... 

Acara pertama ialah sambutan dari bu Evi Sulistyani, kemudian di susul oleh bapak Deden, lantas oleh nara sumber acara. Ialah pak Heri Santoso, dosen UGM dan pak Wicaksono yang lebih dikenal dengan nama Ndorokakung. Beliau termasuk sesepuhnya dalam menulis, bermedia sosial dan menulis dalam media cetak. Ajib banget Ndorokakung satu ini, sharing yang diberikan pun membuat semangat ini menjadi berkorbar. 

Pak Heri Santoso menyampaikan kepada kami, soal pembahasan mengenai Implementasi Pancasila Sebagai Dasar Negara. Beliau juga menggaris bawahi, jika seorang penulis atau blogger siapapun yang menyampaikan karya lewat tulisan haruslah menulis soal, 'kebenaran', dan yang kedua 'menarik dan dapat diambil kebermanfaatannya'. Bener banget yang beliau sampaikan, jika seorang penulis menyampaikan kebohongan lewat tulisan atau sebuah karya, kebohongan itu hanya akan menyelematkannya sementara tetapi akan menghancurkannya selamanya.

Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara dalam Bermedia Sosial


Hasil Kongres Pancasila VII di UGM 31 Mei- 1 Juni 2016, pada butir 13 disebutkan, " Nilai Pancasila harus didirikan dan ditegakkan, bingkai yang dapat mendirikan dan menegakkan adalah UUD 1945, budaya dan pencegahan interversi asing." Begitu yang disampaikan pak Heri, beliau juga mengingatkan tantangan yang harus diwaspadai oleh kita. 

Ialah soal merealisasikan, cita-cita, dasar dan tujuan menyoal falsafah hidup bangsa mengenai Pancasila. 

Dan yang kedua Ndorokakung membagikan soal bagaimana mencari ide, biar nggak buntu, biar sebuah konten bisa terlihat menarik dan tidak membuat pembacanya bosan.  Yang jelas acara Flash Blogging ini membuat blogger semangat berkarya dan ingin meberikan konten yang positif tanpa kebohongan.


Mau tau resep konten menarik dari Ndorokakung?

  • Bercerita tentang manusia
  • Konten visual yang kuat : images, infografik, videos, presentasi
  • Kalimat pembukaan yang menggoda pada artikel panjang
  • Konten yang mudah dibaca dan dipahami
  • Ada ajakan untuk berbuat



Video keseruan #FlashBlogging




Wednesday, 12 July 2017

Manfaat Nyemil Buah Kurma

buah kurma untuk ibu hamil


Nyipenengah.com - Kurma, tanaman palma dari genus Phoenix ini rasanya manis. Setiap bulan Ramadhan penjualan kurma di toko-toko semakin melonjak, jika biasanya beberapa toko hanya menyediakan setoples. Di bulan puasa kurma yang dijual memiliki banyak pilihan.

Saya termasuk pecinta kurma, buah yang datangnya dari timur tengah ini memiliki tinggi pohon sekitar 15-25 m. Nutrisi dalam buah kurma ternyata banyak, ada niasin, folat, thiamin, riboflavin dan lain-lain. Buah kurma juga baik untuk ibu hamil, ada kandungan hormon oksitosin yang mampu menolong, dalam mengurangi pendarahan ketika melahirkan. Sari buah kurma juga baik, mengembalikan keadaan ibu pasca melahirkan. Hmmm ... banyak sekali ya manfaatnya. Dan ternyata ada 1,400 jenis buah kurma di seluruh dunia.

Buah kurma di Indonesia yang sering saya jumpai ada beberapa dan saya paling suka yang kurma madu dan kurma dengan brand palm'fruit. Hehehe ... gaya banget, padahal kalo keuangan lagi seret belinya yang kurma kiloan juga.

Kurma madu

Bentuknya bulet lonjong dan penampakannya licin seperti dibalur madu. Warnanya cokelat tua, kalau digigit manis dan lembut teksturnya. Paling suka deh, waktu mau buka sama nutup sahur dengan kurma madu. Semacam, pencuci mulut hehehe ... biasanya makan 3-5 tergantung kuat makan manisnya.

Palm'fruit

Kurma palm fruit termasuk jenis kurma runisia. Bentuknya lonjong, dagingnya kering, lembut dan masih menempel dengan tangkainya. Katanya nih, palm'fruit memiliki julukan ratu dari segala macam kurma. Memang sih, rasanya emang beda dari kurma kebanyakan. Kering, rasa madunya enak.

Kurma kering dengan kulit membuka

Buah kurma yang ini, aku agak nggak suka hehehe ... kalo makan kulitnya itu agak keras sih. Jadi malah ribet ngilangin kulitnya. Biasanya ngincipin kurma beginian cuma sekali, dua kali. Lebih milih harganya lebih tinggi dikit tapi nggak ribet biar langsung emplok hahaha ...

Manfaat buah kurma


Apa sih sebenarnya keuntungan dan manfaatnya kalau makan buah kurma? Ya, minimal sehari dua kali kalau ada.


  • Manfaat yang pertama, buah kurma bisa mengurangi risiko penyakit stroke. Kurang lebih 39 % kalium di dalamnya.
  • Manfaat yang kedua, serat pada buah kurma membantu melarutkan pencernaan.
  • Manfaat yang ketiga, magnesium yang ada pada kurma, dapat mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Manfaat yang keempat, ada fosfor dalam buah kurma yang diperlukan untuk memperkuat otak manusia.
  • Manfaat yang kelima, buah kurma memiliki zat besi yang bisa mencegah anemia dan beberapa manfaat lainnya.


Teman kerja aku, Oky malah kurang suka dengna buah kurma. Katanya kemanisan, soalnya dia kurang suka dengan makanan manis. Padahal ada segudang manfaat buah kurma buat tubuh manusia.

Oh iya, buah kurma juga bisa direndam dengan air semalaman sebelum mengkonsumsinya. Kira-kira selama 12 jam, dengan wadah tertutup. Air naqi (infused water) kurma ini, menjadi minuman kegemaran Rasulullah lho.

Khasiatnya apa sih?

Infused water dari buah kurma ini, bisa membuang kelebihan asam di perut tubuh manusia dan mampu memulihkan sistim pencernaan. Air kurma ini juga membantu menyingkirkan toksin yang berbahaya dalam tubuh kita, semacam detox alami.

“Sesungguhnya minuman yang paling disukai oleh Rasulullah ﷺ adalah Al Hulwa Al Barid (minuman manis yang dingin).” (H.R. Tirmidzi)

Jadi makin cinta deh sama buah kurma. Kalau kamu suka buah kurma nggak?

Salam



Tuesday, 11 July 2017

Liburan Paling Berkesan Selama Lebaran

Liburan Murah


Nyipenengah.com - Liburan itu nggak harus jalan-jalan kan? Ngumpul keluarga besar juga termasuk plesiran, iya nggak? Hehehe ... Selama ini sibuk kerja, pulang kerja ngerjain kerjaan sampingan baru deh tidur. Begitu terus siklusnya sampai nemu weekend. Itu juga kalo sempat dolan, biasanya lebih milih berada di kostan istirahat dan malas-malasan. Kalau nggak weekend kapan lagi coba?

Liburan lebaran tahun ini emang nggak nargetin kudu kemana sih, lebih menikmati ngumpul bersama keluarga. Kegiatan apa aja sih yang sempet aku lakuin sama keluarga? Intip bentar yuk!

Belanja, masak dan makan bersama

Karena masih puasa, aku dan ibu nyempetin waktu bersama buat belanja. Dari persiapan buat buka dan buat lebaran nantinya. Masakannya sih biasa aja, nggak special banget tetapi makannya sama-sama. Kebetulan sejak dapet cuti lebaran dari kantor, langsung mudik ke rumah mbah Enomku. Bersyukur banget masih bisa ngumpul begini, karena udah lama nggak ngumpul keluarga dari nenek. 

Kembali ke alam, kembali bercocok tanam

Rumah nenek itu penuh dengan pepohonan, macem-macem banget. Sampai depan rumah aja ketutupan banyak pohon, alamnya masih asri. Ibuku ini paling seneng banget buat nanem, alhasil setiap kali aku nyari beliau nggak ada pasti sedang berasyik ria menanam dan ngurusin kebun. Kalau aku sendiri bener-bener nggak hobi nanem, liat cacing aja jijik hahaha ... tapi beda sama ibu. Biasa aja dan tiap kali nanem apa pun pasti tumbuh. 

Nambah ilmu masak

Nenek dulunya kerjanya memasak dan sampai sekarang masakan beliau menjadi makanan terenak di keluarga kami. Ibu menyarankan aku belajar memasak dengan nenek, karena beliau bumbunya itu khas enaknya. 
"Beda sama bumbu kebanyakan," begitu ucap ibu memuji nenek. Tapi emang bener, waktu aku ngebantuin masak opor hmmm ... sedepnya nggak ketulungan. Jadilah aku dikit-dikit belajar masak dari sang ahli langsung. 

Main sama keponakan

Di tempat nenek ada ponakan aku yang tinggal di sana, Abi namanya. Kemudian ada juga Zakia dan Galang, cucu nenek dari anak nomor dua. Ada juga dek Arga, cucu nenek dari anak terakhir, masih ada lagi Edel dan Nala cucu nenek dari anak nomor tiga. Pokoknya kalau di rumah nenek tuh, seru, ramai dan nggak pernah sepi. Sayangnya keponakanku tiga yang di Cikarang tahun ini nggak mudik, meski ada yang kurang tetapi doa terbaik selalu terpanjat buat mereka. Yang penting mereka semua sehat dan bahagia selalu. 

Liburan kayak gini nih yang paling berkesan, bisa mengeratkan tali silaturahmi lama yang terputus karena tempat tinggal yang jauh. Karena saling sibuk mengurus pekerjaan dan rumah tangga, sehingga waktu bertemu lebih sedikit. Dengan libur lebaran ini, saling bermaaf-maafan membuat kami saling kembali menyayangi. Apalagi kalau ada yang pulang satu persatu anak dari nenek, rasanya hati ikut ke bawa pergi. Baru kemarin juga kumpul, eh ... udah mau pisah lagi aja. Bawaannya masih pengen bareng terus, kalau udah kumpul sama keluarga. 


Thanks ya Mom Traveler sama Mba Wuri, yang sudah meluangkan waktunya melempar tema yang mengingatkan kembali untuk selalu bersyukur memiliki waktu liburan. Selamat telah memenangkan #ArisanBlogGandjelrel dikocokan kelima. Siapa lagi setelahnya? Stay tune terus di blog aku ya, buat tahu tema apa yang diberikan di setiap kali kocokan. 

Salam 

Belanja Bersama Ibu di Syawalan

Belanja Bersama Ibu di Syawalan


Nyipenengah.com - Setelah Idul Fitri selesai, di Kaliwungu akan ada Syawalan setiap tahunnya. Nah kemarin karena sibuk di rumah saudara yang lagi bangun atap rumah, aku sama ibu belum sempat nih main ke syawalan hehehe ... jadilah belanja dengan yang tersisa dan ternyata antusias masyarakatnya juga masih ramai.

Karena belakangan ini, pasar tradisional emang kalah saing ya dengan menjamurnya minimarket dan supermarket. Tetapi ibu masih tetep sukanya belanja ke pasar tradisional, pasar kaget atau pasar syawal macam ini.

Belanja sama orangtua tuh ada lucunya, ada senangnya, ada sebalnya juga. Ibuku suka banget nawar sampai harga terendah, terus ya tawar-menawar yang terjadi bisa menurunkan harga yang tadinya unggul jadi merendah. Emang ya, belanja sama ibu tuh bikin geleng-geleng kepala. Tapi pedagangnya juga kadang nggak sampai hati, namanya juga penjual dan pembelinya sama orangtua beda cerita kalau pembelinya masih muda. Kita biasanya pasrah aja dikasih harga segitu.

Belanja di pasar tradisional kata ibuku tuh enak, bisa ditawar dan ada beberapa alasan lain lagi kata ibu:


Pasar tradisional enak bisa nawar

Pasar tradisional bisa nawar sesuka kita, karena disupermarket harga sudah ditentukan gimana bisa nawarnya kan? Apalagi buat yang jago nawar harga, bisa hemat banyak nih hahahha ... tapi nggak semua orang bisa nawar dengan gampang. Iya apa iya?

Pasar tradisional barangnya lengkap

Di minimarket atau supermarket barangnya nggak mesti semuanya ada. Beda dengan pasar tradisional, bumbu rempah-rempah pasti lengkap.  Apalagi sayur-sayuran, buah-buahan, pakaian, jajanan dan segala hal apapun pasti bisa kita dapetin.

Pasar tradisonal bikin cinta produk sendiri

Kebutuhan di pasar tradisional hampir semua dihasilkan dari petani yang ada di Indonesia. Kalau di minimarket atau supermarket, biasanya sudah ada barang dari luar negri yang masuk dan di pasarkan. Belum tentu juga bahannya sesuai dengan yang kita konsumsi sehari-hari. Gimana nggak bangga, kalau petani di Indonesia masih memerhatikan kebutuhan khalayak orang banyak? Ya sawang sinawang sih ya.

Pasar tradisonal stoknya lebih segar

Benar juga ibu bilang, lebih segar kalau beli di pasar. Stoknya setiap hari ganti-ganti, kalau di supermarket masih aja ada yang dijual padahal stoknya keliatan kurang segar gitu.

Belanja ke pasar tradisional nggak perlu dandan

Pernah ngerasa nggak pergi ke pasar ama mau pergi ke supermarket? Hahaha ... biasanya kalau mau ke supermarket kita pakai make up atau dandan dulu. Tapi kalau ke pasar tradisional biasanya alakadarnya #nyengir

Pasar tradisional buka lebih pagi

Untuk yang punya usaha warung makan ini, biasanya kan butuh belanja pagi-pagi ke pasar. Kalau nunggu supermarket buka ya kelamaan, bisa-bisa pelanggannya ngacir duluan. Hehehe ... enaknya gitu ya, pasar tradisional bukanya awal banget. Di sini di Kendal, apalagi di pasar Srogo jam 2 pagi itu udah pada jualan.

Enaknya belanja sama orangtua ya gitu, secara nggak langsung kita jadi belajar bisa nawar. Karena biasanya kita yang mudaan ini, gengsi buat nawar hehehe ... kayak nggak tega atau kadang kalau aku sendiri males banget buat perang harga duluan baru bisa dapetin barang. Beda orang sekarang kali ya, sama orang jaman dahulu. Tetapi kalau kita belanja di pasar tradisional ini, artinya kita turut melestarikan dan mendukung pedangang kecil untuk terus bisa berjualan. Mentang-mentang udah tinggal di kota gede, jangan lupa juga untuk tengok sebentar atau belanja di pasar tradisional ya teman.


Salam

Monday, 10 July 2017

Sahabat Sehati Akan selalu Menemani

Sahabat Sehati Akan selalu Menemani



Nyipenengah.com - Sahabat ialah seseorang yang akan selalu kita butuhkan, selain keluarga. Mereka ada menemani ketika, saat beberapa teman lain memilih menjauh dari kita. Dulu waktu jaman masih kecil, sering banget ngerasa sedih ketika ngeliat sahabat baik kita jadi sahabat orang lain juga. Hahaha ... konyol banget, ada rasa takut kehilangan dia. Tetapi makin gede, makin ngerti kalau sahabat itu nggak akan pernah meninggalkan dan melupakan.

#arisanbloggandjelrel periode 4 Kemarin, mengeluarkan dua pemenang. Dialah mbak Tina dan mbak Nunung. Mereka menantang kami untuk menuliskan cerita tentang sahabat. Hmm ... jadi ngitung berapa ya sahabatku yang masih ada dan selalu inget aku?

Tetapi dalam pemahamanku, sahabat itu sangat sulit ditemukan, sulit ditinggalkan dan nggak bisa kita lupain sekalipun jarak jauh membentang, walaupun tidak ada kabar terdengar. Namun ketika bertemu, segalanya masih sama dan tidak ada yang berubah. Kadang juga dibilang sombong ngilang gitu aja, padahal ya masih ada tetapi sempat kehilangan kontak.

Aku punya beberapa sahabat di sekolah, kuliah, tempat kerja, komunitas dan teman main juga. Nggak banyak sih, tetapi bisa dihitung dengan jari. Ini yang benar-benar sahabat, yang tahu luar dalamnya kita nggak cuman sekilas doang lho ya! Sahabat dunia maya pun aku punya, sampai bisa ketemu di dunia nyata dan kita semakin merasa cocok. Cerita apa aja ke dia, bawaannya lega dan bebannya kayak ke angkat gitu kalau udah cerita sama sahabat.

Sahabat yang bener-bener sahabat tuh kayak apa sih? Ada beberapa kriteria yang layak disebut sahabat kalau buatku. Mau tahu apa aja?

·         Pertama, dia bisa diandalin. Saat kita kepentok nggak ada jalan keluar, dia bisa memberikan peluang jalan lain buat dilewatin.

·         Kedua, sekalipun kita bilang 'nggak usah' dia tetep maksa. Kalau dia nggak apa-apa berkorban waktu buat kita.

·         Ketiga, sebesar apapun pertengkaran  nggak tahu kenapa kalau sahabat kok ya nggak ada pernah rasa sebal. Paling marahnya bentaran doang, kalau ketemu  ya udah, haha-hihi lagi. Pertengkaran kemarin tuh kayak nggak ada.

·         Keempat, kesempurnaan itu cuma milik Allah. Sekalipun banyak sekali perbedaan antara aku dan sahabatku tapi kita tetap bisa berhubungan baik. Saling memahami dan menghormati itu yang paling penting.

·         Kelima, sahabat yang bener-bener sejati tuh bisa menjaga aib kita tanpa mengumbar ke orang lain.

·         Keenam, nggak ada tuh yang namanya itung-itungan untung rugi. Kalo buat sahabat kayaknya dita rela-rela aja deh rugi sekalipun hahaha …

Mungkin itu versi-versi simple milikku, bagaimana versi sahabat menurut kalian.


Halal Bihalal Bersama Yayasan Oemah Sedekah

Halal Bihalal Bersama Yayasan Oemah Sedekah


Nyipenengah.com - Halal Bihalal merupakan tradisi yang dilakukan oleh umat muslim setelah merayakan Idul Fitri. Halalbihalal sendiri menurut kamus KBBI memiliki arti, hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan. Biasanya diadakan di ruangan, aula, auditorium, restoran, hotel dan lain-lain oleh sekelompok orang. 

Alhamdulillah tahun ini mendapatkan undangan halal bihalal dibeberapa tempat dan bisa mendatangi beberapa di antaranya. Rejeki silaturahmi emang, membuka beberapa keajaiban salah satunya memperpanjang umur kita. 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Sebarkan salam, sambunglah tali silaturrahim, shalatlah di malam hari di saat manusia terlelap tidur, niscaya kamu akan masuk surga dengan selamat.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Halalbihalal yang pertama saya datangi, ialah halalbihalal bersama alumni MTS 01 Cepiring. Senangnya halalbihalal bersama temen SMP itu, diadakan di rumah dan nggak perlu sewa tempat di luar. Dengan begini kami jadi tahu rumah masing-masing, sehingga silaturahmi terjalin dengan baik dan ke depannya kalau ada kabar-kabar gampang dicariin. 

Sementara halal bihalal yang lainnya menyewa auditorium, dengan membayar Rp 100.000,- dapet beberapa paket makan dan souvenir. Nggak hanya halal bihalal dan temu kangen sih, ada sewa bandnya juga jadi seimbang dengan harga yang menjadi kesepakatan. 

sementara halalbihalal yang satunya dengan volunteer Oemah Sedekah. Awalnya kebentrok dengan beberapa acara, tapi alhamdulillah bisa juga hadir dalam acara temu kangen volunteer ini di waroeng gunung. Padahal sebelumnya udah muter-muter dari Pegandong, Magangan, Pucang Rejo dan sampai Lanji. Seneng banget silaturahmi itu, kangen-kangenannya jadi moment untuk mengenang segala hal yang pernah terjadi dan nggak kerasa waktu cepat sekali beranjak. 

Halal Bihalal Bersama Yayasan Oemah Sedekah


Ada beberapa keajaiban yang bisa kita raih, selama menyambung tali silaturahmi tetap dijaga dengan baik. 

Allah akan melapangkan rezeki kita, sesuai sabdanya, “Barangsiapa yang senang agar dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturrahim.” (HR. Bukhari).

Mudah melewati masa sulit, benar. Manusia selalu diuji oleh Allah SWT dalam kehidupannya, namun Allah akan membantu kita melalui masa-masa sulit jika kita mau menyabung tali silaturahmi. Allah akan mencukupkan segala kekurangan yang kita alami. 

Ada banyak lagi keajaiban silaturahmi jika rajin kita lakukan, ialah diperbanyak anak keturuannya, ketaan yang akan disegerakan, dihindarkan dari su'ul khatimah, dimakmurkan negrinya dan lain-lain. Allah Mahabaik bukan? Yuk rutinkan silaturahmi dengan siapa pun dan saudara manapun. 

Yang paling special dalam halal bihalal volunteer oemah sedekah ini, dihadiri oleh bapak dan ibu Camat Kaliwungu. Beliau-beliau ini selalu mensupport kegiatan kami, selalu meluangkan waktunya untuk memberikan manfaat, semangat, dukungan dan lain-lain. Bangga deh, kalau ada seseorang yang menjabat sebagai wakil rakyat dan mau guyub bareng bersama membangun kehidupan yang lebih baik lagi.

Semoga dimanapun sahabatku berada, meski belum sempat bertatap muka atau bermaaf-maafan selalu dilindungi kesehatannya. Dijaga kehidupannya, diringankan bebannya, dimudahkan urusannya, disehatkan yang lagi sakit, diijabah doa-doa tulusnnya. Aaamiin. 

Salam 

Penyebab Anyang-anyangan pada Wanita

Penyebab Anyang-anyangan pada Wanita


nyipenengah.com - Infeksi saluran kemih, yang biasanya disebut dengan anyang-anyangan sering melanda wanita. Rasa ingin buang airnya menggebu-gebu, giliran udah dikeluarin eh ... kesendat-sendat kayak angkot yang penuh sesak kapasitasnya udah meludak masih lewat di jendulan polisi tidur.

Pernah ngalamin? Jangan anggap sepele ya ladies!

Jarak saluran kemih atau uretra, ke saluran pembuangan air besar jaraknya sangat dekat. Karena itu wanita rentan sekali mengalami gangguan di seputar saluran kemih. Risiko terjadinya anyang-anyangan pada wanita tingkat ketajamannya sampai 50 persen. Nah lho! Jangan sampai kondisi anyang-anyangan diidap kita sampai bertahun-tahun.

Penyebab anyang-anyangan

Istilah dalam dunia kedokteran, anyangan-anyangan ini disebut dengan infeksi salurah kemih. Perbedaan saat kita mengalami anyang-anyangan dan tidak, bisa dilihat dari rasa nyeri yang terjadi pada saluran kemih milik kita. BUkan hanya nyeri saja, tetapi sakit juga kita rasakan. Dokter bilang kayak penderita batu ginjal, sakitnya kayak begitu. Jangan sampai anyang-anyangan terjadi dalam diri kita ya, lakukan pencegahan dengan menjaga daerah kewanitaan kita.

Penyebab anyang-anyangan yang berkepanjangan bisa jadi karena :

Adanya kuman

Organisme mikroskopis yang menyebabkan infeksi / penyakit dalam tubuh kita biasa disebut dengan kuman. Jika kuman ini masuk ke dalam saluran kemih yang kita miliki, seseorang bisa mengidap penyakit anyang-anyangan. Maka rawatlah kebersihan dengan benar-benar ketika ke kamar madi.

Adanya dehidrasi

Seseorang yang terkena dehidrasi, produksi urinya akan berkurang. Semakin lama jika kebiasaan jarang meminum air putih ini, bisa menyebabkan seseorang susah untuk buang air kecil. Jikapun dia sering merasakan ingin buang air kecil, kenyataannya urin yang dikeluarkan hanya sedikit. Begitu terjadi berlanjut, maka bisa disebut dia terkena anyang-anyangan.

Anyang-anyangan tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anyang-anyangan pada anak pun sering terjadi. Dulu saya sering sebal ketika mengalami anyangan-anyangan, bolak-balik kamar mandi sampai sebal. Apalagi ketika pelajaran di sekolah berlangsung, alamak ... tengsin dikir-dikit ke kamar mandi. Sampai ada yang ngatain, 'beseran'. Beser sama anyangan-anyangan, beda tipis lho ya! Kalau beser bisa lebih dari 8 kali kita buang air kecil dalam sehari dan lancar, kalau anyang-anyangan macet-macet ketika membuang hajat kecil.

Adanya bakteri Chlamydia

Kenalan yuk sama bakteri Chlamydia, ialah bakteri yang biasanya tumbuh di vagina wanita. Sadar atau tidak, saat kita mengalami keputihan ternyata Chlamydia tengah menyerang kita. Dia juga salah satu penyebab anyang-anyangan.

Penyebab Anyang-anyangan pada Wanita


Di jaman yang sekarang serba maju, kita nggak perlu takut lagi kalau anyangan-anyangan datang. Uri-Cran dari ekstrak cranberry, membantu memelihara kesehatan saluran kemih kita lho! Manfaat saat kita mengkonsumsi cranberry ini, karena ada kandungan antioksidan di dalamnya. Seperti proanthocyanidins yang bisa mencegah tumbuhnya bakteri penyebab anyang-anyangan. Sifat anti-adhesi bisa membuat bakteri hilang dan tidak akan menempel di salurah kemih, pencegahan bisa dilakukan dan infeksi tertular bisa jauh-jauh deh!

Ada dua produk Uricran yang bisa kita konsumsi:

  • Bentuk kapsul, perboxnya berisi 30 kapsul. Dengan komposisi : 250 gram ekstrak Cranberry.
  • Bentuk powder, perboxnya berisi 15 sachet. Dengan komposisi : 375 mg ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum.


Mengalami gejala anyang-anyangan? Nggak perlu takut lagi, atasi anyang-anyangan dengan Ekstrak Cranberry ya Ladies! Good bye anyang-anyangan.





Thursday, 6 July 2017

Balada Naik Angkot



 Naik Angkot


Nyipenengah.com - Balada naik angkot, jadi ceritanya aku lagi cari kostan baru nih! Dan belum dapet juga, akhirnya wara-wiri Kaliwungu - Cepiring terus. Mau nggak mau ya harus mau nikmatin.

Dari nunggu angkot datang, nggak dapet tempat duduk, harus mau desak-desakkan di angkot campur aduk bebauan dari yang wangi, bau keringet dan macem-macem deh yang dirasain saat naik angkot. Yang palingn nyebelinnya kalo udah bayar full, belum sampe tujuan udah diturunin dan suruh nyari angkotan oper sendiri. Baliknaya aja udah awal jam 16.00 PM, eh sampe rumah pukul 17.30 PM nyebelinnya minta ampun. Capek deh!

Nggak cuman itu, harus melakukan tawar menawar harga naik angkot yang kadang mas kernetnya seenak udel matok harga sendiri. Dikata pasar ada tawar-menawar harga? Biasanya segitu ya segitu aja, janganmain naik-naikin dong ya! Udah capek balik kerja, masih harus masang tampang jutek kan nggak enak. Nah tu, nulisnya sampe kebawa sebelnya hahaha ...

Karena mini bus sudah melaju beberapa kilometer, mas kernet mulai nagih pembayaran angkot. Saya kasihlah Rp 4 ribu, emang sih niat. Tadi pagi saya ngasih Rp 5 ribu.

"Kurang dua ribu, Mbak!" ucap mas Kernet. Sambil masih nunggu saya membayar kekuranganya.

"Kok bisa? Tadi pagi lho marebu?"

"Iyo mbak, naik!"

"Emoh ah! Wong yo mau isuk mangewu seko Cepiring!" bantah saya masih nawar.

"Yowes - yowes Mbak! Nek Cepiring jek aman!" kata mas kernet dengan mata  sambil mengawasi jendela, kalau-kalau ada yang nunggu angkot di pinggir jalan.

Seribu melayang ke tangan mas kernet, ya begitulah balada naik angkot. Kalau nggak pinter bantah, kalau nggak pinter negasin ke dianya bisa dikadalin kitanya. Ya, meski nggak semua mas kernet sama sih.

Dan cerita punya cerita, ini baru sampai setengah perjalanan mini bus ini sudah memproklamirkan diri tidak melanjutkan perjalanan yang katanya diawal bisa sampai Weleri. Nggak konsisten banget kan?

"Mbak-mbak, sampai sini aja. Mau muter lagi ini busnya, tak kembaliin dua ribu ya!"

Walhasil saya masang tampang jutek dong, sebel iya diturunin di jalan gitu aja. Udah capek-capek masih harus pindah angkutan lagi, paling jengkel kalo nemu angkot yang nggak konsisten diawal. Bilang Cepiring - Weleri, eh baru juga sampe Kendal udah say good bye.

Ini juga termasuk menjadi alasan kenapa saya, males banget kalau harus wara - wiri naik angkot. Soalnya untuk dapet angkot dari tempat kerja,saya juga harus jalan yang lumayan jauh sih! Makanya mending pilih kost, karena kurang lebihnya sama dengan biaya PP (pulang-pergi). Nggak capek, nggak desak-desakan, nggak perlu bertengkar omongan sama mas kernet.


 Naik Angkot

Apalagi kalau ketemu calo di jalan gini, kadang males hahha … ya meskipun mereka juga ngebantuin kita yang terdampar buat oper angkot dapet angkot. Biasanya mereka dapet lemparan recehan dari kernet-kernet bus. Hidup di jalanan emang keras ya! Tapi profesi apa pun itu asal halal nggak masalah sih. Semangat ya Pak!

Dan sore ini masih harus ngangkot lagi, karena belum menemukan tempat kost yang tepat. Semangat naik angkot, semangat mengucap istigfar hahahha ... kalau di tempat kalian gimana? Perlu nggak eyel-eyelan sama tukang angkot? hahaha ... share yak! By the way, selamat datang bulan Juli, semangat nulis semangat ngeblog ya! Liburan panjang telah usai, saatnya kembali ngeblog.