Tuesday, 6 June 2017

Menu Sahur Sederhana

Menu Sahur Sederhana


Nyipenengah.com - Menu sahur sederhana, buat saya ialah ada nasi dan satu lauk pauk. Entah itu nasi sama mie, nasi sama telur asin, nasi sama gorengan yang penting bisa buat isi perut ketika berpuasa. Maklum aja menu sahur sehat anak kos, hahaha ... sehat di dompet maksudnya #nyengir.

Saat kita menjalankan ibadah puasa, bukan cuma niat aja yang penting dilakukan, ialah makan sahur yang harus diusahan untuk bisa dirutinkan. Memang sih kenyataannya, kita emang males banget sahur karena mata berat untuk dibuka. Tetapi sahur menjadi penting, untuk menambah energi ketika kita berpuasa seharian penuh. Hidangan sahur juga penting nih, kandungan nutrisi dah gizinya. Jangan kayak saya, mentang-mentang anak kost males banget masak jadi seadanya dengan menu sederhana.

Rasullullah bersabda, “Bersahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR Bukhari Muslim).

Menu sahur bagaimana yang dianjurkan oleh Rasullullah untuk kita pengikutnya?

Salah satu menu sahur yang dianjurkan oleh Nabi kita Muhammad SAW, ialah memakan buah kurma. Sesuai dengan hadist beliau, "Sahurnya orang Mukmin adalah buah kurma".

Tapi nggak cuma buah kurma kok yang mengandung keberkahan, sahur dengna menu apa saja yang penting halal adalah merupakan keberkahan untuk umat Islam. Apalagi cuma seteguk air putih.  Ada hadistnya juga lho, "Makanan sahur merupakan makanan yang berkah maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya seteguk air, sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang bersahur.” (HR Ahmad).

Bukan hanya waktu sahur saja, yang dianjurkan Rasullullah tetapi juga waktu yang pas ketika bersahur. Sahabat Nabi yang pernah melakukan sahur adalah Zaid bin Tsabit. Beliau pernah ditanya, "Berapa lama jaraknya antara selesai sahur dan sholat Subuh?"
Sayidina Zaid pun menjawab, “Seukuran membaca 50 ayat dari Alquran.”

Buat kita, kalau diukur dengan bacaan Alquran yang sedang. Sebelum subuh, kurang dari 15 menit. Wahh .... jadi ingin memperbaiki jam-jam sahur, biasanya aku sendiri mendekati imsya', hehehe ... alesanku sih biar energinya masih power full #nyengir.

Buat kita, kalau diukur dengan bacaan Alquran yang sedang. Sebelum subuh, kurang dari 15 menit. Wahh .... jadi ingin memperbaiki jam-jam sahur, biasanya aku sendiri mendekati imsya', hehehe ... alesanku sih biar energinya masih power full #nyengir.

Semoga kita semua bisa mengikuti sunnah-sunnah Rasullullah ya, sehingga bisa masuk dalam golongan yang mendapatkan kerhormatan di surga nanti. Menu sahur dan buka puasa tidak perlu harus yang wah, baik menu sahur maupun buka yang dibuat oleh ibu atau pasangan tercinta pasti dijamin rasanya lezat dan enak. Ngalah-ngalahin restoran mewah dan chef handal, hahah iya nggak? Ke khasannya pasti berbeda jauh.

Kalau ditanya menu sahur ala anak kostan, menu yang sudah saya santap pada puasa sebelumnya di waktu sahur apa saja? Oke saya kasih bocorannya, hahaha gaya banget yak!

Telur asin
Telur asin ini, biasanya saya sediakan di kost. Karena biasanya nggak sempet masak mie, saya alihkan dengan makan telur asin sama nasi putih.

Mie instan
Saya punya teko listrik di kost, udah habis 2 teko listrik. Yang pertama rusak karena sering kecuci, kabelnya konslet. Nah yang ini masih awet, dengan teko listrik saya bikin mie rebus atau mie goreng.

Roti tawar, margarin dan seres
Ini yang jadi andalan menu sahur juga, karena simple mudah dibuat tinggal makan aja. Nggak perlu ribet, sahur juga jadi cepet.

Susu dan air putih
Dua minuman ini yang jadi andalan biar nggak dehidrasi. Susu biasanya aku pilih yang tanpa rasa, kurang suka sama susu yang manis soalnya.

Nah 4 menu sahur sederhana ini, yang biaanya saya konsumsi di waktu sahur. Eh iya, tentunya dengan kurma dong ya.

Salam


11 comments:

  1. tapi pagi menu telurasin, btw jadi kangen makan mie

    ReplyDelete
  2. asik udah bs comment..
    walaupun menumu tuh sederhana, itu aja bikin aku ngiler liat tu tempe goreng apalagi plus cabe pedes... uwaou mantab deh.. hehe

    ReplyDelete
  3. Mie instan rebus my laff.

    Simple dan mengenyangkan, pake nasi tapi. Klo ga pake nasi mah kurang 😂

    ReplyDelete
  4. ngakak bagian sehat didompet tapi aku juga pernah merasakan sebagai anak kost yang dananya terbatas maka menu pun sederhana :) yg penting niatnya y mba semangat mba

    ReplyDelete
  5. HAhhaaaa..aku sudah bosan makan sahur dengan menu apa lagi, baru tadi sahur dengan mie instan pakai telor, wuih nikmatnya

    ReplyDelete
  6. Dulu jaman kost andalan nya ke warteg depan ngantuk langsung melek liat mas mas ganteng beli sahur..hehehee

    ReplyDelete
  7. Haha... Klo sy langsung lemes klo gak makan buah atau sayur mbak... Mie slalu always sedia yaa.. Hehe

    ReplyDelete
  8. Andalanku dulu meses sama roti tawar plus susu Nyi :)

    ReplyDelete
  9. Aku ga kuat kalau roti. Harus nasi buat sahur. Orang Indonesia banget deh

    ReplyDelete
  10. Waktu di Taiwan paling sederhana roti sama indomi. Sekarang kudu aja ada nasi hahaha ...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat