Saturday, 3 June 2017

Kelola THR Lebaran Biar Aman

Kelola THR Lebaran Biar Aman


Nyipenengah.com - Hayo siapa yang sedang menunggu THR (Tunjangan Hari Raya) lebaran? Cung, ngacung? Hahaha ... saya pun menantikan. THR lebaran menjadi hal yang selalu dinantikan oleh karyawan.  Tetapi jika kamu seorang juragan, berarti yang harus membagi THR buat karyawan hehehe ...

Kalau dulu sebelum bekerja, jaman sekolah saya kan sering bantu-bantu bude di warung. Ya belanja ke pasar, ya ngambilin nasi buat pembeli, bikinin minuman dan lain-lain. Nah paling seneng bagian belanja ke pasar, sekalian jalan-jalan ceritanya.

Biasanya aku pergi sama mbak Hety, anaknya bude Riwayati. Kita kadang jalan, kadang boncengan sepeda, kadang juga bawa motor. Belanjaannya juga kadang beli bumbu, beli ikan, tahu, ayam dan lain-lain. Karena sudah langganan, setiap kali lebaran mau tiba. Pastilah orang pasar ngasi oleh-oleh, semacam roti, kain, sirup dan lain-lain berupa barang bukan uang.

THR lebaran yang didapat dari seorang pembeli langganan berupa barang, kalau seorang karyawan biasanya mendapat nominal uang dari perusahaan tempatnya bekerja. Bude saya kayak panen gitu kalau mau lebaran, dapet dari bakul bumbulah, dapet dari bakul ayam, bakul daging dan pedagang lainnya yang dijadikan langganan. Baru tahu saya, ternyata pedagang dan pembeli pun mendapatkan semacam THR tapi dalam bentuk berbeda. Alih-alih ucapan terima kasih, karena telah menjadi pelanggan yang setia selama ini. Di Jawa sendiri, menyebutnya dengan nama, 'persenan'.

Buat yang dapet THR kayak saya, biar Tunjangan Hari Rayanya nggak cepet ludes dan habis, mendingan baca dulu Trik Jitu Agar THR Lebaran Aman.

Buatlah rencana sebelum mendapatkannya

Tunjangan Hari Raya biasanya dibayarkan seminggu sebelum lebaran. Sebelum THR didapatkan, kita harus membuat rencana pengeluaran. Rencana atau alur pengeluaran, bisa jadi patokan ketika THR sudah ditangan. Mau dibuat apa, untuk apa, diberikan kepada siapa atau ditabung rencana tersebut harus dicata detail.

THR bisa dibuat untuk membayar tagihan

Punya tagihan motor? TV atau barang kredit lainnya? Atau bisa jadi kita masih punya hutang nih. Sebaiknya juga THR bisa dialokasikan ke sana. Agar tagihan ke depannya, hutang anda juga tidak semakin memburuk. Kalau lunas juga kan bisa membuat perasaan lega. Iya apa iya? hehehe ... pengalaman banget deh ini ^_^

Segera tabung

Tabungan sangat penting untuk berjaga-jaga, karena kita tidak tahu ke depannya  bakalan bagaimana. Jadi sebaiknya THRnya disimpan, ditabung biar berguna nantinya. Untuk dana darurat istilahnya.

Gunakan buat keperluan yang dibutuhkan bukan yang diinginkan

Seringkali kita punya keinginan yang belum kesampaian untuk membeli sesuatu kan? Karena uangnya ada aja digunakan, bisa juga THR anda digunakan untuk membeli hal yang kita inginkan. Tapi ... jangan semuanya, sisihkan juga untuk kebutuhan. Atau kalau hal yang kita inginkan nggak penting-penting banget, empet dulu aja buat beli yang lebih dibutuhkan.

            Kalau saya sendiri biasanya, THR dibuat beli jajanan lebaran gitu, buat beli baju lebaran atau ngamplopin keluarga yang sudah sepuh hehehe … biasanya ludes deh langsung dan belum bisa ditabung. Kadang juga udah ditabung eh, akhirnya juga keluar buat keperluan sehari-hari. Namanya juga wanita, pasti ada aja deh buat keperluan yang keluar. Antara shoping dan nyalon, tapi saya jarang beli make up sih, karena jarang dandan. Jadi THR lebaran aman nggak kebeli buat dandanan, tapi tetep aja bocor buat keinginan hehehe

            Kalau kamu sendiri biasanya dapet Tunjangan Hari Raya (THR) buat apa? Hayoo … sharing yuk!


            Salam 

9 comments:

  1. Aku mendahulukan kebutuhan ibu dan adik, Nyi... Kebetulan THRku udah dapat kemarin. Langsung deh tadi diserahkan. Aku sendiri nunggu THR dari suami seminggu an ke lebaran hahaha

    ReplyDelete
  2. wah tahun ini belum bisa dapet THR lagi gegara udah resign dari kantor hehe
    tapi antara keinginan dan kebutuhan itu kadang susah buat mutusinnya mbak. pengen menuhin kebutuhan dulu tau-tau malah beli barang yg kita pengen juga

    ReplyDelete
  3. Mulai awal bulan ini, aku sudah ngelist kebutuhan buat lebaran : thr bocah2 sm biaya mudik. Alamat gk cukup buat beli baju. Hehehe.

    ReplyDelete
  4. Aku juga sudah bikin list nih buat pos-pos THR. Yang jelas beberapa 'tanggungan' harus segera diselesaikan, 'salam tempel' buat keponakan2, THR buat si mbak juga keperluan persiapan lebaran di rumah. Baju baru? Alhamdulillah bila bisa beli. Nggak wajib sih buatku beli baju baru pas lebaran hehe

    ReplyDelete
  5. Sebagai emak yang suka belanja di warung, saya juga suka dapat THR dari penjualnya, loh! Bukan berbentuk uang, tapi berupa kue dan sirop.
    Beberapa tahun belakangan ini,keluarga saya gak pernah dapet THR,tapi harus ngeluarin THR hihihi...
    Etapi kalau soal pengelolaan keuangan, memang lebih baik langsung menyisihkan untuk ditabung kalau dapat penghasilan.

    ReplyDelete
  6. Mau THR cuma belom muncul tunggu hilal dulu Nyi..

    Biasanya kalo THR buat persiapan lebaran saja, masak dan kue2, angpao. Didahulukan kebutuhan yang pokok, kalo beli baju ga pernah, baju sih kan ga hanya lebaran saja bisa ko

    ReplyDelete
  7. THR oh THR, aku harap itu utuh selalu gak dipakai2 bisa buat inves, kenyataannya yaaa, emang sih buat bayar2 tagihan. Hehehe.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sy blm mengenal thr. Alhamdulillah juga rejekinya dr tempat lain jd bkn THR. Hehehe... Prefer buat nabung sih klo dpt rejeki pas hari raya. Hihi

    ReplyDelete
  9. shooping sudah menjadi suatu kebutuhan setiap wanita, palagi pake THR

    www.borusialagan.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat