Monday, 5 June 2017

Bukber Bareng Teman di PAY Rohadi

Peserta IM dan volunteer Oemah Sedekah


Nyipenengah.com - Puasa Ramadhan identik dengan yang namanya Bukber Bareng. Entah itu bukber bareng pacar, bukber bareng sahabat, bukber bareng keluarga, bukber bareng teman kerja pasti ada aja acara untuk mengadakan bukber bareng. Sampai-sampai jadwal untuk bukber bareng ini, sudah full sampai  puasa Ramadhan selesai hehehe ... ada lho yang kayak gitu. Ini aja saya sudah 3x bukberbareng teman di luar.

Istilah lain yang sering digunakan selain bukber bareng adalah ngabuburit. Dalam bahasa sunda, ngabuburit, memiliki arti menunggu datangnya waktu bedug magrib. Hal yang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat dari segala usia.

Kegiatan ngabuburit biasa juga dilakukan sekelompok anak muda dengan berkumpul, entah pergi ke alun-alun, pusat kota dan lain-lain. Sementara untuk ibu rumah tangga, biasanya dialihkan dengan menonton acara TV, sembari memersiapkan hidangan istimewa untuk keluarga.

Alhamdulillah kemarin, Sabtu 3 Juni 2014 saya bersama teman juga sahabat volunteer Oemah Sedekah bersama dengan peserta internet marketing bisa mengadakan acara bukber bareng di PAY H. Siti Rohmah seperti tahun lalu. Acara yang kami adakan sederhana, berbagi bersama adek-adek panti asuhan.

Sembari menunggu bedug tiba, salah satu peserta internet marketing Mas Zain, tak lain juga sahabat saya menampilkan perform open mic untuk menghibur adik-adik di di PAY Rohadi ini. Ada juga penampilan dari teman lainnya dan disusul evaluasi untuk Oemah Sedekah mengenai acara Pelatihan Internet Marketing. Agar ke depannya kami semakin lebih baik lagi dan lebih menebar kebermanfaatan lagi.

Buat kamu yang mau melaksanakan acara buka bersama, jangan lupa menerapkan beberapa tips ini ya!
 
Bukber Bareng Teman di PAY H. Siti Rohmah
Zain Open Mic


Perhatikan lokasi untuk buka bersama

Karena kami memilih PAY, itu artinya kami harus survey dahulu tempat panti asuhannya. Kebetulan kami sudah sering kerjasama dengan baik, jumlah anak laki-laki dan perempuannya beserta pengasuhnya juga harus dicatat detail ya. Jangan sampai bentrok juga dengan kunjungan dari komunitas lain. Kemarin ini juga kami ke sana lebih awal, karena sorenya ada kunjungan juga dari donatur lain.

Cek ketersediaan sarana ibadah

Asik bercengkrama menunggu bedug tiba, jangan sampai melupakan ibadah magribnya ya teman. Tempat yang dijadikan untuk bukber, harus yang ada tempat ibadahnya.

Menu makanan sederhana tapi istimewa

Menu makanan untuk buka puasa, tidak harus mewah. Yang penting sederhana, tetapi istimewa karena dilakukan bersama-sama. Yang penting bergizi, bisa memenuhi kebutuhan tubuh, nggak perlu mahal.

Jepret-jepret jangan lupa

Moment bukber bareng teman atau keluarga dan sahabat komunitasmu layak diabadikan dalam jepretan kamera. Karena moment kebersamaan tersebut, belum tentu bisa berulang.

Bukber bareng, tentunya bukan acara untuk gaya-gayaan semata. Tetapi lebih kepada menjadi ajang temu kangen, bagi yang sudah lama tidak bertegur sapa, sudah lama tidak saling bertemu. Selain kangen-kangenan, tidak lain juga mempererat silaturahmi satu sama lainnya.

Bukber Bareng Teman di PAY H. Siti Rohmah
Evaluasi bersama


Buka puasa Ramadhan juga menjadi momentum, berlomba-lomba dalam kebaikan. Kadang jauh-jauh hari sudah direncanakan untuk bertemu, tapi ada aja halangannya. Nah mumpung momennya pas Ramadhan, bisa diusahakan. 

Tidak melulu harus bukber bareng di rumah makan, bisa juga moment berbuka puasa bersama ini dilakukan dengan membagikan takjil kepada masyarakat sekitar yang berada di pusat alun-alun kota. Bisa juga kepada tukang becak atau musafir jalanan yang sedang singgah di kota kita. Siapa yang nggak mau dapet pahala berkali-kali lipat bukan?


Salam 

22 comments:

  1. Jepret-jepret wajib ya mak hehe.

    Setujuuuu bahwa bukber bukan cuma makan di tempat tp jg bisa bagi2 takjil ke yg lain.

    ReplyDelete
  2. Kalo BUkber pastinya nyimpen cerita tersendiri ya dimana pun acaranya, selalu saja ada hikmahnya. Aku kbagian bagi2 takjil seminggu lagi niy sambil bukber di mesjid .

    ReplyDelete
  3. Momen buka bareng ini emang jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu selama bulan puasa ya mbak :) Kebersamaannya itu lho yang dicari.

    ReplyDelete
  4. haaa iya, acara bukbernya bisa sambil berbagi takjil atau makanan yaa

    ReplyDelete
  5. emang paling seru tuh bukber ya.. walaupun aku ga puasa, tp ttep ikutan karna sekalian silaturahmi.. penting itu..

    ReplyDelete
  6. Tips-nya suka banget! Memperhatikan tempat ibadah penting banget. Biar bagaimana pun meski silaturahmi penting tapi kan ibadah tetap nomor 1.

    ReplyDelete
  7. Aku hitung-hitung lagi aahh....uda berapa banyak bukber sampai Ramadhan ke 10 ini...hahha...baru 1, Nyi.

    Event blogger kemarin...sama tanggal 3.

    Memang Ramadhan mesti lebih bijak dalam memilih acara.
    Alasannya karena aku sedang melatihkan anak-anakku shaum.
    Jadi kebayang kalo bukber du luar, aku ngerasa kurang dapet kebersamaannya....karena semua serba diburu kan yaa...

    ReplyDelete
  8. Nice tips, Mba. Yes, ketersediaan tempat ibadah memang penting banget dalam setiap acara bukber. Iya, donk. Udah sepanjang hari berpuasa dan melakukan shalat wajib, masa giliran Magrib jadi tertunda.

    Lebih indah lagi, jika dalam bukber itu, bisa sekalian shalat tarawih berjamaah, ya. Tapi yang ini, jarang banget tersedia tempat yang luas untuk tujuan ini, ya. :)

    ReplyDelete
  9. Bener banget mbak! Yang penting pas buka puasa ada kesempatan untuk melakukan kewajiban ibadah dengan nyaman :) kadang di beberapa resto gtu mushollanya full dan ga enak huft

    ReplyDelete
  10. Pengalaman kemarin, saking banyaknya orang yang mengadakan bukber, sampai-sampai kami sekeluarga gak kebagian tempat, loh!

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah jadwal kunjungan donatur di PAY Rohmah berderet ya. Dulu aku jadi pengurus yayasan, hampir tiap hari buka puasa di tempat donatur. Adik-adik seneng banget bisa makan lebih mewah dari biasanya. Alhamdulillah banyak orang baik :)

    ReplyDelete
  12. Bukber sambil bersedekah ah senangnya.
    Btw iya sih aku kalau bukber jg liat2 dulu dmn, mastiin ada tempat sholat jg mbk :D

    ReplyDelete
  13. Bukber sarat makna ya. Jangan lupakan ibadah ya

    ReplyDelete
  14. Bukber sekalian reuni, biasanya ngefek banget jadi alasan buat wajib kumpul2 lagi :D

    ReplyDelete
  15. Bener mbak. Salah satu alasan pemilihan bukber adalah ketersediaan tempat solat. Pernah bukber di tempat yang gak ada tempat solatnya. Makannya jadi gak tenang dan buru-buru cari tempat solat terdekat. Udah waktu mepet isya, pake ngantri lagi karena rame. Hiks.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat