Friday, 2 June 2017

Belanja Online Menjelang Lebaran

belanja online gratis ongkir
source google.co.id


Nyipenengah.com - Fenomena belanja di era dunia digital, masyarakat semakin dimanjakan saja dengan kecangihan teknologi. Banyak marketplace baru bermunculan dan menawarkan sistem-sitem menarik. Entah itu belanja online gratis ongkir, dapat cashback, sehari sampai, voucher diskon dan lain-lain. Intinya mereka ingin, masyarakat berlomba-lomba belanja online di marketplace mereka.

Bagi saya sendiri, belanja online bukan lagi hal yang asing. Semenjak bekerja menjadi content writer di Oscorp Industri, dimana perusahaan ini bergerak dibidang digital marketing yang sebagian besar konsumennya adalah orang-orang yang melakukan belanja online. Saya semakin paham seluk-beluk belanja online. Mana penjual yang emang bener niat jualan, mana penjual yang ngaret soal pengiriman, mana konsumen yang rewel, konsumen yang mau sabar dan lain-lalin.

Pada bulan Ramadhan apalagi menjelang hari Raya Idul Fitri ini, konsumen mulai sibuk berbelanja. Karena kesibukan yang menggunung, sebagian besar masyarakat melakukan pembelian online. Ada juga beberapa yang takut belanja online, takut tertipu, takut barangnya tidak sesuai gambar dan lain-lain.

Kategori fashion tentulah menjadi kategori yang paling diburu, dari gamis, baju koko, hijab, sepatu dan sandal. Yang mayoritas konsumennya adalah umat Muslim dan siapa sangka konsumen Non-Muslim juga ikut meminati fenomena menjelang Hari Raya Idul Fitri dimana banyak barang yang diskon.

Karena belanja online sudah menjadi kebiasaan saya, boleh dong ya saya berbagi tips aman berbelanja online. Yuk intip!

Riset toko online tempat kita belanja

Ketika belanja online, kita dituntut untuk cermat dan cerdas. Lihat dulu gambar yang dipotret dengan gambar asli. Kalau gambar asli tidak disertakan, lihat ulasan dari konsumen yang telah membeli di toko tersebut. Biasanya mereka menampilkan gambar aslinya, serta testimoni kepuasan yang dirasakan setelah membeli. Bisa juga kita cek websitenya, akun media sosialnya yang dipasang pada header atau keterangan toko onlinenya bahwa akun yang kita sasar untuk melakukan pembelian aktiv.

Barang sama tetapi harga berbeda

Suka dong ya membandingkan harga barang yang kita inginkan, dari beberapa penjual yang berbeda. Jangan tergoda barang murah, karena kadang yang murah kualitasnya kurang bagus tetapi tidak jaminan juga barangnya buruk. Bisa jadi dia supplier asli atau dia tangan pertama dan harga ditempat lain kenapa lebih mahal bisa jadi bahannya beda atau dia penjual yang mendapatkan harga yang sudah jatuh dari beberapa tangan.

Penawaran gratis ongkir

Saya seringkali membandingkan antar ongkir yang gratis dengan yang berbayar. Biasanya penawaran gratis ongkir, barangnya jatuh ke alamat kita agak lamaan. Tetapi yang berbayar kita bisa memilih paket cepat, bisa sehari sampai, menggunakan go send karena kita tidak sabar ingin mendapatkan barang yang kita beli.

Pembayaran belanja online

Pembayar yang kita lakukan ketika beberlanja online, sekarang pun sudah sangat dimudahkan. Jika kamu nggak punya rekening tabungan atau ATM, biasanya bisa menggunakan uang cash. Marketplace biasanya juga bekerjasama dengan minimarket. Tetapi kalau kamu punya ATM, tinggal transfer dengan no rekening marketplace tersebut yang menjadi perantara (pihak ketiga) seperti Bukalapak. Tetapi kalo kamu berkecimpung di dunia online, misal kamu jualan online atau menjadi pembeli online yang aktiv nggak ada salahnya punya token dari bank tempat kamu menabung. Itu akan memudahkan sekali dengan sistim virtual account.

Periksa paket barang yang sampai

Lihat barang yang sudah sampai di rumah kamu. Apakah packingannya rapi, dari cara membungkus dan mengamankan barang yang kamu beli. Kalau kamu puas, bisa deh dijadikan toko langganan karena kita sudah tau kalau toko tersebut menjaga barang dengan kualitas yang baik. Bisa juga dijadikan peluang bisnis, kamu jualkan lagi. Belanja yang menghasilkan, hahaha ... kayak saya nih.

Kalau saya beli barang, apapun itu dari segi waktu kita chat menanyakan barang ready atau tidak. Dari segi testimoni konsumen atau  gambarnya sesuai dengan barang yang kita pesan saya jual lagi barang tersebut. Biasanya sih saya menjual barang yang saya suka, hehehe ... ada juga yang saya menjadi reseller dengan membayar sejumlah uang untuk menjadi member.

Semoga tips belanja online simple dari saya ini, membantu ya Sob. Tidak perlu takut belanja online lagi deh, kalau begini ya? Eits, tapi inget kantong jangan jebol ya? Hahaha ...

Salam


15 comments:

  1. aku pilih belanja online yg sdg promo dan ada free ongkirnya, jd berasa hematnya, dan pilih ekspedisi kurir memang harus tepat, jgn sampai bikin bete krn paket gak dtg2 spt kasusku kemarin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hematnya double ya mba Lia :-D
      iya bikin sebel ya kalo pengiriman telat gitu

      Delete
  2. Sepatu prnh beli mba lwt on line... tp bhnny gk cocok trnyata.. jd mst cek n ricek.dulu spesikasi detailnya. Noted bngt inf n tipsny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Mutie, saya juga kadang memastikan bahannya apa. Karena lumayan ngerti bahan kalo adem dan aku suka aku beli.

      Delete
  3. aku pribadi juga seneng blanja online mba, soalnya kadang kalo blanja langsung malah yg dibeli macem2, hihihi

    ReplyDelete
  4. Sukaaa deh mbak belanja di Bukalapak dan pilihannya banyak.

    Beli online lebih asyik apalagi pas bulan puasa gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilihan banyak jadi kepengen semua mba Lida :-D
      Pas puasa dibeli kebanyakan dibuat untuk lebaran

      Delete
  5. Memang asik beli ol, tapi harus inget kantong, sepakat :)

    ReplyDelete
  6. dulu suka belanja online.. ga capek.. tp pernah 1 kali bahannya ga oke. jadinya aku liat2 dulu oshopnya kayak ala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang juga ada penjual yang kasih barang dengan kualitas buruk. AKu juga pernah, pernah ketipu juga.

      Delete
  7. blanja di ol shop emang praktis banget dah makk

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat