Friday, 16 June 2017

7 Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Sehat

7 Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Sehat



Nyipenengah.com - Bulan Ramadhan sebentar lagi usai, kemudian lebaran. Lebaran nggak cuman makan lontong, ketupat dan sholat Idul Fitri dong? Indonesia punya budaya yang unik, setiap tahunnya ialah mudik lebaran. Mudik biasanya dilakukan sebelum -H lebaran dan biasanya sudah pada sibuk booking tiket jauh-jauh hari, karena takut kehabisan kalau nggak cepat-cepat.

Ngomong-ngomong soal mudik, fenomena ini sudah terlihat dalam berita TV yang semalam saya tonton. Nah gimana sih, biar mudik kita aman dan nyaman bisa sampai kampung halaman?

Pastikan kondisi tubuh fit

Mudik yang sudah terencana, harus didukung dengan kondisi tubuh kita yang sehat. Maka, menjaga kesehatan adalah hal yang paling utama. Apalagi buat yang mudik dengan motor atau membawa kendaraan sendiri, pengendara atau driver yang biasanya kakak, suami atau ayah kita harus benar-benar dalam keadaan kondisi prima.

Bekal makanan

Bekal makanan sebaiknya dipersiapkan dengan baik. Yang tahan aman dan tidak basi, kalau biasanya kami mudik ke Bali bawa lauk ayam goreng, ikan asin dan makanan yang tahan awetnya. Karena kalau beli di jalanan dikhawatirkan cara masaknya yang kurang bersih, atau alat-alat yang digunakan. Biasanya kan ramai pengjunjung, banyak yang harus dilayani. Jadi lebih terjamin jika membawa masakan sendiri dari rumah.

Bekal obat-obatan

Obat-obatan juga jangan lupa, apalagi kalau ada keluarga yang mabuk perjalanan. Kayak saya ini hahaha waktu mudik dengan bus ... ada udara atau asap yang datang dari dalam bus, bikin saya mual. Nggak mesti juga sih, kadang saya mual kadang ya biasa saja. Tapi mempersiapkan obat-obatan juga menjadi keharusan. Terlebih jika mudik membawa anak kecil.  

Daftar barang bawaan

Apa yang harus kita bawa, ada baiknya di list dahulu. Mudik biasanya kan membawa oleh-oleh hehehe .... itu juga jangan lupa. List sebaiknya sambil dicocokkan dengan barang yang sudah dipersiapkan. Bikin list daftar barang terpenting, penting dan tidak penting, untuk meminimalisir kelupaan.

Bawa bekal air mentah / matang

Keadaan yang nggak keduga kadang terjadi di tengah kemacetan arus mudik. Karena saya pernah mengalami, waktu mau menyeberang balik ke Jawa dari Bali di pelabuhan Gilimanuk kami menunggu 9 jam. Kebelet pipis inilah yang jadi kendala, untung juga keadaan malam hari dan kami masih berada di tengah perkebunan. Yasudahlah mau gimana lagi, jauh dari perkampungan. Nah bekal air yang kita bawa inilah berguna banget, buat kesulitan cari air di tengah jalan.

Cek kondisi kendaraan

Mudik yang anda lakukan jika menggunakan kendaraan pribadi. Harus dicek dulu kondisi kendataannya. Karena perjalanan yang dilakukan cukup jauh. Baik menggunakan motor atau mobil. Sebaiknya ke bengkel terlebih dahulu, untuk memastikan semuanya aman. Persiapkan juga obeng, dongkrak, kuci pas apabila bocor di tengah jalan harus mengganti ban mobil.

Alhamdulillah juga ini kejadian pas ban bocor, karena kakak sudah kebiasa mbengkel di benerin sediri. Nggak ada waktu sepuluh menit kelar ganti ban belakang. Bahaya banget kan buat yang nggak paham soal otomotif. Sebaiknya di cek keadaan kendaraan jika anda mudik dengan mobil pribadi.

Ponsel dengan pulsanya serta charger dan powerbank

Charger ponsel anda sampai penuh, buat jaga-jaga diperjalanan. Karena biasanya arus mudik yang ramai, ada informasi-informasi yang akan disampaikan mengenai posko lebaran, kondisi jalanannya, pom bensin, rest area atau bengkel terdekat jika ada kendala pada kendaraan. Bila dijalan butuh bantuan, jangan lupa juga cata nomor penting seperti nomor telepon polisi, info jalan tol dan lain-lain buat jaga-jaga. Jangan sampai kita dalam keadaan darurat, ponsel baterai habis. Sediakanlah powerbank selain charger kita.

Selamat mudik lebaran, ingat yang paling penting dari 7 Tips Mudik Lebaran dengan Aman dan Sehat di atas adalah; doa.

Doa keluar rumah :

"Bismillahi, tawakkaltu ’ala allah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah".

Yang memiliki arti: Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Sementara doa naik kendaraan, jika anda akan naik membacalah, "Bismillah". Setelah berada di atas kendaraan berucap, "Alhamdulillah". Kemudian membaca, "subhanalladzi sakh-khoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqriniin. Wa inna ilaa robbina lamun-qolibuun".

Yang memiliki arti : Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Bismillah, semoga selamat sampai tujuan!
Salam


  

13 comments:

  1. Makanan atau cemilan sama minuman itu gak boleh kelupaan. Biar ga bete apalagi keroncongan pas di jalan :D

    ReplyDelete
  2. Kondisi memang baru fit nih saat mau mudik. Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya mba

    ReplyDelete
  3. Benar, harus di list dulu apa yg mau dibawa biar nggak kelupaan ya. Aku rencana mudik juga hari Senin :)

    ReplyDelete
  4. Jadi inget masa2 mudik ketika masih di majikan. Yg mau mudik kita, yang repot setengah mati kakek sama nenek yang aku jaga. Hahaha... Takut aku gak balik lagi kerja katanya

    ReplyDelete
  5. Mudik yeee. Pengennya naek pesawa, apalah daya waktu tempuh mudik cuma 2 jam. Dari kota ke kabupaten 😁

    ReplyDelete
  6. yes! gimanapun tubuh harus fit... mudik itu menyenangkan... jangan sampai kita bawa oleh2 penyakit kekampung n nebarin virus flu he2... apalagi mudik ramai dan berdesakan... jadi kesehatan harus ttp dijaga .

    ReplyDelete
  7. mudik kalo lagi sakit atau kurang fit malah jadi nggak bisa menikmati, pulang mudik malah kudu bedrest sakitnya makin menjadi

    ReplyDelete
  8. kesehatan itu penting dijaga kalau mau mudik.

    ReplyDelete
  9. Penting semua untuk dilakukan tuh tipsnya mbak. Terutama jika mudik bersama anak2

    ReplyDelete
  10. Salam kenal dari www.annisa.mom ya mbak.
    Saya selalu kangen masa-masa mudik lebaran lewat perjanalan darat begini. Sekrang setelah tinggal di daerah kepulauan rasanya kurang seru.

    ReplyDelete
  11. Tahun ini saya gak ikutan mudik Mbak mau lebaran di Jakarta

    ReplyDelete
  12. Tengkyu tipsnyaa
    Ibuku bgt tu kalau mudik selalu bawa makanan lebgkap, soalnya selain hemat jg kdng khaatir pas di jalan susah nemu tempat buat buka (krn mudiknya selalu pas masih puasaan) :D

    ReplyDelete
  13. bawa makanan penting banget tuh biar ga laper pas waktu buka puasa :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat