Wednesday, 31 May 2017

Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan


Tadarus Al-Quran d Bulan Ramadhan
Source Google

 
Nyipenengah.com - Siapa yang tak merindukan bulan Ramadhan? Hanya satu bulan di antara 12 bulan, yang mencuri hati setiap muslim ialah bulan Ramadhan.

Bulan di mana kebaikan yang kita lakukan melimpah ruah, ayat Al-Quran yang kita lafalkan berkali-kali lipat digandakan hingga tujuh ratus kali lipat. Siapa yang tidak merindu coba?

Rosullullah bersabda, "Semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan ( balasannya) satu kebaikan dengan sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat". Tentunya yang dilakukan dengan niat untuk Allah semata. Meninggalkan segala yang buruk untuk Allah Aza Wa Jalla.

Amal kebaikan yang dianjurkan selama bulan Suci Ramadhan, salah satunya ialah tadaruz Al-Quran. Tadaruz Al-Quran berarti, membaca, menelaah, merenungkan dan memahami wahyu-wahyu yang diturunkan Allah SWT untuk umat muslim. Banyak kandungan hikmah dalam Al-Quran, Al-Quran itu kayak kompas yang  menjadi petunjuk kebenaran.

Saya sendiri kalau tadarus Al-Quran bulan Ramadhan, biasanya saya lakukan setelah sahur dan setelah sholat. Nyicil sedikit-sedikit, biar tadarus Al-Quran 30 juz ini bisa kelar dalam waktu sebulan. Syukur-syukur bisa lebih khatamnya. Saya tidak bisa tadarus Al-Quran dengan cepat, saya biasanya lebih pelan karena sekalian baca artinya. Biar pemahaman saya dengan Al-Quran semakin besar, bahkan saya menangis ketika membaca artinya ketika saya menelaah maknanya hingga ke dalam hati terdalam.

Saya merasa bersyukur sekali, lahir dalam keadaan Islam dan menjadi muslimah. Meski ibu saya mualaf, beliau tetap menuntun saya untuk bisa belajar pengetahuan islam lebih banyak.  Tadarus Al-Quran bernilai banget, tidak hanya bulan Ramadhan sebenanya. Setiap hari pun saya sempatkan membaca, walau hanya beberapa ayat. Saya harus bisa berusaha membiasakan diri, untuk mengimbangi kegiatan duniawi dan memersiapkan bekal akhirat nanti.

Malaikat Jibril sendiri menyimak Tadarus Al-Quran yang dilantunkan Rasullullah ketika bulan Ramadhan. Sahabat Rosullullah Utsman bin Affan mengkhatamkan Al-Quran sehari sekali, Imam Syafii sebanyak 60 kali, Al-Aswad 2 hari sekali, dan sahabat Rasullullah yang lain berhasil mengkhatamkan dengan waktu yang singkat. Subhanallah. Apakabar para santri di pondok Pesantren, dalam tadarus Al-Quran? Ah, begitu kecilnya amalan saya.

Lantas apa saja keutamaan tadarus Al-Quran bagi umat muslim dan muslimah di seluruh dunia?

·         Allah akan mengangkat derajat pembaca Al-Quran, yang mana mempelajari isi kandungan di dalam setiap ayat Al-Quran kemudian mengamalkannya dalam kehidupan. “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dengan Kitab Alquran dan Allah merendahkan kaum yang lainnya (yang tidak mau membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran).” (HR Bukhari).

·         Mendapatkan syafaat atau pertolongan di hari kiamat nanti. “Bacalah Alquran oleh kamu sekalian, karena bacaan Alquran yang dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi syafaat/penolong bagi para pembacanya di hari Kiamat nanti.” Siapa yang nggak mau coba? Dapet syafaat hanya dengan membaca Al-Quran. Tapi kebanyakan malas mengalahkan niat, ah ... saya sendiri juga begitu kadang.

·         Memeroleh ketenangan batiniah dan jiwa  yang uar biasa. Al-Quran bisa menentramkan hati sang pembaca pun yang mendengarkan. Dalam surat Al-Isra ayat 82 disebutkan, jika Al-Quran adalah obat dari segala macam penyakit kejiwaan.

Dan masih banyak keutamaan-keutamaan lainnya soal membaca Al-Quran. Semoga kita tidak menyia-nyiakan waktu yang kita punya, karena kehidupan di dunia  yang sebentar. Semoga AL-Quran yang kita baca, akan mempermudahkan kita dalam menghadapi sakaratu maut. Aamiin.


Salam

8 comments:

  1. Duhh pe er banget nih mba.. Malem ini blm 1 juz.. Daritadi bukannya baca alquran, malah bw.. Xixix.. Okee aku mau slesein pe er ku dulu yaaa.. Mksh udah diingetin😘

    ReplyDelete
  2. Bener banget mba nyi, setuju, di bulan Ramadahan justru semangat dan mesti khatam, one day one juz, bulan biasa semoga bisa terus menerapkannya Aamiinm mari berlomba dalam kebaikan 😊

    ReplyDelete
  3. Aku suka tadarus abis subuhan nyi. Anak2 msh tidur. Sekarang harus pinter bagi waktu krn ada baby tp tetep semangat tadarua moga2 bisa khatam

    ReplyDelete
  4. YA Allah, semoga kita tambah rajin ngaji puasa kali ini ya Nyi

    ReplyDelete
  5. sama mbak, waktu yang pas dan enak buat baca al-qur'an itu habis sholat. bisa baca 2 sampai 3 lembar insyaallah di hari terakhir ramadhan bisa khatam :)

    ReplyDelete
  6. Aku abis shalat juga, biar masih ada wudlu sih maksudnya. Tapi akhir2 ini gak bisa ODOJ, ada aja alasannya. Astaghfirullah, makasih nyi udh diingatkan

    ReplyDelete
  7. Aku biasanya juga setelah sahur dan solat. Dua tahun ini tertantang untuk selalu khatam walau cuma sekali pas Ramadan. Insyaallah tahun ini pengen bisa khatam lagi pas bulan puasa.

    ReplyDelete
  8. Lantunan ayat suci Al Qur'an menjadi penghias malam-malam di BUlan Ramadan. Tak hanya malam, tapi sepanjang hari. Jadi makin trunyuh mbrebes mili kemudian inget dosa. Alhamdulillah, di rumah selalu dihiasi dengan alunan ayat suci, dari aku maupun suamiku. anak-anak masih kecil, palingan apalan ayat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat