Monday, 29 May 2017

Puasa Sehat Ala Rasullullah

Puasa Sehat Ala Rasullullah


Nyipenengah.com - Puasa Ramadhan ialah puasa yang wajib dijalankan oleh pemeluk agama Islam, termasuk saya sebagai muslimah. Puasa Ramadhan ini berlangsung selama sebulan penuh. Kalau wanita sih biasanya ada bolong-bolongnya hehehe ... iya nggak sih?

Menyingkapi puasa Ramdhan yang sebulan penuh ini, jangan lantas kita makan dan minum seenaknya. Bisa jadi kita dehidrasi kemudian pingsan, puasanya jadi batal deh. Jangan sampai ya! Atau jangan-jangan gegara makan sembarangan jadi sakit, karena kekurangan gizi.

Nah saya mau sharing nih, soal puasa sehat yang bagaimana sih? Puasa sehat yang bisa dijadikan panutan ya puasanya Rasullullah. Yuk tiru puasa Ramadhan Rasulullah seperti apa:

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Buka puasa dengan kurma muda

Umat muslim di seluruh belahan dunia manapun, dianjurkan oleh Rosullullah seperti dalam sabdanya untuk berbuka puasa dengan buah kurma. Tapi jika di daerah kita jarang orang yang jual kurma, bisa digani dengan air putih.

Kenapa kurma? Karena buah kurma ini, memiliki manfaat yang menyehatkan pencernaan kita. Ada zat larut dan asam amino yang akan membantu proses pencernaan di tubuh manusia.

Selain itu, buah kurma ternyata meningkatkan energi dalam tubuh lho! Yang bisa mengembalikan rasa lelah kita, letih dan lemes saat puasa. Glukosa, fruktosa dan sukrosa dalam buah kurma ini, akan mengembalikan terkurasnya aktivitas yang padat. Apalagi perut kita saat berbuka dalam keadaan kosong.  Yuk usahakan buat konsumsi kurma, ketika berbuka puasa Sob!

Buka puasa dan sahur dengan air putih

Saya pernah karena kesiangan, nggak sempat sahur. Jam udah mepet waktu imsak, akhirnya cuma bismillah niat dan minum segelas air putih. Eh ... puasanya juga kuat aja sampai beduk adzan magrib. Kenapa bisa gitu ya? Padahal cuman air putih, ternyata air putih menurunkan asam lambung tubuh.  Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari sistem pencernaan kita terbantu dan lancar memroses makanan. Hmm ... ingat ya Sob, 8 gelas minimal. Semakin banyak minum ya semakin baik. Nggak usah takut kembung atau beser. Asal ada kamar mandi ini, hehehe ...

Puasa Sehat Ala Rasullullah yang ketiga ialah, melakukan ibadah setelah kita sahur. Biasanya setelah sahur, adzan berkumandang kita sholat subuh dulu lalu meneruskan tidur.

Sebaiknya setelah sahur kita melakukan aktifitas yang bermanfaat dan menambah amalan. Seperti mengaji atau berjalan-jalan pagi. Kalau kita langsung tidur, saluran pencernaan kita justru making cepat kosong dan mengalami lapar lebih cepat. 

            Bagaimana Puasa Sehat Ala Rasullullah ini? Semogabisa menambah pahala dan baik untuk kesehatan kita. Aamiin.

Selamat berpuasa Ramadhan.

Salam

18 comments:

  1. godaannya mba ga kuat abis adzan solat ngaji mata langsung sepet banget dah hahaha alhasil bobo lagi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba Herv, ini tergantung motivasi wkwkkw kalo ada DL nulis ya melek hahahha

      Delete
  2. Susaaah bgt kalo gk tidur habis subuh. Lihat batal sm kasur enak bgt kayaknya kalo langsung tidur.

    ReplyDelete
  3. AAmiin, semoga puasanya makin lancar :)

    ReplyDelete
  4. Kalau aku habis sahur gak langsung tidur sampai pagi, tapi lanjut ngibadah sosmed, hiyaa jangan ditiru :D

    ReplyDelete
  5. Saya malah suka lupa kalau berbuka bagusnya sama kurma. Eh malah minum dulu. Apalagi suami. Dia kan sudah siap ke mesjid jadi minum aja. Makan kurma katanya suka nempel2 dan malas kumur2lagi di mesjid nanti... Jadinya kurma malah ga dilirik haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk harus banyak minuma emang teh kalo abis konsumsi Kurma wkkwkw bikin nempel emang.

      Delete
  6. Aku paling favorit kurma segar yang bertangkai,warna gold gitu...enyaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh aku belum pernah makan kurma bertangkai bun :(
      bagiiii :-D

      Delete
  7. aku pun skrg di rumah menggalakan minum susu dan kurma, biar stamina lekas kembali, biar kuat tarawihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua makanan dan minuman ini sangat membantu kesehatan tubuh ya Mba Lia :-D

      Delete
  8. Noted! Aku pengen puasa tapi lagi ngasih ASI exclusive nih, semoga bisa segera puasa yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah, penting debaynya dulu sehat ya mba Fara. Bundanya juga.

      Delete
  9. Jika Rasulullah yg menjadi teladan, ramadhan kian berasa bermakna. tetap fit meski tengah berpuasa

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah ya jika kita mengikuti teladan rasulullah puasa lbh lancar ibadah tak ada halangan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat