Menu Masakan Bulan Ramadhan Favorit

masakan bulan ramadhan
source : google


Nyipenengah.com - Sehari lagi memasuki bulan Ramadhan ya Teman, persiapan apa saja nih yang sudah disiapkan untuk berbuka dan saat sahur tiba? Kalau saya, walau cuma sambal asal yang bikin ibu rasanya tetap lauk ternikmat.

Kenapa masakan yang dibuat ibu selalu enak ya? Pernah ngerasa nggak? Rasanya selalu beda walau kelasnya resto mewah, tetap aja nggak bisa nandingin buatan ibu. Mungkin cinta yang membuat masakan ibu terasa paling enak. Kekuatan cinta emang nggak ada duanya ya, apalagi cinta dari ibunda.

#Arisanbloggandjelrel kocokan kedua, jatuh kepada mbak Hiday sama mbak Diyanika. Tema apa sih yang dilempar kepada kita member Gandjel Rel? Adalah  Masakan Favorite disaat Bulan Ramadhan. Penasaran kan makanan favorite saya apa? Hehehe ... tapi sebelunya aku kenalin dulu ya sama pemenang yang berhasil keluar namanya.

Ika Hardiyan Aksari, ibu dari Kak Ghifa yang berprofesi sebagai guru SD. Selain guru beliau juga blogger Semarang, serta guru privat. Blognya isinya gado-gado, tetapi isinya lebih kepada berbagi pengalaman beliau soal mengajar, parenting, kesehatan dan lain-lain. Baru-baru ini tulisannya yang terbit bercerita soal, 'Bersedekah', di mana ia mengungkapkan rasanya bersedekah itu keseluruhan hatinya bisa dibilang melega.

Pemenang arisan kedua adalah mbak Hidayah, saya sering memanggil beliau mbak Hiday. Ibu dari dua orang tua putra yang sudah beranjak dewasa. Blognya sendiri berjudul My Mind dengan tagline; Untaian Kata untuk Berbagi. Isi yang diusung mengenai, kisah inspiratif, jalan-jalan, kuliner, parenting, kesehatan, gaya hidup, ibadah haji dan lain-lain. Beliau pernah punya mimpi bisa beribadah haji ke tanah suci dan Allhamdulillah Allah telah mengabulkan impian beliau pergi ke tanah Makkah bersama sang suami. Selain itu ada mimpi beliau yang belum terkabul, memiliki buku solo. Semoga segera terlaksana ya mbak Hiday, aamiin. Mbak Hiday termasuk blogger Gandjel Rel yang saya idolakan, hehehe ... soalnya pembawaannya itu sederhana dan rendah hati.

Kembali ke tema soal masakan bulan ramadhan, menu special apakah di bulan yang penuh ampunan yang menjadi menu favorite saya?

Masakan di bulan Ramadhan
Source : Google


Ialah ikan asin dan sambal tomat buatan ibu. Sambal tomat olahan ibu ini enak banget, sampai sekarang belum pernah nemuin masakan serupa sambal bikinan ibu. Ikan asin banyak macamnya, semuanya saya suka asal disandingkan dengan sambal tomat buatan ibu. Tapi kalo ditanya paling spesifik itu ikan asin Peda, yang memiliki banyak daging. Bahan dasar ikan asin Peda ini sendiri dari ikan Kembung.

Resep masakan bulan Ramadhan favorit saya ini, bisa membuat saya nambah nasi berkali-kali lho hahaha ... sering kali saya rebutan bersama dengan dua saudara laki-laki saya. Padahal cuma rebutan sambal doang. Masakan khas bulan Ramadhan meski cuma sambal dan ikan asin, saya sudah bahagia banget. Karena ikan asin Peda selalu bikin mood makan saya kalap dan ibu ketawa sendiri ngeliat saya makan lahap nambah terus.

Masakan di bulan Ramadhan saya murah banget yak dan simple. Nggak perlu repot, tinggal goreng doang sama nyiapin cabe dan tomat buat dibikin sambalnya. Menu masakan bulan Ramadhan lainnya yang jadi favorite, kering tempe yang garing banget. Kalau kering tempe basah kan awetnya nggak lama, kalau kering tempe yang garing ini bisa berbulan-bulan lho. Biasanya ibu bikin  setoples gede, buat jaga-jaga kalau malas. Jadi ibu tinggal bikin sayurnya aja, sayurnya sendiri bebas mau sayur apa nggak harus sayur pasangannya si kering tempe ini.

Nah gimana, udah tahu kan betapa simplenya menu masakan khas bulan Ramadhan favorit saya. Kalau menu favorit kamu di bulan Ramadhan masakan apa? Jangan lupa ya tuangkan cinta kasih di dalamnya, ketika memasak hehehe …

Salam
           
           






Postingan Terkait

24 komentar:

  1. Di keluargaku ikan asin pedho ini juga lumayan favorit, Mbak. Apalagi kalau dimakan sama urap. Weleh, daging sapi ya kalah. Mbak Nyi sudah pernah makan kicik ikan asin pedho? Wuenak lho, Mbak. Jadi, ikan asinnya itu dibumbui rica2 dengan cabe ijo. Endes pokoke.

    Makasih ya, Mbak, sudah ikut meramaikan arisan blog kedua ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kicik Ikan Asin Pedho belum pernah mba Ika :-D
      mau dong hahhaha. Biasanya kalo dirica2 itu malah yang ikan teri.

      Hapus
  2. Enak ikan asin pedo ama sambel cocok pas 😀

    BalasHapus
  3. Ah.. apapun buatan ibu memang selalu enak Nyi, mau ikan pedo, ikan asin, ikan cethul, semuwah...

    BalasHapus
  4. Ikan asin sama sambel...huuu enaak banget Nyi. Kayak penambah nafsu makan itu

    BalasHapus
  5. suamiku ga doyan Peda si makanya klo masak makan sendiri rasanya kok sedih gitu y mba ahhaha..paling enak di tim mba pedanya ditaburin cabe dan bawang alamak maknyos itu mba pedanya

    BalasHapus
  6. aku suka ikan asin..orang jawa bilang nglawuhi ya mbak, jadi pingin nambah2 terus nasinya hi hi

    BalasHapus
  7. Ikan asin sih termasuk menu favorit juga buat kami Nyi. Disandingkan dengan sayur lodeh enak, sayur asem juga enak, sayur gori juga enak.

    Kalau khusus yang peda biasanya dibuat orak arik peda sama ibuku, meskipun buatnya agak ribet tapi hasilnya sangat memuaskan, pokoknya ngabisin nasi deh :)

    BalasHapus
  8. Nyi, boleh dong mintain resep sambel tomat ala ibunda..
    aku bisa sih bikin sendiri, tapi rasanya seringnya bikin kecewa. hahaa

    BalasHapus
  9. Ikan asin, sego anget, sambel.. Sudaaah nikmatnya tiada tara :)

    BalasHapus
  10. ikan asin pedo itu pindang bukan sih mbak?

    menu favorit? es buah campur syrup sama nasi sop lauk krupuk.
    udah deh, itu adalah sebuah kenikmatan buka puasa yg haqiqi hehe

    BalasHapus
  11. kalau bualn puasa ibuku suka buat ikan kembung rebus cabai hijau mbak duh nikmatnya :)

    BalasHapus
  12. Kalau ikan asin jenis pedho, drmhku seringnya di orak-arik ama telur mba.. Enaaak 😃

    BalasHapus
  13. Masakan ibu selalu enak karna ibu masak dengan cinta...

    BalasHapus
  14. Sederhana.tapi nikmat tiada.tara ya mbak
    Masakan ibu emang tiada duanya.

    BalasHapus
  15. Peda + sambel tomat + nasi anget + krupuk = ngabis-ngabisin nasi :)) nambahnya nyandu

    BalasHapus
  16. Masakan ibu memang tiada duanya ya mbak..aku kalu pas mudik juga suka request masakan favorit yang harus dimasakin ibu :)

    BalasHapus
  17. Ikan asin nih suka bikin kalap kalo makan. Yg rencana diet lupa smuanya

    BalasHapus
  18. Pantesan telingaku geli, ada yg lagi muji2 :) Doa terbaik untukmu ya Nyi, moga sukses dunia akhirat, aamiin.

    Soal ikan pedha sama sambel tomat itu emang juara sih. Tapi kalo ibuku seringnya dibikin orak arik, uenaakkkk banget

    BalasHapus
  19. Seumur2 belum pernah makan ikan peda mba, takut trll amis gt kaya pindang. Beda ya?

    BalasHapus
  20. Aku juga suka banget ikan peda dan sambel tomat mb apalagi kalau makannya disawah..beuh nikmat

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat