Wednesday, 31 May 2017

Bau Mulut Orang Puasa Menurut Islam

Bau Mulut Orang Puasa Menurut Islam


Nyipenengah.com - Bau mulut orang yang berpuasa, terkadang menjadi kendala seseorang tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Bau mulut orang puasa, timbul karena lambung kita yang kosong.

Bahkan pada jaman dahulu, ada juga orang-orang yang mencemooh ibadah puasa pada bulan Suci Ramadhan ini. Mereka tidak suka dengan aroma bau mulut karena puasa. Lantas ada hadist yang lahir tersebab itu. Abu Huroiroh RA, "Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah pada hari Qiyamat daripada wangi kasturi". Sampai-sampai penghuni surga pernah bertanya kepada Allah, "Wahai Robb kami, belum pernah kami mencium aroma yang lebih wangi dari aroma ini, aroma dari manakah ini?", "Ialah aroma dari mulut orang-orang yang berpuasa".

MasyaAllah, bau mulut saat puasa dalam Islam ternyata lebih wangi dari aroma bunga apapun di dunia, termasuk wangi kasturi yang digadang-gadangkan adalah aroma terbaik dunia-akhirat. Nggak percaya? Rosullullah sendiri bersabda, "Sebaik-baik wewangian adalah minyak kasturi". Tetapi minyak kasturi kalah jauh dari bau mulut karena puasa. Masih nggak percaya diri sampai di sini?

Memang ada sebagian yang membersihkan bau mulutnya, ada juga yang kukuh tidak melakukan hal serupa karena takut bau mulutnya hilang. Karena Allah menyukai bau mulut orang puasa, puasa karena ketaan yang bersemayam dalam dirinya untuk mencari keridhaan Allah.

Masalah ngak sih kalau kita membersihkan bau mulut, misalnya dengan cara kita mengosok gigi? Sekalipun kita sudah gosok gigi ketika habis sahur?

Tidak masalah dan boleh-boleh saja. Sahabat Rosullullah, dalam hadist Tirmidzi berkata, " Aku pernah melihat Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa".

Allah memang menyukai kebersihan, kebersihan sebagian dari iman. Tetapi untuk bau mulut karena seseorag berpuasa ialah lebih baik di sisi-Nya.

Tips menghilangkan bau mulut ketika berpuasa

Bersiwak (sikat gigi)

Selesai sahur sebaiknya menyikat gigi secara meyeluruh. Agar bagian yang tersembunyi, sela-sela gigi bisa tersapu sikat sisa makananya. Dimana tempat berkembang biaknya bakteri dan bisa menyebabkan bau mulut. Ketika siang hari atau sore merasa tidak nyaman, boleh menyikat gigi. Namun jika dikhawatirkan tertelan masuk, sebaiknya tidak usah memakai pasta gigi. Cukup membasahi sikat dan menyapukan sikatnya saja.

Berkumur
Bakteri bisa jadi terangkat ketika kita berkumur. Lakukan dengan rutin untuk menghilangkan baunya. Jika ingin berkumur menggunakan mouthwash, sebaiknya jangan yang menggunakan alkohol dan tanpa perasa.

Tips mencegah bau mulut selama puasa

·         Minum banyak air putih ketika sahur dan buka puasa. Karena jika mulut kita kering, kemungkinan munculnya bau mulut akan semakin besar.

·         Hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak kadar gula. Bakteri menyukai sisa gula, ia berkembang biak dengan cepat.

·         Kunyah jeruk atau lemon saat buka dan sahur. Karena jeruk dan lemon bisa meningkatkan produksi liur kita, mulut pun jadi jarang kering.

·         Jangan makan makanan yang mengandung aroma menyengat, seperti jengkol, pete, bawang bombai dan lain-lain

·         Kumur dengan air garam sebelum tidur. Kumur kurang lebih 30 detik lalu buang. Air garam layaknya antiseptik yang mengusir bakteri bau mulut.

Oke, semoga tips mencegah dan menghilangkan bau mulut orang puasa bisa bermanfaat. Semoga pula pandangan Bau Mulut Orang Puasa Menurut Islam, bisa sedikit memberikan kita pemahaman mengenai bau mulut.

Selamat berpuasa Ramadhan


Salam

10 comments:

  1. Upaya untuk menghilangkan bau mulut dengan berkumur, harus dilakukan dengan hati-hati, ya, Mbak.
    Takutnya nanti ada yang tertelan hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah ati-ati banget mba Nurul biar nggak ketelen.
      Jangan sampe ketelen, tapi pura-pura enggak hahahah

      Delete
  2. Memang kadang org menganggap bau mulut tak masalah. Padahal sebenarnya bs dicegah. Tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Eni, banyak sebab yang bisa membuat bau mulut seseorang bau.

      Delete
  3. MAkasih Nyi, iya memang bau mulut sering mengganggu, tapi orang maklum ya pas puasa. Tegnkyu sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus maklum, namanya juga puasa.
      Bau surga lho :-D

      Delete
  4. baunya emang khas, aku sendiri eneg menciumnya. hihihi
    tapi karena ini menunjukkan kalau kita beribadah ya alhamdulillah

    ReplyDelete
  5. Minum minuman kafein dan makanan bersantan waktu sahur, katanya juga bisa menyebabkan bau mulut mbak. Aku dulu sahur selalu minum teh, sekarang udah gak lagi.. ternyata emang lebih enakan di tenggorokan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku delalah ga gitu doyan ama teh mba Mer :-D
      paling air putih, susu ama minuman soda. Pdahal minuman soda bikin lemes hahha

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat