Wednesday, 31 May 2017

Tadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan


Tadarus Al-Quran d Bulan Ramadhan
Source Google

 
Nyipenengah.com - Siapa yang tak merindukan bulan Ramadhan? Hanya satu bulan di antara 12 bulan, yang mencuri hati setiap muslim ialah bulan Ramadhan.

Bulan di mana kebaikan yang kita lakukan melimpah ruah, ayat Al-Quran yang kita lafalkan berkali-kali lipat digandakan hingga tujuh ratus kali lipat. Siapa yang tidak merindu coba?

Rosullullah bersabda, "Semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan ( balasannya) satu kebaikan dengan sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat". Tentunya yang dilakukan dengan niat untuk Allah semata. Meninggalkan segala yang buruk untuk Allah Aza Wa Jalla.

Amal kebaikan yang dianjurkan selama bulan Suci Ramadhan, salah satunya ialah tadaruz Al-Quran. Tadaruz Al-Quran berarti, membaca, menelaah, merenungkan dan memahami wahyu-wahyu yang diturunkan Allah SWT untuk umat muslim. Banyak kandungan hikmah dalam Al-Quran, Al-Quran itu kayak kompas yang  menjadi petunjuk kebenaran.

Saya sendiri kalau tadarus Al-Quran bulan Ramadhan, biasanya saya lakukan setelah sahur dan setelah sholat. Nyicil sedikit-sedikit, biar tadarus Al-Quran 30 juz ini bisa kelar dalam waktu sebulan. Syukur-syukur bisa lebih khatamnya. Saya tidak bisa tadarus Al-Quran dengan cepat, saya biasanya lebih pelan karena sekalian baca artinya. Biar pemahaman saya dengan Al-Quran semakin besar, bahkan saya menangis ketika membaca artinya ketika saya menelaah maknanya hingga ke dalam hati terdalam.

Saya merasa bersyukur sekali, lahir dalam keadaan Islam dan menjadi muslimah. Meski ibu saya mualaf, beliau tetap menuntun saya untuk bisa belajar pengetahuan islam lebih banyak.  Tadarus Al-Quran bernilai banget, tidak hanya bulan Ramadhan sebenanya. Setiap hari pun saya sempatkan membaca, walau hanya beberapa ayat. Saya harus bisa berusaha membiasakan diri, untuk mengimbangi kegiatan duniawi dan memersiapkan bekal akhirat nanti.

Malaikat Jibril sendiri menyimak Tadarus Al-Quran yang dilantunkan Rasullullah ketika bulan Ramadhan. Sahabat Rosullullah Utsman bin Affan mengkhatamkan Al-Quran sehari sekali, Imam Syafii sebanyak 60 kali, Al-Aswad 2 hari sekali, dan sahabat Rasullullah yang lain berhasil mengkhatamkan dengan waktu yang singkat. Subhanallah. Apakabar para santri di pondok Pesantren, dalam tadarus Al-Quran? Ah, begitu kecilnya amalan saya.

Lantas apa saja keutamaan tadarus Al-Quran bagi umat muslim dan muslimah di seluruh dunia?

·         Allah akan mengangkat derajat pembaca Al-Quran, yang mana mempelajari isi kandungan di dalam setiap ayat Al-Quran kemudian mengamalkannya dalam kehidupan. “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat suatu kaum dengan Kitab Alquran dan Allah merendahkan kaum yang lainnya (yang tidak mau membaca, mempelajari dan mengamalkan Alquran).” (HR Bukhari).

·         Mendapatkan syafaat atau pertolongan di hari kiamat nanti. “Bacalah Alquran oleh kamu sekalian, karena bacaan Alquran yang dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi syafaat/penolong bagi para pembacanya di hari Kiamat nanti.” Siapa yang nggak mau coba? Dapet syafaat hanya dengan membaca Al-Quran. Tapi kebanyakan malas mengalahkan niat, ah ... saya sendiri juga begitu kadang.

·         Memeroleh ketenangan batiniah dan jiwa  yang uar biasa. Al-Quran bisa menentramkan hati sang pembaca pun yang mendengarkan. Dalam surat Al-Isra ayat 82 disebutkan, jika Al-Quran adalah obat dari segala macam penyakit kejiwaan.

Dan masih banyak keutamaan-keutamaan lainnya soal membaca Al-Quran. Semoga kita tidak menyia-nyiakan waktu yang kita punya, karena kehidupan di dunia  yang sebentar. Semoga AL-Quran yang kita baca, akan mempermudahkan kita dalam menghadapi sakaratu maut. Aamiin.


Salam

Bau Mulut Orang Puasa Menurut Islam

Bau Mulut Orang Puasa Menurut Islam


Nyipenengah.com - Bau mulut orang yang berpuasa, terkadang menjadi kendala seseorang tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Bau mulut orang puasa, timbul karena lambung kita yang kosong.

Bahkan pada jaman dahulu, ada juga orang-orang yang mencemooh ibadah puasa pada bulan Suci Ramadhan ini. Mereka tidak suka dengan aroma bau mulut karena puasa. Lantas ada hadist yang lahir tersebab itu. Abu Huroiroh RA, "Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah pada hari Qiyamat daripada wangi kasturi". Sampai-sampai penghuni surga pernah bertanya kepada Allah, "Wahai Robb kami, belum pernah kami mencium aroma yang lebih wangi dari aroma ini, aroma dari manakah ini?", "Ialah aroma dari mulut orang-orang yang berpuasa".

MasyaAllah, bau mulut saat puasa dalam Islam ternyata lebih wangi dari aroma bunga apapun di dunia, termasuk wangi kasturi yang digadang-gadangkan adalah aroma terbaik dunia-akhirat. Nggak percaya? Rosullullah sendiri bersabda, "Sebaik-baik wewangian adalah minyak kasturi". Tetapi minyak kasturi kalah jauh dari bau mulut karena puasa. Masih nggak percaya diri sampai di sini?

Memang ada sebagian yang membersihkan bau mulutnya, ada juga yang kukuh tidak melakukan hal serupa karena takut bau mulutnya hilang. Karena Allah menyukai bau mulut orang puasa, puasa karena ketaan yang bersemayam dalam dirinya untuk mencari keridhaan Allah.

Masalah ngak sih kalau kita membersihkan bau mulut, misalnya dengan cara kita mengosok gigi? Sekalipun kita sudah gosok gigi ketika habis sahur?

Tidak masalah dan boleh-boleh saja. Sahabat Rosullullah, dalam hadist Tirmidzi berkata, " Aku pernah melihat Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa".

Allah memang menyukai kebersihan, kebersihan sebagian dari iman. Tetapi untuk bau mulut karena seseorag berpuasa ialah lebih baik di sisi-Nya.

Tips menghilangkan bau mulut ketika berpuasa

Bersiwak (sikat gigi)

Selesai sahur sebaiknya menyikat gigi secara meyeluruh. Agar bagian yang tersembunyi, sela-sela gigi bisa tersapu sikat sisa makananya. Dimana tempat berkembang biaknya bakteri dan bisa menyebabkan bau mulut. Ketika siang hari atau sore merasa tidak nyaman, boleh menyikat gigi. Namun jika dikhawatirkan tertelan masuk, sebaiknya tidak usah memakai pasta gigi. Cukup membasahi sikat dan menyapukan sikatnya saja.

Berkumur
Bakteri bisa jadi terangkat ketika kita berkumur. Lakukan dengan rutin untuk menghilangkan baunya. Jika ingin berkumur menggunakan mouthwash, sebaiknya jangan yang menggunakan alkohol dan tanpa perasa.

Tips mencegah bau mulut selama puasa

·         Minum banyak air putih ketika sahur dan buka puasa. Karena jika mulut kita kering, kemungkinan munculnya bau mulut akan semakin besar.

·         Hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak kadar gula. Bakteri menyukai sisa gula, ia berkembang biak dengan cepat.

·         Kunyah jeruk atau lemon saat buka dan sahur. Karena jeruk dan lemon bisa meningkatkan produksi liur kita, mulut pun jadi jarang kering.

·         Jangan makan makanan yang mengandung aroma menyengat, seperti jengkol, pete, bawang bombai dan lain-lain

·         Kumur dengan air garam sebelum tidur. Kumur kurang lebih 30 detik lalu buang. Air garam layaknya antiseptik yang mengusir bakteri bau mulut.

Oke, semoga tips mencegah dan menghilangkan bau mulut orang puasa bisa bermanfaat. Semoga pula pandangan Bau Mulut Orang Puasa Menurut Islam, bisa sedikit memberikan kita pemahaman mengenai bau mulut.

Selamat berpuasa Ramadhan


Salam

Tuesday, 30 May 2017

Takjil Buka Puasa yang Sehat

Takjil Buka Puasa


Nyipenengah.com - Takjil buka puasa, biasanya sudah dipikirkan saat siang hari. Saat perut berasa lapar, pastinya pikiran lari ke bagaimana mengenyangkan rasa lapar dengan menu yang istimewa. Namun kita harus menunggu bedug magrib, lebih dulu tiba untuk bisa menyantap takjil buka puasa yang enak.

Takjil menurut masyarakat kita ialah makanan sebagai pembuka puasa. Tetapi makna sebenarnya takjil sendiri ialah menyegerakan atau mempercepat. Takjil berasal dari bahasa arab, "Ajjala yuajilu ta'jiilan," yang memiliki arti menyegerakan berbuka puasa.

"Udah nyiapin takjil apa buat buka?"

"Menu takjil buka puasamu apa, nanti Nyi?"

Sering nggak sih ditanya soal takjil yang difahamkan sebagai menu ketika berbuka? Yang ternyata artinya menyegerakan untuk berbuka puasa, hehehe ... tapi masyarakat Indonesia sepertinya sudah sepakat dengan sendirinya jika takjil ialah menu pembuka ketika berpuasa.

Saya sendiri jarang bikin menu takjil buka puasa, biasanya beli takjil buka puasa di jalan. Banyak banget yang jualan takjil, jadi nggak perlu ribet nyiapin resep takjil buka puasa. Tetapi nggak ada salahnya juga membuat aneka resep takjil buka puasa. Apalagi kalau sudah jadi Ibu, pasti ingin bikin takjil buka puasa buat anak-anak dan suami. Saya pun nantinya juga kepengen bikin takjil buka puasa, apalagi takjil buka puasanya bisa untuk dijual. Peluang usaha banget tuh, saya rasa kalau biki takjil buka puasa untuk dijual termasuk usaha yang musiman.

Di Kaliwungu sendiri juga begitu banyak, menjamur peluang usaha jualan takjil ini. Di kanan -  kiri jalan banyak yang jualan, bahkan sampai bingung mau beli yang mana. Saya biasanya pilih takjil yang segar, es apa aja asal manis. Jadi setelah minum air putih sebagai pembuka, langsung deh santap es sirup. Sebenarnya  aturan yang baik, kita tidak boleh minum-minuman yang terlalu dingin. Minuman es ini akan menyebabkan perut kita terasa penuh / kembung, karena perut kita yang sebelumnya kosong akan merasa kaget.

Takjil yang menyehatkan untuk berbuka puasa yang gimana sih? Ada beberapa menu takjil buka puasa yang menyehatkan seperti:

Buah-buahan, karena memiliki vitamin, kandungan air dan gula alami yang bisa mengembalikan energi pada tubuh kita. Ingat ya, konsumsi buah dulu sebelum makan. Buah gampang dicerna dan cepat membusuk dalam perut, tetapi jika terbalik kita makan buah di akhir setelah makan. Buah yang kita makn tidak tercerna dengan baik dan perut kita rasanya begah. Pernah nggak sob ngalamin gitu? Ngerasa begah udah nggak kuat makan lagi, buah yang justru jadi asupan penting malah terabaikan.

Bisa kita siasati, setelah meminuma air putih guna membatalkan puasa. Kita makan buah, lalu selingi dulu dengan sholat magrib. Baru deh, kita sambung dengan makan nasi atau makanan berat yang lain.

Yogurt, gizi yang ada dalam yogurt ini tidak beda jauh dengan susu lho. Bedanya kalau yogurt ada asam laktatnya yang mengubah gula dalam susu, menjadi gampang dicerna. Yogurt ini bisa mengatasi perut kita yang begah setelah berbuka puasa.

Orang Arab sana, lebih memilih yogurt ini ketimbang mengkonsumsi jus yang sudah diberi pemanis atau minuman bersoda. Karena yogurt lebih menyehatkan tubuh. Alih-alih buat mengimbangi manisnya kurma.

Nggak dipungkiri biasanya kita lapar mata, apa aja dibeli buat takjil berbuka puasa. Padahal baru makan satu menu takjil buka puasa yang enak, eh ... kita udah kenyang aja. Sebab itu kita ditekankan ngak boleh berlebih-lebihan right?

Ohya, ada cemilan yang harus dihindari sebagai pembuka puasa. Cemilan gorengan, karena mengandung banak minyak. Kadar lemak dalam minyak ini bisa menyulitkan kerja pencernaan dalam tubuh kita. Apalagi buat yang sensitif banget ama makanan berminyak, bisa membuat radang tenggorokan. Jadi hati-hati ya Sob, dalam memilih menu takjil buka puasa yang sehat.

Semoga membantu, selamat berpuasa Ramadhan.


Salam

Monday, 29 May 2017

Puasa Sehat Ala Rasullullah

Puasa Sehat Ala Rasullullah


Nyipenengah.com - Puasa Ramadhan ialah puasa yang wajib dijalankan oleh pemeluk agama Islam, termasuk saya sebagai muslimah. Puasa Ramadhan ini berlangsung selama sebulan penuh. Kalau wanita sih biasanya ada bolong-bolongnya hehehe ... iya nggak sih?

Menyingkapi puasa Ramdhan yang sebulan penuh ini, jangan lantas kita makan dan minum seenaknya. Bisa jadi kita dehidrasi kemudian pingsan, puasanya jadi batal deh. Jangan sampai ya! Atau jangan-jangan gegara makan sembarangan jadi sakit, karena kekurangan gizi.

Nah saya mau sharing nih, soal puasa sehat yang bagaimana sih? Puasa sehat yang bisa dijadikan panutan ya puasanya Rasullullah. Yuk tiru puasa Ramadhan Rasulullah seperti apa:

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Buka puasa dengan kurma muda

Umat muslim di seluruh belahan dunia manapun, dianjurkan oleh Rosullullah seperti dalam sabdanya untuk berbuka puasa dengan buah kurma. Tapi jika di daerah kita jarang orang yang jual kurma, bisa digani dengan air putih.

Kenapa kurma? Karena buah kurma ini, memiliki manfaat yang menyehatkan pencernaan kita. Ada zat larut dan asam amino yang akan membantu proses pencernaan di tubuh manusia.

Selain itu, buah kurma ternyata meningkatkan energi dalam tubuh lho! Yang bisa mengembalikan rasa lelah kita, letih dan lemes saat puasa. Glukosa, fruktosa dan sukrosa dalam buah kurma ini, akan mengembalikan terkurasnya aktivitas yang padat. Apalagi perut kita saat berbuka dalam keadaan kosong.  Yuk usahakan buat konsumsi kurma, ketika berbuka puasa Sob!

Buka puasa dan sahur dengan air putih

Saya pernah karena kesiangan, nggak sempat sahur. Jam udah mepet waktu imsak, akhirnya cuma bismillah niat dan minum segelas air putih. Eh ... puasanya juga kuat aja sampai beduk adzan magrib. Kenapa bisa gitu ya? Padahal cuman air putih, ternyata air putih menurunkan asam lambung tubuh.  Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari sistem pencernaan kita terbantu dan lancar memroses makanan. Hmm ... ingat ya Sob, 8 gelas minimal. Semakin banyak minum ya semakin baik. Nggak usah takut kembung atau beser. Asal ada kamar mandi ini, hehehe ...

Puasa Sehat Ala Rasullullah yang ketiga ialah, melakukan ibadah setelah kita sahur. Biasanya setelah sahur, adzan berkumandang kita sholat subuh dulu lalu meneruskan tidur.

Sebaiknya setelah sahur kita melakukan aktifitas yang bermanfaat dan menambah amalan. Seperti mengaji atau berjalan-jalan pagi. Kalau kita langsung tidur, saluran pencernaan kita justru making cepat kosong dan mengalami lapar lebih cepat. 

            Bagaimana Puasa Sehat Ala Rasullullah ini? Semogabisa menambah pahala dan baik untuk kesehatan kita. Aamiin.

Selamat berpuasa Ramadhan.

Salam

Spesifikasi dan Harga Asus Zenfone 2 Terbaru


Asus Zenfone 2 merupakan seri HP Asus Zenfone dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Hal ini dikarenakan HP ini sudah dilengkapi dengan prosesor canggih dan beragam fitur yang sangat menarik. Selain itu, seri HP Asus ini juga dibanderol dengan harga yang tidak mahal sehingga bisa dijangkau oleh siapa saja. Nah, pada pembahasan kali ini akan diberikan fitur dan spesifikasi lengkap dari HP Zenfone tipe 2 ini.
Spesifikasi Asus Zenfone 2 Terbaru
HP Asus Zenfone tipe 2 secara umum mempunyai spesifikasi yang cukup mumpuni. Spesifikasi yang mumpuni ini terdiri atas layar, prosesor, kamera, dan juga jaringannya. Selain itu, HP Asus Zenfone tipe 2 ini juga dilengkapi dengan semua fitur menarik unggulan dari Asus Zenfone. Untuk lebih jelasnya berikut ini spesifikasi unggulan yang ada pada HP Asus Zenfone 2:
1.       Layar jernih berukuran 5,5 inci
Spesifikasi dari Asus Zenfone 2 yang paling menonjol adalah desain bodi dan layarnya. Layar dari HP ini mempunyai ukuran 5,5 inci dan dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih. Ukurannya yang lebih dari 5 inci ini membuat HP ini sering disebut dengan phablet. Walaupun layarnya cukup besar, namun HP ini mempunyai dimensi yang tidak terlalu besar. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan Anda dalam menggenggam pada saat menggunakannya.  Apalagi HP ini tersedia dalam 5 pilihan warna yaitu emas, hitam, putih, merah, dan abu-abu.
Layar 5,5 inci dari HP ini juga dibekali dengan kerapatan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan kerapatan layar HP ini adalah 1080 x 1920 piksel. Dengan kerapatannya ini maka hasil tampilan layarnya akan selalu jernih. Apalagi teknologi IPS yang tersemat dalam layar membuat layar HP ini tampak mewah dan elegan. Dengan teknologinya membuat layarnya mudah untuk disentuh dan digunakan. Untuk melindungi layarnya Asus juga sudah melengkapinya dengan lapisan Gorilla Glass seri 3 yang terbaru.

2.                   Prosesor gahar dengan OS terbaru
Asus Zenfone 2 juga dibekali dengan prosesor yang gahar dan OS yang terbaru. Prosesor yang digunakan dalam HP ini adalah prosesor quad core yang sudah pasti mempunyai kecepatan yang gahar. Spesifikasi Asus Zenfone 2 RAM 2GB juga membantu kecepatan dalam merespons aktivitas. Berbagai seri HP dari Asus Zenfone tipe 2 ini sudah dilengkapi dengan tenaga yang kuat sehingga mampu bekerja untuk membuka aplikasi yang berat.
Tidak hanya RAM dan prosesornya saja yang canggih, semua seri HP Asus ini sudah dilengkapi dengan OS android seri V5 atau android Lollipop. Dengan OS ini, maka Anda bisa menikmati pengalaman terbaik dalam menggunakan smartphone. OS dalam HP Asus ini juga bisa diperbaharui kedalam versi terbaru untuk meningkatkan kualitasnya. Dengan demikian, Anda bisa meningkatkan spesifikasi OS HP Anda sendiri.

3.       Lensa kamera besar
Spesifikasi yang cukup menonjol lainnya dari HP Asus Zenfone 2 adalah lensa kameranya. Seperti smartphone Asus seri Zenfone lainnya, HP ini juga sudah dilengkapi dengan dual kamera yang cukup mumpuni. Kamera utama dari HP ini mempunyai resolusi 13 MP dengan berbagai fitur dan teknologi yang canggih. Bagi Anda yang suka selfie ataupun video call tidak perlu khawatir, hal ini dikarenakan HP ini sudah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 5MP.
Tidak hanya lensa kameranya saja yang cukup tinggi, namun teknologi dan fitur yang disematkan dalam kamera Asus Zenfone 2 ini juga cukup canggih. Fitur yang cukup mumpuni dalam kamera HP ini adalah fitur geo tagging dan autu focus serta touch focus. Dengan adanya fitur ini, Anda hanya perlu menekan layar untuk membuat kameranya menjadi lebih fokus. Selain itu, HP ini juga mampu untuk merekam video dengan resolusi HD.

4.                   Jaringan tercepat dengan kapasitas baterai besar
Asus Zenfone 1 atau lebih dikenal dengan Asus Zenfone Go mempunyai jaringan 3G sampai dengan 4G LTE begitu juga dengan Asus Zenfone tipe 2 ini. HP Asus Zenfone tipe 2 ini semua serinya dilengkapi dengan jaringan 4G LTE yang super cepat. Tidak hanya itu, dual SIM dalam HP ini juga mampu menangkap jaringan 4G dengan baik. Tidak perlu khawatir, HP ini tidak hanya bisa menangkap jaringan 4G saja tapi juga bisa menangkan jaringan 3G dan HSDPA.
Tidak hanya jaringannya saja yang kuat, kapasitas baterai Asus Zenfone 2 ini juga cukup tinggi. Hal ini dikarenakan HP ini mempunyai baterai berkapasitas 3000 mAh. Dengan kapasitas baterainya ini, maka HP ini sangat nyaman digunakan untuk membuka berbagai aplikasi tanpa takut kehabisan daya. Anda tidak perlu lagi membawa charger kemana saja ketika menggunakan HP Asus seri ini. Asus Zenfone seri ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang seperti bluetooth, wifi, dan berbagai fitur standar lainnya untuk smartphone.
Seri Asus Zenfone 2 Terbaru
Asus sendiri mengeluarkan 3 seri Zenfone ini dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Secara umum, spesifikasi dari ketiga HP ini sama seperti yang sudah dijelaskan. Namun ada beberapa hal yang membedakan dari ketiga seri HP Asus Zenfone 2 ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ketiga seri HP Asus Zenfone tipe 2:
1.       ZE550ML
Asus Zenfone 2 ZE550ML ini merupakan seri HP Asus Zenfone tipe 2 yang standar. HP ini menggunakan prosesor Quad Core seri Z3560 dengan kecepatan 1,8GHz. Perbedaan HP ini dengan seri Asus lainnya, yaitu memori internalnya yang hanya 16GB dengan RAM 2GB. Sedangkan untuk harga dari HP ini juga yang paling murah, yaitu hanya sekitar 1,6 juta rupiah.

2.                   ZE601KL
Zenfone 2 seri ZE601KL juga dikenal dengan Asus Zenfon 2Laser. Seri HP dari Asus ini lebih canggih dibandingkan seri sebelumnya. Hal ini terlihat dari memori yang disematkan didalamnya. Memori dari HP ini adalah 32GB dengan RAM 3GB. Selain itu, HP ini juga dibekali dengan prosesor yang lebih canggih dengan ukuran layar yang lebih besar. Sedangkan untuk harga dari HP ini juga lebih mahal yaitu sekitar 2,2 juta rupiah.

3.                   ZE551ML
HP Asus Zenfone 2 seri ZE551ML ini sekilas hampir sama dengan HP Asus Zenfone tipe 2 seri lainnya. Namun dalam segi prosesor dan RAM HP ini lebih canggih dibandingkan yang lainnya. Prosesor yang digunakan dalam HP ini sudah mempunyai kecepatan sampai 2,3 GHz. Selain itu, RAM dari HP ini juga sudah 4GB dengan memori internal 32GB. Sedangkan harga Asus Zenfone 2 ZE551 ini sekitar 3,3 juta rupiah.
Ketiga seri dari Asus Zenfone tipe 2 ini secara umum mempunyai spesifikasi yang sama, namun dalam segi prosesor dan RAM cukup berbeda. Spesifikasi prosesor dan RAM yang berbeda ini sangat berpengaruh pada harganya. Oleh karena itu, harga setiap seri dari HP Zenfone tipe 2 ini berbeda-beda. Tunggu apalagi Anda bisa memiliki salah satu seri dari HP Asus Zenfone 2 ini.



Friday, 26 May 2017

Menu Masakan Bulan Ramadhan Favorit

masakan bulan ramadhan
source : google


Nyipenengah.com - Sehari lagi memasuki bulan Ramadhan ya Teman, persiapan apa saja nih yang sudah disiapkan untuk berbuka dan saat sahur tiba? Kalau saya, walau cuma sambal asal yang bikin ibu rasanya tetap lauk ternikmat.

Kenapa masakan yang dibuat ibu selalu enak ya? Pernah ngerasa nggak? Rasanya selalu beda walau kelasnya resto mewah, tetap aja nggak bisa nandingin buatan ibu. Mungkin cinta yang membuat masakan ibu terasa paling enak. Kekuatan cinta emang nggak ada duanya ya, apalagi cinta dari ibunda.

#Arisanbloggandjelrel kocokan kedua, jatuh kepada mbak Hiday sama mbak Diyanika. Tema apa sih yang dilempar kepada kita member Gandjel Rel? Adalah  Masakan Favorite disaat Bulan Ramadhan. Penasaran kan makanan favorite saya apa? Hehehe ... tapi sebelunya aku kenalin dulu ya sama pemenang yang berhasil keluar namanya.

Ika Hardiyan Aksari, ibu dari Kak Ghifa yang berprofesi sebagai guru SD. Selain guru beliau juga blogger Semarang, serta guru privat. Blognya isinya gado-gado, tetapi isinya lebih kepada berbagi pengalaman beliau soal mengajar, parenting, kesehatan dan lain-lain. Baru-baru ini tulisannya yang terbit bercerita soal, 'Bersedekah', di mana ia mengungkapkan rasanya bersedekah itu keseluruhan hatinya bisa dibilang melega.

Pemenang arisan kedua adalah mbak Hidayah, saya sering memanggil beliau mbak Hiday. Ibu dari dua orang tua putra yang sudah beranjak dewasa. Blognya sendiri berjudul My Mind dengan tagline; Untaian Kata untuk Berbagi. Isi yang diusung mengenai, kisah inspiratif, jalan-jalan, kuliner, parenting, kesehatan, gaya hidup, ibadah haji dan lain-lain. Beliau pernah punya mimpi bisa beribadah haji ke tanah suci dan Allhamdulillah Allah telah mengabulkan impian beliau pergi ke tanah Makkah bersama sang suami. Selain itu ada mimpi beliau yang belum terkabul, memiliki buku solo. Semoga segera terlaksana ya mbak Hiday, aamiin. Mbak Hiday termasuk blogger Gandjel Rel yang saya idolakan, hehehe ... soalnya pembawaannya itu sederhana dan rendah hati.

Kembali ke tema soal masakan bulan ramadhan, menu special apakah di bulan yang penuh ampunan yang menjadi menu favorite saya?

Masakan di bulan Ramadhan
Source : Google


Ialah ikan asin dan sambal tomat buatan ibu. Sambal tomat olahan ibu ini enak banget, sampai sekarang belum pernah nemuin masakan serupa sambal bikinan ibu. Ikan asin banyak macamnya, semuanya saya suka asal disandingkan dengan sambal tomat buatan ibu. Tapi kalo ditanya paling spesifik itu ikan asin Peda, yang memiliki banyak daging. Bahan dasar ikan asin Peda ini sendiri dari ikan Kembung.

Resep masakan bulan Ramadhan favorit saya ini, bisa membuat saya nambah nasi berkali-kali lho hahaha ... sering kali saya rebutan bersama dengan dua saudara laki-laki saya. Padahal cuma rebutan sambal doang. Masakan khas bulan Ramadhan meski cuma sambal dan ikan asin, saya sudah bahagia banget. Karena ikan asin Peda selalu bikin mood makan saya kalap dan ibu ketawa sendiri ngeliat saya makan lahap nambah terus.

Masakan di bulan Ramadhan saya murah banget yak dan simple. Nggak perlu repot, tinggal goreng doang sama nyiapin cabe dan tomat buat dibikin sambalnya. Menu masakan bulan Ramadhan lainnya yang jadi favorite, kering tempe yang garing banget. Kalau kering tempe basah kan awetnya nggak lama, kalau kering tempe yang garing ini bisa berbulan-bulan lho. Biasanya ibu bikin  setoples gede, buat jaga-jaga kalau malas. Jadi ibu tinggal bikin sayurnya aja, sayurnya sendiri bebas mau sayur apa nggak harus sayur pasangannya si kering tempe ini.

Nah gimana, udah tahu kan betapa simplenya menu masakan khas bulan Ramadhan favorit saya. Kalau menu favorit kamu di bulan Ramadhan masakan apa? Jangan lupa ya tuangkan cinta kasih di dalamnya, ketika memasak hehehe …

Salam
           
           






Monday, 22 May 2017

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan
Dilihat dari depan Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan


Nyipenengah.com - Singgah ke Pekalongan tanpa membeli batik? Seriusan? Kurang lengkap rasanya, jika berkunjung ke Pekalongan tanpa mengadopsi satu pun batik. Sebelum balik ke Kaliwungu, saya mampir ke Pasar Batik Setono Pekalongan.

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan letaknya tepat di jalan raya Pantura, yang tidak jauh dari terminal bus Pekalongan. Setiap pengendara pasti lewat sini, kalau sedang melakukan perjalanan ke arah Jakarta maupun mau ke arah Semarang.

Dulunya Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan adalah pabrik teksil. Karena sudah lama mandek produksi, dialihkanlah menjadi Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan. Dulu pun Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan tidak ada, karena kebanyakan batik dijual di luar daerah. Maka untuk menampung pengusaha kecil dan menengah dalam memasarkan produksi batiknya berdirilah Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan.

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan
Pose di depan Toko Zikin


Di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan, tidak hanya batik saja yang dijual tapi beragam kebutuhan lainnya umumnya pasar lah ya. Tetapi lebih kepada pakaian, sprei, sarung, sandal, tas dan pernak-pernik yang menampilkan ciri khas kota Pekalongan.

Area Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan cukup luas. Bisa menampung kendaraan roda empat dan roda dua, bus pun bisa masuk ke Pasar Grosir Setono ini. Toilet, musholla dan banyak kios pun berdiri memeriahkan Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan. Belum puas berbelanja tapi kantong udah jebol? Tenang mesin ATM masih ada, di depan jalan masuk hahaha ... mumpung mampir kan? Kapan lagi gitu #kedipkedip.

Harga batik yang dibandrol di Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan, kalau dibilang murah yang bisa nawar ya murah. Di bilang mahal ya juga tergantung kualitas bahannya. Kalau diambil rata-rata mulai dari Rp 15.000,- hingga harga jutaan. Pertoko standarnya beda-beda, kalau mampir ke sini pokoknya harus bisa nawar.

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan


Tetapi kalau dibandingkan harus Berburu batik di Setono Pekalongan atau di pasar Banjarsari saya pilih di Banjarsari. Soalnya di sana masih bisa turun harganya, di Setono kuat banget jualnya turun harganya susah. Dan kalau dibandingkan lagi suruh belanja di pasar masuknya atau di rukonya, saya pilih di ruko yang ada di sisi kiri. Karena meskipun tokonya besar, lebel harganya udah tertera jadi saya bebas memilih.

Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan
Hasil belaja di toko Zikin


Namun semenjak saya ikut Klaster Bidang Pelatihan Batik dari DISPORAPAR dan mempraktekkan langsung bagaimana membuat batik. Saya tidak lagi mengomel sendiri kenapa batik memiliki harga tinggi. Tinggat pembuatannya, prosesnya itu yang membutuhkan ketelatenan dan kehati-hatian. Saya bangga banget bisa belajar mengenal dan membuat batik. Apalagi kalau pas kerja atau main mengenakan batik kok rasanya lebih pede. Semoga batik Indonesia semakin mendunia dan membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat yang berkecimpung di dalamnya.

Oke buat yang main ke Pekalongan, jangan lupa mampir nih ke sini Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan. Saya dapet dua belanjaan nih, atasan batik dan outer panjang batik yang saya beli dari toko Zikin yang dibrand sendiri. Pelayannya ramah, jadi pengen balik lagi ke sini hihihi ....


Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan
Pintu Masuk Pasar Grosir Batik Setono Pekalongan


Salam



Sunday, 21 May 2017

Kuliner Soto & Es Coklat Depan Stasiun Pekalongan

Kuliner Pekalongan


Nyipenengah.com - Masih degan sisa cerita di kota Pekalongan, hehehe ... Jadi kami nggak sempat beli tiket yang pukul 11.00 a.m karena kedatangan kami yang ngepasin jadwal. Akhirnya Zain memilih untuk, membeli tiket jam dua belas. Karena dirasa waktu menunggu masih, sejaman lagi. Kami memutuskan untuk mencari makan, di seputaran depan Stasiun. Tinggal nyeberang doang.

Karena matahari menyengat begitu terik, saya memutuskan membeli es coklat yang ada di sebelah warung soto kami makan. Bosen dengan es teh, saya mau cari yang beda. Jadi saya cukup memesan soto tanpa minuman, karena udah beli es coklat.

Review soto daging pak Ahmad

Kuliner Pekalongan

Judul warung makannya bernama warung makan pak Ahmad. Beliau mencetak banner besar, di tempel di samping gerobak jualannya. Di mana warung makan pak Ahmad ini menyediakan, soto ayam Jowo, soto daging dan bakso. Sementara minumannya ada, es jeruk, es teh dan teh panas.

Saya lebih memilih memesan soto daging, sementara teman yang lain memesan soto ayam Jowo. Kesehatan gigi dan mulut saya agak sensitif sama yang namanya ayam, mesti ada aja kejadian nggak enaknya. Entah itu jadi selilit, atau kadang justru melukai gusi. Sementara daging lebih langsung ketelen, simple dan gampang.

Daging rebusan yang dicampur pada soto ini, empuk dan enak. Ada aroma tauto dalam soto yang saya makan. Saya menggunakan menu tambahan lontong dan rombongan lebih memilih nasi. Kuah rempahnya enak, membuat saya ketagihan menyeruput lagi.


Kuliner Pekalongan


Buat kamu yang lagi menunggu jadwal pemberangkatan kereta dan merasa lapar. Boleh jadi mencoba masakan dari warung makan pak Ahmad nih, yang berlokasi tepat di seberang stasiun Pekalongan. Soto daging yang saya pesan, beserta soto ayam Jowo plus lontong jatuh dipembayaran dengan nominal Rp 16.500,- cukup terjangkau dompet bukan? Cobain yuk!

Review es coklat J & R

Kuliner Pekalongan


Setelah memesan soto daging di warung makan pak Ahmad, saya singgah ke kedai es coklat J & R yang berada di sebelah warung pak Ahmad. Nggak tahu kenapa pengen aja minum es coklat. Dilihat dari gula yang digunakan tertulis, gula asli dan air matang. Apalagi cuacanya terik.

Ada lebel harga yang dipasang, ialah Rp 2500,-. Saya memesan dua, alih-alih buat yang lain biar bisa ngicipin hahaha ... Ketika saya sruput hmmm .... enak dan seger. Rasa gulanya berasa banget dan dahaga saya hilang seketika. Justru pengen nambah lagi dan lagi. Tapi saya stop, soalnya belum kemasukan soto ini perut.

Es coklat J & R ini, juga bisa menerima pesanan lho. Buat kamu yang tinggal di seputaran Pekalongan dan ada hajatan bisa banget tuh. Terima pesanan di nomor 0858-7833-9510.

Banner yang dipasang di beberapa warung atau toko ini bisa jadi penanda jualan yang mereka jajakan. Menurut saya banner sangat efektif sekali, dalam berjualan. Karena kadang orang nggak ngeh, mereka jualan apa tapi banner membantu memperkenalkan dengan singkat apa yang penjual tawarkan. Memang seharusnya para pedangan, membuat banner yang besar agar bisa dilihat konsumen. Biar mata konsumen langsung tertuju, lantas jika mereka butuh bisa langsung mampir.

Demikian kuliner Pekalongan yang sempat saya sambangi. Semoga bisa membantu sahabat dalam perjalanan saat berada di Pekalongan.

Kuliner Pekalongan


Salam