Tuesday, 18 April 2017

Teknik Mudah Menulis di Blog

Teknik Mudah Menulis di Blog
Teknik Mudah Menulis di Blog

 

Nyipenengah.com - Beberapa hari lalu sahabat saya Emy, ingin bisa membuat dan mengelola blog seperti saya. Sesuai kesepakatan kami, ia datang setelah saya balik kerja. Di mulai dari membuat akun email dan sampai goal satu postingan, yeee ... selamat Emy.

Dan hari berikutnya giliran sahabat baik yang juga sudah saya anggap sebagai adek, dialah Oky. Ia ingin belajar membuat blog untuk dunia baru yang ditekuninya. Jasa antri tiket bioskop. Dari kedua sahabat saya ini, yang menjadi kendala ngeblog mereka, ialah bingung mau menulis apa. Bingung bagaimana cara menulis, kalimat apa yang harus dirangkai kemudian.

Maka saya ingin sharing soal Teknik Mudah Menulis di Blog, dengan metode struktur pertanyaan yang lebih sederhana dari 5W1H.

Ialah Apa

Kita hrus tahu lebih dulu, apa yang ingin kita tulis dan bagikan. Topik apa yang ingin kita angkat.

Misalnya, saya lagi demen nih makan cilok Idun. Berarti saya harus menulis soal cemilan yang bernama cilok Idun.

Ialah Mengapa

Dari kata mengapa ini, kita harus menuliskan alasan mengapa orang lain harus membaca topik yang kita bahas.

Misalnya, saya akan menulis postingan cilok Idun, berarti saya harus membahas seputar makanan. Makanan berarti dekat dengan indera pengucap lidah, yaitu menitik beratkan pada 'rasa'. Saya harus menulas mengapa rasa cilok Idun, begitu saya suka. Kelebihan dari cilok Idun itu apa dan mengapa seseorang harus menyatakan keenakan bahan yang saya tulis tersebut.

Ialah Bagaimana

Jika, 'Apa' dan 'Mengapa' sudah kita bahas, selanjutnya ialah bagaimana.

Misalnya untuk tulisan cilok Idun tadi, saya harus menjelaskan bagaimana awal mula saya kenal dengan makanan tersebut. Saya juga bisa menuliskan, bagaimana rasa dari cilok Idun bisa merayu lidah perasa untuk membelinya lagi dan lagi.

Dari lemparan ketiga kata tersebut, kita sudah bisa menuliskan artikel utuh seputar cilok Idun deh. Dengan membaca seputar postingan cilok Idun, orang yang tadinya nggak tahu soal cilok jadi ngerti, mengapa cilok Idun begitu disukai dan bagaimana makanan itu bisa hits di Kendal. Kita juga bisa ambil topik yang lain, apa saja dan dari hal-hal  kecil sekalipun.

Bisa juga kita ambil contoh lain, misalnya tentang drama korea yang sempat booming tahun lalu, 'Descendant of The Sun'. Yang kita-kira strukturnya kalau dijabarkan begini:

Apa
Apa itu drama korea Descendant of The Sun? Bagaimana ceritanya bisa begitu booming, bukan hanya Korea tapi hampir menyeluruh negara?

Mengapa

Mengapa orang-orang perlu tahu dan menonton serial drama korea 'Descendant of The Sun?

Bagaimana

Bagaimana alur ceritanya?
Bagaimana kualitas pemain dan perannya?
Bagaimana keunikannya dari serial drama korea yang lainnya? Dan ada pertanyaan lain yang bisa kita jabarkan dari tulisan kita nantinya.

Struktur 3 kata penannya itu, bisa memudahkan kita menyusun tulisan dan kerangka apa saja yang bisa kita sertakan ke dalam tulisan. Tidak hanya itu, postingan berupa iklan atau promosi jualan bisa diterapkan juga dengan metode seperti 3 kalimat penannya di atas.


Jadi jangan menyerah lebih dulu ya, karena menulis itu asyik. Semakin kita sering latihan, akan semakin terasah juga sensitivitas kita dalam mengolah kata. Kuncinya cuma satu, berlatih dan terus berlatih dengan gigih. 

20 comments:

  1. wah, ini cocok banget buat para Blogger Bengkulu yang pemula

    ReplyDelete
  2. sederhana contohnya tapi bisa langsung dipahami, terima kasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  3. Mantap nih tipsnya, Nyi patut ditiru buat kelas menulis Tapis Blogger

    ReplyDelete
  4. entah knpa sekarang sdh mulai malas nulis di blog

    ReplyDelete
  5. Iya kadang kalau bingung mau nulis apa aku jg pakai 5W 1 H, itu aja udah lumayan ha dapat 6 paragraf ya mbak :D

    ReplyDelete
  6. waaa, terimakasih tipsnya mba, walau saya bukan blogger, tapi tips tadi bisa untuk bikin tulisan promo jualan produk :)

    ReplyDelete
  7. wah tips nya sangat membantu nih mba, makasih buaaanyakkk ya

    ReplyDelete
  8. Tips yang bermanfaat buat para blogger nih mbak...makasih telah berbagi....

    ReplyDelete
  9. Kalau boleh nambahin ka.
    Selain tips yang telah dibahas diatas. Kita juga harus rajin nulis. Kalau bisa sih setiap hari. Alasannya yaitu untuk menjadikan kebiasaa. Dan pada akhirnya akan menjadi passion. Sehingga kita menulis tidak perlu teknik. :)

    ReplyDelete
  10. aku tuh waktu sekolah mampet banget urusan mengarang di Bahasa Indonesia. eh kok ya sekarang malah ngeblog

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat