Memesona Itu di Tengah Segala Keterbatasan Masih Memiliki Keberanian




Nyipenengah.com - Setiap langkah  yang kita ambil dalam kehidupan, membutuhkan keberanian. Saat kita hanya diam ditempat, bisa dipastikan kita akan kehilangan kesempatan kali kesekian. Begitu juga perihal mengungkapkan perasaan, perlu perjuangan dan pembuktian.

Dahulu, di tengah keterbatasan saya dengan uang jajan saya bekerja paruh waktu di rumah makan. Di kemudian, terbentur dana untuk menyekolahkan si bungsu, saya terbang ke negeri tirai bambu untuk masa depan. Setelah menghadapi polah majikan, yang setengah keterlaluan. Saya menuliskan sebagian kisah seduh sedan dan menjadikannya sebuah buku kenang-kenangan hingga akhirnya dilirik penerbitan.

Sekembalinya saya ke negeri tercinta, saya meneruskan menggapai impian untuk kuliah sembari bekerja di perusahaan digital. Sepertinya mulus ya? Ternyata penuh perjuangan, harus membagi penghasilan untuk biaya kuliah, kostan, makan, belum lagi perempuan yang demen banget belanjaan. Keluarga semuanya jauh, mas di Batam, adik di Korea dan ibu di Bali. Kami masing-masing berjuang, di atas kerinduan yang semakin menjulang.

Mungkin Tuhan memang telah mempersiapkan, segala ujian demi ujian. Perlahan namun pasti, Tuhan pasti telah mempersiapkan jalan terang di depan sana. Saya tidak pernah menyesali atau menyimpan dendam kepada Tuhan, karena saya yakin di akhir cerita nanti akan ada bahagia untuk kita. Bila kita bersabar, bila kita mampu melalui proses dari-Nya. Karena bagi saya #Memesonaitu disegala himpitan yang terus dijejalkan kepada kita, kita masih mampu dan memiliki keberanian berjuang bagaimanapun kondisinya.

Karena setiap dari kita tumbuh dengan pemahaman dan pengalaman yang berbeda-beda. Setiap dari kita memiliki cinta dan cerita yang layak untuk diteruskan ke anak cucu kita. Setiap dari kita memiliki perjuangan dan pedoman yang tidak bisa kita sama ratakan. Karena bagi saya #Memesonaitu kebahagiaan, sesulit apa pun jalannya, sejauh apa pun tempat persembunyiannya banyak orang yang akan tetap berjuang untuk mendapatkannya. Karena #Memesonaitu sendiri hakikatnya timbul dari dalam diri sendiri. Saya, kamu dan siapapun itu yuk berjuang untuk mengendalikan diri.

Dengan memesonakan diri, kita akan selangkah lebih maju. Dimana mereka yang sedang berjuang untuk hidup saja, kita sudah melangkah jauh bukan hanya berjuang untuk hidup. Lebih dari itu, berjuang untuk hidup dan mati setelahnya.

Di mana mereka yang sedang berjuang untuk hidup saja, kita sudah melangkah jauh bukan hanya berjuang untuk hidup. Lebih dari itu, berjuang untuk hidup dan mati setelahnya. Salah satu langkah saya tampil memesona:


Dengan cara berpura-pura


Berpura-pura di sini bukan sebagai konotasi yang negatif, lebih kepada mengkondisikan keadaan demi kebaikan bersama. Mungkin bisa saja kita meluapkan hal yang menyesak akan ketidaknyamanan kita. Tetapi orang yang memiliki pikiran dewasa bisa mengendalikan segalanya dengan cara berpura-pura.

Berpura-pura melatih kekedewasaan


Kadang kekedewasaan harus dilatih, dengan tetap menjaga sikap dalam bertindak. Berpura-pura bisa jadi cara terbaik untuk membangun kualitas diri, terhadap sikap orang yang kadang udah dikasih hati dia masih minta yang lain lagi. Karena seringkali pemikiran di masyarakat, berpura-pura mendapatkan konotasi yang negatif padahal tidak selamanya berpura-pura itu negatif. Ada pula sisi positifnya.

Sebagai contoh, beberapa orang mampu meraih kesuksessan dengan keterbatasan fisiknya, padahal sejatinya ia sedang berpura-pura kuat, berpura-pura  merasa ia sama dengan yang lain namun ia mampu berpura-pura menutupi segala keterbatasannya.

Bagaimana versi #Memesona itu buat kamu?


Postingan Terkait

28 komentar:

  1. ternyata kamu kaya pengalaman banget ya, Nyi. dan benar bahwa pengalaman itu guru terbaik. dan mendewasakan. goodluck Nyi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tutup muka, heheheh mba Din.
      Masih butuh banyak bimbingan aku mba Din :-D

      Hapus
  2. Sayang, blm.sempat baca novel.true story nya mbak. Salut utk prjuangannya. Sukses buat mbak aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mba Arinda, sukses untukmu juga
      saling mendoakan ya mba Rin

      Hapus
  3. Nyi, saya selalu suka semangatmu. Semoga suatu saat kamu bisa bikin kelas menulis ya, wkwkwkwkwk nanti Insya allah Tim Arisan jadi anggotanya juga :D


    Semangat ya Nyi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin tapi kadang aku masih nervous lho Peh hahahah di depan banyak orang

      Hapus
  4. Semangat Nyi, suatu saat kamu bisa menikmati hasil perjuanganmu ini dan berkumpul lagi bareng keluarga tercinta, optimis dan tetap semangat ya meraih mimpimu 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya Allah mba Vita
      terima kasih banyak buat doanya, mba Vita juga lekas dapet momongan ya mba :kecup:

      Hapus
  5. Saya salut sama Nyi bisa "berpura-pura" begitu, semoga Tuhan senantiasa meringankan beban2 kita ya mbak aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mba April.
      Semoga bisa terus berpura-pura positif

      Hapus
  6. JIka kita tidak kenal ujian maka kita tidak mengenal arti berjuang jika kita tidak merasakan susah maka kita tidak mengenal arti sabar, hidup memang penuh ujian yang mesti kita hadapi mb. Aku suka semangat mba smg mba dan keluarga sll sehat dan tercapai apa yang diinginkan aamiin.
    ps. mba keren bgt uda nelurin buku barakallah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba Herva,
      Sama2 y a mba Herva dan keluarga selalu sehat dan bahagia aamiin.

      Hapus
  7. Aku sering berpura2 kuat menghadapi situasi sulit saat aku punya masalah.. Dgn begitu aku mendapat support dari diri sendiri utk kuat menghadapi dan menyelesaikan masalahku..

    BalasHapus
  8. Awesome, Nyi... Perjalanan hidup melahirkan diri kita dalam kepingan yang baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bunda Marning, perjalanan yang kita lalui mesti ada indah-indahnya juga

      Hapus
  9. Dulu Nyi sudah sangat mempesona terus berkarya ya Nyi

    BalasHapus
  10. Tampak kuat meski kita dlm kondisi terlemah sekalipun itu bukan pura-pura, Nyi. Justru di situlah letak kekuatanmu yg sebenar2nya. Ada banyak beban hidup yg tak bisa kita share, harus kita tanggung sendiri, dan hidup terus berjalan. We have to live it up, girl. You are awesome on your special path of life :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga terus bersemangat hahahha
      makasih mba Un, nasihatnya :hug:

      Hapus
  11. Pengalamannya luaar biasa Nyi.. Semoga menjadikan pribadi yang semakin kuat dan semakin memesona

    BalasHapus
  12. semua orang punya cerita masing-masing..Tuhan tahu sampai mana keterbatasan hambanya...memesona itu kita :*

    BalasHapus
  13. Salut sama kamu Mba, meskipun kita blm pernah ketemu tp ak sdh membayangkan sosok perempuan tangguh yg memesona...aku suka strong women 😊

    BalasHapus
  14. Mba... kalau baca kisahmu dulu rasanya aku malu.. nggak ada apa-apanya dibandingkan Mba.

    Barakallah ya Mba.. semoga selalu memesona *hug

    BalasHapus
  15. Keren nyiii sungguh memesona kisah hidupmu. Berani kerja di luar negeri. Moga tambah sukses dalam sgala hal yaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat