Thursday, 20 April 2017

Cara Atasi Nyeri Datang Bulan

Cara Atasi Nyeri Datang Bulan
Sumber gambar by Google



Nyipenengah.com - Menstruasi pada wanita, seringkali membuat nyeri. Mulai dari perut, pinggang, selera makan ilang dan membuat perubahan mood menjadi memburuk.

Saya juga mengalami nyeri yang ngilu, di bagian perut bawah setiap kali mengalami datang bulan. Biasanya cara mengatasinya membeli jamu kunyit asam atau minum banyak air putih agar lancar.

Jangan takut ya temen-temen, ternyata nyeri ini disebabin oleh peningkatan hormon etrogen dan progesteron kita yang meningkat. Cara mengatasinya juga cukup mudah, kita harus memerhatikan pola makanan, harus yang kaya serat agar kita lancar dalam proses buang air besar. Apa hubungannya menstruasi dengan buang air besar? Nah, temen-temen, lancarnya proses BAB ini, akan mengurangi kandungan estrogen berlebih kita yang nyebapin nyeri tadi.

Ngilu pada pinggul, juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi tahu dan tempe. Hormon estrogen dalam tubuh, penyebab nyeri ini akan diseimbangkan oleh konsumsi makanan tahu dan tempe tadi.


Ohya, ada beberapa temenku menyarankan untuk meminum teh hangat lho agar perut berasa anget. Padahal ternyata kata dokter, teh hangat bisa menstimulasi hormon di payudara kita. Akibatnya, payudara kita akan merasakan nyeri. Redam dulu ya, saat datang bulan hindari minum teh. Namun ada beberapa ramuan teh juga, yang bisa meredamkan nyerinya. Tetapi aku kurang tahu teh apa, semacam teh herbal gitu.

Satu lagi tips, atasi nyeri haid dengan rajin meminum susu. Penelitian dalam Journal of Obstetics and Gynaecology Research  menemukan data. Antara yang rajin konsumsi susu dan tidak, terlihat berbeda. Kandungan magnesium dan kalsium dalam susu, bisa meringankan nyeri yang kita alami. Namun berbeda pernyataan yang dikemukakan oleh dokter Budi Iman Santosa, spesialis Obstetri dan Ginekologi.

"Sebaiknya minum air putih saja yang banyak, karena itu cara yang paling bagus," selorohnya menjelaskan kepada Okezone.

Kalau biasanya aku nyeri datang bulan meringkuk di kasur, males ngapa-ngapain. Sekarang aku lebih sering bergerak dan menjaga asupan makanan dan minuman . Agar nyeri berkurang dan segera selesai masa menstruasinya. Tapi tentunya juga ngebanyakin minum air puth. Kalau kamu nyeti haid nggak?


Salam

10 comments:

  1. Jaman belum nikah pernah ngerasain sakit pas mens. Alhamdulillah setelah nikah ga pernah lagi paling pegel2 pinggangnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh, iyakah Bun. Semoga aku begitu setelah nikah ga perlu ngerasain nyeri yang bikin mules banget.

      Delete
  2. Banyakin minum madu ama lemon dicampur air hangat lumayan itu dan olahraga yang teratur bisa mengurani nyeri saat menstruasi juga gak boleh stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mba Vita, makasih tipsnya.
      aku langganan nyeri haid og mba

      Delete
  3. Aku sering nyeri waktu belum nikah dulu. Seringnya sih prepare, seminggu sbl menstruasi rajin minum kunyit asem. Lumayan tuh meredakan nyeri

    ReplyDelete
  4. Nyeri menjelang haid, alhamdulillah klo udh keluar plong

    ReplyDelete
  5. setuju mbak tips nya. karena aku darah rendah kadang kalau nyeri minum penambah darah trus lancaar deh!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat