Tuesday, 11 April 2017

Akibat Membawa Tas Sekolah yang Terlalu Berat




Nyipenengah.com - Setiap pagi dan setiap kali mampir ke rumah saudara yang memiliki anak kecil, saya mengamati tas sekolah yang mereka bawa terlihat berat. Keponakan saya seolah membawa beban berton-ton, yang membuat punggung mereka membungkuk seperti nenek-nenek. Padahal dia masih sekolah dasar, tetapi buku yang dibawa memang termasuk buku mata pelajaran yang memiliki ketebatalan.

Tas sekolah berat mereka memang tidak menghambat pertumbuhan, tetapi perlu diketahui jika terlalu sering dan terbiasa akan membuat titik berat tubuh bergeser. Saya pernah membaca, karena keseringan pelajar menenteng tas yang berat di pundaknya, ia harus melakukan operasi bedah tulang punggung. Yang mengharuskan ia mencangkokkan tulang bantuan, pada punggungnya.

Dan semakin ke sini saya mengamati keponakan saya, tubuhnya terlihat jauh lebih pendek. Tinggi sih tapi membungkuk gitu,  jadi akunya kayak khawatir dan kasihan. Ketika saya Tanya, “Nggak berat dek tas sekolahmu?”

“Berat, tapi semuanya buku sekolah,” begitu mereka menimpali pertanyaan saya. Saya usulkan yang buku tidak penting, tidak usah dibawa. Mereka  juga membawa, botol minuman yang cenderung menambah beban berat tas sekolah. Mungkin alangkah baik jika dipisahkan sendiri, untuk dibawa dengan tangannya, alih-alih mengurangi beban.

 Tas sekolah anak yang terlalu berat, bisa juga menyebabkan nyeri pada lower back anak. Bagaimana cara kita mengatasi tas sekolah anak yang berat ini?


Tas Sekolah


·         Sebagai orang tua  kita harus memeriksa tas sekolah anak setiap hari, supaya bisa dipastikan isi dalamnya yang memang pelajaran hari itu.

·         Pilihkan desain tas sekolah yang tepat, hingga bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang.

·         Beban tas sekolah yang berat, maksimal 10-15 %  dari berat badan anaknya.

·         Hindari mengenakan tas punggung atau tas slempang dengan satu bahu. Karena akan membuat salah satu bahu naik.

Saya rasa desain model tas di atas tadi bisa meringankan beban punggung anak, karena tas troly sekolah seperti ini tinggal tarik saja, semacam koper. Pilihan gambar kartunnya juga banyak, ada sepaket dengan tas kecilnya juga. Berminat untuk memesan yang model beginian? Yuks bisa via saya hahahha jatuhnya ngiklan juga deh.


salam

13 comments:

  1. Iya nih, tas sekolah anak-anakku juga berat, bawa bukunya banyak. Aku aja yg tas biasanya cuma isi dompet dan hp aja kalo kelamaan dipake, bahu jadi pegel. Emang enak tas ransel daripada selempang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tas Troly sekolah jadi solusi bijak untuk anak-anak mba Lian, hahahha

      Delete
  2. Chila udah punya yang kayak gitu Ante Nyi, tapi dia jadi agak ribet kalau mau gerek tas ke kelas. Akhirnya beli lagi yang gemblok. Beneran berat banget itu isi tasnya. Ampun dah. Kasian liatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha iya bun, kayak pengen ngebawain gitu kalo liat. Salam buat dek Chila ya bunda Lina

      Delete
  3. wah, si kakak tuh bawa tas berat banget ke sekolah, kadang mikir apa ya yang dibawa

    salam kenal ya

    ReplyDelete
  4. Emang kadang kasihan juga liat anak bawa banyak barang ke sekolah

    ReplyDelete
  5. tas sekolah anak sekarang lucu2 plus mihil2, penting orangtua beli tas gak sekedar gaya tapi yang aman buat anak ya mbak

    ReplyDelete
  6. Eh ternyata iklan, tapi memang benar bisa berakibat fatal, padahal mah kelihatannya sepele ya mba. Mungkin nggak akan terlalu fatal jika saja cara menggendong tasnya dengan teknik yang tepat, ini sih pendapat pribadi aja, hehehe.

    Nice sharing mba

    ReplyDelete
  7. keponakan mba sama seperti saya dulu pas SD,, alhasil saya sedikit bungkuk dan susah tegak...


    dulu juga pernah beli tas trolly tapi yah masih enak di bopong daripada di tarik ala-ala pilot bandara

    ReplyDelete
  8. Keren ulasannya. Bewe balik ya..salam

    ReplyDelete
  9. memang tas sekolah anak sekarang isinya berat2 mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat